Daftar 13 Payment Gateway Terbaik 2021

1649
Payment Gateway Terbaik
13 min read

Exabytes Friends, khususnya yang memiliki website toko online atau e-commerce, penting banget nih untuk menggunakan payment gateway terbaik untuk persoalan sistem pembayaran.

Jangan sampai, kamu menggunakan payment gateway yang belum berfungsi baik sehingga menciptakan pengalaman buruk bagi pembeli saat mau bertransaksi dengan produk di toko online kamu.

Mimin punya daftar 13 payment gateway terbaik nih! Tapi sebelum itu, mimin mau kasih tahu untuk yang mungkin belum pernah mendengar istilah payment gateway atau baru mau merintis bisnis online dengan website e-commerce tentang apa itu payment gateway, manfaat memilih payment gateway terbaik hingga cara kerjanya.

Apa Itu Payment Gateway

Untuk website toko online yang mempunyai fitur checkout dan bisa melakukan pembelian produk/layanan langsung di website, tentunya disertai dengan pembayaran di website yang sama. 

Jadi payment gateway adalah layanan aplikasi yang menjadi gerbang perantara transaksi pembeli dan penjual bisnis online, khususnya untuk memudahkan sistem pembayaran.

Ilustrasi payment gateway
Ilustrasi payment gateway yang berada di wesbsite toko online. (Source: Shutterstock)

Dengan payment gateway, toko online terbantu dalam memastikan jalanya proses pembayaran dan telah diberikan kuasa atau otorisasi baik menggunakan kartu kredit, transfer antar bank, virtual account, debit, e-wallet hingga pembayaran di gerai minimarket.

Meski mendapatkan data tentang pembeli maupun penjual seperti nomor kartu kredit dan debit hingga data kependudukan namun aplikasi payment gateway ini aman karena membuat sistem enkripsi kode khusus untuk menjamin keamanan transaksi e-commerce. 

Standar keamanan Address Verification System (AVS) yang akan yang akan menyesuaikan data alamat pemilik kartu, Card Security Code (CV2) yang meminta kode tiga nomor terakhir kartu kredit/debit, dan 3D secure password untuk memastikan setiap transaksi dengan kode unik biasanya terdapat pada aplikasi payment gateway.

Cara Kerja Payment Gateway

Cara kerja payment gateway
Alur kerja payment gateway. (Source: Shutterstock)

Dengan payment gateway sebagai gerbang perantara transaksi online antara penjual dan pembeli, maka beginilah cara kerja payment gateway.

  1. Pembeli memilih produk atau layanan yang akan mereka beli di toko online lalu juga memilih metode pembayaran dan input data terkait pembayaran untuk proses checkout.
  2. Pembeli membayar produk yang dibeli di toko online berdasarkan informasi yang disampaikan sumber payment gateway.
  3. Payment gateway lalu meneruskan informasi pembayaran ke prosesor pembayaran dari institusi bank atau institusi pembayaran lainnya.
  4. Bank atau institusi pembayaran terkait yang menerima permintaan akan memproses transaksi serta verifikasi. Lalu mengirimkan balasan ke prosesor pembayaran menggunakan kode khusus dan menginformasi apakah transaksi berhasil atau gagal, jika ada kesalahan pembayaran data atau data pembeli yang keliru.
  5. Prosesor pembayaran mengirimkan pesan ke payment gateway, yang selanjutnya bertugas meneruskan pesan ke toko online serta pembeli tentang berhasil atau tidaknya transaksi.

Manfaat Payment Gateway

Kamu sudah mengetahui apa itu payment gateway dan cara kerja payment gateway. Sekarang mungkin kamu berpikir mengapa harus menggunakan payment gateway? Berikut mimin jabarkan beberapa manfaat payment gateway, tidak hanya untuk penjual atau toko online namun juga pembeli lho.

Manfaat Payment Gateway Untuk Toko Online

Toko online yang menggunakan payment gateway
Toko online yang menggunakan payment gateway. (Source: Shutterstock)

Menggunakan payment gateway terbaik bagi toko online dapat memberikan manfaat, diantaranya yaitu:

Tidak Perlu Membuat Banyak Rekening

Toko online tidak perlu menyediakan banyak rekening dari berbagai bank. karena dengan payment gateway pembayaran dari berbagai rekening bank akan dimasukkan ke satu rekening utama milik toko online.

Proses Transaksi Lebih Cepat

Proses transaksi lebih cepat. dengan payment gateway yang mampu memproses transaksi massal bersamaan dan dalam waktu singkat.

Transaksi Menggunakan Kartu Kredit Juga Aman

jika melakukan transaksi via kartu kredit juga aman karena payment gateway melindungi data pengguna kartu kredit dengan teknologi enkripsi data dan informasi serta teknologi fraud detection yang berfungsi mencegah terjadinya kecurangan pembayaran.

Mudah Mengecek Pembayaran yang Masuk

Penjual atau toko online lebih mudah dan cepat mengecek status pembayaran baik yang menggunakan kartu debit dan kredit, apakah sudah berhasil masuk atau status lainnya.

Dapat Melakukan Proses Rekonsiliasi

Karena payment gateway kini user-friendly, dilengkapi dashboard yang menghubungkan antara penjual dan pembeli, penjual dapat melakukan proses rekonsiliasi. Misalnya mengecek data pelanggan, siapa saja yang membayar, jumlah transaksi berhasil, pengembalian dana transaksi hingga laporan penjualan toko online.

Manfaat Payment Gateway Untuk Pembeli

Pembeli saat membayar di toko online
Payment gateway membuat pembeli merasa aman saat bertransaksi dengan kartu kredit dan debit. (Source: Shutterstock)

Selain penjual atau toko online, pembeli juga diuntungkan lho jika suatu toko online menggunakan payment gateway.

Transaksi Mudah dan Aman Dilakukan

Dengan payment gateway pembeli merasa aman dan proses yang serba cepat dan mudah sehingga tercipta pengalaman baik dengan toko online.

Transaksi dengan kartu kredit juga dijamin keamanannya baik untuk pembeli dan juga penjual. dengan sistem keamanan dan teknologi seperti fraud detection, enkripsi data dan informasi saat melakukan transaksi. payment gateway memastikan transaksi aman untuk kedua pihak

Selain itu transaksi mudah dilakukan di mana saja, kapan saja tanpa harus ribet antri dan lama.

Rincian Produk, Harga Dan Pembayaran Di Satu Halaman

Dengan payment gateway, pembeli dapat melakukan transaksi pembayaran langsung tanpa membuka lagi website toko online untuk melihat dan mengecek rincian harga serta produk. karena sudah dirangkumkan di halaman tempa transaksi pembayaran akan dilakukan.

Payment Gateway Terbaik 2021

Memilih payment gateway terbaik
Ilustrasi payment gateway. (Source: Shutterstock)

Seiring dengan meningkatnya aktivitas dan kegemaran belanja online, Bank Indonesia  pada tahun 2017 kemudian menginisiasi sistem jaringan antar bank yang dinamakan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Sistem ini bertujuan melokalisasi transaksi online yang sebelumnya dipegang oleh Visa dan Mastercard.

Dari situlah, payment gateway lokal buatan Indonesia mulai populer terlebih payment gateway selain membuat transaksi pembayaran menjadi mudah antara penjual dan pembeli, juga menawarkan keamanan terjamin.

Mau tahu apa saja payment gateway terbaik lokal yang bisa kamu pilih? Simak daftar berikut ini ya.

Doku

Payment gateway terbaik Doku adalah penyedia pembayaran elektronik di Indonesia, didirikan pada tahun 2007. Telah bekerja sama dengan lebih 150.000 mitra usaha ternama dan 3 juta pengguna.

Mitra Doku sebagai payment gateway diantaranya: Visa, MasterCard, ATM Bersama

BNI, Mandiri, BCA KlikPay, Permata Bank, Bank Sinarmas, Bank Danamon, CIMB Clicks, Bank Muamalat, Dana, LinkAja, OVO, Gopay, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dan+Dan hingga Kredivo.

Selain itu Doku juga terintegrasi dengan CMS e-commerce seperti WooCommerce, Magento, OpenCart hingga Shopify yang memudahkan pembayaran di toko online yang dibangun di platform e-commerce.

Metode pembayaran di Doku mempunyai beberapa opsi yaitu Yang pertama ada Doku Wallet. Saldo Doku Wallet bisa ditambahkan kapanpun oleh pengguna dan bisa digunakan untuk transaksi. 

Pembayaran melalui transfer bank juga menjadi opsi di Doku. Karena bermitra dengan banyak bank hingga ATM bersama, kamu bisa melakukan pembayaran dengan transfer bank.

Selanjutnya ada via Internet Banking. Bisa juga melakukan pembayaran melalui internet banking atau akun mobile banking selama masih terhubung ke jaringan ATM Bersama, Prima, dan Alto. 

Dan yang terakhir lewat gerai minimarket. Misalnya Alfamart, Alfamidi, Lawson, Dan+Dan. Transfer ini bersifat on-hold (tertahan). KAmu harus memiliki kode pembayaran yang bisa ditemukan di halaman pemesanan, lalu kamu harus segera membayar di gerai minimarket dalam waktu 6 jam.

Aplikasi Doku tersedia di smartphone baik yang menggunakan Android maupun iOS. 

Midtrans

Payment gateway terbaik selanjutnya ialah Midtrans yang sebelumnya bernama Veritrans, didirikan pada tahun 2012 dan dipercaya lebih dari 500 ribu merchant. 

Midtrans lebih fokus melayani pasar e-commerce indonesia, UMKM hingga perusahan startup dan juga perusahaan besar. sehingga apapun skala bisnisnya mereka bisa menerima pembayaran online. dengan integrasi yang mudah dalam satu dashboard serta dilengkapi sistem keamanan seperti sistem anti-fraud.

payment gateway midtrans memiliki mitra pembayaran yang juga sangat bervariatif. Diantaranya yaitu Visa, MasterCard, BCA, BNI, Mandiri, BCA Klikpay, CIMB Clicks, JCB

American Express, Permata Bank, BRIVA, ALTO, ATM Bersama, Prima, QRIS, Gopay, ShopeePay, ePay BRI, OCTO Clicks, XL Tunai, Mandiri Clickpay, T-Cash hingga gerai minimarket seperti Indomaret, Alfamart dll.

Sehingga metode pembayaran juga beragam bisa lewat e-wallet, internet banking, transfer bank, dan lewat minimarket.

Faspay

Faspay juga merupakan salah satu payment gateway yang berdiri sejak tahun 2003. memiliki 1500 mitra usaha dan juga klien dari perusahaan besar.

Faspay menawarkan layanan untuk pengguna yaitu Faspay Business untuk pembayaran online dengan kartu kredit atau debit dan juga Faspay Billing yang membantu memproses data transaksi penagihan dan yang terakhir Faspay Sendme.

Fitur-fitur dari Faspay yakni pemasangan sistem pembayaran mudah, tidak perlu biaya berlangganan bulan, sistem anti-fraud hingga mudah membayar di berbagai ATM hanya dengan menggunakan satu order ID.

Mitra Faspay sebagai payment gateway diantaranya: Visa, MasterCard, American Express, BCA, BNI, Mandiri, Bank BRI, Permata Bank, Maybank, Telkomsel, BRIVA, OVO, Akulaku, Kredivo, Indomaret hingga Alfamart.

Metode pembayaran juga sama seperti payment gateway lainnya yaitu dengan kartu kredit debit, e-wallet, transfer bank, internet banking hingga gerai minimarket. 

Faspay yang sudah memiliki lisensi resmi dari Bank Indonesia (BI) mendapatkan penghargaan sebagai best payment gateway.

iPaymu

Selanjutnya di daftar payment gateway terbaik yang bisa kamu pilih ialah iPaymu

Layanan oleh iPaymu sebagai payment gateway juga sama seperti yang lainnya yaitu untuk melakukan transaksi pembayaran secara online di website tanpa seseorang perlu paham tentang pemrograman untuk membuatnya, plug and play untuk e-commerce, reseller dan dropshipper.

Didirikan pada 2012 iPaymu mempunyaI 80 ribu merchant yang telah bergabung dan banyaknya mitra dari 140 bank yang beroperasi di Indonesia hingga pos negara yaitu Pos Indonesia sehingga bisa mentransfer dan menarik uang

Pada dan pada 2013 meluncurkan fitur pembayaran mobile berbasi kode QR. Fitur unggulan lainnya dari iPaymu adalah Cash On Delivery (COD) sebagai fitur yang masih digemari sebagai pembeli. 

Di samping itu tentunya iPaymu juga menawarkan keamanan tinggi tanpa biaya tambahan, tidak ada transisi sulit saat checkout hingga menyediakan layanan tanpa host to host ke bank.

Metode pembayarannya juga sama seperti payment gateway dapat dengan kartu kredit atau debit, transfer bank, e -wallet

Selain bermitra dengan bank yang beroperasi di indonesia, iPaymu juga telah bekerja sama dengan penyedia pembayaran global PayPal.

Finpay

Finpay yang merupakan cabang dari perusahaan Telkom Indonesia juga merupakan layanan payment gateway terbaik yang didirikan dari 2006. 

Layanan unggulan dari Finpay yaitu ada Finpay Link yang merupakan link pembayaran berisikan metode pembayaran dan bisa support pembayaran online di media sosial atau aplikasi pesan dan juga Finpay Invoice, layan pengiriman invoice melalui email kepada pembeli setelah melakukan pemesanan.

Bekerja sama dengan banyak mitra yaitu diantaranya website e-commerce besar seperti  Telkomsel, TelkomVision, LivingSocial dan AppsFoundry, Plasa.com lalu juga dengan bank Visa, MasterCard, JCB, BCA, BRI, Mandiri, Permata Bank, ALTO ,Danamon online, BCA Klikpay, CIMB CLicks, LinkAja, lalu dengan OVO, Gopay, Kredivo, gerai minimarket seperti Indomaret,Alfamart dan provider internet.

Espay

Payment gateway terbaik selanjutnya ada Espay, satu-satunya yang berkonsep B2BCB (business-to-consumer-to-business) di Indonesia yang artinya dapat menerima pembayaran dari pembeli dan disaat yang sama meneruskan pembayaran ke supplier atau jasa delivery, sehingga status pembayaran otomatis berubah sesuai dengan prosesnya. Lebih cepat dan tanpa input ulang.

Espay dilengkapi dengan keamanan anti fraud untuk mencegah kecurangan pembayaran dan juga sertifikasi PCi DDS yang membuatnya kerahasiaan kartu kredit terjaga. 

Selain itu menggunakan Espay juga tidak diperlukan programming, menyediakan plugin untuk platform website e-commerce seperti Magento, WooCommerce hingga Prestashop serta single API untuk platform lain.

Untuk layanan khusus, selain bisa disambungkan ke website atau e-commerce, Espay juga menyediakan portal bernama Tagih.ID yang menawarkan penyajian dan pembayaran faktur elektronik dengan pembayaran real-time serta mudah melakukan rekonsiliasi. Selanjutnya ada Kasir.ID, menerima pembayaran dan rekonsiliasi khususnya untuk usaha mikro dan menengah.

Mitra Espay sebagai payment gateway anta lain: Visa, MasterCard, JCB, American Express, BCA, BRI, BNI, Mandiri, Permata Bank, Maybank, Nobu Bank, CIMB Niaga, Mandiri Clickpay, ePay BRI, Klik BCA, PermataNet, ALTO, ATM Bersama, Prima, LinkAja, OVO, Gopay, ShopeePay, DANA, Saldomu, Kredivo, Indomaret, Alfamart, Lawson, Alfamidi, Dan+Dan, Pegadaian hingga Pos Indonesia.

Dengan bermitra banyak pihak. metode pembayarannya tentu sama dengan payment gateway pada umumnya bisa melalui kartu kredit atau debit, transfer bank, gerai minimarket, internet banking hingga lewat Pos Indonesia.

Winpay

Selanjutnya di daftar payment gateway terbaik ada Winpay. Berdiri sejak 2015, layanan dari PT Bimasakti Multi Sinergi ini telah memiliki lisensi resmi dari Bank indonesia sehingga bisa menawarkan transaksi pembayaran online dengan banyak mitra dan ribuan pengguna.

Sama seperti payment gateway pada umumnya, Winpay yang juga bermitra dengan bank, e-wallet hingga gerai minimarket menyediakan metode pembayaran lewat transfer bank, kartu kredit atau debit dan yang lainnya.

Selain itu Winpay juga berafiliasi dengan platform e-commerce Magento, Opencart, Woocommerce dan Prestashop hingga bisa digunakan di website e-commerce.

Prismalink

Prismalink juga merupakan layanan payment gateway di Indonesia. Mengunggulkan keamanan dengan fitur 3DS untuk penggunaan verifikasi dua langka dalam tiap transaksi dan juga sertifikasi PCI DDS, transaksi dengan Prismalink menjadi aman baik dengan debit atau via kartu kredit.

Selain keamanan, fitur yang tak kalah unggul dari Prismalink ialah White Label Apps, yakni memudahkan kamu membangun payment gateway dengan menggunakan brand sendiri bagi toko online.

Prismalink yang sudah dipakai ribuan pengguna ini juga sama seperti payment gateway lain bisa menerima metode pembayaran dari transfer bank hingga gerai minimarket.

NicePay

Layanan payment gateway NicePay juga menawarkan pembayaran transaksi online dengan berbagai metode pembayaran dari transfer bank hingga gerai minimarket dan sudah digunakan 1000 pengguna dari seluruh dunia bahkan.

NicePay mendukung transaksi pembayaran yang dilakukan berbagai platform dari website, ponsel hingga email. Disertai pula dengan support 24 jam melalui kontak NIcePay di email, WhatsApp hingga telepon yang bisa dihubungi jika ada masalah kapanpun. 

Xendit

Xendit juga bisa kamu pertimbangkan dalam memilih payment gateway terbaik. Terkenal sebagai payment gateway terbaik di Indonesia hingga Asia Tenggara, Xendit dapat menerima transaksi pembayaran dan juga mengirim uang dengan integrasi sederhana namun lengkap. Mulai dari penggunaan link, plugin hingga API untuk transfer otomatis dan interface yang ramah pengguna.

Setiap transaksi yang dilakukan di Xendit mudah direkonsiliasi karena tercatat serta pemberitahuan status pembayaran yang real-time tanpa perlu repot mengecek setiap waktu.

Sama seperti payment gateway lain, Xendit juga bermitra dengan banyak 140+ bank yang beroperasi di Indonesia, e-wallet hingga gerai minimarket untuk memberikan variasi metode pembayaran kepada penggunanya atau yang dinamakan XenPayments, sangat cocok untuk toko online 

KasPay

KasPay juga bisa menjadi pilihan payment gateway. Dimiliki oleh PT Darta Media Indonesia, KasPay menjadi layanan resmi anggota KASKUS khususnya di forum jual beli KASKUS untuk melakukan transaksi pembayaran.

Tidak hanya di platform KASKUS, layanan KasPay juga bisa dinikmati di website-ecommerce yang berafiliasi dengan KasPay.

FirstPay

PT Indobest Artha Kreasi membuat layanan payment gateway bernama FirstPay

Mengusung konsep one-stop payment, FirstPay memberikan metode pembayaran lengkap dari kartu kredit atau debit, virtual account, ATM bersama, e-money karena sudah bekerja sama dengan banyak bank yang beroperasi di Indonesia.

Uniknya, dengan menggunakan payment gateway FirstPay, kamu bisa mengecek pembayaran secara real-time yang tentunya juga cepat dan aman.

Truemoney

Terakhir, payment gateway terbaik pilihan ada TrueMoney yang sebelumnya sudah didirikan di Thailand, baru hadir di Indonesia pada tahun 2015 setelah diberikan lisensi resmi oleh Bank Indonesia.

Payment gateway ini memberikan layanan untuk melakukan pembayaran online tanpa menggunakan nomor rekening bank, melalui mesin EDC agen TrueMoney, aplikasi smartphone hingga website. bisa juga dijadikan untuk pembayaran tagihan atau cicilan dan voucher elektronik

Kesimpulan

Exabytes Friends, itulah daftar 13 payment gateway terbaik yang bisa kamu pilih sebagai sistem pembayaran di website toko online kamu. Selain memudahkan pembeli untuk melakukan transaksi pembayaran secara cepat dan aman, tentunya penjual juga dimudahkan karena tidak perlu membuat banyak rekening di berbagai bank.

Dan untuk Exabytes Friends yang ingin punya toko online sendiri karena sudah tahu ada payment gateway sebagai sistem pembayaran yang aman, bisa banget buat website toko online di Exabytes dan menggunakan VPS Linux SSD agar websitemu menjadi 10x lebih cepat dan membuat pembeli memiliki pengalaman baik dengan toko online milikmu. 

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments