Apa Itu Cyber Security? Kenapa Penting Bagi Bisnismu?

51
blog exabytes
10 min read

Pada dasarnya, cyber security adalah tindakan yang dilakukan untuk mencegah munculnya cyber crime. Cyber crime sendiri merupakan kejahatan di dunia maya.

Bagi mereka yang berbisnis, penelitian tentang cyber security merupakan hal yang penting karena dapat diminimalisir untuk menghindari para pelaku kejahatan siber yang dapat mencuri dan menyalahgunakan data perusahaan.

Jadi apa itu cyber security? Apa cara yang tepat untuk melakukannya? Cari tahu penjelasannya dengan membaca artikel cyber security ini sampai habis.

Apa Itu Cyber Security?

apa itu cyber security

Seperti yang dirujuk oleh International Telecommunication Union (ITU), langkah-langkah cyber security ini mencakup alat, kebijakan, konsep keamanan, dll., yang dapat digunakan untuk melindungi organisasi dan aset pengguna.

Melindungi organisasi dan aset pengguna, termasuk perangkat komputasi, aplikasi, layanan, dan informasi yang dikirimkan dan/atau disimpan dalam lingkungan jaringan.

Dengan menerapkan cyber security, kamu dapat mengurangi risiko ancaman yang menargetkan sistem komputer kamu. Sedikit informasi, cyber security adalah bagian dari pengembangan website.

Konsep Dari Cybersecurity

Cybersecurity mengacu pada aktivitas memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi. Tiga poin ini dikenal sebagai CIA Triad.

CIA Triad sebenarnya adalah model keamanan yang dikembangkan untuk membantu orang berpikir tentang berbagai bagian keamanan teknologi informasi. Model ini adalah konsep cybersecurity.

Kerahasiaan (Confidentiality)

Confidentiality adalah upaya untuk menjaga atau merahasiakan data. Praktiknya adalah mengontrol akses ke data untuk mencegah pencurian atau kebocoran data.

Salah satu caranya adalah dengan membatasi akses kepada pihak yang tidak berwenang. Misalnya hanya karyawan penggajian yang memiliki akses ke database penggajian perusahaan. Karyawan di luar bagian ini hanya dapat melihat struktur perusahaan yang berisi nama dan jabatan.

Privasi juga dapat dipastikan dengan otentikasi dua faktor (2FA). Dengan mengaktifkan 2FA, kamu harus melewati dua langkah otentikasi sebelum kamu dapat mengakses data. Langkah pertama adalah kata sandi, langkah kedua adalah kode khusus yang dikirim ke perangkat tertentu.

Misalnya, peretas telah berhasil mendapatkan nama pengguna dan kata sandi situs web kamu. Jika kamu mengaktifkan 2FA di situs web kamu, peretas tetap tidak dapat masuk. Alasan? Tidak ada kode khusus yang diperlukan untuk mengklaimnya.

Integritas (Integrity)

Integritas dalam teknologi informasi merupakan upaya untuk menyediakan data yang konsisten, akurat, dan andal.

Misalnya, kamu memiliki toko bisnis online. Kamu harus memberikan informasi produk yang jelas dan harga yang akurat. Hal ini memungkinkan pelanggan kamu untuk mempercayai integritas toko online kamu.

Dalam contoh yang sama, kamu perlu menyimpan data pelanggan sebaik mungkin. Jangan biarkan kebocoran data merugikan pelanggan kamu.

Beberapa cara untuk menjaga integritas data termasuk enkripsi, tanda tangan digital, otoritas sertifikat digital (CA). Otoritas sertifikat seperti SSL/TLS berguna untuk memverifikasi identitas pengguna situs web.

Ketersediaan (Availability)

Komponen terakhir dari triad CIA, ketersediaan mengacu pada ketersediaan data kamu. Dalam bisnis, ketersediaan sistem, aplikasi, dan data yang dapat diakses oleh pelanggan merupakan suatu kewajiban.

Misalnya, pengguna mobile banking membutuhkan transfer mendadak. Dia akan sangat frustasi ketika aplikasi tiba-tiba crash. Hal ini dapat mengurangi kepercayaan pengguna terhadap bank yang bersangkutan.

Elemen Dalam Cyber Security

Seperti disebutkan sebelumnya, ada beberapa elemen cyber security. Faktor-faktor ini diperlukan, terutama untuk memastikan bahwa keamanan jaringan benar-benar aman.

Beberapa elemen cyber security meliputi:

Application security

Keamanan aplikasi adalah elemen yang meningkatkan fitur keamanan aplikasi untuk mencegah terjadinya ancaman. Ini melindungi situs web dan aplikasi web dari berbagai jenis serangan siber yang dapat mengeksploitasi kerentanan dalam kode sumber.

Ancaman paling umum yang mengancam perangkat lunak atau aplikasi termasuk validasi input, otorisasi, manajemen sesi, dan enkripsi. Hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya adalah:

  • Otentikasi: menggunakan otentikasi dua faktor dalam bentuk kode yang dikirim ke ponsel pengguna.
  • Otorisasi: sistem akan memeriksa ruang lingkup otorisasi pengguna untuk menggunakan aplikasi.
  • Enkripsi: enkripsi melindungi data sensitif pengguna dari peretas.
  • Logging: mencatat aktivitas dan informasi dalam suatu sistem.
  • Tes keamanan: periksa apakah sistem keamanan dalam aplikasi berfungsi dengan baik.

Information security

Keamanan informasi (IS) adalah elemen cyber security yang mengacu pada proses dan metode untuk mencegah akses, penggunaan, gangguan, modifikasi, atau penghacuran informasi yang tidak sah.

Informasi yang ditargetkan oleh penjahat dapat berupa:

  • Informasi pribadi.
  • Profil di media sosial.
  • Kredensial login.
  • Email
  • Detail jaringan.
  • Data rekening bank, dan lain sebagainya.

Network security

Network security adalah elemen keamanan yang mencegah dan melindungi akses tidak sah ke jaringan komputer. Ini dikonfigurasi untuk mencegah dan memantau penyalahgunaan dan modifikasi sumber daya jaringan dan komputer. Network security mencakup teknologi perangkat keras dan perangkat lunak.

Ada berbagai metode untuk meningkatkan keamanan jaringan, berikut adalah beberapa metode:

  • Firewall
  • Virtual Private Network (VPN)
  • Network Access Control (NAC)
  • Software Antivirus
  • Email security
  • Web security
  • Wireless security
  • Endpoint security

Disaster recovery / Business continuity planning

Disaster recovery planning merupakan upaya suatu bisnis untuk pulih dari berbagai bencana, baik itu bencana alam, ancaman dunia maya, dll. Rencana restorasi dapat ditetapkan sebagai dokumen formal yang berisi informasi berikut:

  • Administrasi
  • Budget financial
  • Sumber daya dan teknologi
  • Perangkat keras

Operational security

Keamanan operasional atau prosedural adalah elemen manajemen risiko yang melindungi data yang rentan terhadap penyalahgunaan. Elemen ini mengidentifikasi informasi penting dan mengembangkan mekanisme perlindungan untuk memastikan keamanannya.

Cloud security

Keamanan cloud adalah tindakan untuk melindungi keamanan data di cloud. Ancaman bisa datang dalam bentuk pembajakan lalu lintas layanan, penyalahgunaan, dan pencurian data.

Implementasi keamanan cloud sangat penting bagi penyedia layanan cloud. Untuk melindungi data pelanggan yang sensitif, penyedia layanan harus mematuhi persyaratan dan prosedur tingkat keamanan yang ada.

Perlindungan cloud mencakup teknologi, kontrol, dan layanan untuk meningkatkan keamanan cloud.

End-user education

Pelatihan pengguna akhir adalah elemen terpenting dari cyber security. Pasalnya, kurangnya pendidikan end user atau pengguna internet dalam cyber security merupakan risiko keamanan terbesar, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi organisasi/bisnis yang digelutinya.

Sebagian besar risiko keamanan muncul dari kurangnya kesadaran keamanan dan kurangnya kebijakan, prosedur, dan protokol di sebagian besar perusahaan. Kerentanan keamanan jaringan terhadap pengguna akhir dapat terjadi melalui:

  • Pesan teks
  • Penggunaan email
  • Penggunaan media sosial
  • Download aplikasi
  • Pembuatan dan penggunaan kata sandi

cyber security

Jenis Ancaman Cybersecurity

Dalam penerapannya, cybersecurity harus menghadapi berbagai jenis ancaman yang mungkin muncul.

Cyber crime

Cybercrime adalah kejahatan yang menargetkan sistem komputer. Penulis melakukan akses ilegal, transmisi ilegal atau manipulasi data untuk tujuan tertentu. Ini termasuk menciptakan gangguan dan mencari keuntungan finansial.

Cyber attack

Tidak seperti cyber crime yang dapat menargetkan siapa saja, tujuan cyber attack sering dikaitkan dengan keuntungan politik. Aktivitas ini mencoba mengumpulkan informasi, mencuri data, mengendalikan sistem target.

Cyber terrorism

Cyber terrorism mengacu pada upaya untuk mengintimidasi, menghasut, atau mengintimidasi melalui sistem komputer. Aktivitas siber ini berbahaya karena menimbulkan kepanikan dan ketakutan yang meluas.

Metode Ancaman Cyber security

Dalam penerapannya, cyber security harus menghadapi berbagai jenis ancaman yang mungkin muncul.

Malware

Jenis ancaman pertama adalah malware. Biasanya ancaman ini datang dalam bentuk malware yang dapat merugikan pengguna komputer.

Malware dapat membahayakan komputer dan penggunanya dengan menyebarkan virus komputer, spyware, worm, dan banyak lagi.

Ransomware

Ancaman cybersecurity berikutnya adalah ransomware. Ransomware juga merupakan bentuk malware, tetapi lebih ekstrim dari sekedar menyebarkan virus.

Biasanya akan ada hacker yang memblokir akses kamu untuk membuka komputer atau dokumen penting. Satu-satunya cara untuk kembali ke komputer kamu adalah dengan membayar uang tebusan yang diperlukan.

Meski begitu, membayar sejumlah itu tidak menjamin file atau sistem komputer yang telah dibajak bisa kembali normal.

Social engineering

Menurut Imperva, rekayasa sosial adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangan berdasarkan interaksi manusia.

Singkatnya, rekayasa sosial memanipulasi pengguna untuk memberikan informasi sensitif seperti kata sandi, jawaban atas pertanyaan keamanan, dll.

Biasanya, ancaman ini memanfaatkan keingintahuan orang dan mengelabui mereka untuk melakukan hal-hal yang tampak normal tetapi sebenarnya sangat berbahaya.

Phishing

Ancaman cyber security terbaru adalah phishing. Phishing adalah bentuk penipuan yang sering muncul melalui email.

Penipu akan mengirim email menggunakan alamat yang mirip dengan sumber tepercaya. Meski begitu, ada satu atau dua huruf berbeda yang biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang.

Penipuan ini bertujuan untuk mencuri data sensitif seperti nomor keamanan kartu kredit (CVC), kata sandi, dan informasi penting lainnya. Jadi, jika kamu menerima email yang meminta kamu memasukkan data sensitif, selalu periksa kembali reputasi pengirim email.

Injeksi SQL

Injeksi SQL (Structured Query Language) adalah jenis ancaman dunia maya yang digunakan untuk menangkap dan mencuri data dari pusat data.

Penjahat dunia maya mengeksploitasi kerentanan dalam aplikasi berbasis data untuk menyuntikkan kode berbahaya ke dalam basis data melalui pernyataan SQL. Ini memberi mereka akses ke informasi sensitif di pusat data.

Serangan Man-in-the-Middle

Jenis ancaman ini berupa penyadapan komunikasi antara dua individu untuk mencuri data. Misalnya, pada jaringan WIFI yang tidak aman, penyerang dapat mencegat data yang dikirim dari perangkat dan jaringan korban.

Serangan Denial-of-Service

Metode penjahat dunia maya ini mencegah sistem komputer merespons permintaan akses yang sah. Triknya adalah membanjiri jaringan dan server dengan lalu lintas, sehingga sistem tidak dapat berfungsi.

Cara Mengatasi Serangan Dari Cyber Crime

Cara mengatasi serangan dari cyber crime yang bisa kamu lakukan antara lain:

Selalu update perangkat lunak

Cyber crime mencoba mengeksploitasi perangkat lunak kamu untuk mengendalikan sistem komputer. Patch keamanan terbaru di sistem operasi dan keamanan internet kamu mencegah hal ini terjadi. Oleh karena itu, kamu harus memperbarui perangkat lunak ini secara teratur.

Menggunakan antivirus

Menginstal perangkat lunak anti-virus adalah salah satu solusi keamanan untuk perangkat kamu. Software ini sangat berguna dalam mendeteksi dan membersihkan sistem komputer kita dari ancaman penjahat dunia maya. Jangan lupa untuk memperbarui antivirus kamu untuk mendapatkan manfaat dari fitur keamanan terbaru.

Menggunakan kata sandi atau password yang kuat

Salah satu metode cyber crime adalah eksploitasi kata sandi yang lemah. Pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat. Misalnya, menggunakan kombinasi kata, huruf, dan simbol.

Waspada terhadap email dari pengirim yang tidak dikenal

Metode lain dari penjahat dunia maya adalah dengan memasukkan malware ke dalam lampiran email. Setelah lampiran dibuka, malware akan menyebar ke sistem komputer kamu.

Selain lampiran, kejahatan email dapat dilakukan melalui tautan. Kamu diundang untuk mengunjungi tautan tertentu, biasanya dalam bentuk permintaan harga.

Untuk menghindari metode penjahat dunia maya ini, pastikan kamu mengetahui pengirim email di kotak masuk kamu. Dan hindari membuka tautan dari email asing. Karena bisa jadi spam.

Hindari penggunaan jaringan Wifi asing di tempat umum

Menggunakan jaringan Wi-Fi tanpa kamu sadari membuat kamu rentan terhadap serangan dari saudara kembar yang jahat atau man-in-the-middle. Kamu dapat membaca lebih lanjut tentang ancaman ini di sini.

Sekarang kamu tahu cara menangani kejahatan dunia maya. Jangan ragu lagi, segera terapkan keamanan jaringan. Data dan informasi kamu sangat berharga, lho.

cybersecurity

Manfaat Dari Cyber Security Untuk Bisnis

Jenis serangan cyber semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis yang belum memahami pentingnya cyber security. Tanpa prosedur keamanan yang kuat, aktivitas bisnis sehari-hari dapat dilacak oleh penjahat tanpa disadari.

Untuk mengatasi hal tersebut, keamanan harus menjadi perhatian utama. Sebenarnya, apa manfaat cyber security untuk kelancaran operasional bisnis? Berikut penjelasannya:

Informasi pribadi terjaga

Tentu saja, manfaat terpenting adalah perlindungan informasi yang berharga. Di era digital ini, informasi pribadi sangat berharga dan mudah disalahgunakan.

Jika virus berhasil mendapatkan informasi tentang karyawan atau bahkan pelanggan, informasi ini dapat dipertukarkan. Informasi yang diperoleh secara ilegal juga dapat disalahgunakan untuk meretas subjek data.

Bekerja menjadi lebih produktif

Virus dan serangan dunia maya dapat secara serius memengaruhi produktivitas kamu, kamu tahu itu. Jika komputer terinfeksi virus, pekerjaan akan terhambat, dan jika virus benar-benar berbahaya, kemungkinan besar kamu harus mengganti komputer baru.

Namun, jika kamu menggunakan solusi keamanan jaringan, semua pekerja kantoran dapat dengan nyaman menjelajah internet tanpa takut terkena ancaman.

Memastikan website dapat selalu diakses

Apapun bisnis yang kamu jalankan, biasanya kamu memiliki website sendiri. Jika sistem terinfeksi virus atau ancaman lain, situs web kemungkinan besar akan ditutup secara paksa.

Ketika hal ini terjadi, tim IT membutuhkan waktu untuk memulihkan website dan bisnis kamu mau tidak mau kehilangan pelanggan yang ingin membuka website secara bersamaan.

Dalam jangka panjang, pelanggan akan berpikir ulang jika mereka ingin berbisnis dengan bisnis kamu karena kejadian ini.

Menjaga kepercayaan pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, terkena ancaman cyber bisa berbahaya bagi keberlangsungan bisnis kamu.

Jika kamu memastikan keamanan jaringan dan semua sistem yang digunakan, keuntungannya adalah pengguna akan lebih percaya diri saat membeli produk atau menggunakan layanan kamu.

Pasalnya, jika nasabah mengetahui adanya pelanggaran sistem, maka nasabah akan ragu untuk memasukkan data pribadi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi.

Jadi, Cyber Security Adalah …

Cyber security sangat penting untuk melindungi sistem komputer dari serangan siber dan akses ilegal. Di era digital ini, kesadaran cyber security sangat penting untuk dipahami oleh setiap pengguna internet.

Jika kamu berbisnis online, kamu perlu meningkatkan sistem keamanan agar transaksi dan data pelanggan tidak berisiko. Solusinya adalah dengan menggunakan layanan cloud hosting Exabytes yang aman dan andal agar situs web kamu selalu dapat diandalkan.

Exabytes disertifikasi dengan standar keamanan internasional ISO 270001 dan dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, seperti Imunify 360. Berkat standar keamanan ini, keamanan situs web dan data kamu di cloud dijamin dari serangan malware.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments