Inilah 10 E-Commerce Buat Belanja Sayur Yang Nggak Bikin Repot!

206
ecommerce belanja sayur
Free Credit Exabytes
11 min read

Di tengah pandemi virus corona, semua orang harus bisa berpikir lebih cepat dan inovatif, terutama dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga. Mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai ke kebutuhan yang lebih besar lagi. 

Tren belanja juga berubah dengan cepat setiap harinya, apalagi masa kaya gini nih. Social distancing di era ini juga jadi salah satu alasan kenapa sekarang orang beralih ke online. Buat memenuhi kebutuhan buat sehari-hari, seperti contohnya sayur-sayuran, repot dan seram banget nggak sih kalau harus pergi ke pasar di kondisi kaya gini? Tapi, dengan kemajuan teknologi, nggak usah takut dan khawatir lagi guys, tinggal dengan beberapa klik, sayur-sayuran ini bisa langsung datang ke tempat kamu dalam hitungan waktu aja! 

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah 1C2SqPpVz4-zFVMSQ6fMFQLMXu3yiPAoQa5F-HHHAM9eNkjsG-YrLiN6dwDzosREoeuS2Mua-hKECaW_9KvwqcLZqhgJbxMdpUu7kMZw6x9m9HdvjGmNMSzNlsqGZgbnk5xnfsK0

Dengan semakin banyaknya orang yang beralih online, jadi semakin banyak daftar e-commerce yang menyediakan layanan jasa online untuk memenuhi kebutuhan, terutama sayur. Jadi, di kesempatan kali ini, Exabytes bakalan sharing beberapa daftar e-commerce yang bisa kamu pertimbangkan kalau ingin membeli sayur untuk stok di rumah, nggak perlu lagi ribet ke pasar! Dijamin fresh, mudah dan terpercaya! Yuk, cari tahu 10 daftar nama e-commerce belanja sayur online dibawah ini.

Rekomendasi 10 E-Commerce Belanja Sayur Online

Memang dalam beberapa tahun terakhir sebelum virus corona menyerang, udah banyak perusahaan jasa delivery belanja online yang menjamur di Indonesia. Selain mengurangi resiko penyebaran wabah coronavirus, belanja online juga nggak bikin kamu ribet, jadi coba website dan aplikasi jasa delivery ini buat beli sayur secara online untuk kebutuhan rumah tangga kamu, yuk! 

Happy Fresh 

E-Commerce Happy Fresh

Yang pertama, ada salah satu layanan online terbesar nih, yaitu Happy Fresh. Pada dasarnya, Happy Fresh ini adalah aplikasi yang menyediakan jasa layanan online dalam pembelian dan pengantaran kebutuhan sehari-hari, geng. Kamu bisa nyesuain sendiri kapan mau diantarnya, mulai dari hari sampai jamnya.

Agak berbeda dengan e-commerce belanja sayur online lainnya, HappyFresh ini banyak menyediakan barang lainnya loh, nggak cuma sayur aja! Jadi, banyak orang yang bisa belanja kebutuhan lain selain sayur. Happy Fresh ini sudah bermitra dengan 150 Supermarket dan toko khusus lainnya juga, guys!

Happy Fresh sendiri juga nggak cuman beroperasi di Indonesia loh, teman-teman! Mereka juga merambah ke banyak negara di Asia, seperti Filipina dan Taiwan. Nah, serunya adalah kalau kamu nggak suka dengan produknya, apapun alasannya, bisa dikirim balik dan Happy Fresh akan refund duit kamu kembali, loh! Keren kan? 

Wilayah : Jakarta, Depok, Tangerang, BSD, Bekasi, Bandung, Surabaya, Malang

Sayurbox

E-Commerce Sayur Box

Di Sayurbox ini, kamu bisa memesan sayur-sayuran langsung dari petaninya loh! Sayurbox sendiri juga bakalan mengirim semua produk buat kamu dari petaninya langsung dalam waktu 24 jam!

Founder dari Sayurbox sendiri, Amanda Susanti memiliki misi yang mulia. Dengan didirikannya Sayurbox ini ia harap agar dapat membantu petani lokal untuk meningkatkan pendapatannya. Selain itu, misinya adalah agar konsumen juga tidak perlu lagi membeli sayur-sayuran yang diimpor, cukup beli di petani lokal saja.

Karena selain mencintai produk dalam negeri, dengan membeli di Sayurbox bakalan membantu para petani biar bisa menjualkan produknya ke seluruh kota di Indonesia nih. Sistem pemesanan yang diusung Sayurbox adalah pre-order jadi Sayurbox juga bisa meminimalkan jumlah sayuran segar yang terbuang.

Setelah itu, pesanan kamu bakalan diantar saat hari kerja, seminggu empat kali yaitu hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu langsung dari petani ke rumah kamu! Menarik kan konsepnya?

Wilayah: Jabodetabek

Tanihub

E-Commerce Tanihub

Aplikasi yang didirikan pada tahun 2015 ini salah satu daftar e-commerce belanja online yang bisa kamu gunakan buat belanja sayur-sayuran juga, nih. Dengan melihat banyaknya permasalahan distribusi hasil pertanian, hal inilah yang membuat Tanihub dibangun agar dapat menghubungkan petani dengan pasar untuk memungkinkan petani menjual produk pertanian harga yang adil, guys. Itu filosofinya.

Berdasarkan TaniGroup sendiri, petani yang tergandeng dalam program TaniHub sudah berjumlah lebih dari 30 ribu petani, loh! Luar biasa kan? Mereka juga tergabung dalam 1.200 kelompok di Indonesia!

Melalui TaniHub, petani diberi edukasi untuk menghasilkan produk pertanian yang bagus, juga dimodali untuk menanam lewat TaniFund. Keren banget!

Wilayah : Jabodetabek, Bandung-Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya-Malang, Bali

Brambang

E-Commerce Brambang

Salah satu toko e-commerce yang bisa kamu coba juga adalah Brambang! Nggak perlu lagi ragu dan kesusahan belanja sayur-sayuran dari online. Brambang membuat belanja menjadi lebih mudah dan efisien dengan pengiriman 1 hari ke seluruh area Jabodetabek. 

Semua produk yang Brambang sediakan sudah melewati proses kontrol mutu internal, jadi nggak perlu khawatir lagi kok! Udah gitu, Brambang ini mengambil langsung dari sumbernya, guys. Brambang menyuplai produk langsung dari daerah asal yang memang terkenal dengan mutunya. Bisa dijamin kualitasnya kok, geng!

Wilayah : Jabodetabek

TukangSayur.co

E-Commerce Tukang Sayur.co

Berikutnya, kita ada TukangSayur.co. Toko e-commerce ini mempunyai misi yang keren loh, tidak hanya menyelesaikan masalah untuk berbelanja sayur dan kebutuhan dapur lainnya, tapi TukangSayur.co ini ingin membuat individu dan keluarga lebih sadar atas kesehatan dan juga bisa membiasakan diri untuk memasak di rumah.

Dengan aplikasi berbasis location based service dan teknologi real-time update algorithm, hal tersebut menjadikan TukangSayur.co sebagai aplikasi yang pertama kali menerapkan sistem update harga dan produk setiap saat di Indonesia, loh! Selain itu, TukangSayur.co juga menerapkan sistem Cash on Delivery, jadi kamu mau belanja nggak perlu lagi takut, karena selain mudah, ia juga minim resiko.

Wilayah: Jabodetabek, Bali, Bandung, Gresik, Karawang, Kediri, Lampung, Lombok, Makassar, Malang, Manado, Mojokerto, Palangkaraya, Pekanbaru, Pontianak, Purwakarta, Purwokerto, Semarang, Sidoarjo, Solo, Sumedang, Surabaya, Yogyakarta

Cari Sayur

E-Commerce Cari Sayur

Untuk list keenam, ada Cari Sayur. Toko e-commerce ini juga nggak kalah menarik, guys! Ia juga menerapkan sistem dimana kamu bisa beli langsung dari petaninya loh untuk produk yang ada tandanya. 

Menariknya, selain sayur kamu juga bisa coba beli produk memasak non-sayur kaya contohnya kulit lumpia dan kulit pangsit. Wah, jadi lengkap deh bahan memasak untuk di rumah nih!

Wilayah: Jadetabek, Surabaya

FreshBox

E-Commerce Fresh Box

Dari namanya aja udah kelihatan kok kualitas dari toko e-commerce satu ini, yep fresh! Jadi, founder dari FreshBox ini sendiri menggunakan konsep ‘farm to table’ yang artinya produk FreshBox dipanen setiap hari dan datang langsung dari pertanian mereka sendiri, guys

FreshBox mendapatkan produk langsung dari kebun sendiri dan mitra petani. Produk yang fresh akan dikirim ke fasilitas pemrosesan dimana FreshBox akan melakukan pemilahan order, quality check dan langsung lanjut untuk delivery ke konsumen, jadi terjamin kok keaslian dan kesegarannya!

Selain itu, untuk menjaga kepuasan pelanggan, founder dari FreshBox sendiri mengatakan bahwa ia selalu konsisten untuk komitmen pengiriman H+1.

Wilayah: DKI Jakarta, Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan

Kecipir

E-Commerce Kecipir

Di nomor delapan, ada toko e-commerce yang namanya unik banget nih, Kecipir. Awalnya Kecipir ini namanya LOFMart dan founder ini sendiri melakukan rebranding menjadi Kecipir sejak awal 2016, soalnya nama Kecipir itu lebih gampang diinget dan lokal banget! 

Nah, Kecipir ini juga memiliki lebih dari 40 petani sayur organik! Yang namanya sayuran organik pasti selalu mahal, udah gitu harus dibeli melalui supermarket atau swalayan. Tapi, don’t worry, di Kecipir harga untuk setiap sayuran jauh lebih murah dan langsung dari perkebunannya, nih! Udah gitu, di Kecipir kamu juga bisa beli tanaman pot, loh!

Mengusung sistem marketplace yang diterapkan oleh Kecipir, hal ini bakalan lebih menguntungkan bagi pihak petani karena mereka bisa mendapatkan harga jual yang lebih tinggi nggak perlu susah payah dari cara penjualan sebelumnya. Selain itu, konsumen juga tetap untung, kok! Soalnya kamu yang ingin membeli di Kecipir bakalan mendapatkan harga yang nilainya up to 50% lebih rendah bila dibandingkan dengan harga jual di supermarket lain, nih! Untung banget kan? 

Wilayah: Jabodetabek

etanee

E-Commerce ETanee

Selanjutnya ada etanee sebagai salah satu e-commerce yang harus kamu cobain! Jadi, etanee ini adalah salah satu start-up yang melayani pengantaran produk pertanian juga, friends. Di fase awal-awal, Etanee ini cuma mengakomodir supply chain management buat produk beku! Tapi, sekarang mereka melayani konsumen dengan kebutuhan yang lebih lengkap lagi, nih! Contohnya seperti buah, sayur, daging sampai bumbu masak!

Founder dari etanee sendiri mengatakan ingin ekspansi ke daerah lainnya di Indonesia dan terus berinovasi untuk membantu banyak masyarakat. Mereka juga mengatakan bahwa mereka tengah membangun ekosistem demand dalam bentuk agen atau dropshipper berbasis komunitas untuk produk fresh eceran. Fokus Etanee dalam 1-2 tahun ke depan adalah untuk mempercepat ekspansi layanan platform ke 300 kota di seluruh pulau Jawa. 

Selain itu, etanee sendiri bisa memastikan kalau konsumsi pangannya Halal loh 100% dari LPPOM MUI, sertifikat NKV (nomor kesehatan veteriner) bagi rumah potong hewan dan unggas, serta sertifikat HACCP dan GMP untuk proses produksi.

Wilayah: Jabodetabek

Kedai Sayur

E-Commerce Kedai Sayur

Yang terakhir, ada Kedai Sayur, salah satu aplikasi lain yang bisa kamu gunakan buat beli sayur. Di Kedai Sayur, kamu bisa dengan mudah membeli kebutuhan sehari-hari hanya dengan sekali klik. Kedai Sayur juga melayani pengiriman sayur dan lauk pauk langsung ke rumah pelanggan. Kamu bisa pakai aplikasinya maupun dari e-commerce lainnya seperti Tokopedia dan Blibli. 

Kedai Sayur berharap agar mereka bisa menjadi jembatan antara para Petani/Peternak dan Pasar Induk kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan pangannya dengan memberikan kualitas produk yang segar dan sehat sesuai dengan standar kualitas Kedai Sayur Indonesia. Udah gitu, kerennya kalau ada kesalahan atau sayur yang kamu terima ada yang tidak bagus, Kedai Sayur tetap menerima aduan dalam waktu kurang dari 6 jam sejak produk diterima dengan menunjukan bukti. Kedai Sayur bakalan ngebantu kamu buat tukar yang baru atau mengembalikan 100%. Patut diacungi jempol, nih!

Selain itu, Kedai Sayur berinisiatif membantu para petani Indonesia untuk mendistribusikan hasil panen mereka ke pembeli. Inisiatif ini dibantu sama Kementerian Pertanian loh, guys! Jadi, petani-petani ini diajak bekerja sama lewat kementerian dan petani bisa langsung menjual hasil panen mereka dengan menggunakan platform digital Kedai Sayur.

Wilayah : Jadetabek

Udah tau kan 10 daftar toko e-commerce belanja sayur yang ngetrend dan bermanfaat? Kamu bisa mengunjungi website mereka untuk berbelanja atau langsung mendownload applikasinya di Playstore ya.

Oh iya, jika kamu tertarik banget tentang perkembangan eCommerce atau sedang memikirkan untuk merintis di industri ini, jangan ketinggalan event yang satu ini ya. eCommerceFest adalah event terbaru dari Exabytes yang akan hadir dalam waktu dekat tanggal 22-23 Agustus mendatang. Banyak banget nih pembicara dan expert yang akan sharing wawasan yang pastinya insightful banget seputar E-Commerce. Segera daftar dirimu ya di website event Exabytes.

E-Commerce New eCommerce Normal

Yuk, patuhi aturan social distancing dengan belanja dari rumah saja! Selain bisa sambil rebahan, kamu nggak perlu was-was terpapar resiko kena virus corona deh. Selain itu, kamu juga bisa membantu petani dalam negeri buat memajukan perekonomian mereka dan juga membantu pengembang aplikasi lokal agar semakin maju sehingga bisa sampai ke mancanegara. Sama-sama untung deh!

Yuk, buruan kamu bisa coba aplikasi dan situs web diatas! Yang udah pernah coba, share juga yuk pengalaman kamu di kolom komentar. Semoga info ini bermanfaat untuk semua, ya!

Credits : Derisna Waisa

Free Credit Exabytes

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih infonya kakak….

    Ada satu lagi situs belanja sayur yang tidak kalah menarik. Freshplus62.com adalah juga e-commerce untuk produk sayur, buah daging segar, bumbu dan rempah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here