Kelebihan dan Kekurangan Linux [Lengkap]

576
kelebihan dan kekurangan linux
6 min read

Berapa banyak perangkat yang sering kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari? Saat ini, kita bisa menikmati berbagai perangkat baik itu laptop, smartphone, tablet, maupun perangkat atau device lainnya. Sebagai pengguna, kamu tentu merasa nyaman dengan pilihan device kamu, bukan? Namun, terkadang kita tidak begitu memperhatikan sistem operasi apa yang digunakan di perangkat kita.

Bisa jadi, kamu adalah satu pengguna salah satu sistem operasi terkemuka, Linux. Di artikel kali ini akan mengupas tuntas terkait Linux, mulai dari definisi, sejarah, serta kelebihan dan kekurangan linux. Simak selengkapnya!

Apa Itu Linux?

Apakah kamu pernah mendengar kata Linux? Atau mungkin saja kamu pengguna sistem operasi ini, jadi sudah tidak lagi asing dengan berbagai kelebihan dan kekurangan Linux.

Sebenarnya sistem operasi itu apa sih? Tidak jarang kita mendapatkan pertanyaan semacam ini. Sebelum membicarakan tentang Linux, alangkah lebih baik jika kita terlebih dahulu tahu apa itu sistem operasi atau yang sering didengar dengar kata OS. OS merupakan singkatan dari Operating System. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, maka artinya adalah Sistem Operasi.

Operating System merupakan software sistem yang bekerja untuk mengatur sumber daya dari hardware dan software. OS juga menjadi daemon untuk program komputer. Kamu tentu tidak akan pernah bisa menjalankan program aplikasi apapun di perangkat tanpa adanya sistem operasi.

Lalu, apa hubungannya Linux dengan sistem operasi?

Pengertian Linux

Linux adalah software sistem operasi open source gratis yang disebarluaskan di bawah lisensi GNU atau Gnu Not Unix. Mungkin, tidak banyak yang tahu bahwa Linux ini merupakan turunan dari unix. Kamu tau gak sih kalau Linux itu bisa bekerja pada berbagai macam hardware komputer, lho!

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan. (Sumber: Pixabay)
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan. (Sumber: Pixabay)

Jika memiliki lisensi GNU, kamu tentu saja bisa memperoleh program bahkan dengan source codenya. Selain itu, kamu juga mendapatkan hak untuk menduplikasi sebanyak yang diinginkan atau yang dibutuhkan dan bahkan bisa mengubah source code. Tenang saja, tindakan ini legal selama memiliki lisensi.

Sejarah Linux

Pada awalnya, Linux dibuat oleh Linus Torvalds yaitu seorang mahasiswa Finlandia. Kemudian, dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dibuat pada bulan Agustus 1991. Pada bulan Oktober di tahun yang sama, Linus kemudian mengumumkan Linux versi 0.02 yaitu versi resminya.

Sekarang ini, Linux dikenal sebagai sistem Unix yang sangat lengkap dan bisa digunakan untuk pengembangan software, jaringan, dan pekerjaan sehari-hari. Jika sistem operasi komersial dinilai cukup mahal, maka kamu bisa memilih Linux sebagai alternatif.

Pengembangan Linux

Penggunaan Linux pada server didukung oleh banyak perusahaan komputer terkemuka termasuk IBM, Red Hat, Intel, dan masih banyak lagi. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, sistem operasi ini digunakan dalam berbagai macam hardware komputer termasuk komputer desktop, telepon genggam, router, dan sistem permainan video seperti PS2 dan PS3 serta Xbox.

Menurut para pengamat teknologi, ada beberapa faktor pendukung kesuksesan Linux termasuk biaya operasional yang rendah, kompatibilitas yang tinggi, serta keamanan dan kestabilan yang tinggi. Disamping itu, Linux tidak bergantung kepada vendor.

Kelebihan Linux

Linux memiliki beragam kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. (Sumber: Pixabay)
Linux memiliki beragam kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya.

Biasanya, penggunaan atau pemilihan sistem operasi itu berdasarkan dari kelebihannya. Kamu bisa terlebih dahulu membandingkan kelebihan sistem operasi ini sehingga yakin bahwa memang Linux adalah pilihan yang tepat. Apa saja kelebihan Linux? Berikut beberapa di antaranya:

Lisensi Gratis

Saat menggunakan Linux, kamu bisa menikmati lisensi yang gratis. Jadi, tidak perlu membayar sejumlah uang untuk bisa menggunakan OS ini.

Menggunakan Kode 32-bit

Dengan penggunaan kode 32-bit, Linux bisa berjalan dengan baik dengan minim crash saat aplikasi dijalankan. Sebagai pengguna, kamu juga tidak perlu khawatir untuk menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan kode bit Linux.

Tingkat Keamanan Tinggi

Meski bersifat open source, Linux hadir dengan tingkat keamanan yang tinggi dibandingkan dengan OS lainnya. Tidak perlu khawatir akan serangan virus yang bisa mengancam berbagai data penting di komputer kamu.

Tampilan Grafis yang Bagus

Linux tidak mengesampingkan grafis. Ini terlihat jelas dalam setiap versi dan jenis Linux yang dirilis. Pernah menggunakan Ubuntu? User interface begitu bagus dan enak dipandang.

Source Code Bisa Dimodifikasi

Saat dibutuhkan, kamu bisa melakukan modifikasi karena Linux bersifat open source. Para programmer menaruh perhatian pada hal tersebut.

Pilihan Komputer Server yang Cocok

Ingin menjadikan komputer sebagai server atau admin? Tentu saja bisa karena Linux itu sangat ringan namun stabil. Linux Debian adalah salah satu pilihan yang bisa digunakan sebagai server.

Lebih Ringan Saat Dijalankan

Linux merupakan sistem yang ringan. Karena tidak membutuhkan resource yang besar, kamu bahkan bisa menjalankannya pada komputer jadul. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kamu akan merasa nyaman.

Kekurangan Linux

Seperti halnya sistem operasi lainnya, Linux tentu tidak hadir dengan sempurna. Dengan kata lain, meskipun hadir dengan banyak kelebihan, Linux juga memiliki kekurangan. Kamu mungkin akan menemukan beberapa kekurangan dalam penggunaan Linux sebagai pilihan sistem operasi. Apa saja kekurangannya? Berikut beberapa di antaranya:

Butuh Keahlian Lebih

Meskipun Linux gratis untuk digunakan oleh siapa saja, masih jarang masyarakat umum menggunakan sistem operasi ini. Oleh karena itu, teknisi yang bisa melakukan troubleshooting untuk permasalahan Linux mungkin masih jarang ditemui. Namun, bukan berarti tidak ada dan kamu tidak bisa menemukannya.

Minimnya Dukungan Software

Sayangnya, beberapa aplikasi yang populer dan sering digunakan termasuk Adobe Photoshop tidak kompatibel untuk Linux.

Proses Instalasi dan Konfigurasi yang Sulit

Kamu begitu terbiasa dengan sistem instalasi Windows yang dinilai cukup mudah? Berbeda halnya dengan Linux, di mana proses instalasi sedikit lebih sulit.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Linux yang bisa kamu ketahui. Semakin bingung menentukan pilihan? Jika hanya memilih pada sisi kekurangannya saja, sampai kapanpun Linux tidak akan bisa memenuhi standar dan kebutuhan kamu. Maka dari itu, jangan lupakan kelebihan yang diberikannya.

Akan lebih baik jika terlebih dahulu mencoba sistem operasi ini sembari menikmati pengalaman yang didapatkan. Kemudian, kamu bisa membuat keputusan akhir apakah Linux ini benar merupakan pilihan sistem operasi yang bisa mengerti kebutuhan kamu dalam penggunaan perangkat tertentu.

Setiap sistem operasi menawarkan kelebihannya masing-masing, namun tidak luput dari kekurangan. Inilah mengapa setiap orang memiliki pilihan yang berbeda. Jika ingin menggunakan Linux sebagai sistem operasi, pastikan kamu mengerti betul apa itu Linux dan bagaimana cara menggunakannya. Akan lebih baik jika kamu juga tahu cara memperbaiki masalah yang mungkin timbul selama menggunakan Linux berdasarkan penjabaran kelebihan kekurangan linux di atas. VPS server VPS terbaik

Jika kamu tertarik dengan linux, kamu bisa mencoba VPS Server linux dari Exabytes. VPS terbaik berkualitas tinggi ini akan memberikan sumber daya 10x lebih cepat dan lebih stabil. Kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut? Silakan hubungi kami dan konsultasi untuk mendapatkan paket terbaik. Mulai sekarang!

Sekian informasi yang dapat kami berikan. Selamat membaca!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments