Apa Itu Sertifikat SSL dan Kenapa Penting untuk Website?

0
71

Dengan semakin maraknya tindak kejahatan di dunia digital, semakin meningkat pula kekhawatiran orang-orang akan keamanan data yang mereka bagikan. 

Sebagai pemilik bisnis kamu bisa meyakinkan calon pelanggan bahwa mereka bisa mengunjungi situs web kamu dan melakukan transaksi dengan rasa aman dan nyaman. Tetapi, pastikan kamu sudah tahu apa itu sertifikat SSL dan cara kerjanya dalam memberikan keamanan situs web.

Mengenal Apa Itu Sertifikat SSL

Mengenal Apa Itu Sertifikat SSL

Apa itu sertifikat SSL merupakan salah satu hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis online melalui situs web. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, yaitu protokol keamanan internet yang memanfaatkan teknologi enkripsi untuk mengamankan data.

SSL menjadi standar keamanan situs web dengan cara mengenkripsi lalu lintas atau pertukaran data antara web klien dengan web server, atau dari web browser ke situs web. Dalam hal ini, SSL menerjemahkan informasi sensitif seperti data pribadi, login credentials, atau nomor kartu kredit menjadi kode yang terenkripsi.

Adapun tujuannya adalah agar data atau informasi yang dikirimkan tidak mudah dibaca oleh pihak manapun yang tidak memiliki kepentingan agar data tidak bocor atau tidak dicuri.

Saat ini, browser dapat mendeteksi situs yang aman atau tidak. Yaitu dengan membaca apakah situs web dilindungi dengan protokol SSL atau tidak. Kemudian, browser akan memberikan peringatan kepada pengguna apabila situs yang mereka kunjungi tidak memiliki SSL dengan menampilkan peringatan “Not Secure“.

Pengguna bisa mengenali situs yang menggunakan SSL melalui HTTPS pada alamat URL. Sementara situs tanpa SSL masih menggunakan HTTP. Huruf S di sini menjadi pembeda antara situs web yang menyediakan lapisan keamanan dengan situs yang dinilai tidak aman, baik oleh browser maupun mesin pencari.

Selain SSL, kamu juga mungkin menjumpai istilah TLS atau Transport Layer Security. Tetapi, tidak perlu bingung karena keduanya sama. Hanya saja TLS menggunakan teknologi yang lebih baru. 

Agar semakin jelas, kamu bisa mengenali apa itu TLS di sini!

Jenis-jenis Sertifikat SSL

Apa itu sertifikat SSL hadir dengan menawarkan berbagai jenis agar bisa pengguna sesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah domain yang akan mereka lindungi.

Berikut adalah jenis-jenis SSL yang tersedia dan bisa menjadi solusi tepat keamanan bagi domain atau sub-domain:

Single-domain SSL

Jika dilihat dari namanya, single-domain SSL bisa diartikan sebagai sertifikat SSL yang digunakan hanya untuk melindungi satu domain saja. Biasanya, jenis SSL satu ini hadir dengan harga yang bervariasi sehingga memungkinkan kamu mendapatkan SSL dengan harga terjangkau.

Multi-domain SSL

Apakah kamu mencari informasi seputar apa itu SSL agar bisa mengamankan beberapa domain sekaligus hanya dengan satu sertifikat SSL saja? Untuk tujuan satu ini, kamu bisa memilih SSL jenis multi-domain.

Wildcard

Jika dua jenis sertifikat SSL sebelumnya digunakan untuk mengamankan domain, wildcard merupakan SSL yang bertujuan untuk mengamankan sub-domain tanpa batas selama masih dalam satu FQDN (Fully Qualified Domain Name) yang sama. Jadi, wildcard SSL bisa menjadi solusi keamanan yang tepat bagi kamu yang memiliki banyak sub-domain.

Apa Itu Sertifikat SSL dan Kenapa Penting untuk Website? - 2024

Cara Kerja Sertifikat SSL

Dengan mengetahui bahwa apa itu sertifikat SSL memberikan lapisan keamanan yang lebih saat menggunakan internet, apakah kamu tidak ingin tahu bagaimana sertifikat tersebut bekerja?

Dalam cara kerjanya, SSL menggunakan cryptographic key, yaitu jenis kriptografi khusus yang memanfaatkan kekuatan dua kunci. Kunci-kunci tersebut adalah rangkaian angka-angka yang dibuat secara acak antara private key dan public key.

Public key berfungsi mengidentifikasi server dan berada di domain publik. Jadi, bisa dikatakan kunci tersebut bekerja dengan mengenkripsi file yang dikirim. Sedangkan private key mengunci dan mengenkripsi file yang diterima.

Dengan kata lain, sertifikat SSL bekerja agar bisa mengamankan pertukaran data antara satu sistem dengan sistem lain.

Sebagai contoh, cara kerja SSL pada situs web toko online yang melakukan pertukaran informasi dengan browser. Saat terjadi transaksi pembelian, itu artinya ada pertukaran data yang terjadi antara pembeli dengan toko online, baik berupa alamat email, nomor rekening, nomor telepon, maupun data pribadi sensitif lainnya.

Dalam pertukaran data tersebut, SSL akan bekerja dan menjalankan tugasnya, yaitu mengamankan data menggunakan algoritma terenkripsi. SSL akan mengacak data pada pertukaran data sehingga pihak tidak berkepentingan akan kesulitan dalam membaca data. 

Kemudian, data tersebut hanya bisa dibaca oleh penerima yang dimaksud. Hal tersebut dapat menghindari terjadinya kebocoran atau pencurian data.

Belum punya situs toko online? Ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu harus menghubungi Exabytes untuk mendapatkan jasa pembuatan website toko online dan e-commerce.

Fungsi Sertifikat SSL

Fungsi Sertifikat SSL

Apa itu sertifikat SSL bekerja dengan cara mengenkripsi data sehingga hanya penerima yang dimaksud yang dapat membaca data. Tetapi, apakah kamu tahu fungsi SSL?

Berikut adalah fungsi sekaligus manfaat dan keunggulan SSL yang bisa kamu dapatkan saat memasang sertifikat yang SSL sesuai dengan jenis dan kebutuhan situs web:

Perlindungan Terhadap Data dan Informasi Penting

Bagi yang masih bertanya-tanya apa itu sertifikat SSL dan fungsinya, pernahkah kamu khawatir data yang dibagikan melalui jaringan internet akan bocor atau dicuri? Berkaitan dengan hal tersebut, SSL berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap dan dan informasi penting yang bersifat sensitif.

Dengan Secure Socket Layer (SSL), data penting pada situs web akan terlindungi. Hal tersebut sangat mungkin karena SSL merupakan protokol atau jalur antara situs web dan web browser. Jaluran antara situs web dan web browser sangat rentan terhadap berbagai risiko kejahatan, terutama pencurian data.

Tanpa adanya SSL, data tidak terenkripsi sehingga berisiko dicuri pihak tidak bertanggung jawab. Pencurian atau kebocoran data tentunya merugikan pemilik data bahkan pemilik situs web. Pemilik data yang merasa tidak aman dan tidak nyaman akan mulai kehilangan kepercayaan terhadap pemilik situs.

Sebagai pemilik bisnis online atau situs web, hal tersebut akan merugikan keberlangsungan bisnis. Kepercayaan yang hilang bisa menurunkan penjualan. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan pelanggan setia dan sulit mendapatkan pelanggan potensial.

Itulah mengapa penting untuk memasang sertifikat SSL pada situs web yang bisa kamu dapatkan dari Exabytes sekarang juga.

Memaksimalkan SEO Situs Web

Dari penjelasan apa itu sertifikat SSL, apakah kamu berpikir bahwa SSL berpengaruh terhadap upaya optimasi situs web? Selain melindungi data dan informasi sensitif, SSL juga turut membantu memaksimalkan upaya SEO situs web. 

Mengapa demikian? Mungkin beberapa dari kamu belum tahu bahwa Google dan mesin pencari lain akan lebih mengutamakan konten dari situs web yang mengaktifkan SSL. Itu artinya, situs-situs tersebut memiliki peluang yang lebih untuk masuk dalam hasil pencarian dibandingkan situs tanpa pemasangan SSL.

Untuk mempelajari lebih lanjut apa itu SERP atau halaman hasil pencarian, simak artikel ini ya!

Sebagai Bentuk Kepatuhan Aturan Transaksi di Internet

Apakah kamu hendak membuat situs web e-commerce atau toko online? Jika iya dan situs tersebut menyediakan pilihan pembayaran menggunakan kartu kredit, pastikan situs kamu dipasang SSL.

Pemilik e-commerce atau toko online harus paham akan adanya peraturan Payment Card Industry Data Security Standard. Peraturan tersebut mengharuskan situs web menggunakan SSL sebagai salah satu bentuk perlindungan terhadap keamanan data sensitif pelanggan.

Apabila kamu bersikeras menjalankan situs web e-commerce tanpa adanya SSL, ada denda yang harus kamu bayarkan apabila terjadi kebocoran data. Adapun besaran denda bervariasi, mulai dari $ 5 ribu hingga $ 500 ribu.

Membuat Situs Web Terlihat Profesional

Sudah tahu kan sulitnya membangun brand di dunia digital? Untuk membuat situs web terlihat profesional, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memasang sertifikat SSL pada situs web tersebut.

SSL memungkinkan situs web terlihat kredibel dan terpercaya sehingga pengguna internet tidak akan ragu untuk mengunjungi atau bahkan melakukan tindakan yang melibatkan penggunaan data sensitif. 

Apabila ingin memahami apa itu branding dan manfaatnya bagi bisnis secara lebih mendalam, tentunya kamu bisa memanfaatkan artikel satu ini sebagai sumber informasi.

SSL Memegang Peranan Penting dalam Keamanan Situs Web?

Apa yang bisa kamu pahami dari penjelasan apa itu sertifikat SSL di atas? Bisa dikatakan bahwa Secure Socket Layer (SSL) memegang peranan penting dalam keamanan situs web. Hal tersebut dikarenakan SSL menggunakan teknologi enkripsi yang melindungi data atau informasi terhindar dari kebocoran selama proses pengiriman hingga sampai ke penerima yang dituju.

Sudah siap mendapatkan kepercayaan dari pengunjung situs sehingga bisa memengaruhi mereka untuk melakukan pembelian di situs web kamu? Pastikan situs web kamu sudah terlindungi dengan SSL yang bisa kamu beli kapan saja dari Exabytes.

Apa Itu Sertifikat SSL dan Kenapa Penting untuk Website? - 2024