Cyber Security Engineer : Definisi, Tugas dan Tanggung Jawab

0
2612

Di zaman di mana semuanya dilakukan secara digital, keberadaan Cyber Security Engineer adalah semacam praktik keamanan yang harus dikuasai oleh siapa pun yang secara teratur menggunakan internet dalam aktivitasnya.

Cyber security engineer membuat sistem keamanan komputer untuk bisnis seperti cyber protect. Ini memastikan keamanan jaringan dan proyek perusahaan. Ini adalah pekerjaan penting dan teknis dengan potensi besar dunia maya.

Memang seperti semua orang tergantung terutama pada teknologi terutama untuk membantu melakukan aktivitas sehari-hari untuk kepentingan individu, bisnis dan instansi pemerintah.

Apa Itu Cyber Security Engineer?

cyber security engineer

Seorang cyber security engineer menciptakan sistem perangkat lunak dan proses keamanan komputer. Mereka menyesuaikan alat deteksi dan pencegahan intrusi ini untuk perusahaan mereka. Salah satu tanggung jawab utama mereka adalah menangani masalah teknologi untuk semua masalah keamanan TI.

Oleh karena itu, mereka harus memiliki keterampilan tanggap insiden yang sangat baik. Security engineer juga harus sangat terampil dalam forensik komputer. Mereka bekerja dengan insinyur dan ilmuwan komputer lain untuk menjaga efisiensi sistem komputer perusahaan.

Oleh karena itu, cyber security engineer harus memiliki keterampilan komunikasi yang solid. Dengan cara ini, mereka bisa lebih efektif sebagai sebuah tim. Pekerjaan itu juga membutuhkan sikap berorientasi pada hasil. Ini berarti mereka bekerja di bawah tekanan dan selalu memberikan.

Insinyur menggunakan keterampilan matematika dan pemecahan masalah mereka setiap hari. Mereka bekerja secara independen dengan orang lain serta dalam tim yang berbeda. Insinyur juga harus mempertahankan pengetahuan yang kuat tentang bahasa komputer umum dan sistem operasi.

Analis ini penting karena manajer dan administrator keamanan informasi membutuhkannya. Lagi pula, ketika menyangkut hal-hal penting, insinyur mengeksekusi ide-idenya. Jika pelanggaran terjadi di dalam perusahaan, teknisi dapat mengubah perangkat lunak untuk mencegah pelanggaran terjadi lagi.

Manajer mereka akan merinci apa yang perlu diperbaiki dan tugas insinyur adalah membuat perubahan itu. Jadi itu pekerjaan penting. Ini juga membutuhkan keahlian tingkat tinggi dalam rekayasa perangkat lunak.

Tanpa mereka, solusi peretasan Cyber Sec akan menjadi ide belaka. Jadi tantangan dan kelemahan akan tetap ada. Seseorang harus masuk ke sistem dan menyelesaikan masalah secara manual dengan teknologi. Security engineer adalah ‘pemecah masalah di bidang Cyber Sec.

Baca juga: Menggunakan Password yang Kuat, Tips Cyber Security yang Penting

Manfaat Dengan Adanya Cyber Security Engineer

Beberapa manfaat keberadaan profesi cyber security engineer antara lain:

  • Untuk melindungi data penting dan sensitif yang disimpan dari ancaman penjahat dunia maya.
  • Menjaga produktivitas sistem dan jaringan agar terlindungi dari malware dan ancaman siber lainnya. Ini akan memungkinkan kamu untuk bekerja lebih baik, lebih aman, dan lebih efisien.
  • Jika jaringan mengalami kesalahan atau pelanggaran data, pemulihan dapat dilakukan, membutuhkan waktu yang lebih singkat dan lebih cepat. Akibatnya, jaringan kembali ke operasi normal dan menghindari kerugian yang terjadi dalam jumlah yang lebih besar.
  • Dapat membangun kepercayaan pelanggan karena memiliki sistem keamanan yang kuat dan tangguh. Dimana pelanggan tidak perlu khawatir ketika data penting dan sensitif mereka akan dimanfaatkan oleh hacker. Kemudian memberikan keuntungan bahwa pelanggan akan lebih percaya pada kinerja keamanan siber.

Apa Tugas dan Kinerjanya?

Untuk lebih memahami apa tugas dan kinerja dari seorang cyber security engineer, mulailah dengan memahami tugas mereka.

  1. Menganalisis sistem keamanan serta mengembangkannya secara bertahap.
  2. Pemantauan dan sistem jaringan dan teknologi informasi menimbulkan risiko signifikan mengganggu keamanan jaringan.
  3. Dukungan untuk menemukan peluang dari titik lemah sistem dan dapat menyelesaikan setiap masalah yang muncul.
  4. Pengembangan dapat dilakukan pada standar keamanan sistem yang berlaku.
  5. Membuat laporan rinci dan spesifik tentang situasi keamanan jaringan serta sistem.
  6. Lakukan pengujian pada firmware dan firewall yang telah sepenuhnya disetel ke standar saat ini.

Tanggung Jawab Dari Profesi Cyber Security Engineer

Selain tugas dan pekerjaan tertentu, profesi ini penuh dengan tanggung jawab yang harus diselesaikan dengan cara terbaik. Beberapa tanggung jawab petugas keamanan siber meliputi:

  1. Praktisi keamanan siber memiliki tanggung jawab penuh untuk menemukan solusi paling efektif untuk memastikan perlindungan perangkat lunak dan jaringan, serta melakukan pengujian dan menganalisis risiko yang timbul dalam proses tersebut.
  2. Layanan ini juga bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara sistem keamanan jaringan yang digunakan oleh perusahaan seperti Acronis. Dari instalasi firewall, pengujian sistem keamanan, pengujian jaringan, serta pengembangan skrip otomatisasi yang berguna untuk memantau masalah jaringan.
  3. Bertanggung jawab untuk mengatur dan memantau keamanan pada jaringan komputer perusahaan. Selain itu, petugas keamanan siber juga bertanggung jawab untuk berpartisipasi aktif dalam penelitian, desain, dan pengembangan arsitektur keamanan perusahaan yang mengawasinya.
  4. Petugas keamanan siber juga berperan aktif ketika masalah terkait keamanan muncul atau serangan siber terjadi. Incident responders memiliki tanggung jawab penting, terutama untuk mendidik dan mengantisipasi terjadinya insiden atau masalah serupa.
  5. Keamanan siber memiliki tanggung jawab yang sama dengan seorang detektif yang bekerja di kepolisian untuk dapat mengakses dan menganalisis bukti dari semua peristiwa digital yang berpotensi mengancam. Seperti akses ke perangkat penyimpanan data, komputer untuk menggunakan jaringan.
  6. Tanggung jawab selanjutnya adalah melakukan uji efektivitas sistem keamanan siber yang digunakan oleh suatu perusahaan. Pada saat yang sama, menawarkan solusi terbaik dapat berkontribusi untuk meningkatkan sistem keamanan dengan lebih baik terhadap potensi risiko serangan dunia maya.

Keterampilan Atau Kompetensi Yang Dibutuhkan Untuk Pekerjaan Cyber Security Engineer

Ada sejumlah alasan mengapa perusahaan kesulitan menemukan cyber security engineer yang berkualitas dan profesional. Di antara mereka, banyak lulusan hanya memiliki kemampuan teknis.

Sangat penting bahwa lulusan juga memiliki soft skill atau keterampilan lunak untuk mendukung kinerja mereka untuk hasil yang lebih baik. Untuk itu, diperlukan keterampilan umum dan khusus untuk mendapatkan profesi ini.

Hard skills untuk profesi keamanan siber

Keahlian manajemen

Personel keamanan siber harus memiliki keterampilan untuk mengatur dan mengoordinasikan penilaian risiko teknis, termasuk menilai risiko jaringan dan sistem, melakukan pengujian penetrasi, evaluasi aplikasi web, rekayasa sosial, menilai keamanan fisik, menilai keamanan nirkabel, dan menerapkan solusi infrastruktur yang lebih canggih, dan aman untuk digunakan.

Keterampilan teknis

Di bidang keamanan siber, ada banyak sub-spesialisasi yang harus dikuasai. Namun, secara keseluruhan, mereka semua memiliki dasar teknis yang sama.

Sebagai pemula, seorang cyber security engineer harus memahami arsitektur, administrasi, dan manajemen sistem operasi yang digunakan. Selain itu, pemahaman jenis jaringan dan perangkat lunak virtualisasi perlu dilakukan dengan baik untuk mendukung kinerja yang optimal.

Berbagai hal teknis seperti memahami konsep pemrograman dan pengembangan perangkat lunak secara umum serta kemampuan untuk melakukan analisis perangkat lunak juga penting.

Selain itu, seorang petugas keamanan siber juga harus bisa memahami bahasa pemrograman umum seperti Java, bahasa assembly, dan scripting.

Terampil dalam penerapannya

Seorang profesional keamanan siber juga harus tahu cara memeriksa pengaturan sistem keamanan perusahaan dari perspektif holistik. Ini mencakup jenis risiko, ancaman, spesifikasi, implementasi, pengujian, dan penilaian kerentanan.

Soft skills yang perlu dikuasai

  1. Ada antusiasme yang besar untuk menemukan masalah yang bersifat teknis dan melakukan pemeriksaan mendalam terhadap semua aspeknya.
  2. Mampu beradaptasi dengan baik dan cukup.
  3. Terampil dalam menganalisis dan mendiagnosis masalah jaringan dengan benar.
  4. Memiliki pemahaman yang luas tentang kerentanan yang dimiliki oleh jaringan secara keseluruhan.
  5. Mampu mempertahankan argumen dengan pengetahuan dan pemahaman tentang praktik modern, standar, prosedur, dan metode yang digunakan.
  6. Memiliki keterampilan presentasi yang baik serta gaya komunikasi yang baik untuk menangani secara efektif dan efisien dengan manajemen dan klien.
  7. Mampu memberikan penjelasan yang jelas dan rinci tentang topik yang kompleks baik secara tertulis maupun lisan.
  8. Kemampuan untuk memahami dan menggunakan keterampilan mendengarkan aktif dengan benar. Tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada klien atau pelanggan.
cyber security engineer

Peluang Mendapatkan Penghasilan dan Karir

Meski hanya sedikit orang yang mengetahuinya, namun peluang kerja untuk profesi ini cukup menjanjikan, terutama di bidang teknologi informasi. Kebutuhan akan cyber security engineer profesional meningkat pesat di era industri 4.0.

Bahkan tingkat persaingan untuk peluang karir ini cukup rendah. Tercatat pada tahun 2015 masih ada sekitar 209.000 lowongan cyber security di Amerika Serikat yang masih kosong. Dan jumlah itu telah tumbuh secara eksponensial setiap tahun.

Gaji cyber security engineer dapat bervariasi tergantung pada UMR masing-masing daerahnya. Di Jakarta sekitar Rp.10.500.000 untuk profesi spesialis keamanan siber.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang pekerjaan seorang cyber security engineer yang dapat kami bagikan kepada kamu. Semoga bermanfaat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments