Ini 5 Cara Sederhana Belajar Cyber Security Secara Otodidak

0
2618

Pernahkah Exabytes Friends mendengar tentang apa itu cyber security dan coba untuk belajar cyber security secara otodidak sendiri? Cyber security adalah keamanan dunia maya. Oleh karena itu, keamanan siber dapat dilihat sebagai bentuk perlindungan terhadap penggunaan data digital yang tidak sah. Saat ini, keamanan siber terus berkembang untuk menjaga keamanan di dunia maya.

Tahukah kamu bahwa cyber security tersebut bisa dipelajari. Kamu tidak perlu pergi ke sekolah komputer untuk belajar tentang keamanan siber. Kamu bisa belajar mandiri di rumah. Belajar cyber security secara otodidak tidak mudah, tetapi jika kamu belajar secara teratur, kamu dapat memahaminya.

Bagaimana Cara Belajar Cyber Security Secara Otodidak di Rumah?

belajar cyber security secara otodidak

Seiring berjalannya waktu, perkembangan industri digital cukup pesat. Hal ini tidak terlepas dari kecanggihan teknologi informasi yang semakin maju. Data di internet sangat rentan terhadap ancaman dari penjahat dunia maya, sehingga perlindungan sangat penting.

Nah, perlindungan ini bisa diberikan oleh keamanan siber. Bagaimana cara belajar tentang keamanan jaringan tersebut?

Belajar bahasa pemrograman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari bahasa pemrograman. Jika kamu mahir dalam bahasa pemrograman, akan mudah bagi kamu untuk mempelajari cyber security dengan mudah.

Memahami bahasa pemrograman akan dapat mengukur kemungkinan serangan dunia maya pada sistem yang direkayasa, dan kamu akan dapat menemukan langkah-langkah prediktif.

Langkah ini sangat penting untuk menjadi ahli cyber security. Untuk mempelajari bahasa pemrograman, kamu dapat mempelajarinya melalui buku, internet, atau mencari bantuan dari teman yang sedang mengejar gelar yang lebih tinggi dalam ilmu komputer (IT).

Baca juga: Mengoptimalkan Keamanan Email dengan Cyber Security yang Tepat

Menganalisa dan mengantisipasi risiko

Selanjutnya, kamu harus belajar bagaimana menganalisa dan mengantisipasi risiko diserang oleh pejahat dunia maya (cyber crime). Dibutuhkan pakar keamanan siber untuk mengantisipasi serangan siber.

Dengan kemampuan menganalisis dan mengatasi risiko, kamu akan menjadi ahli keamanan siber yang dipercayai oleh beberapa perusahaan Indonesia dan global. Sementara antisipasi ancaman siber mengacu pada kebijakan dan prosedur perusahaan untuk mencegah pelanggaran data dan keamanan konsumen, dan untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi saat serangan terjadi, jaringan publik.

Mendeteksi potensi serangan cyber crime

Pelajari cara mendeteksi potensi serangan siber. Ini adalah salah satu tugas spesialis cyber security. Memiliki kemampuan deteksi intrusi membuat profesional keamanan siber mampu mendeteksi potensi dan ancaman serangan siber.

Memahami dari layanan cloud

Langkah selanjutnya untuk mempelajari cyber security adalah mempelajari layanan cloud. Kemampuan ini akan menjadi keterampilan yang dibutuhkan. Karena saat ini banyak perusahaan yang menggunakan layanan berbasis cloud.

Layanan berbasis cloud ini rentan terhadap ancaman serangan siber, seperti peretasan data. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah familiar dengan layanan cloud.

Belajar menguasai enkripsi

Terakhir, coba pelajari cara menguasai enkripsi. Karena potensi serangan siber saat ini semakin meningkat, untuk dapat mengidentifikasi dan mencegah serangan memerlukan seorang profesional cyber security yang dapat mengantisipasi serangan tersebut.

Enkripsi diperlukan sebagai upaya terakhir untuk melindungi data penting. Data enkripsi tidak dapat diakses tanpa menggunakan kunci enkripsi.

Kenapa Penting Belajar Cyber Security?

Bertambahnya pengguna internet

Internet saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Banyak pengguna internet menyimpan data penting mereka di internet. Data ini sangat mudah dicuri oleh oknum-oknum yang tidak bermoral dan digunakan untuk kepentingan pribadi.

Apalagi internet adalah tempat di mana orang-orang yang tidak bertanggung jawab dapat dengan mudah menyebarkan virus dan malware. Pengetahuan cyber security akan sangat membantu untuk mencegah hal ini.

Dibutuhkan oleh banyak perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki data penting yang tidak dibagikan kepada publik. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan peran pakar keamanan siber untuk mencegah kebocoran data penting perusahaan.

Apalagi aktivitas belanja online yang semakin berkembang menurut perusahaan e-commerce memiliki tingkat keamanan yang tinggi agar data pengguna tidak bocor dan aktivitas bisnisnya semakin dapat diandalkan.

Belum banyaknya tenaga ahli

Indonesia sendiri, masalah keamanan data masih sulit diatasi. Hal ini dikarenakan masih kurangnya tenaga ahli atau spesialis di bidang cyber security ini.

Dengan demikian, peluang kerja akan terbuka bagi mereka yang telah menguasai keterampilan di bidang keamanan siber.

Jadi, Sudah Yakin Untuk Belajar Cyber Security Secara Otodidak Atau Belum?

Jika Exabytes Friends mempelajari cyber security secara mandiri, kamu perlu mempersiapkan banyak hal. Kamu harus menemukan dasar-dasar pemrograman dan keamanan jaringan.

Selain itu, kamu harus memiliki pemahaman yang baik tentang bahasa pemrograman. Butuh waktu lama untuk menguasai keamanan siber. Tetapi jika kamu sabar dan terus belajar, itu sangat mungkin.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments