Hosting Adalah Penyimpanan Data Web, Berikut Penjelasannya

0
2280

Exabytes friends ingin membuat situs web? Sebelum membuat website, mari kita kenalan dulu dengan hosting. Memang, apa itu hosting? Mengapa begitu penting untuk mengetahui tentang hosting? Hosting adalah layanan penyimpanan.

Jadi begini. Membangun website seperti membangun rumah. Kamu harus mencari tanah, menentukan alamat, dll. Nah, jika hosting adalah pondasi yang nantinya kamu integrasikan ke dalam sebuah website.

Jadi hosting nantinya akan menjadi tempat dimana website kamu akan menyimpan semua data mulai dari foto, artikel, video, musik dan semua yang ada di website kamu.

Jadi sudah paham apa itu hosting? Sekarang, mari pelajari lebih lanjut tentang hosting. Kami akan membahas fitur hosting, jenis-jenis hosting, dll.

Apa Itu Hosting?

Hosting adalah layanan online yang menyediakan fungsionalitas pengelolaan data untuk situs web atau aplikasi yang kemudian ditampilkan di layar pengguna melalui internet.

Saat kamu mengunjungi situs web, kamu mengakses file seperti HTML, CSS, dan gambar yang dapat kamu lihat di layar ponsel atau komputer kamu. Agar kamu dapat mengakses file-file ini melalui internet, mereka harus disimpan di server.

Server adalah komputer yang digunakan untuk menyajikan data ke perangkat lain dan umumnya internet sehingga dapat diakses dari mana saja.

Penyedia hosting memiliki fasilitas server, konektivitas, dan layanan terkait yang diperlukan untuk membuat dan memelihara situs web. Mereka kemudian menawarkan untuk menyewa atau membeli dan menjual ruang penyimpanan di fasilitas server mereka.

Saat kamu mendaftar ke layanan hosting, kamu dapat menggunakannya untuk mengelola situs web, apalikasi web, atau data lain agar dapat diakses melalui internet.

hosting adalah

Cara Kerja Dari Hosting

Kira-kira, langkah-langkah cara kerja hosting adalah sebagai berikut:

  • Server host menyimpan berbagai file yang diperlukan untuk situs web. Sebagai contoh: gambar, video, skrip, database situs web, dll.
  • Pengunjung domain situs web kamu di browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, dll).
  • Browser meminta host untuk mengirim file halaman web ke browser.
  • Server mengirimkan file yang diperlukan ke browser.
  • Pengunjung dapat mengunjungi website kamu.

Namun meski cara kerja hosting terkesan sederhana, tidak semua hosting berfungsi dengan baik lho. Hosting banyak yang sering rusak, kapasitas tidak mumpuni, sehingga akses website lambat, dll.

Padahal, peran hosting sangat penting bagi website dan bisnis. Baik untuk memastikan perlindungan website, menjaga performa dan meningkatkan reputasi bisnis online.

Oleh karena itu, kamu perlu memilih penyedia hosting terbaik dengan bijak. Jika memungkinkan, pilih host yang menjanjikan uptime hingga 99% sehingga situs dapat tetap aktif dan berjalan 24 jam sehari. Kemudian pastikan pusat data terbaik untuk situs tersebut aman dan lancar.

Kamu juga harus tahu bahwa setiap jenis hosting juga memiliki fasilitasnya sendiri. Nah, setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan hosting dan cara kerjanya, pada bagian selanjutnya kamu akan mempelajari jenis-jenis hosting.

Jenis-Jenis Hosting

Ketika kamu berencana untuk membangun sebuah situs web, kamu perlu memahami definisi dan pengoperasian hosting. Tidak hanya itu, setidaknya kamu harus memahami jenis-jenis hosting yang disediakan oleh penyedia layanan hosting.

Dengan demikian, kamu dapat menentukan jenis hosting yang tepat untuk kebutuhan kamu. Jenis-jenis hosting adalah sebagai berikut.

Shared Hosting

Shared hosting adalah hosting yang cukup populer dan paling sering digunakan. Bagi kamu yang baru membangun website, penyedia shared hosting biasanya akan direkomendasikan kepada kamu.

Shared hosting cukup baik untuk situs web baru yang tidak memiliki banyak lalu lintas, dan harga yang ditawarkan tidak akan menguras kantong kamu.

Namun, seperti namanya, shared hosting mengharuskan kamu untuk berbagi server dengan orang lain, yang mengarah pada kinerja situs web yang buruk jika lalu lintas dari situs web pengguna lain tinggi.

Kelebihan shared hosting

  • Harga ekonomis.
  • Server hosting dikelola dan dipelihara sepenuhnya oleh penyedia hosting.
  • Cocok untuk pemula.
  • Selesaikan pengaturan, mulai disk space, unlimited bandwidth, database hingga SSL.

Kekurangan shared hosting

  • Jika ada pengguna yang menggunakan widget secara berlebihan, pengguna situs lainnya juga dapat merasakan efeknya.
  • Ada batasan pada penyimpanan file dan fasilitas server.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah server yang digunakan oleh satu pengguna, jadi kamu tidak perlu khawatir situs web kamu akan down suatu hari nanti. Selain itu, karena kamu bebas mengkonfigurasi dan mengelola server sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu perlu memiliki pengetahuan khusus tentangnya.

Kelebihan dari dedicated hosting adalah sumber daya yang besar, kapasitas lalu lintas yang tinggi, data yang besar, akses root untuk mengelola server, dan kebebasan untuk memilih sistem operasi.

Di balik kelebihan ini, ada kekurangan dari dedicated hosting seperti harga yang sangat mahal, kamu harus memelihara server kamu sendiri dan kamu harus paham secara teknis.

Kelebihan dedicated hosting

  • Sumber dayanya sangat besar.
  • Mampu menangani lalu lintas tinggi.
  • Dapat menyimpan banyak data (big data).
  • Memiliki akses root untuk mengelola server.
  • Pilihan bebas sistem operasi.

Kekurangan dedicated hosting

  • Harga yang ditawarkan sangat mahal.
  • Harus menjaga server sendiri.
  • Pengetahuan teknis diperlukan.

Colocation Hosting

Colocation hosting hampir mirip dengan dedicated hosting karena pengguna memiliki kontrol penuh atas akses ke server. Jenis hosting ini juga memberi pengguna akses fisik ke server.

Oleh karena itu, bisnis yang menggunakan colocation hosting perlu melakukan pemeliharaan fisik dan memikirkan masalah internet, sumber daya listrik, penyimpanan server, dan masalah teknis lainnya.

Colocation hosting adalah salah satu jenis yang paling mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS hosting adalah jenis hosting yang cukup populer di antara hosting lainnya karena memiliki banyak kelebihan yang bisa dipertimbangkan.

Kelebihan dari VPS hosting adalah pengguna memiliki ruang server sendiri, jadi ketika ada lonjakan lalu lintas dari situs web lain, itu tidak akan memengaruhi situs web kamu. Begitu juga VPS hosting dari Exabytes, siap memenuhi segala kebutuhan kamu!

Kelebihan VPS hosting

  • Karena bersifat pribadi, sumber daya tidak terpengaruh oleh pengguna lain.
  • Kustomisasi server VPS secara gratis.
  • Dapat mengelola beberapa akun hosting.
  • Pilihan bebas sistem operasi (OS).
  • Lebih terjangkau daripada dedicated server.

Kekurangan VPS hosting

  • Konfigurasi server sendiri.
  • Pemahaman teknis tentang server diperlukan.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis hosting dengan sumber daya yang sama dengan VPS, tetapi menggunakannya semudah shared hosting. Jadi kamu tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk mengelola server untuk dapat menggunakan layanan cloud hosting.

Kelebihan dari layanan cloud hosting adalah memiliki banyak sumber daya yang tersedia, sepenuhnya dikelola oleh penyedia layanan, dapat menangani lalu lintas yang sangat tinggi, dan kamu tidak memerlukan pengetahuan teknis apa pun, teknik khusus apa pun.

Namun, kekurangan dari cloud hosting adalah biaya yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan VPS dan shared hosting.

Kelebihan cloud hosting

  • Ada banyak sumber daya yang tersedia.
  • Dapat menangani lalu lintas yang sangat besar.
  • Dikelola sepenuhnya oleh pemilik.
  • Tidak diperlukan pengetahuan teknis yang mendalam.

Kekurangan cloud hosting

  • Harganya lebih mahal dari VPS dan shared hosting.

WordPress Hosting

WordPress hosting adalah jenis lain dari shared hosting yang memiliki fitur khusus untuk pengguna WordPress. WordPress hosting ini akan memberikan layanan seperti memperbarui instalasi WordPress kamu untuk membantu melindungi situs web kamu dari peretas.

Jenis hosting ini cocok untuk pemula karena harganya yang cukup bersahabat dan mudah digunakan.

Kelebihan WordPress hosting

  • Harga ekonomis seperti shared hosting.
  • Integrasi dengan WordPress.
  • Cocok untuk pemula.
  • Dikelola sepenuhnya oleh pemilik.
  • Utilitas seperti ruang disk, SSL, dll.

cPanel Hosting

cPanel hosting adalah control panel web hosting yang berfungsi untuk manajemen hosting. Web hosting ini adalah hosting yang memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur domain dan pengaturan terkait hosting, seperti menambahkan subdomain, domain tambahan, pengaturan email, web hosting, bahkan menginstal databse dan banyak lagi.

Email Hosting

Email hosting adalah layanan hosting yang dirancang khusus untuk membuat email bisnis. Keuntungan menggunakan layanan email hosting adalah filter email spam, blast email lebih cepat dan tentunya bisnis lebih tentatif seperti yang namanya email bisnis.

apa itu hosting

Fungsi Dari Hosting

Hosting memiliki banyak kegunaan yang bisa kamu gunakan terkait pengembangan website untuk kebutuhan pribadi dan bisnis. Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari pengguna hosting, diantaranya sebagai berikut.

Tempat Penyimpanan Data Website

Fungsi utama dari hosting adalah untuk menyimpan file dan data website. Kamu dapat mengelola data ini sehingga dapat ditampilkan di halaman web. Semakin besar situs web yang ingin kamu buat, semakin banyak ruang penyimpanan yang kamu perlukan.

Misalnya kamu ingin membangun website toko online yang menampilkan banyak gambar produk dan mengarahkan ke banyak pengunjung. Secara otomatis, kamu harus menggunakan host yang mampu menangani beban ini.

Begitu pula saat mencari hunian atau tempat tinggal. Kamu memiliki banyak barang untuk disimpan, tetapi kamu hanya menyewa kost-kostan. Tentu saja, kamu kesulitan bergerak bebas, bukan?

Oleh karena itu, carilah kapasitas hosting yang sesuai untuk situs web kamu. Jika kamu tidak tahu hosting mana yang harus dipilih, gunakan saja EBiz 13 Max dari Exabytes.

Mengembangkan Situs Untuk Jual Beli Online

Jika kamu ingin membuat toko online atau yang biasa dikenal dengan website e-commerce, kamu perlu menggunakan layanan hosting agar setiap informasi yang kamu masukkan dapat terindeks dan terbaca oleh mesin pencari.

Pertumbuhan situs web toko online kemungkinan besar akan mendatangkan banyak konsumen dan situs web kamu akan semakin dikenal masyarakat umum.

Membuat Website Memiliki Performa Tinggi

Hosting juga berperan dalam membuat website bekerja dengan baik. Beberapa penyedia hosting menawarkan fitur ini untuk membuat situs web lebih stabil.

Sebagai salah satu produk hosting EBiz 13 Exabytes, yang disempurnakan dengan perangkat keras premium, untuk meningkatkan perfoma situs web kamu hingga 50x.

Selain itu, ada infrastruktur anti DDoS infrastructure dan dilengkapi Acronis Cyber Security untuk melindungi situs web dari malware.

Melindungi Website Dari Serangan Hacker

Tahukah kamu bahwa pengarsipan adalah perisai utama keamanan situs web, lho, Sobat! Karena jika hosting tidak digunakan dengan baik, hacker dapat dengan mudah menyusup ke sistem dan menguasai situs web kamu.

Kamu tidak ingin itu terjadi, bukan?

Membuat Email Lebih Profesional

Jika kamu memiliki domain dan hosting sendiri, kamu dapat membuat email dengan domain kamu sendiri. Misalnya, jika situs kamu adalah ‘anekakuekering.co.id’, kamu dapat membuat email dengan nama tersebut.

Keuntungan lain, pada layanan email hosting, kamu juga mendapatkan keuntungan dari kemampuan yang lebih besar untuk mengirim dan menerima pesan.

Meningkatkan SEO Pada Website

Secara tidak langsung, fungsi hosting dapat meningkatkan SEO sebuah website. Jika kualitas hosting bagus, situs web kamu akan lebih cepat, lebih aman, dan lebih stabil.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa website yang lambat menjadi alasan utama mengapa pengunjung meninggalkan sebuah website.

web hosting adalah

Cara Memilih Spesifikasi Hosting Yang Berkualitas

Berikut cara memilih spesifikasi hosting berkualitas yang bisa kamu perhatikan.

Bandwidth

Jika bandwidth dari layanan hosting yang kamu gunakan besar, maka website akan loading lebih cepat. Karena server mampu mentransmisikan data yang lebih besar per detik.

Saat memilih hosting, pastikan penyedia hosting kamu menawarkan bandwidth tinggi seperti Exabytes, yang menawarkan hosting dengan bandwidth tidak terbatas. Dengan cara ini, mengakses situs web kamu akan lebih mudah dan lebih cepat.

Diskspace

Pilih paket web hosting dengan ruang disk berdasarkan kebutuhan situs web kamu. Selain jumlah kapasitas yang harus sesuai, jenis media penyimpanan juga tidak boleh diabaikan.

Daripada memilih hard disk, lebih baik menggunakan layanan web hosting yang menggunakan SSD. Karena SSD terbukti 8 kali lebih cepat dari HDD.

Tidak ada salahnya mencoba teknologi penyimpanan terbaru, seperti NVMe. Lebih baik dari SSD, NVMe sekarang tersedia di cloud hosting NVMe VPS yang terjangkau dari Exabytes.

Random Access Memory (RAM)

Jika ruang disk adalah tempat permanen untuk menyimpan file, maka RAM adalah tempat penyimpanan file sementara. Semakin besar RAM, semakin cepat server web akan memproses mengakses situs web kamu.

Entry Process (EP)

Entry Process (EP) di hosting merupakan acuan untuk menghitung jumlah script halaman web yang diproses oleh web hosting secara bersamaan. Satuan waktu yang digunakan adalah milidetik.

I/O

Spesifikasi web hosting selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah I/O atau Input Output. I/O menentukan kecepatan upload dan download pada layanan hosting.

Jadi, Hosting Adalah …

Singkatnya, pengertian hosting adalah tempat untuk menyimpan file atau data website supaya bisa diakses oleh banyak orang di internet.

Setelah paham dengan pengertian hosting, kamu bisa memesannya di layanan penyedia hosting. Eits, tapi pilih layanan hosting jangan sembarangan ya. Salah-salah, website kamu malah sering down, lelet, dan tidak aman.

Syukurnya, kamu tak perlu jauh-jauh mencari. Sebab, Exabytes telah menyediakan semua ketentuan hosting berkualitas dengan harga terjangkau.

Jadi, tunggu apa lagi, segera pilih paket hosting pilihan kamu! Psst.. ada gratis domain lho!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments