Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

931
Tren Digital Marketing 2020
Free Credit Exabytes
4 min read

Hi Exabytes Friends!

Mengawali tahun yang baru, tentu saja beberapa hal berubah mengikuti tren yang ada. Termasuk dengan perubahan digital marketing yang juga bergerak dinamis mengikuti teknologi yang semakin berkembang juga. 

Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Hal ini penting untuk diketahui untuk menentukan strategi pemasaran bagi kamu yang memiliki bisnis atau brand agar bisa dijangkau oleh konsumen. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan brand awareness dan penjualan produk kamu.

Nah berikut ini 7 tren dan inovasi digital marketing yang akan berkembang di tahun 2020 yang bisa menjadi alternatif untuk mempromosikan bisnismu

Artificial Intelligence Mulai Mendominasi

Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Artificial intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan yang ditambahkan dalam sebuah sistem yang berpikir layaknya manusia. Seperti contoh Chatbots dapat otomatis menjawab pertanyaan dengan orang yang melihat website secara real time. Chatbots menggunakan interaksi verbal atau chat windows yang dapat membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari. Selain chatbots, bentuk AI yang mulai mendominasi adalah voice assistant Alexa dan Siri yang memberikan layanan dan membantu kita mempermudah aktivitas kita.

Shoppable Post Menjamur di Instagram

Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Instagram memang menjadi sosial media paling efektif untuk memasarkan produk. Oleh karena itu, Instagram pun merilis fitur shoppable post. Fitur ini membuat kita dapat melihat gambar sekaligus melihat harga produk yang diinginkan, menautkan link website dan checkout langsung. Pengguna pun jadi merasa mudah untuk berbelanja.

Baca Juga  Yuk Cari Tahu Algoritma TikTok Agar Videomu Viral

Direct Message akan Semakin Sering Digunakan

Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Karena sudah banyak yang menggunakan sosial media sebagai platform untuk berbelanja, maka jangan heran kalau direct message (DM) pun akan semakin sering digunakan. DM dapat membangun koneksi yang lebih akrab dan dekat dengan konsumen. Konsumen pun juga lebih merasa nyaman berkomunikasi lewat DM karena bisa bebas bertanya-tanya tentang produk yang diinginkan.

Personalisasi Pelanggan Diutamakan

Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Kepuasan pelanggan adalah yang utama. Karena itu perusahaan mulai mengedepankan personalisasi agar konsumen setia dengan produk atau jasa tersebut. Misalnya Spotify yang memiliki data pendengar dan menganalisis lagu yang didengarkan sehingga lahirlah Discover Weekly yang pas banget untuk pendengarnya. Lalu ada E-commerce yang merekomendasikan produk relevan dari hasil pencarian yang pernah dilakukan. Cara ini bisa diterapkan untuk meningkatkan pemasaran di tahun 2020.

Influencer Masih Berpengaruh Mendongkrak Brand

Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Beberapa tahun belakangan ini influencer meningkat pesat. Influencer diperkirakan masih ngetren untuk mempengaruhi pemasaran brand di tahun ini. Peran dari Influencer bisa mendongkrak dan memperkuat brand serta memberikan rasa kepercayaan dan aman kepada calon konsumen. Influencer pun makin menjamur baik di platform seperti Instagram dan Youtube.

Video Marketing Akan Semakin Banyak

Inilah 7 Tren dan Inovasi Digital Marketing di Tahun 2020

Tren selanjutnya yang perlu disiapkan sebagai strategi adalah video marketing. Media audio visual bergerak ini menjadi sarana paling populer untuk melihat atau mempelajari produk. Video yang kreatif pun akan menarik perhatian konsumen. Selain itu, video pemasaran yang diunggah di Youtube dan sosial media membuat orang-orang menjadi lebih percaya untuk membeli produk tersebut. Sekarang sudah banyak brand yang menyiapkan marketing video seperti web series, live video, 360 video dan video kreatif lainnya supaya penonton tidak bosan dengan iklan.

Baca Juga  Exabytes Meluncurkan Aplikasi "Easy Work" untuk Membantu UKM dan UMKM

Content Marketing Membuat Brand Terpercaya

Content marketing masih menjadi cara yang kuat untuk menarik konsumen ke website. Seorang marketer harus bisa menyajikan konten yang kreatif. Konten yang kreatif dan berkualitas dapat membangun hubungan baik dengan konsumen dan membuat brand tersebut terpercaya. Tidak hanya bentuk tulisan saja seperti artikel, content marketing bisa berupa gambar, video atau podcast.

Nah, jadi sudah tahu kan tren dan inovasi digital marketing di tahun ini? Boleh nih diterapin oleh Exabytes Friends untuk taktik strategi marketing usahamu.

Credit to Audina Chairunnisa

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here