Mengapa Web Security Itu Penting?

289
Mengapa Web Security Penting?
8 min read

Di dunia yang serba digital ini, website menjadi salah satu media yang paling diandalkan dalam hal menyebarkan sebuah informasi ke media internet yang dapat kita analogikan sebagai dunia kedua dari kegiatan manusia. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas mengenai pentingnya memiliki sekuritas website (web security) pada website yang kamu kelola. Yuk, simak artikel berikut ini!

Web Security
Ilustrasi Tentang Web Security (Adobe Stock)

Pengertian Web Security

Keamanan web atau web security yang juga dikenal sebagai “cyber security” ini pada dasarnya berarti melindungi situs web atau aplikasi web dengan mendeteksi, mencegah, dan menangani ancaman dunia maya seperti hacker.

Seringkali, situs web dan aplikasi web rentan terhadap pelanggaran keamanan seperti halnya rumah fisik, toko, dan lokasi pemerintah. Terkait prinsip kerjanya sendiri, itulah yang sebenarnya dilakukan oleh web security yaitu sebagai sistem tindakan perlindungan dan protokol yang dapat melindungi situs web atau aplikasi web kamu dari peretasan atau dimasuki oleh personel yang tidak berwenang.

Jenis – Jenis Web Security

Adapun beberapa jenis web security atau solusi teknis populer untuk mencegah threat atau ancaman meliputi:

  • Alat pengujian kotak hitam (black box testing).
  • Alat atau fuzzing tools.
  • Alat pengujian kotak putih (white box testing).
  • Firewall aplikasi web atau Web App Firewall (WAF).
  • Pemindai keamanan atau kerentanan (vulnerability or security scanner)
  • Alat peretas kata sandi (password hack tools)
  • Kemungkinan ancaman (possible threat)
Web Security
Web Security (Adobe Stock)

Macam – Macam Ancaman Pembobolan Web

Dalam membahas tentang arti web security, hal tersebut tentunya tidak terlepas juga daripada apa saja macam-macam metode ancaman pembobolan keamanan website. Diantaranya adalah:

Cross-Site Scripting (XSS)

Tipe macam metode pembobolan web security yang pertama yaitu Cross-Site Scripting atau XSS. Metode ini adalah kerentanan yang memungkinkan penyerang memasukkan skrip sisi klien ke halaman web untuk mengakses informasi penting secara langsung, meniru identitas pengguna, atau mengelabui pengguna agar mengungkapkan informasi penting.

SQL Injection (SQi)

Metode berikutnya yaitu SQL Injection atau SQi, ini adalah metode yang digunakan penyerang untuk mengeksploitasi kerentanan dalam cara database menjalankan kueri penelusuran.

Penyerang menggunakan SQi untuk mendapatkan akses ke informasi yang tidak sah, mengubah atau membuat izin pengguna baru, atau memanipulasi atau menghancurkan data sensitif.

Denial-of-Service (DoS) dan Distributed Denial-of-Service (DDoS)

Dos dan DDos (untuk yang terdistribusi) ini dijalankan melalui berbagai vektor, penyerang dapat membebani server yang ditargetkan atau infrastruktur sekitarnya dengan berbagai jenis lalu lintas serangan atau traffic attacks.

Saat server tidak lagi dapat memproses permintaan masuk secara efektif, server mulai berperilaku lamban dan akhirnya menolak layanan untuk permintaan masuk dari pengguna yang sah.

Phishing

Phishing adalah jenis cybercrime yang memanfaatkan email, telepon, maupun pesan teks untuk mengelabui korban agar memberikan data sensitif berupa informasi login maupun detail kartu kredit.

Dalam serangan ini, pelaku akan menyamar sebagai institusi legal, dan mengirimkan pesan berisi URL/website yang telah didesain sedemikian rupa sehingga terlihat sangat profesional.

Baca Juga  Simak 7 Alasan Kenapa Keamanan Website Penting Untuk Bisnis

Malware

Malware adalah singkatan dari malicious software dalam kata bahasa inggris yang berarti program berbahaya. Malware adalah sebuah program yang didesain oleh hackers untuk mengeksploitasi dan merusak perangkat, server, maupun jaringan. 

Memory Corruption

Berikutnya ada memory corruption atau kerusakan memori, dimana terjadi ketika lokasi di memori secara tidak sengaja diubah. Hal tersebut mengakibatkan potensi perilaku yang tidak diharapkan dalam software (perangkat lunak). Aktor atau pelaku jahat akan mencoba untuk mengendus dan mengeksploitasi kerusakan memori melalui eksploitasi seperti injeksi kode atau serangan buffer overflow.

Buffer Overflow

Buffer overflow adalah anomali yang terjadi saat perangkat lunak menulis data ke ruang yang ditentukan dalam memori yang disebut buffer. Kapasitas buffer yang meluap menyebabkan lokasi memori yang berdekatan ditimpa dengan data.

 Perilaku ini dapat dimanfaatkan untuk injecting atau menyuntikkan kode berbahaya ke dalam memori, dimana hal itu akan berpotensi menciptakan kerentanan di mesin yang ditargetkan.

Web Security
Web Security (Adobe Stock)

Mengapa Web Security itu Penting?

Berikut adalah 5 alasan mengapa web security sangat penting:

Menjaga Keamanan Data Customer 

​​Di dalam sebuah website, tersimpan data informasi perusahaan sekaligus konsumen. Apalagi konsumen yang melakukan transaksi online, biasanya menyertakan data pribadi, seperti memberi nama, informasi kartu kredit, tanggal lahir, dan bahkan nomor jaminan sosial lengkap mereka. 

Data-data pribadi yang tersimpan dalam website ini rawan diretas atau bahkan hilang akibat ulah pihak tak bertanggung jawab. Dengan menggunakan sistem keamanan yang tepat, website tentu makin aman

Mendukung Kredibilitas sebagai Perusahaan yang Terpercaya

Customer atau prospek klien yang mengetahui bahwa kamu menggunakan web security juga pasti akan semakin meningkatkan kepercayaannya terhadap produk atau layanan kamu. Kredibilitas bisnis kamu pun dapat meningkat seiring dengan bukti nyata yang bisa kamu tunjukkan dari keamanan data yang terjaga.

Mencegah Terhentinya Penjualan

Peretasan situs web yang tidak dilindungi tidak hanya mengancam keamanan perusahaan, tetapi juga keberadaannya, karena hilangnya terlalu banyak penjualan potensial juga dapat menyebabkan bisnis menjadi terhenti dan hilangnya produktivitas bisnis.

Mencegah Malware Berbahaya

Sebagai bisnis yang baru berjalan, kamu tentu baru saja mengeluarkan modal besar untuk memulai dan mengembangkan usaha kamu. Namun, bagaimana jadinya jika software atau hardware yang telah kamu beli justru rusak karena malware berbahaya? web security dapat mencegah hal buruk tersebut terjadi dengan dukungan proteksi yang sesuai.

Memberikan Jaminan Kompetitif

Jika kamu mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi situs web, kamu bisa tetap dua langkah di depan persaingan. Ini karena keamanan situs web secara signifikan mengurangi risiko paparan online, sementara pesaing yang tak melakukan hal serupa akan tetap terpapar ancaman online. Jadi, pastikan website kamu bukan termasuk salah satunya ya!

Jadi, bagaimana? Sudah tahu kan kenapa web security itu penting? Tapi jangan khawatir. Kamu bisa kok berpartisipasi dalam meningkatkan awareness tentang keamanan data / data security kepada orang didekatmu.

Tips untuk Melindungi Website dari Serangan Hacker

Selain membahas pengertian web security, dalam artikel ini kami juga akan menjelaskan apa saja strategi penerapan metode perlindungannya. Berikut adalah tips untuk melindungi website dari serangan hacker.

Update / Maintenance Secara Berkala

Untuk mencegah kemungkinan terburuk sangat disarankan agar kamu melakukan update secara berkala. Meski terlihat sepele dan merasa terganggu oleh pemberitahuan update, tapi melakukan update adalah bagian super penting untuk menjaga keamanan online. Manfaatnya dapat membantu melindungi dari serangan hacking yang menggunakan sistem yang belum di-update.

Baca Juga  Cari Tahu Tentang SSL: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya!

Gunakan Kata Sandi yang Sulit Ditebak 

Serangan brute force banyak dilakukan para hacker untuk meretas password suatu website. Parahnya, ribuan serangan terdeteksi setiap harinya di banyak website dalam dua tahun terakhir. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengubah username dan password yang sulit ditebak. Batasi pula jumlah pengakses login dan reset password secara berkala.

Kata sandi yang kuat biasanya berupa kombinasi antara karakter alfanumerik, huruf besar dan kecil, simbol, dan harus minimal 12 karakter. Pastikan pula password dibuat berbeda untuk semua login situs web. Dengan cara ini, sangat minim hacker dapat mencuri informasi.

Gunakan Themes yang Terpercaya

Jika kamu ingin menggunakan themes untuk website kamu maka gunakanlah themes yang lisensinya bisa dipercaya, pastikan kamu mendownload theme dari website yang kredibel pula, hindari mendownload dari website yang menyediakan file ilegal. 

Menghindari penggunaan theme bajakan juga akan meminimalisir ancaman keamanan website kamu, biasanya themes bajakan kebanyakan telah disusupi oleh script yang tidak aman yang bisa digunakan untuk mengakses website kamu.

Melakukan Backup Sesering Mungkin

Pastikan kamu rutin melakukan backup file dan database web, lalu mengunduhnya ke komputer, bukan sekadar menyimpannya di server saja. Selain itu, lakukanlah backup sebelum melakukan penggantian plugin, theme, atau salah menghapus plugin cache pada website. Jadi, jika seandainya website kamu diretas atau error, kamu bisa melakukan restore dengan mudah.

Beralih ke HTTPS

Hyper Text Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah protokol komunikasi aman yang mentransfer informasi sensitif antara situs web dan server web. Mengubah situs kamu menggunakan protokol ini memberikan keuntungan tambahan, seperti Secure Sockets Layer (SSL) yang memastikan memberikan keamanan ekstra dari para peretas.

Pasang Web Application Firewall

Web Application Firewall atau WAF adalah perangkat yang dipasang di tengah-tengah server website dan koneksi data. Alat ini berguna untuk  membaca dan menyaring setiap data yang lewat, dengan begitu website milikmu menjadi sulit untuk diretas para hackers. Cukup install WAF, lalu perangkat ini pun langsung menolak setiap data yang mencurigakan, seperti spam.16

Tutup Kolom Komentar Pada Postingan Lama

Komentar menjadi tempat diskusi yang bagus untuk postingan website kamu, namun ada baiknya postingan yang sudah cukup lama komentarnya ditutup saja, hal ini tentu bisa untuk mengurangi spam, karena website wordpress rentan sekali terhadap masuknya komentar spam, spam yang membanjiri website kamu bisa mengakibatkan pembengkakan database dan bisa saja berujung pada beratnya website untuk diakses.

Itulah pengertian tentang web security dan cara untuk melindungi website dari serangan hacker yang bisa anda lakukan dengan mudah. Dengan ini kamu bisa tenang karena terbebas dari berbagai macam keisengan dalam website, selain itu bisnis juga dijamin lancar terkendali. 

Setiap hari banyak website diretas (hack). Untuk menjaga website kamu aman dari malware, hacker dan ancaman yang terus menerus datang. Tapi jangan khawatir, semua bisa ditangani oleh Sucuri Website Security. Sucuri website memiliki garansi waktu respon untuk penghapusan malware dan layanan perbaikan peretasan (mulai dari 4 hingga 12 jam tergantung pada paket langganan kamu). Selain itu, kamu akan merasakan peningkatan kinerja yang signifikan, bukan cuma pada kinerja website ketika dibuka pelanggan kamu, tetapi juga beban di server web.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments