Kamu sering punya random ide, seperti saya? hehe.. tapi cuma hilang begitu aja? Tulis saja di blog. Berbeda dengan Twitter atau social media yang lain seperti Facebook, di blog, kamu bisa mendownload semua tulisan yang pernah kamu tulis dengan mudah, sedangkan kalau kamu menulis di Twitter, Facebook atau social media yang lain, kamu tidak punya kontrol penuh atas tulisan yang kamu buat seperti men-download semua tulisan atau posting yang pernah kamu posting.

Untuk menulis di blog kamu sendiri, kamu nggak perlu bisa pemrograman web, atau ahli design kok. Ketika kamu membeli web hosting, terkadang perusahaan web hosting sudah meng-install Web Builder di dalam cPanel tujuannya untuk memudahkan pengguna hosting untuk menginstall Content Management System (CMS) populer seperti WordPress, Joomla, AbanteCart dan platform-platform lainnya untuk membuat website. Di Exabytes Indonesia, kami menyediakan Web Builder bernama Softaculous. Ada belasan pilihan platform untuk Blog, salah satu platform blog yang paling terkenal adalah WordPress.

WordPress adalah salah satu dari sekian banyak blog platform gratis yang dikenal luas oleh para blogger karena sudah ada sejak tahun 2003. Blogging yang pada mulanya hanya sebagai hobi, saat ini sudah berubah trend dan menjadi sebuah pekerjaan profesional. Sebut saja beberapa orang terkenal yang awalnya dimulai dari blog seperti aktor a.k.a produser a.k.a pengarang buku, Raditya Dika atau si pejalan antar negara yang sudah menerbitkan 13 buku best seller ini, Trinity.

WordPress memiliki komunitas yang begitu besar di seluruh dunia jadi wajar saja kalau saat ini WordPress sudah di translate ke 150 bahasa. Kepopuleran WordPress tidak lain karena begitu mudah menggunakannya, dari instalasi, templating hingga blogging. Instalasi WordPress sendiri hanya memakan waktu kurang dari 5 menit dengan beberapa kali klik saja! Berikut ini step-by-step Cara Instalasi WordPress SUPER Cepat:

  1. Login cPanel
Baca Juga  Cara Mengarahkan Domain Murah Exabytes ke Blogspot

Buka di browser kamu {nama domain}/cpanel. Misal ceritadesigner.com/cpanel. Setelah itu kamu akan menjumpai halaman ini.

cpanel login

  1. Masukkan username dan password

Setelah itu kamu akan melihat halaman ini.

cPanel dashboard panel

  1. Install WordPress

Scroll ke bawah. Kamu akan menemukan kategori “SOFTACULOUS APPS INSTALLER” di bagian paling bawah. Kemudian klik “Blogs”.

Softaculous install blogs

Kemudian pilih kategori Blogs > klik WordPress dan kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini. Kemudian klik “Install Now”

Install WordPress from softaculous

Kemudian isi username dan password yang akan kamu gunakan untuk login WordPress nantinya. Isikan juga email kamu di bagian “Email installation details to” supaya detail informasi mengenai instalasi ini dikirimkan ke email kamu setelah instalasi ini selesai.

Insert Email Installation Details

Setelah itu, klik “Install”. Proses instalasi selesai jika kamu sudah melihat halaman seperti dibawah ini.

Wordpress-Installation-Done

DONE! SUPER cepat bukan? Cuma satu langkah lagi untuk jadi blogger profesional sekarang. Happy blogging! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here