Panduan Cara Membuat Formulir Online

141
Formulir Online
8 min read

Sudah banyak aktivitas konvensional yang mulai digantikan dengan teknologi digital. Beberapa di antaranya seperti pendaftaran event seminar atau pengisian formulir kuesioner yang kini bisa dibilang sudah sepenuhnya dilakukan secara online. 

Lalu, bagaimana sih cara membuat formulir online yang baik dan benar? Yuk, simak artikel berikut ini!

Cara Membuat Formulir Online (Adobe Stock)
Formulir Online (Adobe Stock)

Apa itu Formulir Online?

Formulir online adalah alat untuk merekam/mendapatkan informasi. Formulir online biasanya digunakan untuk mengumpulkan survei, membuat tabel pengamatan dan evaluasi online, serta mendokumentasikan data-data penting secara sistematis.

Formulir berisi identitas diri dan keperluan orang tersebut. Hal penting dari pengisian formulir adalah mengisi dengan data yang sebenarnya. Dengan formulir, pengisian data akan seragam dan menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Manfaat Formulir Online Untuk Mendukung Bisnis Online

Beberapa manfaat formulir online untuk mendukung bisnis online berikut ini pasti membuatmu tak ragu memanfaatkannya, antara lain:

Lebih Fleksibel dan Hemat Biaya

Kegunaan formulir online membuat proses pengisian formulir jadi lebih fleksibel tanpa dibatasi ruang dan waktu. Pelanggan atau pengguna internet yang menjadi target survei bisa mengisi formulir online kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan jaringan internet. Fleksibilitas tersebut juga membuatmu tak perlu khawatir dengan risiko lembar formulir hilang atau rusak.

Mewujudkan Konsep Bisnis Go Green

Membuat formulir online dan mempublikasikannya merupakan salah satu upaya konkrit menjalankan bisnis online dengan konsep go green. Pemanfaatan formulir online membuatmu tak perlu repot untuk mencetak hard copy dan kemudian menyebarkannya kepada pelanggan atau pengguna internet.

Mendapatkan Kritik dan Saran Secara Praktis

Kegunaan formulir online juga dapat membantumu mengumpulkan kritik dan saran untuk bisnis online secara praktis. Para pelanggan bisa menyampaikan kritik dan saran secara mudah hanya dengan mengisi formulir online yang telah kamu siapkan. 

Selanjutnya, kamu patut memanfaatkan kritik dan saran tersebut untuk memperbaiki bisnis online agar sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Menyempurnakan Sistem Pendaftaran Event

Sistem pendaftaran event kini bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan formulir online. Kamu bisa mengandalkan kegunaan formulir online untuk mengumpulkan data-data peserta event, mulai dari nama, nomor kontak, alamat email, pekerjaan atau profesi, hingga motivasi mengikuti event tersebut.

Mengumpulkan Data Yang Diperlukan

Formulir online dapat bermanfaat sebagai mengumpulkan data yang diperlukan, terutama untuk promosi online. Berbicara tentang promosi bisnis online memang belum lengkap tanpa membahas giveaway. Momen giveaway harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengumpulkan data-data para peserta.

Sebaiknya, kamu meminta peserta giveaway mengisi formulir online sehingga kamu bisa memperoleh informasi kontak para peserta giveaway secara mudah untuk mendukung upaya promosi bisnis selanjutnya.

Selain giveaway, data yang bisa dikumpulkan dengan formulir online antara lain untuk mengetahui audiens bisnis, pendapat layanan dan lain sebagiannya.

Formulir Online (Adobe Stock)
Ilustrasi Orang Sedang Mencatat Formulir Online (Adobe Stock)

Cara Membuat Formulir Online

Berikut adalah cara membuat formulir online dengan menggunakan Zoho Form, Google Form, dan Wufoo untuk mengakomodir berbagai kebutuhan:

Zoho

Zoho adalah salah satu aplikasi webtop atau sistem operasi yang berjalan secara online (kebalikan dari desktop), sehingga bisa digunakan secara fleksibel untuk mengakomodir berbagai kebutuhan. Sayangnya Zoho membatasi pemakaian dengan menawarkan paket berbayar. Jadi tidak semua fitur bisa dinikmati jika kamu hanya membuat akun gratisan.

Berikut merupakan panduan cara membuat form online menggunakan Zoho yang bisa kamu ikuti:

  • Kunjungi website zoho.com, Kemudian klik Login atau Sign up jika belum memiliki akun Zoho.Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Untuk mulai membuat form online kamu bisa memilih menu Form, kemudian klik tombol “New Form”.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Selanjutnya, kamu bisa mengisi bagian judul form dan deskripsi sesuai tujuan. Jika sudah selesai, bisa langsung klik tombol Save.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Bagian ini menjadi tahap paling menarik ketika membuat formulir online. Pasalnya, kamu bisa mengeksplore fitur dan fungsi apa saja yang ditawarkan oleh penyedia layanan formulir online. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai macam kolom dengan cara drag and drop, jadi lebih simpel dan praktis ketika digunakan.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Setelah merancang halaman formulir online, jangan lupa untuk menyimpan hasil pekerjaan. Caranya kamu tinggal klik tombol Submit di bagian bawah. 
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Selesai. kamu bisa mulai membagikan URL form Zoho melalui email, sosial media, atau website perusahaan agar bisa dilihat banyak orang.Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021

Google Form

Google Form adalah salah satu platform online yang sangat cocok untuk membuat formulir online. Dengan menggunakan Google Form, kamu bisa membuat formulir pendaftaran event webinar, form kuesioner, hingga form latihan soal yang saat ini banyak dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.

Berikut merupakan panduan cara membuat form online menggunakan Google Form yang bisa kamu ikuti:

  • Buka halaman Google Form dan Login menggunakan akun Gmail, atau daftar jika kamu belum punya.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Setelah berhasil login, kamu bisa melihat beberapa template form yang bisa dipilih sesuai selera. Adapun jika ingin membuat dari awal pilih saja bagian dokumen Blank (kosong).Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Tulis judul dan deskripsi Form yang ingin dibuat. Sedangkan untuk bagian deskripsi biasanya berisi informasi pembicara, latar belakang acara, dan jadwal pelaksanaan.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Setelah selesai mengisi judul dan deskripsi, kamu bisa mulai membuat kolom untuk mengisi nama, alamat email, nomor handphone, atau pertanyaan lainnya yang relevan dengan kebutuhan data.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Klik tanda (+) di pojok kanan atas jika ingin menambahkan kolom pertanyaan ke dalam formulir online. Selain kolom pertanyaan, kamu juga bisa menambahkan gambar dengan memilih icon gambar yang ada di sidebar samping kanan.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021

Wufoo

Wufoo adalah sebuah layanan berbasis web yang bisa digunakan untuk membantu membuat formulir digital. Cara membuat formulir online menggunakan Wufoo sangat mudah dan praktis, pasalnya dalam proses perancangan sudah terdapat pilihan kolom dan fungsi yang ingin ditambahkan.

Berikut merupakan tutorial cara membuat formulir online menggunakan Wufoo by SurveyMonkey:

  • Buka website wufoo.com dan Login dengan memasukkan username dan password, atau mendaftar jika belum memiliki akun.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Setelah berhasil masuk kamu bisa mulai membuat form dengan menambahkan field sesuai kebutuhan.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Isi bagian judul pada kolom Form Title dan informasi terkait formulir pada kolom Description. Agar tampilan semakin menarik, kamu bisa memilih apakah teks dibuat rata kanan, kiri, atau tengah.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021
  • Jika sudah selesai membuat formulir online, Click tombol Save.
Panduan Cara Membuat Formulir Online - 2021

Demikian penjelasan mengenai pengertian formulir online, fungsi serta bagaimana cara membuatnya. Ketiga platform di atas bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan agar hasil yang didapatkan bisa semakin maksimal.

Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kamu dan dapat diterapkan untuk membuat formulir online yang menarik sesuai fungsinya. Untuk informasi lainnya mengenai bisnis online, marketing hingga SEO bisa mengunjungi Blog Exabytes ya.

Selamat mencoba!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments