Dedicated WordPress Hosting: Solusi Terbaik

0
1043

Apakah benar kalau dedicated WordPress hosting adalah solusi yang tepat? Biasanya pemilihan layanan hosting disesuaikan dengan kebutuhan website. Untuk bisa memahami lebih jauh tentang jenis hosting WordPress satu ini, cari tahu dahulu apa yang kamu butuhkan dan harapkan.

Seperti namanya, WordPress hosting adalah jenis web hosting yang dikhususkan untuk menjalankan website WordPress. Paket hosting WordPress yang kuat membantu website berjalan dengan optimal guna memenuhi berbagai persyaratan yang ada, seperti kecepatan, kinerja, dan keamanan.

Mengapa memilih hosting khusus WordPress? WordPress hosting umumnya menawarkan solusi penginstalan WordPress yang mudah, hanya dalam sekali klik, jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Selain itu, layanan hosting satu ini juga biasanya menyertakan pembaruan otomatis, pencadangan, skalabilitas, dan dukungan pelanggan untuk kenyamanan pengguna. Apabila sudah yakin untuk memilih layanan hosting untuk WordPress, kini saatnya untuk mengenal apa itu dedicated WordPress hosting, jenis hosting yang menjadi pilihan banyak pemilik website WordPress.

Apa itu Dedicated WordPress Hosting?

mengenap dedicated WordPress hosting
Sumber: flickr

Ingin lebih mengenal apa itu dedicated WordPress hosting? Mari simak ulasannya berikut!

Pengertian Dedicated WordPress Hosting

Dedicated hosting merupakan salah satu jenis layanan hosting yang tersedia bagi siapapun dan pihak manapun yang ingin membangun situs web. Nah, khusus bagi yang memilih platform WordPress untuk membangun situs tersebut, tersedia dedicated WordPress hosting, yang merupakan salah satu layanan hosting khusus untuk WordPress.

Seperti dedicated hosting pada umumnya, dedicated WP hosting menyediakan server yang sepenuhnya diperuntukkan untuk menghosting website yang pengguna bangun menggunakan WordPress. Layanan hosting satu ini hadir dengan menawarkan performa dan kecepatan yang lebih baik dari layanan hosting lain.

Menariknya lagi, dedicated WordPress hosting memiliki fitur-fitur yang sudah dioptimalkan bagi penggunaan di WordPress. Jadi, tidak heran jika sudah banyak pihak yang memilih untuk menggunakan layanan hosting satu ini. 

Ingin mendapatkan layanan hosting yang tepat, mengapa tidak memilih dedicated server?

Keuntungan Menggunakan Dedicated WordPress Hosting

keuntungan menggunakan deidcated WordPress hosting
Sumber: flickr

Mengapa suatu website harus menggunakan dedicated WordPress? Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Jenis WordPress hosting satu ini umumnya cocok untuk situs web yang memiliki trafik yang tinggi dengan jumlah pengunjung yang banyak. Adapun keuntungan dari penggunaannya adalah:

Menawarkan Performa yang Lebih Baik

Dalam memilih layanan hosting, performa menjadi salah satu faktor pertimbangan penting. Dedicated WordPress hosting menawarkan performa yang lebih berka sumber daya server yang didedikasikan. Dengan begitu, situs web akan memiliki performa yang lebih baik, termasuk dalam kecepatan akses dan waktu respon.

Keamanan yang Tinggi

Keuntungan lain dari penggunaan dedicated WordPress hosting adalah keamanan yang bisa diandalkan. Dalam mengelola situs web, tingkat keamanan yang ditawarkan oleh layanan hosting harus kamu perhatikan. Dedicated hosting berbeda dengan shared hosting. Dimana kamu tidak perlu berbagai akses ke server dengan pengguna lain.

Ini menjadi alasan mengapa dedicated WordPress hosting memberikan keamanan yang tinggi. Dengan begitu, data-data penting pada situs web akan lebih terlindungi serta minim risiko ancaman keamanan.

Dukungan Teknis

Dukungan teknis khusus pengguna dedicated WordPress hosting turut melengkapi keuntungan saat menggunakan jenis layanan hosting tersebut. Itu artinya, pengguna bisa segera mendapatkan solusi atas masalah yang terjadi selama menggunakan layanan hosting.

Berbagai Fitur Terbaik Khusus

Pengguna layanan dedicated WordPress hosting juga memiliki akses dan kebebasan dalam menggunakan serta memanfaatkan berbagai fitur terbaik yang dihadirkan secara khusus. Misalnya instalasi WordPress otomatis, plugin, dan manajemen caches.

Perbandingan Antara Dedicated WordPress Hosting dengan Shared Hosting

dedicated WordPress hosting vs shared hosting
Sumber: flickr

Ingin mengetahui mana pilihan yang lebih tepat antara dedicated hosting dan shared hosting untuk situs web WordPress? Tentunya, akan lebih baik jika melihat perbedaan antara keduanya. Dengan demikian, kamu bisa meyakini bahwa keputusan dalam memilih layanan hosting sudah tepat.

Berikut adalah perbedaan antara kedua jenis layanan hosting tersebut serta alasan mengapa dedicated WordPress hosting lebih baik dari shared hosting:

Perbedaan Antara Dedicated WordPress Hosting dan Shared Hosting

Agar bisa melihat perbedaan antara dedicated WordPress hosting dan shared hosting, sebaiknya perhatikan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dedicated WordPress Hosting

Pengguna dedicated WordPress hosting tidak perlu berbagai sumber daya dengan pengguna lain, termasuk bandwidth dan memori penyimpanan. Adapun kelebihan dan kekurangan dari layanan hosting ini adalah:

Kelebihan Kekurangan
Performa optimal Biaya yang lebih tinggi
Dapat dikustomisasi Memerlukan konfigurasi lanjutan
Keamanan yang tinggi  

Shared WordPress Hosting

Pengguna WordPress memiliki opsi layanan hosting lain selain dedicated hosting, yaitu shared hosting. Nah, layanan hosting satu ini juga hadir dengan sejumlah kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihan Kekurangan
Biaya terjangkau Kurang cocok untuk situs dengan trafik tinggi
Instalasi yang mudah Pilihan kustomisasi terbatas
Perawatan yang simple  

Mengapa Dedicated WordPress Hosting Lebih Baik daripada Shared Hosting?

Mengapa dedicated WordPress hosting lebih baik dari shared hosting? Sebenarnya, semua tergantung kebutuhan masing-masing. Untuk situs yang memiliki banyak pengunjung setiap harinya, tentunya dedicated WP hosting lebih baik karena kebutuhan yang lebih dengan tingginya trafik situs.

Kelebihan serta fitur yang ditawarkan juga menjadi alasan mengapa layanan hosting tersebut hadir sebagai pilihan yang lebih baik dibandingkan shared hosting.

Dengan membayar lebih, kamu juga akan mendapatkan layanan yang lebih baik. Jadi, pastikan dedicated WordPress hosting benar-benar merupakan pilihan tepat sehingga bisa memberikan return terbaik dari investasimu.

Memilih Penyedia Dedicated WordPress Hosting yang Tepat

Dalam memilih layanan hosting, apakah kamu yakin sudah menemukan penyedia dedicated WordPress hosting yang tepat? Jika masih ragu, coba pertimbangkan beberapa hal berikut yang bisa kamu jadikan sebagai tips dalam mendapatkan hosting terbaik:

Kecepatan dan Performa

Kecepatan dan performa begitu penting, terutama bagi yang memilih dedicated WordPress hosting. Kedua hal tersebut juga menjadi alasan mengapa pada akhirnya pemilik bisnis online lebih memilih dedicated hosting dibandingkan dengan shared hosting.

Jadi, saat hendak membeli dedicated WordPress hosting, cek kembali kecepatan dan performa yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Apabila dirasa kurang memenuhi kebutuhan, sebaiknya beralih ke penyedia lain.

Keamanan

Di dunia digital saat ini, semakin besar risiko terjadinya celah keamanan, terlebih dengan semakin banyaknya tindak kejahatan siber. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan tingkat keamanan yang penyedia layanan hosting tawarkan.

Keamanan tidak hanya berhubungan dengan data-data penting pada situs web tetapi juga kepercayaan dan reputasi yang sudah terbangun dari para pelanggan setia. Oleh sebab itu, pengelola atau pemilik situs harus benar-benar memperhatikan tingkat keamanan dari layanan hosting yang dipilih.

Dukungan Pelanggan

Dukungan pelanggan turut menjadi hal penting yang harus selalu kamu perhatikan dalam memilih penyedia layanan hosting, termasuk dedicated WordPress hosting. Dengan begitu, kamu bisa segera menghubungi penyedia hosting saat menemukan masalah atau kendala terkait penggunaan hosting.

Dukungan pelanggan yang memberikan respon yang cepat turut memberikan solusi cepat sehingga masalah bisa segera teratasi. Dengan begitu, situs web segera bisa diakses oleh pengunjung, yang merupakan calon pelanggan potensial. 

Skalabilitas

Skalabilitas server merupakan faktor lain yang tidak boleh diabaikan oleh bisnis dalam memilih penyedia layanan dedicated WordPress hosting. Jika server tidak dapat mengatasi trafik tinggi yang tidak terduga, kemungkinan yang bisa terjadi adalah situs web akan mengalami masalah.

Harga

Dalam memilih hosting dari penyedia terkemuka, harga juga menjadi hal penting yang perlu kamu perhatikan. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan riset dan bandingkan harga untuk layanan hosting yang sama dari beberapa penyedia yang terpercaya.

Kemudian, kamu bisa membuat keputusan untuk membeli dedicated WordPress hosting dari penyedia yang mampu memenuhi kebutuhan dan sesuai budget yang ada.

Kesimpulan

Apabila website WordPress Anda menerima ribuan pengunjung setiap bulan atau mengalami lonjakan lalu lintas musiman, hosting khusus adalah pilihan yang lebih baik. 

Server khusus memungkinkan bisnis dengan staf yang paham teknologi atau mitra hosting untuk mengonfigurasi pengaturan, menginstal aplikasi dan layanan, dan menjaga keamanan informasi yang lebih baik. Ini tentunya menjadi salah satu alasan tepat untuk memilih dedicated WordPress hosting.

Sudah yakin untuk memilih dedicated WordPress hosting? Exabytes menyediakan paket yang tepat untukmu, yaitu WP 13 Ecommerce WP 13 Ultimate yang menawarkan dedicated account manager dengan harga masing-masing paket mulai dari Rp 169 ribuan dan Rp 419 ribuan per bulan.

Juga tersedia pilihan hosting murah khusus untuk kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments