Rekomendasi 16+ Aplikasi Edit Foto Terbaik

556
blog exabytes

Gunakan aplikasi edit foto terbaik untuk hasilkan foto menarik dan tampak profesional layaknya sentuhan tangan sang ahli.

Dengan semakin banyaknya konten yang bisa kita akses di berbagai sosial media, tertarik untuk menggeluti pekerjaan terkait? Salah satunya adalah menjadi foto editor yang bisa bekerja secara profesional dan mendapatkan bayaran.

Tidak sedikit orang yang sukses dalam memberikan hasil foto terbaiknya dengan menggunakan aplikasi edit foto. Apa saja aplikasi yang bisa kamu gunakan dalam mengedit foto? Simak selengkapnya berikut!

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto

Sudah siap menggeluti dunia fotografi dan konten media sosial? Jika iya, berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa kamu andalkan sebagai penunjang pekerjaan:

Canva

canva - aplikasi foto editor

Canva merupakan aplikasi edit foto yang memiliki banyak pengguna. Jadi, tidak heran ya kalau aplikasi satu ini begitu populer dan familiar di berbagai kalangan.

Karena tidak sedikit orang yang sudah menggunakan aplikasi ini, kamu bisa  mulai mengedit foto dengan memanfaatkan segudang fitur yang tersedia. Bahkan, terdapat banyak tools yang bisa kamu gunakan tanpa bayar alias gratis.

Tidak hanya itu, Canva juga memungkinkan pengguna mengedit foto dengan lebih mudah dengan tersedianya berbagai template. Mengedit foto semudah memasukkan foto dan menyesuaikannya dengan keinginan atau kebutuhan.

Adobe Photoshop Express

adobe photoshop express

Selain Canva, mengedit foto juga bisa lebih mudah dengan menggunakan aplikasi edit foto Adobe Photoshop Express. Aplikasi satu ini kompatibel di berbagai sistem operasi. Itu artinya, kamu bisa mengoperasikan aplikasi ini di perangkatmu.

Hadir sebagai aplikasi edit foto online, ada beragam fitur yang bisa pengguna nikmati. Mulai dari pengaturan kecerahan, dimensi gambar, dan kontras hingga berbagai fitur lain yang dapat mempercantik foto.

Bahkan, pengguna bisa menikmati kegiatan edit foto dengan beragam efek menarik. Tunggu apalagi, download aplikasi ini sekarang juga!

Pixlr

aplikasi edit foto pixlr

Apabila sedang mencari aplikasi edit foto dengan tampilan sederhana serta ramah pengguna, Pixlr bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk dapat mengedit foto sesuai kebutuhan termasuk untuk posting di media sosial, aplikasi ini menawarkan banyak fitur.

Menambahkan efek tertentu serta mengatur overlay foto menjadi sangat mudah. Fitur font dengan berbagai pilihan juga bisa kamu gunakan untuk menambahkan tulisan pada foto.

Prisma

Prisma aplikasi foto editor

Meski tidak begitu familiar, tetapi Prisma bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan aplikasi edit foto yang pas. Meski pada awalnya hanya tersedia untuk pengguna iOS saja, tetapi saat ini aplikasi ini sudah bisa digunakan oleh para pengguna perangkat dengan sistem operasi Android.

Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui, algoritma aplikasi cukup berat sehingga kamu harus sabar dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Mendapatkan rating 4.5/5 di Google Play, Prisma sudah mencapai lebih dari 50 juta download. Itu artinya, sudah banyak orang dan pihak yang menggunakan aplikasi ini. 

LightX

LightX- Aplikasi edit foto

Meski tidak sepopuler Adobe Photoshop, tetapi LightX menawarkan fitur yang hampir mirip dengan aplikasi edit foto populer tersebut. Dengan begitu kamu tetap bisa mendapatkan pengalaman edit foto yang sama meski menggunakan aplikasi yang berbeda.

Apabila sudah terbiasa menggunakan Adobe, tentu tidak akan mengalami kesulitan dalam menggunakan LightX. Setiap aplikasi memiliki kelebihan yang membuatnya berbeda dengan aplikasi serupa lain. Begitu pula dengan LightX yang hadir dengan fitur yang memungkinkan pengguna membuat karikatur.

Tertarik untuk mencobanya?

Adobe Lightroom

adobe lightroom

Belum familiar dengan Adobe Lightroom, yang merupakan aplikasi edit foto? Ini waktu yang tepat untuk kenalan dengan aplikasi tersebut. Dari namanya, kamu bisa menyimpulkan bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi besutan Adobe.

Adobe Lightroom dapat memenuhi kebutuhan dalam melakukan editing fotor. Tidak hanya menyediakan dalam versi Android, ternyata aplikasi satu ini tergolong mudah sehingga ramah pemula.

Hanya dengan klik beberapa opsi, kamu bisa mengedit foto sesuai kebutuhan. Fitur image sharing memungkinkan pengguna membagikan hasil edit foto ke berbagai media. 

Afterlight

afterlight aplikasi edit foto

Ada juga Afterlight, yaitu aplikasi edit foto yang kian populer. Memiliki berbagai opsi filter dan efek eksklusif, kamu bisa memilih aplikasi ini.

Hasil foto yang estetik tentunya menjadi dambaan orang-orang. Namun, kemudahan dalam melakukan edit foto turut menunjang hasil akhir yang diharapkan. Saat menggunakan Afterlight, kamu maupun pengguna lain bisa memilih berbagai tools yang cocok untuk edit foto dan video.

Snapseed

snapseed

Nah, aplikas edit foto lain yang bisa kamu coba adalah Snapseed yang menjadi andalan bagi banyak pengguna. Jadi, apabila kamu ingin mengedit foto, kamu bisa memanfaatkan 28 fitur gratis yang tersedia.

Hal tersebut tentu memudahkan dalam mengedit foto termasuk mengatur warna foto sesuai keinginan. Aplikasi satu ini juga menawarkan fitur berupa filter foto. Dengan begitu, hasil editan mu akan menjadi lebih keren dan cantik.

Menariknya, semua fitur dari Snapseed tersedia secara gratis. Saat hendak menggunakan fitur-fitur tersebut, pengguna tidak akan terganggu dengan munculnya iklan.

PicsArt

picsart

Selanjutnya, PicsArt juga masuk dalam daftar rekomendasi aplikasi edit foto bagi para pengguna. Nah, apabila kamu ingin mencoba kemampuan dalam mengedit dan menghasilkan foto yang lebih menarik, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini.

Sebagai aplikasi edit foto yang begitu populer, PicsArt sudah didownload banyak pengguna. Tidak heran ya kalau aplikasi tersebut mendapatkan rating yang cukup tinggi, yaitu 4.3/5.

Dengan PicsArt, proses edit foto menjadi lebih mudah dengan beragam tools dan filter. Semuanya bisa kamu gunakan dengan mudah karena tools canggih yang tersedia begitu ramah pengguna, termasuk untuk pemula.

AirBrush

airbrush aplikasi edit foto

Suka foto selfie namun tidak mau repot mengedit foto tersebut? Jika ingin membagikan foto yang lebih estetik dari hasil jepretanmu, coba gunakan AirBrush. Dengan aplikasi edit foto satu ini, kamu bisa melakukan berbagai perubahan, misalnya pada bagian wajah dan kulit, mempercerah mata, dan lain sebagainya.

Kemudahan juga menjadi daya tarik dari aplikasi ini. Pengguna bisa mengedit foto hanya dengan satu kali klik. Bagi yang ingin memanfaatkan fitur yang lebih lengkap, AirBrush menawarkan versi pro atau versi berbayar.

Glitch Lab

Glitch Lab

Belum puas dengan aplikasi edit foto yang sudah kamu gunakan? Saat sedang mencari rekomendasi aplikasi serupa lainnya, tertarik untuk mencoba Glitch Lab?

Aplikasi ini cocok bagi yang menyukai efek 3D, scanline, dan art filter. Tersedia lebih dari 100 efek jadi kamu tidak akan kehabisan ide dalam mengedit foto.

Selain jumlah unduhan yang banyak di Play Store, aplikasi ini juga mendapatkan rating dan feedback yang bagus. Artinya, pengguna merasa senang dan puas dengan semua yang ditawarkan oleh Glitch Lab. Tersedia dalam dua pilihan versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar (premium).

VSCO

vsco

Memang tidak sulit untuk bisa mendapatkan aplikasi edit foto yang kompatibel dengan sistem operasi Android 5.0 ke atas. Hal tersebut terbukti dengan adanya VSCO yang angka downloadnya sudah lebih dari 50 juta kali.

Seperti aplikasi lainnya, VSCO juga menawarkan berbagai efek, seperti efek hand dirty dan vintage. Aplikasi ini fokus pada fitur editan yang terkesan klasik. Dimana pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia. Edit foto dengan aplikasi satu ini bisa menghasilkan foto yang tampak seperti dipotret menggunakan kamera analog.

Bonfire Photo Editor

Bonfire photo editor

Ingin mengedit foto terbaru yang ada di ponsel? Coba Bonfire Photo Editor yang turut menambah pilihan aplikasi edit foto yang bagus. Filter dan tool menarik menawarkan pilihan yang bisa kamu manfaatkan setiap kali hendak mengedit foto.

Tool dasar yang akan sangat bermanfaat adalah tool yang dapat menghaluskan kulit serta menghilangkan noda. Dengan begitu, wajah di foto akan tampak lebih mulus. Di aplikasi ini, foto bisa pengguna ubah menjadi hitam dan putih atau lainnya.

Cupslice

Cupslice aplikasi edit foto

Aplikasi edit foto Cupslice menawarkan berbagai filter yang bisa pengguna andalkan. Salah satu filter yang tersedia adalah stiker lucu yang mengikuti perkembangan tren di kalangan pengguna.

Untuk mengedit foto, tersedia tool yang menarik. Dengan begitu, kamu bisa melakukan berbagai hal termasuk melakukan crop, menambahkan bingkai pada foto, atau mengatur kontras serta kecerahan foto.

AfterFocus

AfterFocus

Jika biasanya kamu lebih sering menggunakan Afterlight sebagai aplikasi edit foto, kali ini bisa mencoba AfterFocus. Aplikasi yang sudah didownload lebih dari 10 juta kali ini cocok bagi pengguna Android 5.1 ke atas.

Di aplikasi ini, pengguna bisa mengandalkan fitur yang dapat mengubah focal point dari foto yang mereka hendak edit. Efek blur atau bokeh yang tampak seperti hasil foto DSLR membuat hasil foto terlihat lebih profesional.

Collage Maker

Collage maker foto editor

Collage Maker hadir untuk mereka yang ingin menggunakan aplikasi edit foto dengan fitur kolase. Dimana pengguna memiliki berbagai pilihan layout kolase foto. Aplikasi satu ini juga ternyata hadir dengan menawarkan template desain story. 

Untuk kebutuhan tipografi tulisan pada foto, Collage Maker memberikan lebih dari 30 pilihan font. Dengan begitu, pengguna bisa menemukan font yang pas sesuai dengan tema yang ingin mereka usung dari setiap hasil foto editannya.

Touch Retouch

touch retouch

Terkadang, hasil jepretan menarik memuaskan karena adanya objek yang mengganggu. Untuk bisa menghapus objek tersebut, mengapa tidak memanfaatkan fitur dan tool yang diberikan oleh Touch Retouch? Aplikasi edit foto ini bisa menghilangkan objek pada foto.

Tidak perlu khawatir karena hasilnya akan rapi tanpa meninggalkan gambar bocor. Hal tersebut sangat mungkin karena Touch Retouch dibekali dengan teknologi terbaru. Cocok bagi yang ingin membagikan foto dengan wajah mulus di berbagai media.

Kesimpulan

Seperti namanya, aplikasi edit foto menjadi aplikasi yang akan sangat membantu dalam mengedit foto agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, menarik, dan keren. Dengan banyaknya pilihan aplikasi, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi sesuai kebutuhan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tersebut secara bergantian atau saling mendukung. Jadi, apapun aplikasi pilihanmu, teruslah berkreasi agar bisa memberikan hasil akhir berupa foto yang terlihat rapi, cantik, dan tentunya profesional.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments