Lakukan 10 Hal Ini Untuk Optimasi Konten SEO Friendly

62
Lakukan 10 Hal Ini Untuk Membuat Konten SEO Friendly
8 min read

Jika kamu seorang blogger atau pebisnis online pasti ingin website milikmu memiliki pengunjung yang banyak, bukan? Pernah nggak sih merasa website kamu sepi pengunjung? Padahal kamu merasa sudah membuat konten yang bagus. Lalu bagaimana sih caranya agar website dilihat oleh banyak orang? Coba perhatikan kembali apakah penulisan artikel kamu sudah sesuai dengan cara penulisan yang benar atau belum.

Penulisan sebuah artikel harus disesuaikan dengan aturan SEO dari Google, guys. Jadi kamu perlu membuat artikel atau konten SEO Friendly. Algoritma yang dibuat oleh Google diatur untuk secara otomatis menampilkan artikel-artikel yang memenuhi standar mereka saja. Semakin memenuhi standar mereka, semakin tinggi kemungkinan artikel kamu ditayangkan pada halaman pertama mesin pencarian. 

Bayangkan jika kamu tidak mengetahui cara-cara membuat artikel yang benar sesuai standar SEO, pengguna tidak akan menemukan website kamu sama sekali. Bahkan artikel kamu mungkin tidak akan ditemukan siapapun! Usaha yang dilakukan akan sangat sia-sia deh, guys.

Jadi perlu kamu pahami, jika ingin mengembangkan sebuah website maka kamu harus memastikan bahwa artikel yang kamu buat itu ramah SEO atau SEO Friendly di mesin pencarian. Memang untuk membuat sebuah artikel itu tidaklah mudah, namun kamu bisa mempelajari beberapa cara dasar agar artikel kamu SEO Friendly.

Dibawah ini akan mimin berikan beberapa tips jitu untuk membuat konten yang SEO Friendly. Yuk pelajari bersama!

Apa Itu SEO Friendly?

SEO Friendly

Search Engine Optimization atau yang biasa dikenal dengan SEO merupakan sebuah teknik pemasaran yang digunakan untuk mengoptimalkan mesin pencarian Google. Optimasi ini dilakukan untuk memberikan penilaian apakah suatu website layak untuk ditampilkan pada peringkat atas mesin pencarian atau tidak.

SEO Friendly merupakan suatu cara yang dilakukan agar konten yang dibuat dapat muncul lebih sering kepada pengunjung yang melakukan browsing. Konten yang memenuhi standar SEO akan memiliki peluang lebih besar untuk berada pada peringkat atas hasil pencarian.

Tips Membuat Konten SEO Friendly

Selain mencari topik yang berkualitas, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal yang harus ada didalam artikel kamu. Terkesan tidak penting, namun ternyata beberapa hal ini dapat membantu konten SEO Friendly, lho. Konten SEO Friendly sendiri merupakan salah satu strategi yang terbukti bagus untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang.

Berikut beberapa tips jitu yang bisa dilakukan untuk membuat konten SEO Friendly:

Buat Judul Yang Catchy

Ilustrasi Judul Catchy Untuk Konten SEO Friendly

Judul merupakan hal terpenting pada sebuah artikel nih, guys. Buatlah judul yang unik dan catchy sehingga membuat pengguna merasa penasaran dengan artikel kamu dan berakhir mengunjungi website. Umumnya, sebuah judul mengandung 15-60 karakter dan berisi keyword yang telah ditargetkan.

Judul yang kamu buat juga harus disesuaikan dengan isi artikelnya. Bayangkan ketika kamu sebagai seorang pengguna menemukan sebuah artikel di mesin pencarian. Namun ketika mengkliknya, isi artikel tidak relevan dengan judul. Pasti sebagai pengunjung akan kecewa, bukan?

Baca Juga  Mengenal Basic SEO Untuk Pemula (Lengkap)

Coba gunakan angka pada judul yang kamu buat. Judul yang mengandung angka terbukti lebih mempengaruhi performa dibandingkan yang tidak. Sebagai contoh sebagai berikut:

  • 10 Alasan Pentingnya Networking Dalam Membangun Bisnis Online
  • 17 Cara Jitu Meningkatkan Traffic Website Kamu
  • 8 Kesalahan Digital Marketing Yang Harus Kamu Hindari Beserta Tipsnya

Meta Description Yang Sesuai Dengan Isi Artikel

Ilustrasi Meta Deskripsi Untuk Konten SEO Friendly

Meta Description merupakan sebuah deskripsi singkat yang diletakkan pada HTML dari laman web yang menggambarkan keseluruhan isi konten. Sebuah Meta Description juga bisa menentukan seseorang mau atau tidak mengunjungi website kamu, lho. Pengunjung akan dengan senantiasa mengunjungi website yang memiliki Meta Description unik dan mendeskripsikan konten yang dicari.

Meta Description menggambarkan halaman spesifik pada sebuah website. Biasanya deskripsi ini berisi satu sampai dua kalimat yang mengandung 140 sampai 160 karakter. Informasi yang kamu cantumkan tidak harus selalu berupa sebuah kalimat. Kamu bisa juga memasukkan harga, manufaktur, dan lainnya.

Perhatikan URL Yang Digunakan

Hal ketiga yang perlu dilakukan untuk membuat Konten SEO Friendly adalah memperhatikan URL. URL yang pendek juga mempengaruhi konten kamu agar SEO Friendly, lho. Buatlah URL yang pendek dan terdiri dari huruf kecil sehingga mudah dibaca oleh pengunjung. Kamu juga bisa menggunakan tanda penghubung atau hypens (-) untuk memisahkan setiap kata.

Semakin pendek URL, semakin bagus konten tersebut bagi Google. Google menyatakan bahwa 3 sampai 5 kata pertama pada URL mendapat perhatian lebih dari pengguna. Kamu juga bisa membuat short link untuk URL kamu agar lebih mudah dibaca dan tidak terkesan acak-acakan. URL pun juga sebaiknya terdapat keyword konten yang kamu gunakan.

Gunakan Heading 1 Untuk Judul

Gunakan Heading

Siapa nih yang membuat judul masih menggunakan normal text dan cukup memperbesar font size saja? Salah tuh caranya, guys. Mulai sekarang gunakan Heading 1 untuk membuat judul artikel kamu, ya. Penggunaan heading akan membuat artikel yang kamu buat lebih terstruktur. 

Pastikan hanya ada satu Heading 1 pada artikel mu dan buatlah seunik mungkin. Buatlah Heading 1 yang menggambarkan keseluruhan isi artikel. Kamu bisa menggunakan kata “Bagaimana”, “Kenapa”, “Apa”, dan lainnya juga.

Optimasikan Gambar

Posisikan diri kamu sebagai seorang pengunjung. Pasti malas untuk membaca sebuah artikel yang hanya terdapat kata-kata saja, bukan? Penggunaan gambar pada artikel bisa mempertahankan pengunjung yang datang, lho.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada penggunaan gambar ini. Optimalkan penggunaan atribut Alt pada gambar yang dicantumkan. Hal ini dilakukan untuk mendeskripsikan gambar sehingga Google akan mengetahui gambar dan teks yang berada disekitarnya.

Jangan lupa cantumkan nama pada gambar yang mudah dibaca dan sesuai dengan kata kunci terkait. Sebisa mungkin unggah gambar yang tidak terlalu besar ukurannya, hal ini dimaksudkan agar proses loading cepat. Jika ukuran gambar dirasa terlalu besar, manfaatkan berbagai aplikasi yang bisa melakukan compress tanpa mengurangi kualitas pada gambar kamu.

Bagian Pembuka Yang Relevan

Ilustrasi Bagian Pembuka Yang Relevan

Setelah pengunjung membaca judul artikel, kamu bisa mengarahkan mereka untuk membaca bagian pembuka terlebih dahulu. Buatlah paragraf pembuka yang relevan dengan kehidupan mereka dan cukup menggambarkan keseluruhan isi artikel yang dibuat. Kamu bisa membuatnya menjadi beberapa kalimat pendek untuk memudahkan pembaca.

Baca Juga  7 Strategi Konten Untuk Optimasi Digital Ads Dan SEO

Masukkan pula kata kunci utama artikel kamu pada bagian pembuka ini. Pilihlah kata kunci yang memiliki angka pencarian tinggi dan juga mudah dipahami oleh pengunjung. Kamu bisa memasukkan 5-10 kata kunci tambahan untuk memaksimalkan artikel tersebut. Jika artikel terlalu panjang, kamu disarankan membuat table of content atau daftar isi terkait artikel kamu untuk memudahkan pembaca.

Manfaatkan Sub Heading (Heading 2, 3, 4)

Lakukan 10 Hal Ini Untuk Optimasi Konten SEO Friendly - 2020

Kembali ke poin yang di atas, selain Heading 1 untuk judul, kamu perlu menggunakan sub heading juga lho. Penggunaan sub heading membantu pembaca mengetahui poin-poin penting yang dibahas pada artikel. Sub heading diibaratkan sebagai sub bab dari artikel kamu. Dimana masing-masing sub bab ini berhubungan dengan isi didalamnya. 

Buatlah sub heading dengan menggunakan tags heading agar lebih terstruktur. Pastikan pula pada sub heading yang kamu buat bersifat solutif dan memberikan jawaban yang diinginkan pembaca. Jadi, kamu harus membuat selengkap mungkin informasi yang diberikan agar pembaca merasa puas dan terpenuhi tujuannya.

Gunakan Kutipan Atau Quotes

Kamu juga bisa memasukkan kutipan atau quotes untuk membuat pembaca lebih memahami penjelasan kamu. Masukkan ide atau kalimat penting yang ingin kamu kutip. Kamu bisa bold kutipan tersebut atau mengatur font size untuk memberikan fokus pembaca kepada kutipan tersebut.

Manfaatkan Fitur List

Lakukan 10 Hal Ini Untuk Optimasi Konten SEO Friendly - 2020

Konten SEO Friendly itu berisi informasi yang relevan dan dijelaskan dengan baik agar mudah dimengerti. Ketika artikel berisi poin-poin penting untuk dijabarkan, kamu bisa gunakan bulleted list atau numbered list. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memahami penjelasan kamu. Penjelasan kamu akan lebih terstruktur dan enak untuk dilihat.

Sarankan Artikel Terkait

Lakukan 10 Hal Ini Untuk Optimasi Konten SEO Friendly - 2020

Hal terakhir untuk membuat Konten SEO Friendly adalah menyarankan artikel yang terkait. Pada akhir artikel, kamu juga bisa menampilkan beberapa artikel terkait yang bisa pembaca pilih untuk dibaca selanjutnya. Masukkan artikel-artikel yang topiknya relevan dengan artikel yang dibaca saat ini.

Sehingga apabila pengunjung belum merasa puas, mereka bisa mencoba membaca di artikel lain yang mungkin lebih memenuhi keinginan mereka. Pengunjung yang semakin lama berada di website akan meningkatkan traffic website kamu juga, lho.

Nah seperti itu guys, beberapa tips untuk kamu yang ingin membuat konten SEO Friendly. Buat para blogger atau pebisnis online, kamu bisa coba terapkan tips-tips di atas nih untuk mengembangkan website.

Artikel yang baik memiliki struktur lengkap seperti diatas. Perhatikan judul, meta description, gambar, bagian pembuka, bahkan URL sekalipun. Membuat artikel itu tidak susah kok, yang penting kamu harus membuat artikel yang relevan dan berdasarkan sumber yang jelas ya. Setelah itu, gunakan tips diatas deh agar konten SEO friendly kamu bisa dilihat oleh banyak orang.

Sampai disini dulu ya, semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk kamu, Exabytes Friends!

Credit: Carissa Dea Chrestella Prayudhi