Domain .XYZ: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui

0
2851

Jika kamu sedang mencari nama domain untuk website bisnis atau pribadi, maka domain XYZ bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Meski masih terbilang jarang digunakan, tetapi ekstensi domain satu ini memiliki berbagai kelebihan.

Untuk kamu yang penasaran apa itu domain XYZ, apa saja kelebihan dan kekurangannya, mari kita simak artikel ini agar semakin tahu kenapa ekstensi domain ini wajib kamu coba!

Sekilas Tentang Domain XYZ

domain xyz sebagai alternatif
Ekstensi domain XYZ bisa menjadi pilihan tepat yang menawarkan beragam kelebihan. (Sumber: flickr)

Biasanya individu atau organisasi akan memilih ekstensi domain setelah mereka tahu pengertian dan kelebihan serta kekurangan ekstensi tersebut. Ini juga bisa menjadi alasan kenapa kamu harus mengenal apa itu domain XYZ.

Domain XYZ adalah TLD atau Top Level Domain yang diciptakan oleh Daniel Negari yang pertama kali dikenalkan pada 2 Juni 2014. Domain ini hadir sebagai alternatif pengganti dari COM karena ia beranggapan bahwa COM sudah terlanjur diasosiasikan dengan generasi zaman dahulu saat internet baru muncul.

Menurut Daniel, generasi muda dan inovatif masa kini harus memiliki domain pendek yang memiliki ciri khas. Dengan begitu, mereka tidak selalu bergantung pada penggunaan ekstensi domain yang populer seperti COM yang juga terbilang mahal.

Ekstensi ini kemudian menjadi salah satu top domain global setelah berhasil meraih 1,1 miliar pengguna di usianya yang baru menginjak tiga tahun, tepatnya pada tahun 2017.

Apabila kamu butuh domain atau ingin tahu harga domain untuk berbagai ekstensi, kamu bisa melihatnya di halaman ini.

Kelebihan dan Kekurangan Domain XYZ

Mengetahui kelebihan dan kekurangan domain XYZ memang penting terlebih bagi mereka yang membeli domain dengan ekstensi XYZ. Saat membeli domain, seseorang tentu mempertimbangkan berbagai hal termasuk kelebihan dan kekurangannya. Jika kamu pun demikian, maka tidak ada salahnya untuk mencari tahu informasi tersebut.

Kelebihan Domain XYZ

Saat memilih domain XYZ, kamu memiliki kesempatan untuk merasakan berbagai kelebihan domain XYZ, di antaranya adalah sebagai berikut:

Sudah Terindeks Google

Dahulu, kamu akan dialihkan ke halaman pencarian Google saat membuka website dengan ekstensi XYZ. Untungnya, sekarang kamu bisa segera mengakses website apapun dengan ekstensi domain tersebut di mesin pencari Google. Hal tersebut dikarenakan ekstensi ini sudah terindeks Google.

Harga Relatif Terjangkau

Penggunaan ekstensi domain XYZ yang masih jarang memberikan kelebihan. Salah satunya adalah harganya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan ekstensi domain yang sudah populer. Harga terjangkau tidak hanya bisa kamu dapatkan saat registrasi awal tetapi juga saat perpanjangan.

Tidak bisa kita pungkiri jika harga murah mampu menjadi daya tarik sehingga akan semakin banyak orang yang berminat membeli domain ini.

Pilihan Nama Domain Sesuai Keinginan

Popularitas domain dengan ekstensi COM dan NET mengurangi kesempatan kamu untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan. Jauh sebelum kamu berencana membeli nama domain tersebut, entah manusia di belahan dunia mana yang sudah membeli nama domain yang kamu mau.

Hal tersebut berbeda dengan nama domain yang berekstensi XYZ yang masih banyak tersedia. Dengan kata lain, kamu bisa memilih nama domain yang sesuai keinginan. Saat hendak membeli nama domain yang cocok untuk website bisnis milikmu, coba gunakan domain name generator agar mendapatkan berbagai nama domain yang menarik dan unik. Ikuti juga tips memilih nama domain berikut agar kamu tak salah pilih!

XYZ Mudah Diingat

Kelebihan lain dari penggunaan domain XYZ adalah ekstensi ini mudah diingat. Nampaknya, hampir tidak mungkin orang akan lupa nama domain karena XYZ hanya terdiri dari tiga huruf terakhir di alfabet. 

Apalagi jika kamu memilih nama domain atau website yang pendek. Ini akan meningkatkan peluang agar website kamu semakin mudah diingat oleh pengunjung.

Melindungi Brand

Domain XYZ hadir dengan berbagai kelebihan termasuk melindungi brand. Meningkatnya pengguna ekstensi XYZ di seluruh dunia membuat perusahaan-perusahaan ternama juga pada akhirnya menggunakan ekstensi domain satu ini. 

Selain menjangkau level awareness pengunjung, ekstensi XYZ juga mampu melindungi brand supaya tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Super Kreatif

Kelebihan lain dari Domain XYZ yang belum diketahui oleh banyak orang adalah super kreatif. Ekstensi domain ini tidak memberikan batasan dalam penggunaannya. Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan domain dengan ekstensi XYZ untuk website yang kreatif dan positif. 

Tidak hanya itu, domain ini juga bisa menjadi ciri khas bagi kamu yang selalu berpikir out of the box dalam berbagai kegiatan terutama bisnis.

Bisa Digunakan Oleh Siapa Saja

Selain itu, Domain XYZ juga memiliki kelebihan di mana bisa digunakan oleh siapa saja tanpa ada batasan. Ini berarti bahwa setiap orang dan organisasi bisa memilih ekstensi XYZ untuk website yang hendak mereka bangun. Tertarik untuk mencoba? Yuk, daftar domain segera!

SEO-friendly

SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya yang dilakukan agar website berada di halaman pencarian Google. Tujuannya adalah agar website mendapatkan ranking tinggi sehingga akan semakin mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Selain sudah terindeks Google, Domain XYZ juga ramah SEO, yang berarti bahwa penggunaan ekstensi tersebut akan turut membantu upaya optimasi yang kamu lakukan.

Kekurangan Domain XYZ

Ada kelebihan, tentu ada juga kekurangan dan hal ini juga berlaku untuk penggunaan ekstensi domain XYZ. Akan tetapi, kekurangan dari ekstensi domain satu ini tidak akan mengurangi nilai dari website yang kamu jalankan.

Berikut adalah kekurangan dari domain XYZ yang juga harus kamu tahu.

Nama Domain yang Masih Asing

Ekstensi XYZ masih relatif jarang ditemukan di Indonesia, bahkan di seluruh penjuru dunia. Alhasil, hal tersebut akan memberikan tantangan tersendiri bagi para penggunanya.

Kurang Responsif

Kelemahan ekstensi XYZ selanjutnya adalah kurang responsif saat diakses melalui perangkat mobile.

Pengguna internet saat ini lebih sering menggunakan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet saat mengakses website. Responsibilitas website menjadi hal penting yang menjadi pertimbangan saat membangun website.

Contoh Website yang Menggunakan Ekstensi XYZ

Saat memilih domain XYZ, kamu bukanlah satu-satunya pengguna ekstensi tersebut. Ada banyak pengguna di dunia ini yang sudah merasakan kelebihan dan kemudahan dalam menggunakannya. 

Agar lebih yakin, kamu bisa melihat beberapa contoh website yang memilih menggunakan domain ini meski banyak ekstensi domain populer yang bisa mereka pilih.

Alphabet

contoh website dengan domain xyz

Tahukah kamu jika Alphabet adalah perusahaan induk dari Google? Perusahaan ini dibangun di tahun 2015 dan memiliki kombinasi nama website dan domain yang keren. Bagaimana bisa? 

Mungkin kamu belum tahu kalau alamat website perusahaan ini bernama abc.xyz. Nama tersebut merupakan gabungan tiga huruf pertama dengan tiga huruf terakhir alfabet.

Nama domain tersebut tidak hanya unik tetapi juga akan sangat mudah diingat dan membekas di ingatan para pengguna internet atau pengunjung website.

uMake

uMake

Website selanjutnya yang menggunakan domain XYZ adalah uMake, yaitu aplikasi sketsa 3D yang sangat populer dan dikembangkan untuk iPhone dan iPad. Website uMake sangat kreatif, penuh animasi dan video yang menampilkan fitur serta kelebihan dari uMake itu sendiri.

Veldt

website dengan domain xyz -Veldt

Veldt merupakan perusahaan helm custom asal Inggris yang juga menggunakan ekstensi domain XYZ untuk websitenya. Perusahaan ini berhasil membuktikan bahwa kesan dari ekstensi domain ini memang kreatif serta out of the box. Selain itu, ekstensi XYZ juga sangat layak disandingkan dengan lini bisnis. 

Starship

Contoh website selanjutnya yang menggunakan ekstensi XYZ adalah Starship yang merupakan perusahaan robot delivery buatan co-founder Skype. Perusahaan ini berbasis di San Fransisco, California. 

Website ini cukup populer di kalangan pengembang karena desainnya yang minimalis, bersih, dan unik sehingga cocok dengan nilai perusahaan teknologi.

CEO Milik Daniel Negari

domain xyz milik Daniel Negari

Daniel Negari menggunakan ekstensi XYZ untuk websitenya. Saat ini, domain ceo.xyz ia gunakan sebagai alamat blog pribadi miliknya. Jika penasaran, kamu bisa sesekali mengunjungi website tersebut untuk membaca artikel hasil tulisan sosok penting dibalik adanya ekstensi XYZ.

A&B

A&B adalah website agensi digital marketing yang berbasis di Mumbai dan London. Saat mengakses website ini, kamu akan melihat video dan animasi yang memenuhi website. Kamu juga akan melihat berbagai foto klien yang pernah bekerjasama dengan perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Domain XYZ, tidak heran jika sekarang semakin banyak yang ingin mencoba menggunakan ekstensi domain tersebut untuk berbagai jenis website

Alasan mereka mungkin akan semakin kuat setelah melihat beberapa contoh website yang sudah terlebih dahulu menggunakan XYZ untuk nama domain mereka.

Jika kamu butuh nama domain sekaligus hosting untuk website yang hendak digunakan untuk bisnis online milikmu, jangan ragu untuk menghubungi Exabytes sekarang juga! Jadi, tunggu apalagi? 

Temukan nama domain unik yang akan merepresentasikan bisnis yang kamu jalankan!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments