Panduan Mengatasi Error 521 Web Server Is Down di Website

0
2797

Sebagai pemilik website yang menggunakan layanan Cloudflare pasti pernah mengalami error dengan kode error 521. Error tersebut menyebabkan layanan Cloudflare tidak bisa terhubung dengan server website yang Anda gunakan saat ini, terutama untuk bagian port 80 dan 443.

Kode error 521 ini adalah salah satu penyebab website down, maka dari itu Anda harus segera mengatasinya agar pengunjung website Anda tidak beralih ke halaman website kompetitor Anda.

Oh iya! Sebenarnya kode error 521 adalah error yang paling umum bagi pengguna layanan Cloudflare. Bisa dibilang bagi para pengguna Cloudflare pastinya akan mengalami error seperti ini minimal sekali.

Oleh karena itu, karena sifatnya yang sangat umum ini, Anda bisa dengan mudah menemukan cara mengatasi error 521 di artikel ini. Namun sebelum masuk ke pembahasan teknikal cara mengatasinya, tidak salahnya kita mengenal lebih dulu apa itu error 521 dan apa penyebab terjadinya error ini?

Apa itu Error 521?

Simplenya, error 521 terjadi karena server yang Anda gunakan tidak tersambung dengan layanan Cloudflare. Sehingga mengakibatkan dari pihak Cloudflare akan menampilkan kode error 521 seperti yang ada di bawah ini:

Panduan Mengatasi Error 521 Web Server Is Down di Website - 2024

Apakah website Anda memunculkan tampilan seperti di atas? Jika benar, ini yang disebut dengan error 521. Dan jika kita lihat tampilan tersebut, browser telah berhasil menyambungkan dengan server Cloudflare.

Akan tetapi ketika layanan Cloudflare yang Anda gunakan akan menghubungkan browser dengan server, justru mendapatkan penolakan dari pihak server yang Anda gunakan. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Nah kita akan melanjutkan pembahasan mengenai penyebab error 521. Yuk kita simak lebih lanjut pembahasannya!

Penyebab Error 521

Dengan kita memahami penyebab error yang terjadi pada website kita, maka kita bisa melakukan antisipasi di kemudian hari agar error tersebut tidak terjadi kembali. Selama kami melakukan riset kecil, kami menemukan setidaknya dua penyebab error 521. Penyebabnya adalah sebagai berikut:

Pertama, Server Down

Penyebab pertama munculnya http status code error 521 adalah dikarenakan server WordPress yang Anda gunakan sedang mengalami down. Sehingga layanan Cloudflare yang Anda gunakan tidak bisa terhubung, karena sampai kapanpun Cloudflare tidak akan terhubung sampai Anda menemukan cara mengatasi server down.

Maka dari itu segera cari tahu penyebab server down dan selesaikan segera mungkin.

Kedua, Adanya False Alarm (Salah Deteksi)

Penyebab kedua adalanya false alarm atau salah mendeteksi. Kita mengetahui bersama bahwa Cloudflare adalah salah satu layanan Content Delivery Network yang banyak digunakan. Layanan ini bekerja sebagai penghubung antara browser dengan pengunjung website Anda.

Maka dari itu karena sifatnya sebagai proxy, Cloudflare seringkali mengakses server website Anda dengan menggunakan alamat IP yang sama. Padahal IP setiap pengunjung website berbeda-beda. Oleh karena itulah sistem keamanan server yang Anda gunakan bisa saja menganggap sebagai sebuah serangan hacker.

Hal tersebut bisa terjadi karena server memblokir IP Cloudflare tersebut dan memunculkan kode error 521.

Kerugian yang Timbul Akibat Error 521 Muncul

Jika website Anda muncul error 521 itu artinya website Anda sedang tidak bisa di akses dengan benar. Ketika website Anda tidak bisa di akses dengan benar, pengunjung tidak akan mendapatkan informasi yang mereka cari di website Anda.

Bahkan, kemungkinan terburuknya adalah pengunjung akan beralih ke website kompetitor Anda dan selamanya akan meninggalkan website Anda jika error tersebut tidak segera diatasi. Terlebih jika website Anda adalah website bisnis seperti online shop dan semisalnya.

Bisnis Anda tidak akan bergerak jika website mengalami error 521, karena sekarang website salah satu roda terpenting untuk menjalankan bisnis agar bisa memenuhi ekspektasi pemilik bisnis. Maka dari itu, segera atasi masalah ini dan terapkan cara yang kami rekomendasikan di artikel ini.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Error 521 Web Server is Down?

Setelah Anda mengetahui apa itu error 521, penyebab munculnya error tersebut dan kerugian yang bisa terjadi akibat error 521. Lalu, Bagaimana cara mengatasi error 521 web server is down tersebut? Tenang pertanyaan tersebut akan kami jawab dengan beberapa cara mudah untuk mengatasinya, jadi simak sampai selesai pembahasannya ya!

Cara Pertama, Cek Server Online

Panduan Mengatasi Error 521 Web Server Is Down di Website - 2024

Error 521 umumnya terjadi karena server yang mati. Maka dari itu langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek status server apakah masih online atau justru mati (offline). Jika website mati, Anda tidak melanjutkan ke langkah berikutnya. Nah cara cek server online atau tidak, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Cari tau alamat IP server yang Anda gunakan. Caranya masuk ke member area Exabytes Indonesia.

Langkah 2: Setelah masuk ke halaman member area Exabytes. Klik layanan/services.

Setelah masuk klik Layanan.

Langkah 3: Di halaman My Products & Services klik Manage Product di salah satu layanan hosting (dalam demo ini kami memilih WP 12 Beginner).

Pada halaman Produk saya & Layanan klik tombol Atur Produk pada salah satu layanan yang Anda gunakan.

Langkah 4: Scroll dan nantinya Anda akan menemukan IP Address server yang Anda gunakan.

Panduan Mengatasi Error 521 Web Server Is Down di Website - 2024

Langkah 5: Copy IP Address tersebut dan buka website HTTP Header Checker di alamat https://tools.keycdn.com/curl.

Panduan Mengatasi Error 521 Web Server Is Down di Website - 2024

Langkah 6: Masukkan alamat IP yang sebelumnya Anda sudah copy di member area Exabytes ke dalam kolom URL dan klik Check

Panduan Mengatasi Error 521 Web Server Is Down di Website - 2024

Jika status yang muncul adalah UP atau Online dengan respon HTTP 200 atau jika Anda adalah pengguna VPS biasanya akan muncul respon 404 Not Found atau 403 Forbidden hal itu tergantung settingan VPS terbaik Anda.

Akan tetapi, respon di atas menunjukkan bahwa server yang Anda gunakan online, karena masih memberikan respon.

Akan tetapi yang perlu Anda perhatikan, jika server yang Anda gunakan down biasanya akan memberikan keterangan host Not Found atau Failed to connect.

Jika ternyata yang Anda temukan menandakan bahwa server down, Anda sudah bisa mengatasi masalah ini dengan cara bertanya kepada provider hosting yang Anda gunakan (Anda bisa tanya ke technical support Exabytes melalui fitur chat yang tersedia).

Cara Kedua, Lakukan Setting SSL

Jika Anda adalah pengguna baru HTTPS Cloudflare, maka bisa jadi server yang Anda gunakan masih belum melakukan pengaturan untuk menerima akses dari IP Address Cloudflare pada port 443.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut. Pertama Anda bisa mencoba melakukan pengaturan dengan menggunakan Flexible SSL pada Cloudflare. Caranya adalah dengan mengubah SSL, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Login ke halaman dashboard Cloudflare.

Langkah 2: Klik menu SSL/TLS dan Pilih Flexible.

Cara Ketiga, Pastikan Semua IP Cloudflare Tidak di Blokir

Bagaimana jika server yang Anda gunakan justru berjalan normal atau online? Bagaimana cara mengatasi error 521 tersebut? Jika hal itu terjadi, maka salah satu solusinya adalah memberikan akses bagi semua IP Cloudflare sehingga tidak diblokir oleh server yang Anda gunakan.

Caranya adalah dengan melakukan perubahan pada file .htaccess dan pastikan semua alamat IP Cloudflare tidak terblokir. Jika Anda kebingungan dan ragu mengubah isi dari file .htaccess, Anda bisa menghubungi technical support Exabytes, teknisi kami siap membantu Anda!

Selesai, sekarang Anda sudah melakukan setting SSL di Cloudflare.

Baca juga: Kenali Code Error Website dan Cara Mengatasinya

Yuk, Atasi Kode Error 521 Sekarang Juga!

Bagaimana apakah error 521 yang Anda alami sudah bisa teratasi? Sejatinya, error 521 berhubungan erat dengan server website yang Anda gunakan. Biasanya salah satu cara mengatasinya adalah dengan menghubungi penyedia layanan hosting yang Anda gunakan.

Sehingga, kami menyarankan Anda untuk memilih layanan hosting yang memiliki technical support yang siap membantu Anda kapanpun dan dimanapun. Karena error terkadang muncul secara tiba-tiba, jika Anda adalah salah satu pengguna layanan hosting dari Exabytes Indonesia. Jangan ragu untuk menghubungi tim support kami, jika kendala error tersebut masih muncul.

Kami akan segera membantu Anda kapanpun Anda membutuhkan bantuan, kami juga tidak hanya akan membantu jika mengalami error 521. Bagi Anda yang mengalami error WordPress lain, tidak perlu khawatir karena kami juga bisa membantu permasalahan error lainnya.

Semoga artikel ini bisa memberikan referensi terbaik untuk mengatasi masalah server WordPress, jangan lupa untuk share informasi ini agar teman Anda yang mengalami error serupa bisa segera mengatasi.

Selamat mencoba ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments