Prediksi Tren SEO 2022, Tingkatkan Kualitas Website Anda!

270
12 min read

Sudah bukan rahasia umum lagi jika website bisnis membutuhkan layanan SEO yang optimal guna meningkatkan ranking pada SERP hasil pencarian Google. Karena apabila peringkat website kita bagus, maka peluang untuk mendapatkan users dan pelanggan pun semakin terbuka lebar.

Agar dapat memaksimalkan optimasi SEO pada website bisnis, maka Exabytes Friends harus menghindari kesalahan SEO yang sering terjadi. Selain itu, kalian juga perlu mengetahui trend SEO dari waktu ke waktu agar tak ketinggalan zaman dan selalu up-to-date. 

Semakin banyak bisnis dan organisasi yang turut berkecimpung di dunia digital tidak hanya berdampak pada algoritma media sosial yang terus berubah, namun tren dari SEO (Search Engine Optimization) pun juga turut dinamis.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan khusus membahas mengenai tren SEO di tahun 2022 guna membantu kalian dalam melakukan optimasi konten SEO-Friendly. Sudah tidak sabar dengan pembahasannya? Yuk, langsung simak saja pada artikel berikut ini! Selamat membaca! 

Apa Itu SEO?

apa itu seo?
Pentingnya SEO untuk meningkatkan traffic website (sumber: iStock Photo)

Menurut seorang ahli digital marketing bernama Kent, SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah teknik dalam optimasi website dan konten untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari (SERP) sesuai dengan kata kunci yang berada pada halaman website. 

Secara sederhana, SEO merupakan sebuah strategi optimasi website guna mendatangkan lebih banyak traffic, pengunjung, click, dan pageviews. Sebenarnya saat ini telah tersedia banyak mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Yandex, StartPage, Gibiru, Dogpile, CC Search, DuckDuckGo, Amazon, Boardreader, Microsoft Bing, dan masih banyak lagi. Namun yang harus dioptimasi terlebih dahulu adalah Google.

Hal tersebut selaras dengan fakta bahwa saat ini telah ada lebih dari 3,5 miliar pencarian yang dihasilkan oleh Google setiap harinya. Sedangkan dominasi 53,3% trafik pencarian dari seluruh penjuru dunia berasal dari pencarian organik (yaitu pencarian melalui Google dengan memasukkan kata kunci tertentu). Itulah yang melandasi mengapa optimasi SEO untuk Google wajib dilakukan.

Apabila ditelusuri secara mendalam, SEO memiliki beberapa manfaat selain meningkatkan ranking pencarian Google. Fungsi lain dari SEO yaitu meningkatkan brand awareness, branding, user acquisition, Lead Generation, traffic website, hingga konversi penjualan.

Nah, sebelum kita belajar lebih mendalam mengenai tren dan strategi SEO, sebaiknya Exabytes Friends memiliki pemahaman yang cukup terlebih dahulu mengenai basic SEO untuk pemula. Karena hal dasar tentang SEO sangat bermanfaat untuk memahami strategi dan pola dinamis dari perkembangan tren SEO.

Tetapi apabila Exabytes Friends tidak memiliki cukup waktu untuk belajar SEO secara mendalam, maka tidak perlu khawatir karena kalian dapat menggunakan jasa SEO Indonesia yang disediakan oleh Exabytes atau pun memanfaatkan ekstensi Google Chrome untuk SEO.

10 Prediksi Tren SEO di Tahun 2022 

Pergi ke kebun mencari mangga,

Mangga kupetik jatuh ke rumput,

Penasaran tentang tren SEO 2022?

Yuk, langsung tengok ulasan berikut. 

Nah, kita telah sampai nih Exabytes Friends pada pembahasan inti artikel kali ini. Berikut akan dipaparkan beberapa tren SEO yang diprediksi akan meroket dan wajib dioptimalkan di tahun 2022.

Fitur “People Also Ask”

pencarian di Google

Prediksi tren SEO 2022 yang pertama yaitu fitur “People Also Ask”. Berdasarkan sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan, diketahui bahwa dari 2,5 juta pencarian yang ada di Google, ternyata 48,6% diantaranya mengakses “People Also Ask”.

Fakta tersebut membuktikan jika fitur “People Also Ask” mulai dilirik dan diminati oleh sebagian besar pengguna Google. Selain itu, karena fitur tersebut sering kali ditempatkan oleh Google pada tempat yang sangat menonjol di bagian atas SERP, maka semua pemilik website tentu saja ingin menempatkan kontennya pada fitur “People Also Ask” ini. 

Bagaimana agar situs atau konten kita muncul pada fitur “People Also Ask”? Maka kalian perlu menyajikan kata kunci jawaban atas pertanyaan umum yang mungkin muncul ketika orang membaca konten kalian. Sebaiknya pula kalian memilih long-tail keyword untuk disisipkan pada konten.

Dengan kemungkinan semakin populernya fitur “People Also Ask”, maka dengan menempatkan konten pada fitur tersebut dapat meningkatkan visibilitas website di bagian atas SERP Google. 

Voice Search

Saat ini, semakin banyak pengguna internet yang mulai familiar dengan Voice Search. Hal tersebut juga didukung dengan hadirnya beberapa tools smart assistant seperti Alexa, Google Assistant, Siri, dan lainnya.

Melalui tools smart assistant tersebut, pengguna internet akan lebih mudah untuk melakukan pencarian kata kunci hanya melalui suara. Bahkan sebuah data yang dihimpun oleh Brightlocal menunjukkan jika 58% pengguna internet telah menggunakan Voice Search untuk kebutuhan mencari informasi.

Baca Juga  Cara Meningkatkan SEO Website dengan Rank Math (Lengkap)

Nah, berikut akan disajikan sedikit tips agar konten yang kalian terbitkan dapat muncul dan terdeteksi ketika orang-orang menggunakan Voice Search untuk mencari informasi di Google. Tips tersebut adalah menggunakan long tail keyword. Long tail keyword merupakan kata kunci spesifik yang terdiri dari tiga hingga empat frasa. 

Jika kalian bingung dalam memilih long tail keyword, maka dapat menggunakan keyword tools gratis seperti Google Trends atau Google Search Console. 

Biasanya ketika seseorang mencari informasi melalui Voice Search, mereka cenderung menggunakan query dengan long tail keyword daripada short tail keyword. Selain itu, metode pencarian melalui Voice Search juga kerap kali menggunakan kalimat berupa pertanyaan. Sehingga penggunaan long tail keyword lebih direkomendasikan.

Usahakan juga untuk menyajikan konten dengan gaya bahasa yang santai, ringan, natural, dan mirip dengan bahasa sehari-hari. Hal tersebut untuk membantu konten yang ditulis agar lebih mudah diterjemahkan ke dalam suara. Bahkan menurut conversation marketing, konten dengan copywriting yang santai dan tidak kaku lebih disukai oleh pengguna internet. 

Mobile-friendly

Pada tahun 2022, jumlah perangkat seluler di Indonesia telah mencapai 370,1 juta. Angka tersebut meningkat sebesar 3,6% dibandingkan dengan tahun 2021. Dengan jumlah pengguna smartphone yang begitu fantastis saat ini, maka tidak mengherankan jika masyarakat lebih nyaman apabila mengakses segala informasi dari internet melalui smartphone.

Oleh karena itu, membuat website yang mobile-friendly wajib dilakukan apabila kalian ingin website tersebut memiliki optimasi SEO yang baik sehingga menduduki peringkat atas SERP. Pada saat ini pun Google telah mengimplementasikan mobile first index sebagai salah satu faktor penilaian untuk menentukan ranking website.

Maka dari itu, apabila sebuah website tidak mobile-friendly maka dapat mempengaruhi ranking di Google yang merosot. Selain itu, situs yang mobile-friendly kerap kali dinilai sebagai website user friendly sehingga meningkatkan kenyamanan pengguna dalam mengeksplor halaman situs. 

Long-form Content

Prediksi Tren SEO 2022, Tingkatkan Kualitas Website Anda! - 2022
Pengaruh panjang isi konten dengan posisi pada SERP Google (sumber: serpIQ)

Algoritma Google cenderung lebih memilih untuk menempatkan konten berkualitas tinggi pada posisi teratas SERP. Meskipun panjang konten bukan merupakan faktor utama dalam pemeringkatan Google, namun terdapat korelasi yang tinggi antara konten dengan jumlah halaman yang panjang dengan peringkat teratas.

Bisa dikatakan pula jika konten dengan halaman yang panjang serta jumlah kata yang banyak lebih memiliki peluang besar untuk muncul pada peringkat atas hasil pencarian Google. Karena bagi Google, konten yang panjang dianggap lebih mendalam, faktual, orisinal, serta berasal dari hasil analisis dan riset yang akurat. 

Apalagi sekarang Google mulai meningkatkan performa algoritmanya menggunakan NLP (Natural Language Processing) agar dapat mengenali kualitas konten dengan lebih jeli. Maka jika ingin membuat konten dengan mengikuti pedoman tren SEO 2022, sebaiknya Exabytes Friends menyisipkan kata kunci komprehensif dengan memastikan konten yang ditulis cukup lengkap dan mengandung informasi yang faktual dan dapat dipertanggungjawabkan.

Featured Snippet

Prediksi Tren SEO 2022, Tingkatkan Kualitas Website Anda! - 2022

Pasti sebagian besar Exabytes Friends sudah tak asing lagi dengan salah satu fitur SERP ini. Karena featured snippet sering kali muncul pada bagian teratas SERP ketika memasukkan kata kunci di Google.

Featured snippets merupakan sebuah fitur SERP yang menampilkan penggalan atau kutipan konten milik salah satu website dengan informasi paling lengkap dan relevan terhadap keyword yang dimasukkan melalui Google. 

Sedikit tips jika Exabytes Friends ingin konten yang kalian ciptakan dapat muncul pada featured snippet, maka usahakan isi dari konten tersebut mencakup 5W1H (Who, Where, When, What, Why, dan How).

Evergreen Content

Evergreen Content memiliki kemiripan dengan timeless content. Evergreen Content adalah sebuah konten yang tidak lekang oleh waktu sehingga akan terus relevan untuk dibaca hingga jangka waktu yang panjang.

Sebaiknya perbanyak memproduksi konten-konten yang akan tetap relevan dan menarik untuk dibaca hingga 6 bulan atau 1 tahun ke depan. Nah, jika konten kalian tak lekang oleh waktu, maka akan menghemat tenaga karena tidak perlu melakukan optimasi SEO terlalu sering.

Beberapa rekomendasi topik yang cocok digunakan sebagai Evergreen Content adalah konten berbentuk “QnA (Question and Answer)”, artikel step by step, artikel “How To”, konten resep, konten tentang tips kecantikan, tips mengatasi jerawat, atau topik-topik lainnya. 

Rewrite Article 

Pada tahun 2022, strategi SEO yang diperkirakan semakin populer adalah rewrite article. Exabytes Friends dapat melakukan optimasi atau menerbitkan ulang konten yang dahulu pernah dibuat. 

Dengan melakukan rewrite pada artikel-artikel populer, maka diharapkan konten tersebut dapat menduduki peringkat teratas SERP Google kembali. Selain itu, melalui rewrite article kalian juga akan berkesempatan untuk mendapatkan kembali traffic website dan juga revenue.

Penggunaan Kata Kunci Kedua

Tren SEO yang diprediksi akan melonjak selanjutnya adalah menggunakan kata kunci kedua pada artikel atau konten. Mulai sekarang dan untuk kedepannya, sebaiknya Exabytes Friends membuat konten yang tidak hanya mengandung satu kata kunci utama saja. 

Baca Juga  Keyword Cannibalization: Panduan Lengkap & Tips Mengatasinya

Hal tersebut dikarenakan optimasi SEO berdasarkan intensi dan optimasi pencarian semantic akan semakin sering ditemui. Selain itu, kata kunci kedua juga dapat membantu konten kalian untuk lebih cepat ditemukan oleh pengguna Google sehingga dapat menempati posisi atas SERP dengan lebih cepat.

Rich Snippet

Prediksi Tren SEO 2022, Tingkatkan Kualitas Website Anda! - 2022

Diprediksi pada tahun 2022, Google akan semakin detail dalam menilai kualitas konten. Sehingga konten dengan informasi dan data yang lengkap akan memiliki kesempatan lebih besar untuk memenangkan hati algoritma Google. 

Salah satu cara untuk memastikan konten yang dibuat cukup lengkap adalah melalui fitur SERP “Rich Snippet”. 

Rich Snippets merupakan salah satu fitur SERP di mana selain menampilkan informasi dari kata kunci yang ada pada website kalian untuk hasil pencarian organik, juga ditampilkan rating dan review dari website.

Google sangat menyukai Rich Snippet karena dapat membantu penggunanya untuk mengetahui kualitas dari konten tersebut (melalui hasil rating dan review). Sebaiknya pula kalian menambahkan schema markup untuk konten agar membantu Google dalam memahami dan mengekstrak konten kalian untuk ditampilkan sebagai cuplikan pada hasil teratas SERP.

Core Web Vitals Optimization

Per tahun lalu, Google telah meluncurkan metrik Core Web Vitals. Sehingga untuk saat ini sebuah halaman website dapat diukur dengan metrik Core Web Vitals guna menentukan kualitas website dan peringkat di SERP Google. 

Google Core Web Vitals sendiri mencakup tiga aspek penilaian yaitu Largest Contentful Paint (LCP), Total Blocking Time (TBT), dan Cumulative Layout Shift (CLS).

Largest Contentful Paint (LCP) 

LCP pada Core Web Vitals menggambarkan total waktu yang dibutuhkan untuk memuat sebagian besar halaman dari website. LCP menggunakan satuan “s” yaitu menunjukkan detik (seconds). 

Total Blocking Time (TBT)

Total Blocking Time (TBT) adalah salah satu metrik dari Core Web Vitals yang berfungsi untuk menunjukkan total waktu laman website terkunci (blocked) sebelum dapat diakses kembali oleh pengguna. 

Cumulative Layout Shift (CLS)

Untuk metrik Core Web Vitals yang terakhir yaitu Cumulative Layout Shift (CLS). CLS berfungsi untuk mengamati pergeseran elemen yang ada di website pada saat halaman dimuat. Sederhananya, CLS mengukur pergeseran dari tata letak fitur atau widget yang tidak terduga pada laman website. 

Dengan memperhatikan Core Web Vitals dari website yang kita kelola, maka dapat meningkatkan page speed atau kecepatan loading dari halaman website kita. Diharapkan kecepatan website yang semakin meningkat berdampak positif terhadap optimasi on page SEO serta respon pengunjung yang semakin betah untuk mengeksplor website.

Nah, bagi Exabytes Friends yang penasaran dengan performa page speed atau Core Web Vitals dari website kalian, maka dapat menggunakan tools web crawler seperti GTMetrix. 

Bagaimana Mengoptimalkan Strategi SEO 2022?

tren SEO 2022
Perkembangan belantara SEO cenderung dinamis sehingga perlu untuk mengetahui trennya di setiap tahun. (sumber: iStock Photo)

Dunia SEO memang cenderung dinamis dan memiliki tren yang terus berubah-ubah setiap waktu. Oleh karena itu, apabila Exabytes Friends ingin mengoptimasi website agar dapat muncul di peringkat teratas SERP Google, kalian harus terus update dan memantau segala perkembangan tren SEO. 

Di tahun 2022 sendiri terdapat beberapa tren SEO yang diprediksi akan populer dan banyak digunakan. Mengetahui dan memahami tren SEO akan sangat bermanfaat untuk menjalankan strategi digital marketing dan juga melakukan optimasi konten agar dapat mendatangkan banyak pengunjung dan trafik.

Berikut disajikan beberapa tren SEO yang diperkirakan melejit di tahun 2020, yaitu fitur “People Also Ask”, Voice Search, website yang mobile-friendly, artikel dengan tipe long-form content, Featured Snippet, Evergreen Content, Rewrite Article, menggunakan kata kunci kedua, Rich Snippet, serta melakukan optimasi Core Web Vitals. 

Berdasarkan tren SEO 2022 yang telah disampaikan di atas, maka Exabytes Friends dapat menerapkan strategi SEO seperti berikut:

–   Melakukan pengecekan secara berkala terhadap Core Web Vitals dari website yang dikelola menggunakan tools GTMetrix.

–   Menargetkan long-tail keywords agar konten dapat masuk pada fitur “People Also Ask”.

–   Mencoba menggunakan content optimization software seperti SEO Surfer atau MarketMuse.

–   Memproduksi konten berkualitas tinggi dengan format long-form content.

–   Menambahkan Rich Snippet (review and ratings) pada konten.

–   Menciptakan website yang mobile-friendly.

–   Melakukan rewrite terhadap artikel-artikel trending yang sudah pernah diproduksi.

Nah, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai tren SEO 2022! Semoga bermanfaat, ya!

Bagi Exabytes Friends yang ingin membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai website dan tips pembuatan konten, maka dapat mengunjungi blog Exabytes. Selain itu, Exabytes sebagai perusahaan Web Hosting Indonesia juga menyediakan jasa SEO berkualitas, loh! Dan jangan lupa subscribe agar tak ketinggalan konten artikel up-to-date lainnya. Sampai jumpa!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
2.3 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments