5 Tips Mengatasi Error Establishing a Database Connection dan Cara Mengatasinya

0
787

Error Establishing a Database Connection merupakan sebuah pesan kesalahan sistem yang muncul saat aplikasi web atau situs web yang mencoba terhubung ke server basis data tetapi tidak dapat melakukan koneksi yang dibutuhkan atau diperlukan.

Umumnya, pesan error ini terjadi dan muncul ketika ada masalah dalam menghubungkan aplikasi ke server basis data yang digunakan karena ketidakmampuan atau kegagalan situs dalam melakukan render halaman.

Apa Penyebab Database Error?

error establishing a database connection

Biasanya, Error Establishing a Database Connection merupakan efek sampingan dari error-error yang terjadi saat Anda melakukan penyimpanan atau mengubah file. Namun, ada 3 hal utama yang biasanya menyebabkan database error, yaitu:

Server Down

Server down merupakan kejadian yang terjadi saat sistem di dalam website mengalami kegagalan sehingga halaman website tidak bisa dibuka atau diakses.

Penyebab server down sebenarnya beragam, bisa jadi karena hosting yang overload, Serangan DDos, hingga IP yang terblokir.

Namun Anda tidak perlu risau jikalau yang menjadi sumber utama error database adalah server down. Kami telah memiliki banyak artikel yang bisa Anda baca di blog Exabytes untuk mengatasi server down.

Baca juga: 7 Cara Migrasi Blogspot ke WordPress Dengan Benar!

Database Rusak

Errornya database biasanya disebabkan dari efek error yang terjadi saat Anda menyimpan atau mengubah file.

Contohnya jika Anda membuka file teks dan yang muncul adalah simbol-simbol yang tidak Anda ketahui, itulah file rusak.

Hal tersebut juga sama terjadi di WordPress. Jika terjadi error pada database, WordPress akan kesulitan dalam menguraikan informasi yang ada di database sehingga tidak bisa dibuka.

Gagal Login

Dalam mengakses informasi yang disimoan di database, Anda haruslah memasukkan informasi yang benar dan tepat karena informasi tersebut bersifat sensitif.

Selalu pastikan akun Anda selalu aman dan memiliki akses penuh ke database sehingga tidak terjadi error tersebut.

Nah, itulah 3 masalah utama yang biasanya menyebabkan Error Establishing a Database Connection. Namun, bagaimanakah cara mengatasi Error ini?

Mengatasi Error Establishing a Database Connection di WordPress

5 Tips Mengatasi Error Establishing a Database Connection dan Cara Mengatasinya

Untuk memecahkan masalah Error Establishing a Database Connection, ada 5 langkah yang bisa Anda lakukan.

Langkah-langkah ini perlu dilakukan agar error dapat diatasi.

Cek Kembali Info Login

Info login merupakan yang pertama di cek pada saat Error Establishing a Database Connection terjadi.

Kesalahan ketika memasukkan info login menjadi salah satu penyebab error terjadi, terutama pada pemilik website yang baru saja memintahkan situsnya ke provider hosting lain.

Pastikan selalu kesesuaian informasi login database dengan informasi yang disimpan situs pada file wp-config.ph. Jika Anda ingin mengakses file wp-config, gunakanlah aplikasi FTP seperti File Manager WordPress atau FileZilla.

Setelah itu, cek nama, username, dan host database. Cek juga informasi mengenai database provider hosting. Perusahaan web hosting kerap kali menggunakan localhost untuk host database website WordPress. Ini berbeda dengan perusahaan WordPress hosting managed yang biasanya menggunakan server terpisah.

Perbaiki Database WordPress

Jika ternyata kesalahan tidak terjadi pada kesalahan memasukkan info login, Anda bisa melakukan perbaikan database WordPress.

Error Establishing a Database Connection biasanya muncul di front-end, namun, di back-end atau dashboad admin WordPress akan menampilkan kata-kata “One or more database tables are unavailable” yang berarti database Anda rusak.

Anda perlu memasukkan beberapa koding pada wp-config.php untuk melakukan repair.

Setelah itu, simpan perubahan dan buka http://www.example.com/wp-admin/maint/repair.php dan silahkan pilih 2 opsi antara Repair Database atau Repair dan Optimize Database untuk memperbaiki database.

Perbaiki Juga File yang Rusak

Apakah kalian tahu bahwa penyebab Establishing a Database Connection lainnya adalah tema atau plugin dari WordPress yang rusak?

Error ini bisa saja muncul ketika Anda baru saja menginstall tema baru, bagaimana cara mengatasinya? Anda harus masuk kedalam Appearance lalu Theme di Dashboard Admin dan install tema lain. Namun, jika Anda sudah menginstall tema lain tapi juga tidak terpecahkan, maka Anda perlu untuk mematikan semua plugin WordPress.

Jika Anda telah mematikan semua plugin WordPress, aktifkan kembali plugin satu persatu untuk mencari tahu dimana errornya.

Cek Server Database

Anda juga perlu mengecek server database untuk mengetahui apakah Error Establishing a Database Connection disebabkan oleh server database.

Ada banyak hal yang dapat mengganggu server, dan salah satunya adalah lonjakan traffic yang tiba-tiba tinggi.

Jika server sudah down, kecepatan website akan turun sehingga muncul Error Establishing a Database Connection yang terjadi karena kapasitas server sudah mencapai batas.

Dan untuk mengatasi hal ini, Anda perlu segera menghubungi provider web hosting agar mereka melakukan pemeriksaan apakah server masih responsif atau tidak.

Baca juga: Database Adalah: Fungsi, Jenis dan Manfaatnya

Buat Database Baru

Nah cara terakhir yang bisa Anda lakukan jika masalah tersebut belum juga selesai setelah melakukan 4 langkah diatas, maka Anda bisa membuat database baru karena kemungkinan besar database yang rusak tidak dapat digunakan kembali.

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments