Apa Itu Google Trends dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

0
547

Apa itu Google Trends? Google Trends adalah alat yang sangat berguna dalam mengatasi kebuntuan dalam menciptakan ide konten.

Sebagai seorang individu yang memiliki tanggung jawab untuk menciptakan konten untuk blog dan situs web, pasti Anda pernah mengalami kesulitan dalam menentukan topik artikel.

Ketika banyak alat untuk penelitian kata kunci atau frasa kunci tidak tersedia secara gratis, maka Google Trends menjadi teman yang sangat berharga dalam upaya pencarian ide.

Namun, perlu diingat bahwa Google Trends berbeda dari kebanyakan alat penelitian kata kunci yang ada.

Dalam penggunaannya, Google Trends sebenarnya sangat mudah, tetapi sayangnya masih banyak yang belum memahami dengan baik apa itu sebenarnya Google Trends.

Untuk lebih memahami konsepnya, Anda bisa menggali pemahaman dan cara penggunaan Google Trends dalam artikel ini. Mari kita simak bersama, Exabytes friends.

Apa Itu Google Trends?

apa itu google trends adalah

Google Trends adalah sebuah situs yang dimiliki oleh Google dan berfungsi sebagai alat untuk memberikan data tentang tren dan seberapa sering kata kunci tertentu dicari di mesin pencarian Google.

Selain itu, Google Trends juga menyediakan informasi tentang volume pencarian dan detail geografis terkait kata kunci tersebut.

Mengingat popularitas mesin pencarian Google yang tak tertandingi di seluruh dunia, tidak mengherankan jika Google Trends dapat memberikan tren kata kunci yang sangat akurat berdasarkan peristiwa terkini.

Situs ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 dan telah mengalami pembaruan pada tahun 2018. Google Trends membawa sejumlah fitur penting, seperti memberikan informasi tentang topik yang sedang ramai diperbincangkan, mengidentifikasi topik dan subtopik yang sedang populer, dan menunjukkan tren pencarian berdasarkan lokasi geografis.

Google Trends dapat dianggap sebagai satu-satunya alat gratis yang sangat berguna bagi pengguna yang sedang mencari ide kata kunci untuk konten situs web mereka, karena memberikan data yang komprehensif.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Trends?

Setelah Anda mendapatkan pemahaman singkat tentang apa itu Google Trends, sekarang saatnya belajar bagaimana cara menggunakannya.

Meskipun Google Trends adalah alat gratis, namun fitur dan fungsinya tidak kalah dengan alat penelitian kata kunci konvensional.

Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan Google Trends. Mari kita simak penjelasan lengkapnya, Exabytes friends.

Buka Halaman Google Trends

Langkah pertama, Exabytes friends dapat membuka laman Google Trends melalui mesin pencarian Google dan mengganti pengaturan negara di pojok kanan atas sesuai dengan negara Anda, seperti Indonesia.

Mencari Keyword Yang Digunakan Untuk Riset

Mencari Keyword Yang Digunakan Untuk Riset

Selanjutnya, carilah kata kunci yang mencerminkan produk atau topik yang ingin Anda teliti. Misalnya, jika Anda ingin membuka bisnis dalam bidang fashion, seperti penjualan celana jeans, maka ketikkan kata kunci tersebut di kolom “Masukkan kata kunci atau topik” dan klik tombol “enter”.

Menganalisis Tren

Menganalisis Tren di Google Trends

Kemudian, akan muncul tampilan seperti yang terlihat di atas. Pada tahap ini, Anda dapat menganalisis grafik untuk melihat kenaikan dan penurunan kata kunci yang Anda cari, seperti “celana jeans”. Ini akan membantu Anda memperkirakan apakah kata kunci tersebut memiliki potensi bisnis yang tinggi.

Menganalisis Tren Berdasarkan Daerah

Menganalisis Tren Berdasarkan Daerah

Selain melihat grafik secara umum, Anda juga dapat menganalisis minat masyarakat terhadap kata kunci yang Anda cari, seperti “celana jeans”. Ternyata, Maluku menunjukkan minat tertinggi terhadap kata kunci ini.

Dari informasi ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk memperluas pasar Anda dan menawarkan produk Anda hingga ke daerah tersebut. Anda juga dapat mempertimbangkan menempatkan iklan yang dapat mencakup daerah-daerah yang lebih jauh lagi.

Melakukan Perbandingan Dengan Keyword Lainnya

Apa Itu Google Trends dan Bagaimana Cara Menggunakannya? - 2024

Anda juga dapat membandingkan kata kunci yang telah Anda cari sebelumnya dengan kata kunci sejenis lainnya menggunakan fitur “bandingkan”. Ini membantu Anda untuk memahami bagaimana performa kata kunci yang Anda cari dibandingkan dengan kata kunci lain. Ketika Anda membandingkan “celana jeans” dengan “rok jeans,” ternyata grafik menunjukkan bahwa “celana jeans” memiliki performa yang lebih baik daripada “rok jeans.”

Dengan demikian, Anda dapat memutuskan untuk fokus pada salah satu kata kunci yang lebih baik untuk bisnis Anda, Exabytes Friends.

Jadi, Google Trends Adalah …

Google Trends adalah layanan dari Google yang sangat berharga, terutama bagi para pelaku bisnis digital dan blogger. Layanan ini membantu dalam mengidentifikasi tren yang selalu berubah dan berkembang setiap saat.

Manfaat utama dari Google Trends adalah kemampuannya untuk membantu Anda menemukan topik niche yang relevan berdasarkan lokasi, serta untuk memanfaatkan tren yang sedang populer dalam kepentingan bisnis Anda.

Penggunaan Google Trends terbilang mudah, dan data yang disediakannya sangat komprehensif, memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Setelah Anda memahami apa itu Google Trends dan cara menggunakannya, Anda mungkin siap untuk memanfaatkan layanan gratis dari Google ini.

Demikianlah pembahasan mengenai Google Trends dalam artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Exabytes friends.