5 Cara Menggunakan Google Trends 📈 untuk Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis

0
16578

Hello Exabytes Friends!

Riset pasar merupakan hal paling vita ketika kamu akan memulai bisnis. Riset pasar yang baik harus berdasarkan kenyataan yang terjadi di lingkungan, sehingga dapat membantu mensukseskan bisnis mu. 

Di zaman serba digital ini, riset pasar tentunya dapat dilakukan secara mudah dan dengan metode yang sederhana. Salah satunya dengan menggunakan Google Trends.

5 Cara Menggunakan Google Trends 📈 untuk Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis - 2024

Google Trends berfungsi untuk mengetahui apa saja hal yang sedang populer saat ini dan apa saja topik yang paling sering dicari oleh pengguna internet. Sehingga data tersebut dapat kamu gunakan untuk memulai bisnismu, Friends!

Kalau begitu, yuk simak cara menggunakan Google Trends untuk riset pasar!

Buka laman Google Trends

Pertama, Exabytes Friends bisa membuka laman Google Trends melalui search engine Google dan mengubah settingan negara di pojok kanan atas yang sesuai dengan negaramu, misalnya Indonesia. 

Baca juga: Panduan Cara Menggunakan Google Analytics 4 Secara Lengkap

Cari Keyword yang akan digunakan untuk riset

5 Cara Menggunakan Google Trends 📈 untuk Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis - 2024

Selanjutnya, cari keyword yang menggambarkan produk atau hal yang akan kamu riset. Misalnya kamu ingin membuka bisnis dengan menjual produk fashion yaitu celana jeans, maka kamu bisa mengetikkan keyword tersebut pada kolom Enter a search term or topic dan klik tombol enter.

Menganalisis Grafik Google Trends

5 Cara Menggunakan Google Trends 📈 untuk Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis - 2024

Setelah itu akan muncul tampilan seperti di atas. Pada tahap ini, kamu bisa melihat kenaikan dan penurunan grafik dari keyword yang dicari yaitu celana jeans. Sehingga kamu dapat memperkirakan apakah keyword tersebut memiliki prospek yang tinggi jika dijadikan bisnis.

Menganalisis Minat Berdasarkan Daerah

5 Cara Menggunakan Google Trends 📈 untuk Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis - 2024

Selain melihat grafik secara general, kamu juga bisa melihat minat masyarakat terhadap keyword yang dicari yaitu celana jeans. Ternyata Nusa Tenggara Timur memiliki minat yang paling tinggi terhadap keyword yang dicari. Dari informasi ini, kamu bisa memperluas pasar mu dan memperbanyak produk yang dijual sampai ke daerah tersebut, serta memasang iklan yang dapat dijangkau oleh daerah-daerah yang lebih jauh lagi.

Melakukan Perbandingan dengan Keyword Lain

5 Cara Menggunakan Google Trends 📈 untuk Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis - 2024

Kamu bisa membandingkan keyword yang sebelumnya kamu cari dengan keyword lain yang sejenis menggunakan fitur compare. Hal ini berfungsi agar kamu mengetahui bagaimana performa keyword yang kamu cari dibandingkan dengan keyword lain. Ketika keyword celana jeans dibandingkan dengan rok jeans ternyata grafik tersebut menunjukkan bahwa celana jeans memiliki grafik yang lebih baik daripada rok jeans. Sehingga kamu dapat memutuskan salah satu keyword yang lebih baik untuk dijadikan bisnismu, Friends.

Nah itu dia beberapa cara menggunakan Google Trends untuk melakukan riset pasar, khususnya untuk memulai sebuah bisnis. Mudah bukan? 

Kamu juga bisa langsung mencobanya loh! 

2.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments