Facebook Resmi Integrasikan Fitur Chat Messenger Dengan DM Instagram

31
Facebook Resmi Integrasikan Fitur Chat Messenger
6 min read

Hi, Exabytes Friends!

Sudah tahu belum kalau Facebook telah mengintegrasikan Messenger dengan Direct Message Instagram lho. Fitur baru ini disebut dinamakan dengan Direct Messenger.

Pembaruan ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan yang diberikan kepada pengguna Messenger maupun Instagram. Integrasi kedua platform ini menjadikan penggunanya dapat dengan bebas melakukan pertukaran pesan lintas aplikasi. Kamu bisa mengirim pesan ke pengguna Messenger melalui Instagram atau sebaliknya. 

Facebook Resmi Integrasikan Fitur Chat Messenger Dengan DM Instagram - 2020
Source : Instagram

Selama belasan tahun, Facebook dan Instagram telah berhasil membantu para pengguna untuk terhubung satu sama lain dengan mudah. Dengan adanya pembaruan ini, Facebook berharap bahwa pengguna dapat lebih merasa aman dalam berkomunikasi secara privat dengan teman atau keluarganya. 

Seperti yang diketahui bahwa pada bulan Maret 2019, Mark Zuckerberg memberitahukan sebuah rencana melalui blognya mengenai integrasi yang akan dilakukan Facebook dan Instagram pada fitur chat mereka. Pengumuman mendadak ini tentunya mengundang respon beragam dari berbagai pihak. Banyak muncul kritik mengenai rencana yang dilakukan Facebook ini. 

Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook mengatakan bahwa saat ini obrolan pribadi dan grup kecil sangat meningkat jauh seiring waktu. Masyarakat lebih menyukai ruang yang lebih privat dan aman untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarganya. 

Berdasarkan riset yang dilakukan Facebook, terbukti bahwa 4 dari 5 orang di Amerika Serikat yang menggunakan aplikasi obrolan merasa bahwa menjalin hubungan dengan teman atau keluarga pada media sosial merupakan hal yang sangat penting. Namun, 1 dari 3 orang sering merasa kesulitan menemukan riwayat obrolan sebelumnya karena banyaknya platform yang digunakan.

Setelah lebih dari 18 bulan semenjak Mark Zuckerberg memberitahu niatnya untuk mengintegrasikan Facebook dan Instagram, akhirnya saat ini Instagram sudah mulai menyebarkan pemberitahuan pembaruan terkait fitur baru ini. Pemberitahuan ini disebarkan melalui notifikasi Instagram yang berbunyi “There’s New Way to Message on Instagram”. 

Saat ini, Instagram sudah mulai menyebarkan layar pembaruan untuk meminta persetujuan dari pengguna. Direct Messenger ini dapat digunakan hanya setelah kamu melakukan persetujuan atas proses pembaruan terlebih dahulu. Ketika persetujuan telah dilakukan, ikon DM yang terletak di bagian kanan atas layar akan berubah menjadi logo Messenger. 

Setelah menyetujui pembaruan dan melakukan update, kamu bisa mendapatkan tampilan yang lebih colorful, emoji yang lebih beragam, swipe to reply, selfie stickers, menonton video bersama teman melalui video call, mengirim pesan yang dapat menghilang setelah dilihat penerima, foto, dan video diantara kedua platform tersebut.

Facebook Integrasi dengan Instagram

Fitur Pada Direct Messenger Instagram

Daftar Isi

Selain bisa melakukan pertukaran pesan lintas platform, Instagram juga melakukan upgrade fitur mereka yaitu sebagai berikut:

Communicate Across Apps

Kamu bisa terhubung dengan teman atau keluarga di Instagram maupun Messenger dengan menggunakan salah satu aplikasi saja. Direct Messenger bersifat lintas platform dimana penggunanya dapat mengirimkan pesan ke platform lain.

Watch Together

Fitur ini mengizinkan para pengguna untuk melakukan video call sekaligus menonton IGTV, reels, video Facebook, acara televisi atau film bersama teman atau keluarga.

Vanish Mode

Dengan menggunakan mode ini, pesan yang telah dilihat oleh penerima akan langsung menghilang setelah dilihat atau ketika kamu menutup halaman obrolan tersebut.

Selfie Sticker

Kamu bisa mengedit foto selfie menjadi stiker Messenger, lho. Jangan lupa tambahkan beberapa elemen lucu untuk memperindah stiker buatanmu sebelum mengirimkan kepada orang lain.

Chat Colors

Instagram juga menyediakan fitur untuk mengubah warna pada tampilan chat Direct Messenger. Gradien warna yang disediakan dapat kamu pilih sendiri sesuai selera.

Custom Emoji Reactions

Fitur ini mirip dengan emoji reactions yang ada pada Instagram Stories. Kamu bisa membuat shortcut emoji yang sering digunakan. Sehingga tidak perlu lagi mencari emoji secara manual.

Forwarding

Fitur ini dapat kamu gunakan untuk mengirimkan unggahan Instagram kepada lima orang sekaligus atau grup.

Replies

Fitur ini memudahkan kamu untuk memberi respon spesifik kepada salah satu chat yang dikirim oleh lawan bicara. Pernah nggak kamu bingung teman kamu menjawab pertanyaan yang mana? Nah, fitur ini cocok sekali agar percakapan bisa berjalan lancar dan mudah dipahami.

Animated Message Effects

Tampilan pesan kamu akan terlihat unik dan menarik karena fitur ini. Fitur ini menyediakan efek animasi yang lucu untuk visual pesan pada Instagram kamu.

Message Controls

Kamu bisa memilih siapa saja yang boleh mengirimkan pesan kepadamu atau yang tidak diizinkan sama sekali.

Enhanced Reporting and Blocking Updates

Sekarang kamu bisa melaporkan percakapan lengkap dan menerima saran pemblokiran proaktif dari Instagram dan Messenger.

Facebook Integrasi dengan Instagram

Prinsip Direct Messenger

Mark Zuckerberg juga memberitahu beberapa prinsip yang dianut pada pembuatan Direct Messenger yaitu sebagai berikut:

Interaksi Pribadi

Seseorang membutuhkan sebuah platform yang sederhana dan privat dimana ia dapat mengontrol siapa saja yang bisa diajak berkomunikasi dan menentukan bahwa orang lain tidak bisa mengakses apa yang mereka bagikan.

Enkripsi

Komunikasi privat yang dilakukan seseorang harus terjaga keamanannya. End-to-end encryption akan menjaga keamanan data yang kamu bagikan pada aplikasi. Sehingga data kamu akan aman dari hacker, kriminal, atau pihak tidak bertanggung jawab lainnya.

Baca Juga  Rekomendasi 28 Tools Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnismu

Reducing Permanence

Banyak pengguna yang merasa takut bahwa apa yang ia katakan saat ini dapat berdampak kedepannya. Mungkin kamu pernah berpikir bagaimana jika postingan atau kegiatan masa lalu kamu di media sosial dilihat oleh atasan tempat kerjamu? Atau mungkin dicari oleh seseorang yang berniat jahat? Maka dari itu, platform ini dibuat untuk tidak menyimpan pesan atau stories lebih lama daripada yang diperlukan atau melewati waktu yang diinginkan pengguna.

Keamanan

Platform ini akan dibuat dengan menjunjung tinggi keamanan pengguna. Kamu tidak perlu khawatir karena perusahaan akan berusaha memberikan layanan enkripsi terbaik untuk penggunanya.

Interoperabilitas

Pengguna yang ingin mengirim pesan kepada di Instagram harus menggunakan direct message Instagram, dan yang ingin mengirim pesan kepada teman Facebook harus melalui Messenger. Dengan adanya fitur baru ini, pengguna dapat bertukar pesan lintas aplikasi.

Penyimpanan Data yang Aman

Sebagai pengguna, kamu tidak perlu khawatir mengenai data-data privasi yang dibagikan pada platform ini. Perusahaan tidak akan menyimpan data sensitif di negara-negara yang riwayat tidak bagus terhadap privasi dan kebebasan berekspresi sebagai langkah pencegahan data kamu digunakan secara ilegal.

Dengan berpegang teguh terhadap prinsip ini, bisa saja layanan ini akan diblokir oleh beberapa negara. Seperti yang kamu ketahui bahwa fitur baru ini mengutamakan ruang privasi pada pelanggan, maka perusahaan juga ingin masa depan internet yang lebih baik dimana data-data pengguna tidak diperjualbelikan kemanapun. 

Kira-kira seperti itu perihal integrasi yang dilakukan Facebook dan Instagram pada fitur chat mereka. Bagi kamu yang aktif menggunakan Messenger maupun Instagram wajib banget nih coba fitur baru ini. Nggak perlu lagi deh susah-susah pindah aplikasi untuk bertukar pesan dengan teman di Facebook dan Instagram. 

Kamu bisa semakin mempererat hubungan dengan teman, keluarga, pacar, kolega, dan lainnya dengan mudah. Apalagi di situasi sekarang ini yang mengharuskan kita di rumah, kamu bisa menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan fitur baru ini, guys! Bisa dicoba tuh nonton video bersama teman kamu dari rumah saja menggunakan Direct Messenger. Pasti seru banget deh!

Kalau kamu ingin mencoba fitur baru ini, jangan lupa untuk menyetujui pembaruan ini terlebih dahulu ya. Setelah update, kamu sudah bisa mencoba kelengkapan fitur-fitur barunya deh. Semoga artikel diatas menambah pengetahuan baru kamu ya terkait Direct Messenger ini ya.

Selamat mencoba, Exabytes Friends!

Credits : Carissa Dea Chrestella Prayudhi