Pentingnya Memiliki Website Sejak Dini Untuk Bisnis Online

94
penting memiliki website sejak dini
Free Credit Exabytes
5 min read

Hi, Exabytes Friends! 

Di zaman yang saat ini sudah berada dititik semuanya serba digital, maka semua hal termasuk kegiatan kita sehari-hari juga tentu dipaksa untuk bertransformasi secara digital. Misalnya saja ketika kamu lapar, kamu bisa memanfaatkan teknologi digital untuk mendapat makanan diantarkan di depan pintu rumahmu. 

Termasuk dengan berbelanja kini sudah dimudahkan dengan belanja online. Sudah banyak platform untuk merintis dan memasarkan produk secara online. Hanya dengan sekali atau dua kali “klik”, kamu bisa melakukan transaksi belanja online dengan pelanggan.

Dengan banyaknya orang yang menggandrungi belanja online, maka semakin banyak juga platform berbelanja online yang tentunya semakin variatif. Namun, kita tidak pernah tahu bahwa kapan bisa bertahan lama. Salah satunya adalah Blanja.com yang resmi ditutup oleh Telkom.

screenshoy website blanja.com

Dilansir dari websitenya, Blanja.com menghentikan seluruh kegiatan pembelian terhitung sejak tanggal 1 September 2020. Hal ini dinyatakan karena adanya perubahan strategi bisnis. Sementara itu, Blanja.com merupakan sebuah perusahaan joint venture antara Telkom dan eBay asal Amerika Serikat yang berdiri pada tahun 2014 silam. 

Melihat dari kasus tersebut, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Entah itu beberapa tahun lagi atau bahkan hitungan bulan nantinya, apalagi di masa pandemi yang sulit ditebak kapan akan berakhir dan kembali normal. Bisa saja bisnis yang kita bangun tidak bisa bertahan lama karena semakin kompetitif apalagi di era ini. Untuk itu, sebaiknya buat kamu yang memiliki bisnis bisa memulai untuk membangun website sendiri mulai sekarang.

Dengan memiliki website, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Meskpun mungkin saat ini kamu masih berpikir bahwa website nggak begitu penting, ribet menggunakannya atau cuma mengandalkan sosial media saja tapi semuanya nggak cukup lho.

Nah, kamu harus simak beberapa 10 alasan pentingnya memiliki website sejak dini untuk bisnis online mu di bawah ini! 

Alternatif Untuk Menghemat Biaya Promosi Bisnis

Untuk mengenalkan bisnis kepada orang lain bisa dibilang nggak mudah nih guys! Apalagi produk yang kamu pasarkan mungkin masih terdengar awam dan asing di masyarakat. Dengan memiliki website, kamu dapat menghemat biaya promosi bisnis. Kenapa? Karena kamu nggak perlu lagi untuk memasang iklan di koran, atau bahkan di jalanan yang pastinya akan mengeluarkan lebih banyak biaya. 

Baca Juga  Inilah Pengaruh Backlink Terhadap Website

Sarana Katalog Produk dan Jasa

Nggak memandang jenis usaha yang kamu jalani, sebuah website adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karyamu. Dengan memasukan portofolio atau galeri foto produk, serta testimoni produk yang kamu jual atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu memiliki kesempatan untuk memperlihatkan sisi baik dari bisnismu disini. 

Dapat Diakses 24 Jam

Hal ini cukup berbeda dengan saat kamu menjajakan bisnismu secara konvensional, pelanggan yang datang tidak mungkin mendatangi tokomu selama 24 jam non stop. Hal ini sangat memberikan kenyamanan untuk para pelanggan untuk mendapatkan informasi yang mungkin mereka butuhkan. Jam 1 malam pun, pelanggan masih bisa scroll produk bisnismu lho.

Terlihat Lebih Profesional

Di era sekarang ini, nggak pantas rasanya kalau sebagai penjual hanya memikirkan untung dan rugi dalam penjualan. Tetapi yang juga sudah sepatutnya menjadi konsentrasi adalah bagaimana membuat usaha yang dibangun terlihat profesional. 

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya adalah memiliki website untuk bisnis onlinemu. Dengan begitu, kepercayaan dari pelanggan akan bertambah terhadap bisnis yang kamu tawarkan.

Meningkatkan Kredibilitas

Pelanggan pasti nggak mau salah memilih dalam membeli barang kan? Dengan website, kamu bisa meyakinkan pelanggan bahwa barang yang kamu pasarkan itu asli dan no tipu-tipu lho. Apalagi setelah melihat testimoni yang diberikan. Jadinya pelanggan bisa percaya deh sama produk dan membelinya tanpa mikir lama.

Menjangkau Target Pasar Yang Lebih Luas

Nah ini nih salah satu alasan kenapa kamu harus banget punya website sejak dini untuk bisnis onlinemu! Website menjadi salah satu tempat alternatif yang cukup menarik untuk mempromosikan bisnis baik itu berupa barang maupun jasa. 

Kamu bisa banget memperluas target pasarmu lewat sini bila sosial media dirasa kurang bisa menjangkau target. Karena belum tentu ada yang main sosmed. Dengan memiliki website dan mereka mengetik barang yang mereka inginkan, websitemu bisa muncul di halaman pencarian Google. Hal ini sangat membantu mereka banget lho.

Baca Juga  Punya Bisnis Nggak Wajib Punya Uang, Gimana Caranya?

Meningkatkan Penjualan

Dengan berhasil menjangkau target pasar yang lebih luas, penjualan bisnis kamu pun akan pelahan meroket lho. Kamu pun juga bisa memberikan penawaran menarik seperti diskon, cashback, refferal code hingga membership ke pelanggan setia yang sudah berbelanja di websitemu. Dengan begitu, pelanggan bisa repeat order deh.

Kemudahan Monitor Konsumen

Di poin ini, website kamu dapat kamu gunakan untuk memonitor semua hal dan aspek yang terkait dengan bisnis yang kamu jalankan. Mulai dari trafik penjualan, demografi konsumen maupun jumlah konsumen yang sudah melakukan pemesanan. Setiap minggu atau bulan, kamu bisa mendapatkan report mengenai produk mana yang lebih diminati serta paling sering dilihat oleh calon konsumenmu. Jadinya kamu bisa lebih memahami kebutuhan konsumen.

Dapat Terhubung Dengan Pelanggan

Di website, kamu bisa memasukkan fitur live chat agar bisa berkomunikasi langsung. Selain itu, dengan data pelanggan berupa email yang mereka daftarkan di website kamu, kamu bisa mengirimkan email promosi atau newsletter penawaran menarik. Dan pelanggan pun juga bisa memberikan feedback yang bisa membuat bisnis lebih baik lagi. 

Website Lebih Efektif, Efisien Serta Ringan

Memiliki bisnis online tentu tidak harus selalu update produk maupun monitor secara berkelanjutan. Sebab sistem yang dimiliki website sangat memudahkan kamu dari segi order, konfirmasi, pembayaran yang dilakukan oleh pembeli, serta pengecekan ongkir. Dengan sistem yang berjalan secara otomatis tersebut tentu dapat membuat bisnis kamu lebih ringan, efisien, serta efektif. 

Jadi, sekarang sudah tahu alasan memilki website untuk bisnis itu. Toko memang akan selalu ada dari waktu ke waktu, tapi kita harus bisa memanfaatkan bagaimana toko kita bisa dijangkau pelanggan dan adaptasi di zaman sekarang. Makanya, mulai dari dini membangun website agar bisnismu bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi di generasi milenial seperti saat ini.

Masih beranggapan bahwa membuat website itu susah? Tenang, di Exabytes bisa mewujudkan website impianmu untuk go online dengan Program Web Instant Starter Plus. Hanya dalam 7 hari, kamu bisa punya website idaman yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu lho.

Pentingnya Memiliki Website Sejak Dini Untuk Bisnis Online

Jadi tunggu apalagi, segera miliki website sejak dini untuk bisnis onlinemu ya Exabytes Friends!

Credits : Aisya Damayanti Sumarno

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here