Inilah Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

0
3295

Backlink merupakan salah satu teknik SEO yang masih populer. Hal yang sangat penting dan harus dipahami dalam proses link building yaitu mengenal jenis backlink. Karena, jenis backlink sangatlah memengaruhi kualitas backlink yang akan diperoleh nanti. 

Jenis backlink ini terbagi ke dalam dua bagian, yaitu Dofollow dan Nofollow. Nah, di sini kami akan coba jelaskan keduanya, dan perbedaan backlink Dofollow dan Nofollow. Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel berikut ini!

perbedaan backlink dofollow dan nofollow
Backlink (Adobe Stock)

Backlink Dofollow berasal dari kata Inggris yang terdiri dari kata “do” dan “follow” yang memiliki arti “mengikuti”. Jika terdapat sebuah link pada postingan artikel menuju ke situs lain dengan tipe Backlink Dofollow, maka website yang memberikan Backlink Dofollow akan secara langsung mengikuti tautan link tersebut sampai ke akar-akarnya.

Jadi, ketika Google melakukan crawl (perayapan) pada postingan artikel yang di tanam Backlink Dofollow. Maka, secara otomatis search engine juga akan melakukan crawl pada link tersebut, karena jenis Backlink Dofollow akan melakukan crawl sampai ke akar-akarnya, termasuk link Dofollow yang terdapat pada artikel tersebut.

Karena itu Backlink Dofollow sangat sering digunakan oleh para blogger dan website-website berita. Hal ini untuk mendongkrak posisi website mereka berada di paling atas pada hasil pencarian.

Berikut adalah manfaat backlink Dofollow, diantaranya adalah:

Internet adalah salah satu sumber data besar yang akan terus tumbuh dan akan selalu diakses sebagai sumber informasi. Jika kamu mendapatkan backlink berkualitas tinggi, membuat direktori dan situs sumber daya terkemuka dapat membantu mengarahkan traffic ke situs web kamu.

Mendapatkan Referral Traffic

Dikarenakan backlink Dofollow merupakan link default, maka backlink Dofollow bisa

meningkatkan traffic ke situs kamu lebih cepat dan lebih mudah.

Mempercepat Proses Index

Selain itu, backlink Dofollow merupakan backlink tercepat untuk di index oleh Google karena

sifatnya yang “do” sehingga Google akan meningkatkan peringkat situs website kamu di halaman paling atas search engine.

Meningkatkan Kredibilitas Situs 

Ketika seseorang membaca konten di blog-mu, dan melihat sebuah rujukan backlink ke sumber atau pembuatnya, ada peluang yang sangat bagus bahwa mereka akan mengklik backlink tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa dan apa yang disajikan pada backlink tersebut. Hal ini tentunya akan meningkatkan hubungan antar situs yang lebih berkualitas.

Membangun Otoritas Blog

Mendapatkan backlink Dofollow dari situs populer sangat baik untuk SEO. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan kualitas konten yang ada dalam situsmu. Ini juga membantu membuat situs mu sebagai sumber informasi, dan dapat mengarah ke situs yang menautkan ke konten mu, memberi mu backlink Dofollow alami, yang disukai Google.

Inilah Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow - 2024
Backlink (Adobe Stock)

Sedangkan jenis backlink Nofollow terdiri dari kata “no” dan “follow” yang artinya “tidak mengikuti”, secara bahasa kita sudah paham, bahwa ketika postingan artikel yang terdapat backlink Nofollow pada saat di crawl, pada saat itu juga link Nofollow tidak akan di index sama sekali pada search engine.

Tapi, bukan berarti Backlink Nofollow tidak baik untuk website, karena Backlink Nofollow bagus untuk menyeimbangkan Backlink Dofollow.

Jika terlalu banyak Backlink Dofollow pada sebuah website maka bisa saja google menganggapnya sebagai spam dan membuat website kamu tidak mampu bersaing di search engine.

Berikut adalah manfaat backlink Nofollow, diantaranya adalah:

Mengurangi Spam pada Blog

Dengan adanya backlink Nofollow maka internet akan terlindungi dari banyaknya spam yang dapat mengurangi kualitas sebuah blog. Beberapa backlink Nofollow yang sering kita manfaatkan untuk keperluan seperti :

  • Link komentar
  • Link menuju situs yang kurang dipercaya
  • Link review
  • Link afiliasi

Kamu perlu tahu kalau backlink natural akan menjadi nilai plus dalam perkembangan website kamu di halaman search engine karena Google lebih suka terhadap pencarian secara manual dibandingkan backlink Dofollow.

Meningkatkan Kekuatan Brand

Ketika seseorang membaca konten blog mu, kamu dapat dengan cepat mengidentifikasi backlink yang terlihat dalam konten tersebut. Ketika pengunjung melihat nama brand mu terhubung dalam konten yang ada pada salah satu situs besar, tentunya ini akan meningkatkan kekuatan brand mu.

Walaupun sebenarnya fokus utama backlink adalah untuk meningkatkan posisi organik pencarian blog, tetapi hal tersebut tidak lantas membuat hal tersebut menjadi satu-satunya faktor yang bisa kita manfaatkan. Karena backlink, juga sangat berperan untuk pengembangan brand.

Dari sini kita sudah mengetahui pengertian dan manfaat link Dofollow dan Nofollow. Nah, kemudian untuk lebih memahami terkait penerapan dan struktur kode penulisan yang membedakan antara keduanya sebagai berikut:

URL Tag Rel Dofollow dan Nofollow 

Sebenarnya untuk struktur kode html link Dofollow sudah langsung otomatis jika menggunakan platform Blogger maupun WordPress keduanya sama, sehingga kamu tidak perlu mengatur hingga pada struktur html.

Contoh backlink Dofollow:

<a href=”masukkan url” rel=”Dofollow”>TEXT</a>

Contoh backlink Nofollow:

<a href=”masukkan url” rel=”Nofollow”>TEXT</a>

Jika kamu ingin memberikan tautan pada artikel kamu yang mengarah ke website orang lain, maka usahakan untuk memberikan outbound link atau backlink dengan jenis tag link Nofollow. Karena website kamu akan berpengaruh pada backlink tersebut. 

Kecuali jika kamu memiliki kesepakatan kerjasama dengan orang lain sehingga memberikan link Dofollow yang saling menguntungkan tidaklah masalah .Jika dilihat dari tampilan pada artikel pada sebuah website memang tidak ada yang berbeda antara keduanya, namun dari mata robot crawler keduanya memiliki perbedaan. Dan tentunya keduanya berfungsi sebagai tautan yang sama yaitu mengarahkan visitor ke website kita.

Inilah Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow - 2024
Backlink (Adobe Stock)

Dari penjelasan di atas, kita bisa simpulkan, bahwa Dofollow adalah link yang bernilai backlink di Google. Sementara itu, Nofollow tidak memiliki nilai sama sekali di mata Google. Meski begitu, keduanya masih memiliki manfaat yang baik untuk sebuah website.

Bagaimana, perbedaan backlink Dofollow dan Nofollow yang dijelaskan di atas cukup sederhana, bukan? Dari penjelasan tersebut, sedikit banyaknya kini kamu tahu jenis backlink mana yang paling berpengaruh di mata Google. Semoga bermanfaat!

4.8 6 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments