Mengenal Lebih Dalam Apa Itu PHP dan Kelebihannya

57
apa itu php
Free Credit Exabytes
8 min read

Halo, teman-teman Exabytes! 

Di artikel kali ini, sesuai judulnya kita bakalan ngebahas apa sih PHP itu dan juga apa fungsinya serta penggunaannya dengan lengkap. Buat kamu yang masuk ke dalam dunia pemrograman, udah pasti nggak asing dengan kata PHP, tapi buat kamu yang awam, nggak usah khawatir, kita bakalan kupas tuntas semuanya di artikel ini! 

PHP ini dikenal sebagai sebuah bahasa pemrograman yang memang dirancang secara khusus untuk membuat website dan aplikasi yang berbasis website. Mungkin beberapa dari kamu juga sudah mengenal CMS (Content Management System) dimana biasanya ia digunakan untuk membuat sebuah ‘blog’ tapi kalau kamu pengen buat aplikasi yang lebih rumit lagi dan yang memerlukan kostumisasi ribet, maka kamu perlu banget nih buat belajar bahasa ini.

php

Bahasa pemrograman sendiri ini ada banyak jenisnya loh, teman-teman! Ada yang namanya Java, Ruby, Python dan juga ASP.NET yang bisa juga digunakan buat kamu yang ingin membuat suatu website. Tapi, kali ini kita bakalan sama-sama membahas dan mengulas lebih jelas apa itu PHP. Jadi, langsung aja yuk cek artikelnya di bawah ini!

Apa Sih PHP Itu?

Nah seperti yang sudah disebutkan diatas, PHP merupakan bahasa pemrograman lain yang biasanya digunakan untuk membuat website tapi PHP juga dianggap sebagai bahasa skrip dengan general-purpose alias digunakan secara umum. Tapi tetap PHP memang paling banyak digunakan untuk web development bahkan menjadi bahasa pemrograman yang perlu kamu pelajari. Alasannya sendiri ini adalah karena salah satu fitur PHP yang memiliki kemampuan untuk disematkan ke file HTML nih, teman-teman Exabytes.

Awalnya, PHP ini merupakan singkatan dari Personal Home Page, yang sesuai dengan namanya merupakan bahasa untuk pembuatan website pribadi. Tapi seiring berjalannya waktu, bahasa ini jadi berkembang dan menjadi bahasa pemrograman web yang nggak cuma digunakan buat membuat halaman web simple aja tapi sudah digunakan banyak website keren, salah satunya Wikipedia, nih.

php coding

Sekarang, PHP ini adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Kebetulan, huruf ‘P’ pada kata ini juga merupakan singkatan dari kata PHP itu sendiri atau yang sering disebut rekursif, yang artinya adalah kemampuan untuk memanggil diri sendiri. 

Bahasa pemrograman ini memang terkenal dan populer banget sih dalam hal pembuatan website. Nggak heran lagi banyak CMS yang menggunakan sebagai alat mereka dalam urusan pembangunan website. PHP ini juga sampai menjadi dasar dari aplikasi CMS populer, contohnya Joomla, Drupal, WordPress.

Lain daripada itu, PHP juga bisa digunakan secara gratis dan sifatnya Open Source, loh. Selain populer, bahasa ini juga mudah untuk digunakan dan sampai-sampai ia menjadi standar bagi programmer web di seluruh belahan dunia nih, guys. Menurut Wikipedia sendiri, pada Agustus 2019, PHP digunakan sebagai bahasa pemrograman sisi server di 78,8% situs web seluruh dunia dan pada April 2020, PHP 7 adalah versi bahasa yang paling banyak digunakan dengan 50,6% situs menggunakan PHP dan 39,6% dari semua situs web di web.

Baca Juga  Panduan Install Laravel di Windows

Contoh PHP Basic

Buat kamu yang belum ada gambaran PHP sederhana itu gimana sih, kamu bisa melihat contohnya di bawah ini, nih!

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu PHP dan Kelebihannya

Nah setelah mengenal lebih jelas apa itu PHP dan juga contoh basicnya, yuk mending kita langsung aja cari tahu apa aja fungsi dan keuntungan memakai PHP dalam pemrograman web di bawah ini, yuk!

Fungsi PHP Dalam Pemrograman Web

Fungsi PHP itu sebenarnya mirip-mirip dengan bahasa pemrograman lainnya, kok. Tapi, ada beberapa fungsi lain yang memang cocok di PHP ini yang bisa kamu gunakan.

Fungsi PHP yang utama adalah mudahnya membuat atau mengembangkan situs web statis atau situs aplikasi Web. Walaupun sebenarnya bukan hanya PHP bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat website, nih. 

Selain itu, masih ada kok fungsi dan keuntungan dari bahasa pemrograman ini. Dalam membuat halaman web sendiri PHP tuh nggak wajib ya teman-teman, seperti yang disebutkan diatas. Bisa aja kamu cuma pakai HTML dan CSS, dimana konten sama halaman web kamu sifatnya jadi tetap.

Dalam pembuatan website, sebenarnya dengan menggunakan hanya HTML dan CSS saja sudah bisa kok jadi suatu website, tetapi website yang dibuat sifatnya masih statis. Nah, dengan menggunakan beberapa fungsi yang ada di PHP, website bisa berubah menjadi dinamis. Jadi, fungsi lain dari PHP ini adalah merubah website agar menjadi dinamis.

PHP ini adalah salah satu bahasa skrip untuk keperluan umum yang sangat cocok dan memang digunakan lebih untuk pengembangan web sisi server. Dalam hal ini, umumnya berjalan di server web. Semua kode PHP dalam file yang diminta dijalankan oleh runtime PHP yang biasanya untuk membuat konten halaman web dinamis yang digunakan di web atau di tempat lain.

ilustrasi php

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya juga nih, WordPress dibuat menggunakan PHP. Jadi dengan menggunakan bahasa pemrograman ini, secara drastis meningkatkan jumlah penyesuaian yang dapat kamu miliki di website kamu, lhooo. Kamu juga bisa menggunakannya untuk memodifikasi plugin dan theme yang tersedia dan bahkan PHP mampu membuatnya sendiri, nih! Jadi, kalau kamu ingin menjadi pengembang WordPress, belajar PHP adalah suatu keharusan ya.

Tidak hanya dapat melakukan hal hal diatas ya teman-teman, tapi masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan dengan PHP, seperti contohnya:

  1. Membuat, membaca, mengubah, menghapus file dan data di database
  2. Menginput data ke database
  3. Menghasilkan gambar
  4. Mengkonversi halaman text menjadi PDF
  5. Mengambil data dari formulir
  6. Mengirim dan menerima cookie
  7. Mengontrol akses pengguna
  8. Mengenkripsi data

Nah, jadi diatas itu beberapa fungsi yang bisa PHP lakukan nih! Eits, tunggu dulu. Selain punya fungsi yang keren, banyak juga loh keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari belajar bahasa pemrograman yang satu ini, makanya cek aja langsung deh keuntungan dari belajar bahasa pemrograman di bawah, yuk!

Kelebihan Menggunakan PHP

Nah, setelah mengetahui dengan lebih jelas apa definisi dari PHP dan fungsinya, kamu juga harus tahu ya kenapa sih bahasa pemrograman yang satu ini juga penting dan bermanfaat. Kalau ada banyak bahasa pemrograman lain, kenapa harus belajar bahasa ini? Nah, jawabannya bisa kamu dapetin di bawah ini, kok. Ayo di simak baik-baik ya, kalau perlu dicatat biar nggak lupa!

Baca Juga  Perbedaan Domain .COM dan .ID dan Keunggulannya Untuk Bisnis Online

Mudah Dipelajari

Salah satu alasan yang paling sering orang utarakan dalam belajar PHP adalah mudahnya mempelajari bahasa ini. PHP memiliki dokumentasi yang baik dan fungsi yang didasarkan pada contoh, sehingga kamu bisa banget dengan mudah mengerti.

Komunitas yang Besar

Salah satu hal penting lainnya adalah tersedianya komunitas yang besar. Komunitas ini penting loh teman-teman, terutama buat kaum awam yang baru mendalami bahasa pemrograman. Jadi, kalau kamu lagi ada kesusahan dan memerlukan bantuan, kamu bisa banget buat menanyakan kepada komunitas ini yang siap membantu kesulitan kamu.

Didesain Untuk Website

Awal pembuatannya memang dikembangkan untuk keperluan website. PHP ini memang didesain pertama kali sebagai skrip untuk mengolah data. Jadi, kalau kamu emang lagi nyari bahasa pemrograman untuk mengembangkan situs web, PHP emang udah jalan yang benar, kok! 

Banyak Digunakan

Seperti data yang dilampirkan diatas, menurut Wikipedia pada tahun 2019, PHP sudah digunakan sebagai bahasa pemrograman sisi server di 78,8% situs web. PHP digunakan untuk membuat segala jenis platform, seperti e-commerce, sosial media dan juga blog. Jadi, selain komunitas yang besar. kamu juga bisa banyak dapetin sumber belajar yang melimpah nih. Di Indonesia sendiri, udah banyak banget sumber belajar yang tersedia di dalam bahasa Indonesia, mau tertulis sampai video, so don’t worry guys.

php

Gratis

Yaps, kamu nggak salah baca. Bahasa ini memang sangat menghemat biaya karena berlisensi Open Source, jadi kamu bisa menggunakannya dengan gratis, kok dan dijamin aman deh! Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk membeli lisensi atau perangkat lunak yang mahal jadi PHP dapat bekerja secara efisien dengan database yang berbeda.

Tersedia di berbagai platform

Yang paling penting tentunya adalah akses yang mudah dong. Kebetulan bahasa ini tersedia di mana-mana mulai Windows, Linux, Unix, sampai dengan Mac OS X. Jadi, nggak perlu susah lagi deh buat mencari-carinya.

Sangat Fleksibel

Bahasa pemrograman ini juga sangat fleksibel loh teman-teman, mau itu selama project sedang berlangsung atau setelah menyelesaikan project. Fleksibilitas ini sangat penting, karena fungsionalitas bisa berubah kapan saja selama proyek berlangsung. Developer nggak perlu menulis kode baru atau fungsi perintah, karena perubahan pada kode dan fungsi yang ada dapat dilakukan dan digunakan. Jadi, fleksibel banget deh!

Memberikan Kontrol Lebih Banyak kepada Web Developer

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, PHP lebih memungkinkan si developer situs web memiliki kontrol lebih, guys. Bahasa pemrograman lain biasanya terhambat oleh skrip yang panjang dan rumit, tetapi ini nggak berlaku di PHP. Beberapa baris kode sederhana sudah cukup. Selanjutnya, PHP memungkinkan tag agar web developer dapat menambahkan dan mencampur tag HTML dimana yang menghasilkan sebuah konten yang sangat dinamis.

Nah, diatas sudah Exabytes rangkum mengenai pengenalan terhadap PHP, fungsinya sampai kepada keuntungan menggunakan bahasa pemrograman ini. Oh iya, sekarang PHP 7.4.0 terbaru sudah tersedia juga lho di seluruh paket web hosting Exabytes. lho.

Jadi, semoga materi diatas bisa bermanfaat dan berguna ya buat kamu yang awam dan lagi mencari bahasa pemrograman yang ingin kamu pelajari.

Credits : Derisna Waisa

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here