Mengenal SSL Certificate

Definisi Sertifikat SSL

Secure Sockets Layer atau yang di singkat SSL adalah sebuah standar keamanan untuk melindungi privasi di internet ketika terjadi perpindahan data antara server dan komputer klien. Perpindahan data bisa berarti, mengunjungi website, download atau kegiatan di internet lainnya.

Ketika sebuah website menggunakan sertifikasi SSL, kamu bisa melihat URL atau alamat website itu menjadi https:// bukan http://. Huruf “s” setelah http berarti Secure.

Tipe SSL

Ada 3 tipe Sertifikasi SSL:

1. Sertifikat SSL DV (Domain Validation)

Sertifikat ini dikeluarkan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pemohon untuk menggunakan sebuah nama domain. Tidak ada pengecekan validasi perusahaan dan tidak adainformasi apapun yang ditampilkan. Sertifikasi ini hanya digunakan untuk meng-enkripsi informasi kepemilikan domain. Sertifikasi yang tercepat diterbitkan dari pada sertifikasi SSL yang lain.

Sertifikat SSL DV
Sertifikat SSL DV (Sumber: google.com)

2. Sertifikat SSL OV (Organization Validation)

Sertifikasi ini ditandakan dengan warna hijau pada alamat website di browser, berbeda dengan sertifikasi DV yang hanya teks https tanpa warna hijau dan ada pemeriksaan perusahaan/organisasi.

Sertifikat SSL OV
Sertifikat SSL OV (Sumber: google.com)

3. Sertifikat SSL EV (Extended Validation)

Sertifikat ini adalah sertifikat SSL teratas diantara sertifikat SSL lain. Biasa digunakan untuk website eCommerce untuk mendapatkan kepercayaan pengunjung sehingga melakukan transaksi jual/beli. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat ini antara 3-10 hari sampai sertifikat diterbitkan langsung oleh perusahaan resmi otoritas sertifikasi digital (Certification Autority).

Baca Juga  Kamu Mau Jualan Online? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini Biar Gak Nyesel!
Sertifikat SSL EV
Sertifikat SSL EV (Sumber: google.com)

Manfaat SSL

Sejak beberapa tahun terakhir jumlah pengguna sertifikat SSL terus mengingkat drastis. Sertifikat SSL dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki otoritas Sertifikat Digital antara lain Comodo, Symantec, GoDaddy, GlobalSign, DidiCert dan masih banyak lagi. Harga sertifikat SSL bervariasi, mulai dari sertificate ssl gratis, hingga yang ratusan ribu per bulan.

Beberapa manfaat menggunakan sertifikat SSL:

  • Meningkatkan ranking di mesin pencarian.
  • Meng-enkripsi informasi sensitif sehingga melindungi pelanggan dari serangan phising (pencurian data).
  • Memastikan bahwa server yang dituju benar-benar valid.
  • Meningkatkan conversion rates (jumlah pengunjung bertransaksi jual/beli) website dan bertransaksi kembali di waktu yang akan datang.

Instalasi FREE SSL

Setiap pembelian baru atau pelanggan yang telah membeli hosting di Exabytes Indonesia akan mendapatkan FREE SSL Comodo DV selamanya.

Untuk installasi SSL Gratis ini, kamu hanya perlu menyelesaikan hingga langkah ke-4. Sertifikat ini automatis memperbarui masa berlakunya (auto renewal). Proses instalasinya bisa kamu lihat disini: Cara Install free SSL dari Exabytes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here