Begini Cara Cek Pemilik Domain dengan Mudah dan Cepat

121
Cara Cek Pemilik Domain dengan Cepat dan Mudah
6 min read

Di era sekarang ini, kepemilikan domain suatu website sudah menjadi hal yang lumrah. Banyak orang melakukan berbagai transaksi atau pekerjaan lewat website yang dimiliki. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang mengecek nama domain untuk mengetahui siapa pemilik domain yang ada di internet sebelum melakukan transaksi. 

Penasaran bagaimana cara cek pemilik domain dengan mudah dan cepat? Yuk simak artikel berikut ini.

Pengertian Domain

Cara Cek Pemilik Domain
Cara Cek Pemilik Domain (Adobe Stock)

Domain bisa diibaratkan sebagai identitas diri secara online, di mana itu bisa personal, bisnis hingga usaha. Jika dipraktikkan untuk nama usaha, nama ini nanti akan tercantum di produk, kartu nama, platform media sosial, alamat email, dan yang pasti juga jadi nama website kamu.

Semua domain yang ada di seluruh dunia merupakan domain yang pengelolaannya dilakukan secara internasional, sehingga dengan cek domain kita juga bisa mengetahui asal negara pemilik domain. Semua domain yang teregistrasi selanjutnya akan didaftarkan penyedia domain kepada ICAAN (Internet Corporation Assigned Names and Number) yang menjadi pengelola nama domain secara global. Hal ini berguna agar nama domain yang ada tidak sama dengan nama domain lainnya.

Cek domain juga bisa menjadi langkah antisipatif agar terhindar dari penipuan digital hingga untuk mengetahui usia domain serta tanggal registrasinya. Suatu website bisa menjadi bentuk branding diri atau brand, oleh karena itu pemilihan domain yang tepat haruslah dilakukan agar website dipercaya oleh calon pelanggan.

Tujuan Cek Pemilik Domain

Seperti apa yang sudah disampaikan sebelumnya, ada banyak alasan atau tujuan cek pemilik domain. Namun secara umum, beberapa tujuannya adalah sebagai berikut:

1. Mengetahui siapa pemilik domain tersebut.

2. Menggali informasi pemilik domain sehingga dapat menghubungi untuk menawarkan kerja sama atau kolaborasi.

3. Sebagai langkah verifikasi apakah website dikelola oleh perseorangan atau badan usaha tertentu.

4. Sebagai langkah antisipasi agar terhindar dari penipuan.

5. Mengetahui usia domain dan tanggal registrasi.

Penyedia Layanan Cek Domain

Ada banyak website yang bisa kalian gunakan untuk cek pemilik domain, di antaranya adalah:

Apa Saja Informasi yang Disajikan oleh WHOIS?

Ada beberapa informasi detail yang disajikan oleh WHOIS. Sebagai sebuah situs yang bisa memberikan informasi dengan akurat, kamu bisa menikmati banyak kegunaan yang ada di dalamnya. Berikut di antaranya:

Informasi Domain

Informasi domain menjadi informasi kunci yang bisa digunakan untuk mengetahui tanggal registrasi serta tanggal expired domain. Selain itu, ada pula informasi registrar yang digunakan untuk mendaftarkan domain, status transfer, serta nameserver.

Kontak Registrant

Informasi soal registrar biasanya disembunyikan oleh perusahaan terkait. Namun, informasi ini sendiri tidak terlalu bermanfaat bagi blogger atau pemilik brand karena tidak berhubungan langsung dengan informasi sang pemilik domain.

Kontak Administratif

Pada bagian ini, data yang disajikan kurang lebih sama seperti yang ditampilkan dalam registrant contact, yakni meliputi nama, alamat lengkap, serta jenis badan usaha yang digunakan.

Kontak Technical

Kamu bisa melihat informasi kontak jika domain mengalami kendala. Pada bagian ini biasanya memuat nama, organisasi, alamat lengkap, nomor telepon, serta email yang bisa dihubungi.

Raw Whois Data

Raw Whois data adalah sebagai rangkuman dari semua informasi pemilik domain yang bisa ditampilkan. Kamu bisa langsung menggunakan rujukan informasi dari Raw whois data jika ingin mengetahui pemilik domain suatu website asalkan informasinya tidak dilindungi.

Tutorial Cara Cek Domain dengan WHOIS

Untuk melakukan cek pemilik domain serta ketersediaannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama, pastikan kamu sudah mengetahui nama domain yang informasinya ingin kamu periksa.

2. Buka website whois.com.

Cara Cek Domain dengan WHOIS
Cara Cek Domain dengan WHOIS

3. Masukkan nama domain yang ingin di cek status kepemilikannya ke dalam kolom yang sudah disediakan. Letak kolom ini berada di atas, lengkap dengan tulisan Whois.

4. Tekan enter atau klik pada tombol WHOIS.

5. Informasi pemilik domain sudah bisa dilihat, dengan catatan sang pemilik domain tidak mengaktifkan fitur WHOIS protection untuk melindungi privasi brand mereka.

Cara Cek Domain dengan WHOIS
Informasi Pemilik Domain yang dapat diperiksa dengan aplikasi WHOIS.

Setelah Mengetahui Pemilik Domain, Apa yang Harus Dilakukan?

Sekarang kamu sudah mengetahui bukan bagaimana caranya cek pemilik domain? Lalu, apakah ada domain yang kamu inginkan ternyata mirip atau sama dengan punya orang lain? Jika begitu, ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yakni:

Beli Domain dengan Ekstensi Lain

Domain terdiri dari berbagai jenis ekstensi, misalnya “.com”, “.net”, “.org”, dan lain-lain. Namun tetap, ekstensi domain yang paling terkenal dan banyak digunakan oleh orang lain yaitu “.com”.

Nah, ketika nama domain yang kamu inginkan sudah digunakan oleh orang lain, kamu bisa mengganti ekstensi domainnya saja. Misalnya kamu ingin membuat website dengan nama domain yourcompany.com. Tetapi, karena domain tersebut sudah digunakan orang lain, kamu bisa memilih ekstensi lain, seperti yourcompany.id atau yourcompany.co.

Melalui Whois Lookup juga kamu bisa menemukan beberapa rekomendasi nama domain dengan ekstensi yang berbeda jika domain yang kamu inginkan sudah digunakan oleh orang lain.

Bernegosiasi dengan Pemilik Domain

Cara Cek Pemilik Domain
Bernegosiasi dengan pemilik domain dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan domain yang diinginkan. (Sumber: Adobe Stock)

Cara ini merupakan cara manual yang bisa kamu lakukan. Cara ini juga sudah dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan nama domain yang mereka inginkan.

Kamu bisa menghubungi pemilik domain melalui email atau nomor telepon yang tertera di blog atau website tersebut dari hasil pencarian whois. Lalu, beritahu mereka bahwa kamu tertarik untuk membeli nama domain tersebut. Mungkin harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal, namun kamu sudah bisa menggunakan nama domain sesuai dengan keinginan kamu bukan?

Kesimpulan

Menemukan nama domain yang bagus dan belum diklaim memang sulit, karena ada begitu banyak website di luar sana sehingga banyak ide telah diambil. Tetapi kamu mungkin masih dapat membeli domain yang benar-benar kamu inginkan. 

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana dan di mana harus beli domain murah untuk website kamu, Exabytes menawarkan banyak sekali promo domain, lho!. Tentunya, dengan promo tersebut, kamu juga akan diberi panduan untuk pemakaian domainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan nama domain impianmu di Exabytes!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments