Blog (Bagian 2)

Artikel ini merupakan kelanjutan dari pembahasan di minggu sebelumnya. Simak dulu artikel Bagian 1 ya supaya artikel Bagian ke 2 ini bisa lebih dipahami.

Email Subscribers

eDM atau Email Direct Marketing adalah salah satu cara paling efektif pemasaran secara langsung (direct marketing). Bentuk eDM antara lain email Newsletter, email katalog dan video, email Press release, email undangan dan survey, email Terima kasih.

83% B2B internet marketer menggunakan eDM sebagai media marketing mereka karena efektif dan murah bahkan bisa memberikan keuntungan hingga 3800% dari biaya yang dikeluarkan jika dilakukan dengan benar (sumber: Campaignmonitor.com).

Dari data diatas, kita menjadi tahu betapa pentingnya sebuah email untuk kesuksesan marketing kita. Marketing tidak melulu mengenai promosi dan transaksi jual-beli. Marketing bisa juga diartikan lebih luas misalnya eDM yang kamu kirimkan mengenai berita-berita terbaru yang menarik sehingga di share di social media oleh orang lain. Untuk itu, pastikan kamu memiliki fitur email subscribe di website kamu. Mungkin saja saat ini kamu belum punya ide konten atau promosi yang mau kamu kirimkan ke subscriber kamu, tapi suatu saat, database dari email yang kamu kumpulkan akan sangat berharga.

  1. Afiliasi

Afiliasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama (sumber: Wikipedia).

Ada beberapa alasan mengapa cara afiliasi ini menjadi salah satu alternatif untuk dapat penghasilan tambahan dari internet, antara lain karena:

  • Cepat. Kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan produksi barang, distribusi barang, kompetitor, dan lain-lain. Tugas kamu cuma mereferensikan produk yang kamu afiliasikan. Semakin banyak orang memberi dari referensimu, semakin besar komisi yang kamu terima.
  • Pasif. Biasanya, seorang afiliasi akan diberikan kode berupa link yang berisi alamat URL produk yang mau di promosikan dan nomor referensi orang yang mempromosikan. Selama link itu tetap ada dan pengguna internet membeli produk yang kamu promosikan dari link tersebut, kamu akan selamanya mendapat komisi.
  • Bisa dijadikan sebagai Ide produk kamu. Kalau hasil dari afiliasi lebih baik, artinya audience kamu tertarik dengan produk yang kamu promosikan. Kamu bisa berfikir untuk membuat produk kamu yang serupa. Semua blogger sebaiknya melakukan bisnis model ini kecuali kalau yang kamu tawarkan di blog adalah service atau jasa, bukan produk. Kalau kamu menjual jasa di blog, sebaiknya kamu mulai menawarkannya sejak hari pertama blog mu di buat. Berbeda dengan produk, menjual jasa tidak membutuhkan waktu yang lama seperti produksi, packaging, dan distribusi.

Bagaimana afiliasi bekerja? Ketika kamu bergabung ke dalam program afiliasi dan memilih produk yang ingin kamu jual, misalnya produk Hosting Exabytes. Exabytes akan memberikan kamu kode yang dapat kamu pasang di mana saja, seperti blog kamu, website orang lain, social media, dan masih banyak lagi seperti yang sudah saya gambarkan di artikel sebelumnya

Exabytes Indonesia memiliki program afiliasi dimana peserta afiliasi akan diberikan komisi hingga 40% untuk setiap produk kami yang mereka berhasil jual dan tidak dipungut biaya alias GRATIS untuk menjadi peserta program afiliasi. Sistem afiliasi kami sangat transparan dan mudah jadi kamu bisa tahu seberapa komisi yang kamu terima dan sangat cepat proses registrasinya, hanya dalam hitungan menit. Hubungi marketing@exabytes.co.id untuk informasi lebih lanjut.

  1. Iklan

Iklan atau Ads yang dipasang di website atau blog kamu bisa berasal dari berbagai sumber. Bisa langsung dari orang yang mau menjual barangnya atau iklan yang berasal dari media iklan seperti Google (disebut Adsense). Kedua jenis iklan tersebut mempunya banyak perbedaan, tetapi punya satu persamaan yang mendasar yaitu blog kamu harus memiliki traffic yang signifikan.

Biasanya, sebelum memasang iklan, si pemasang atau pemilik barang akan bertanya kepada kamu terlebih dahulu, “Seberapa banyak traffic bulanan di blog anda?”. Si pemasang iklan akan tertarik menempatkan produknya di blog kamu jika blog kamu mempunyai traffic yang besar dan relevan dengan produk yang ingin mereka pasarkan.

Google Adsense bisa berbentuk teks, gambar, multimedia, flash, video iklan gambar animasi, audio atau link. Berbeda dengan iklan dari Google Adsense, komisi yang kamu terima akan dihitung berdasarkan beberapa cara, jumlah klik atau jumlah banner Adsense dimunculkan di blogmu. Pembayaran dari Google Adsense dilakukan 1 bulan sekali sedangkan perhitungannya dapat kamu lihat disini. Pembahasan mengenai pembayaran yang lebih terperinci mungkin akan kita bahas di artikel terpisah. 

Google AdSence location

Baca Juga  5 Alasan Kenapa Kamu HARUS Mulai Bisnis Online SEKARANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here