Mungkin saja kamu sudah membangun sebuah website untuk blog atau toko online kamu atau kamu sedang berpikir memanggil seorang experts untuk membenahi kecepatan loading website kamu. Tunggu dulu, simak cara mudah mempercepat loading website dibawah ini.

Kenapa kita perlu memperbaiki kecepatan loading website?

Menurut Google, semakin tinggi page load times website maka akan memperbesar kemungkinan orang untuk meninggalkan website kita (bounce). Jadi pengunjung yang tadinya sudah tertarik dengan konten di website akan akan pergi begitu saja (yahh) :(.

Memperbaiki kecepatan load time website mungkin bukanlah hal yang mudah, banyak sekali faktor yang menyebabkan kenapa website berjalan lambat seperti salah memilih hosting, images yang tidak dikompresi terlebih dahulu, plugin yang tidak diupdate. Daripada terus menebak-nebak kita bisa menggunakan tools dari Google seperti TestMysiteTool untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi pada website kita.

Gunakan Google Tools TestMysite

Google TestMySite

Menggunakan TestMySite sangatlah mudah dan akan memberikan informasi berguna dan saran untuk memperbaiki kecepatan loading website. Kamu bisa memulainya dengan mengetikkan alamat website kamu. Contoh: ganteng.com dan TestMySite akan menganalisa website, melakukan serangkaian tes guna memperlihatkan performa website kamu dengan kecepatan internet 3G. Setelah menunggu beberapa menit maka akan muncul saran dari Google. 

  • Avoid Landing Page Redirect
  • Eliminate Render-blocking Javascript and CSS
  • Leverage browser Caching
  • Prioritize visible content
  • Reduce server response time
  • Enable compression
  • Minify resources
  • Optimize Images
Baca Juga  Cara Install Wordpress SUPER Fast

Kamu akan melihat beberapa saran diatas ini dari Google pada laporan yang bisa kamu unduh. Jika kamu memiliki seorang web designer kamu bisa mengirimkan report tersebut sebagai acuan melakukan optimasi website.

Masih bingung bagaimana mempercepat loading  website?

Jadi kamu telah mencoba tools Google TestMysite, tapi masih bingung bagaimana mempercepat loading website? Jangan bingung, Kamu bisa mencoba beberapa langkah mudah dibawah ini

Kompres Images di Website Kamu!

Hey, ini bukan langkah yang sulit tentunya. Kamu bisa langsung mengunjungi tinyjpg.com. Cukup lemparkan gambar / images yang kamu ingin optimalkan. Tinyjpg akan tetap mempertahankan kualitas gambar / images dan mengecil ukurannya. Jadi, website kamu akan lebih ringan untuk diakses dan loading website kamu akan berkurang.

Kurangi Hal yang Dirasa Tidak Perlu

Percayalah, orang yang datang ke website kamu betul-betul mencari sebuah informasi tentang produk kamu. Jika mereka tidak menemukan apa yang mereka cari tentu mereka akan dengan segera meninggalkan webiste kamu. Kurangi hal yang dirasa tidak perlu seperti widget-widget yang menggangu.

Gunakan Layanan CDN 

Untuk kamu yang mementingkan pengalaman user saat berada didalam website. Kamu bisa mencoba layanan Content Delivery Network.Dimana website kamu menggunakan cachce di server lain dan itu akan mengurangi beban loading website kamu.  

Tes Lagi, Lagi , Lagi …

Semua tools yang ada tidak menggantikan pengalaman user yang sebenarnya. Kamu bisa bertanya ke teman, sahabat dekat atau keluarga untuk meminta pendapat mereka setelah berkunjung website kamu. Dan mendapatkan banyak masukkan apa yang berguna untuk pengembangan website kamu di kemudian hari.

Baca Juga  Trafik Mulai Tinggi? Yuk, Migrasi Server

Kesimpulan

Mempercepat loading website bukan pekerjaan semalam jadi. Kamu melakukannya karena kamu ingin menjaga user kamu merasa nyaman akan konten kamu dan membuat mereka nantinya menjadi revenue. Jika website kamu berjalan sangat lamban, bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan nantinya. Investasikan waktu kamu dan cobalah pahami masalah yang terjadi dengan website kamu dengan tips diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here