Panduan Mudah Instalasi Python 3 di Windows, Linux dan Mac

118
Cara Install Python 3 di Windows
Free Credit Exabytes
9 min read

Panduan Mudah Instalasi Python 3 di Windows, Linux dan Mac

Untuk sahabat yang telah lama di dunia programming, pastinya sudah tidak asing dan telah mengenal apa itu Python. Python sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah dan juga simpel dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Sampai saat ini bahasa pemrograman Python hampir dipakai di segala bidang seperti game dan sistem berbasis web.

Di artikel kali ini, kita akan membahas gimana sih caranya untuk instalasi Python di Windows, Linux dan juga Mac. Namun, sebelum itu kita akan mengenal lebih dekat dulu apa sih Python itu, cara kerjanya dan juga fungsinya agar bisa memahami Python lebih baik lagi sebelum menginstall.

Panduan Mudah Instalasi Python 3 di Windows, Linux dan Mac

Apa itu Python?

Python sendiri merupakan bahasa Pemrograman yang sangat populer. Bahasa pemrograman lain dikenal sulit dan juga susah untuk dipahami, namun beda dengan Python. Python dikenal sebagai bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk dipahami, sehingga Python sangat populer dan dapat dipelajari oleh banyak orang, mulai dari kaum awam ataupun yang sudah expert dan menguasai bahasa pemrograman. Python ini juga salah satu bahasa pemrograman yang paling disukai oleh developer, ilmuwan data, dan bahkan hacker karena fleksibilitas yang Python tawarkan. Google, YouTube, Dropbox adalah contohnya.

Hal ini menjadikan Python relatif lebih mudah untuk dipelajari, maka ia banyak sekali digunakan dan jauh populer bila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Sintaksnya sangat sederhana, readable juga karena Python fokus pada aspek readability (mudah dibaca). Kode Python selain mudah dibaca, ia juga mudah ditulis.

Python membaca baris demi baris dan jika ada kesalahan, ia berhenti mendahului lebih lanjut dan memberikan pesan kesalahan kepada pengguna sehingga akan memudahkan kita semua untuk melihat adanya kesalahan dan memperbaikinya dengan segera. Python ini adalah bahasa yang multifungsi banget dan dengan Python kita bisa melakukan banyak hal dan banyak juga fungsinya, seperti contohnya kita bisa membuat website, membuat robotika, dan juga data mining. Nah, Python ini bisa banget untuk kamu yang ingin membuat aplikasi di gadget kamu loh!

Sebagai contoh kemudahan yang Python tawarkan, bisa dilihat dari kode print di bawah ini. Hanya dengan menuliskan kode seperti dibawah ini, kamu udah bisa mencetak apapun di dalam tanda kurung ().

print(“Python mudah digunakan”)

Saat ini kode Python dapat dijalankan di berbagai platform, beberapa di antaranya adalah Linux/Unix, Windows dan juga Mac OS x

Python 2 dan 3

Panduan Mudah Instalasi Python 3 di Windows, Linux dan Mac

Setelah mengetahui apa sih Python itu, kita juga harus mengenal apa sih bedanya Python 2 dan 3 agar bisa menyesuaikan dengan versi apa sih yang cocok untuk kamu. Nah, Python yang beredar saat ini ada dua versi, yaitu Python 2 dan juga Python versi 3. Python versi 2 merupakan salah satu versi yang paling banyak digunakan dan juga terkenal saat ini, sementara itu Python versi 3 adalah versi pengembangan lanjutan dan terbaru dari Python versi 2. 

Untuk pemula, lebih disarankan untuk menguasai Python versi 2 terlebih dahulu, namun jika sudah menguasai Python 2 dan cukup mahir dalam menggunakan Python 2, bisa menggunakan Python versi 3 ini. Beberapa sumber mengatakan, sebenarnya tidak ada lagi alasan untuk tidak mengupdate dari Python versi 2 ke versi 3 karena keamanan (security) dari Python kedua dalam waktu dekat akan dihentikan, namun jika kita sudah memiliki project yang telah menggunakan Python 2 dan project sudah di tengah jalan atau bahkan final, maka alasan tersebut sebenarnya sah sah saja, tapi jika bukan itu alasannya, maka sebaiknya untuk segera menggantinya dengan versi yang lebih baru (versi 3)

Baca Juga  Ini Dia 10 Tema WordPress Religi dan Amal di 2020 

Persamaan

Keduanya sama sama merupakan versi bahasa Python dan keduanya juga memiliki sintaks yang cukup mudah untuk menulis dan juga membaca. Keduanya tetap sama sama mudah untuk debug program bahasa lain, tak lupa Python versi dua dan tiga tersedia di berbagai platform seperti Mac, Linux dan juga Windows. Mereka sama-sama mampu berinteraksi dengan berbagai database seperti Oracle, SQLite, dan lainnya. 

Perbedaan

Walaupun Python 2 merupakan versi yang terpopuler, namun Python versi 3 akan lebih canggih dan terus akan menambahkan berbagai fitur baru dan juga memperbaiki banyak bug. Sementara Python versi 3 adalah pengembangan lanjutan dari versi 2 yang membuat Python 3 memiliki lebih banyak fitur dibandingkan Python 2.

Tanda Kurung

Perbedaan yang cukup signifikan bisa dilihat contohnya seperti di bawah

Python 2:

Print “Hello world!”

Python 3:

print(“Hello world!”)

Di Python 2 sebelumnya tidak ada tanda () namun di Python 3 terdapat tanda () untuk menuliskan perintah Python.

Print

Dalam Python 2, “print” diperlakukan sebagai pernyataan daripada fungsi. Jadi, kita tidak perlu wrap teks yang ingin kita cetak di dalam tanda kurung, meskipun kamu bisa jika mau. Ini bisa membingungkan, karena sebagian besar tindakan lain di Python menggunakan fungsi yang ditempatkan di dalam tanda kurung.

Sebaliknya, Python 3 secara eksplisit memperlakukan “print” sebagai fungsi, yang berarti kita harus melewati item yang kita perlu ‘print’ ke fungsi dalam tanda kurung dengan cara standar, atau Anda akan mendapatkan kesalahan sintaksis. Beberapa orang mengatakan bahwa perubahan ini menyebalkan dan merepotkan, tetapi hal ini dapat membantu mencegah kesalahan.

Jadi, di dalam python 2 tanda kurung tidak wajib untuk digunakan, kami dapat mencetak apa pun tanpa menggunakan tanda kurung, tetapi dalam Python 3 kita wajib untuk menggunakan tanda kurung jika tidak maka akan menimbulkan kesalahan.

Integer

Dalam Python 2, jika kita melakukan pembagian pada dua bilangan bulat maka output kita akan menjadi bilangan bulat juga. Tetapi dalam Python 3, output akan akurat, sehingga hasilnya bisa di float juga. Masih menginginkan hasil dalam integer, maka kita bisa menggunakan print (9//2) itu mengembalikan hasil integer.

Libraries

Keuntungan menggunakan Python 2 adalah memiliki banyak libraries. Python 2 masih merupakan default di banyak sistem operasi seperti ubuntu 14.04 dan 16.04 LTS. Namun, Python 3 juga berkembang dari hari ke hari, semua perkembangan di masa depan akan diimplementasikan dalam Python 3 daripada Python 2.

Melihat berbagai perbedaan dan persamaan diatas, sangat disarankan untuk menggunakan Python 3 karena komunitas saat ini juga mulai dan sangat fokus di Python 3 sehingga banyak sekali cara dan solusi yang tersedia di internet memudahkan kita saat menemukan kesulitan di Python 3 ini. Selain itu, balik lagi, beberapa sumber mengatakan Python 2 akan segera dimatikan sistem securitynya yang membuat para pengguna sangat disarankan untuk switch ke Python versi 3.

Setelah mengetahui Python 3 dengan baik, berikut kita akan sama sama belajar gimana sih caranya untuk install Python 3 di platform yang kamu punya, Windows, Linux ataupun Mac.

Install Python 3 di Windows

Yang pertama adalah Windows. Untuk yang memiliki Windows, berikut adalah tutorial atau panduan dalam menginstall Python 3 di Windows:

  • Install Python

Untuk instalasinya, pada tahap pertama adalah menuju ke Microsoft Store, cari Python 3.7 dengan Publisher Python Software Foundation, kemudian Install.

Panduan Mudah Instalasi Python 3 di Windows, Linux dan Mac
  • Buka File

Buka File Python yang telah diunduh, kemudian klik file tersebut sebanyak dua kali (double

  • Pilih pengguna

Selanjutnya, kita akan diminta untuk memilih siapa saja yang boleh memakai Python di Windows, langsung pilih saja ‘Install for all users’ agar bisa dipakai untuk semua user di komputer.

  • Setup
Baca Juga  Mana Yang Lebih Baik Untuk Server, CentOS atau Ubuntu?

Agar perintah Python dapat dikenali di CMD (Command Prompt), kita harus mengkonfigurasi dan mengatur saat proses instalasi. Pertama ceklist Add Python 3.7 to PATH dan kemudian klik tulisan Install Now dan tunggu hingga proses Instalasi selesai.

  • Setup was successful

Setelah ada tulisan Setup was Successful, ini menandakan bahwa proses instalasi Python telah berhasil. Setelah itu, klik close. Untuk menguji apakah Python versi ini sudah bisa digunakan atau belum, kita bisa menguji menggunakan CMD atau Python Shell.

Uji Coba Python Dengan CMD

Untuk menguji coba apakah Python versi 3 sudah bisa digunakan, kita bisa menggunakan CMD. Buka CMD dengan cara awal klik Windows + R kemudian ketik CMD dan enter.

Setelah masuk ke CMD, ketik perintah “Python” pada CMD untuk masuk ke mode Python. Selanjutnya, kita bisa ketik perintah ‘print (“Python Mudah Digunakan!”)’ kemudian enter untuk melakukan pengujian. 

Uji Coba Python Dengan Shell

Selain menggunakan CMD, kita juga bisa menggunakan alternatif lainnya yaitu Python Shell yang biasanya otomatis terinstall saat kita menginstall Python. Step pertama, cari dan buka Python Shell dengan cara mencarinya dalam fitur Windows Search. Setelah itu, kita bisa klik kanan pada Python Shell, lalu run as administrator

Ketik perintah “Python” pada Shell untuk masuk ke mode Python. Selanjutnya, kita bisa ketik perintah ‘print (“Python Mudah Digunakan!”)’ untuk menguji coba apakah Python sudah berfungsi atau belum.

Install Python 3 di Linux

Yang kedua adalah cara untuk download Python versi 3 di Linux dan sudah dirangkum dari berbagai sumber:

  • Step pertama adalah mengunduh development packages yang diperlukan untuk membangun Python.
  • Download Python versi terbaru di website resminya dengan cara klik ini. Setelah pengunduhan selesai, akan ada file arsip .tar.xz (“tarball”) yang berisi kode sumber Python.
  • Ketika ditanya apakah Anda ingin membuka atau menyimpan file, pilih Simpan. 
  • Setelah selesai download file Python tersebut, Klik dua kali pada file yang baru saja kita download.
  • Setelah download telah selesai, jangan lupa untuk meng-extract files tarball ya, bisa menggunakan aplikasi extract yang kamu pilih.
  • Setelah tarball Python diekstraksi, navigasikan ke configure script dan jalankan di terminal Linux Anda

$ cd Python-3.*

./configure

  • Tunggu sampai proses konfigurasi selesai dan Python sudah terinstall.
  • Jika Anda belum menemukan error, Python terbaru sekarang diinstal pada sistem Linux Anda. Untuk memverifikasinya, tulis salah satu dari perintah ini di terminal Anda:

python3 –version

atau

python –version

  • Bila output mengatakan Python 3.x, maka Python 3 telah sukses di install.

Install Python 3 di Mac

  • Download file installer Python disini dan download versi yang paling baru di Mac kamu.
  • Klik kanan file installer Python > Open. 
  • Kemudian, klik continue untuk 5 tahapan selanjutnya (mulai dari Introduction sampai Installation Type
  • Kemudian untuk tahap Installation, biasanya akan dimintai untuk memasukkan password user komputer dan setelah diminta, langsung masukan password user komputer kamu.
  • Tunggu sampai proses instalasi berhasil dan akan muncul tampilan dengan tulisan berisikan “Instalasi telah berhasil.”
  • Sama seperti Windows, cara untuk mengecek apakah Python sudah bisa digunakan atau belum, maka kita bisa cek lewat CMD (Command Prompts)

Diatas adalah berbagai panduan untuk menginstall Python 3 di komputer kamu. Selain itu, dari bacaan diatas, kita semua juga sudah mengenal apa itu Python dengan baik dan juga kegunaannya maupun perbedaannya dengan versi lain kan?. Nah, Python versi 3 sendiri diprediksi akan segera menjadi future, maka dari itu, langsung install Python versi 3 di komputer kamu yuk! 

Credit : Derisna Waisa

Free Credit Exabytes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here