Penjelasan Captcha dan Fungsinya Untuk Website

0
1711

Penjelasan captcha adalah kode keamanan yang penting dalam sebuah website. Terutama situs yang membutuhkan login dan data pengguna.

Saat kamu mengunjungi sebuah website, pernahkah kamu diminta untuk mengisi sekumpulan huruf, angka, atau gambar? Ya, itu disebut captcha. Ini mungkin mengganggu kamu. Tapi jangan salah. Ternyata pengisian huruf, angka, dan gambar bisa sangat membantu untuk kepentingan semua pihak.

Tanpanya, situs web yang kamu kunjungi mungkin mengalami gangguan. Kenapa begitu? Yuk, temukan jawabannya di artikel ini.

Apa Itu Captcha?

penjelasan captcha

Apa itu captcha? Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans. Captcha adalah fitur yang memberikan lapisan keamanan pada sebuah website untuk memastikan bahwa website tersebut dapat diakses oleh manusia, bukan robot. Fitur ini adalah proses otomatis yang diterapkan untuk memastikan pengunjung situs web.

Biasanya bentuk captcha berupa huruf, angka atau gambar. Dengan menggunakan captcha, sebuah website dapat menghindari spamming karena bot spam tidak dapat membaca huruf, angka, atau gambar captcha. Jadi ketika bot spam tidak dapat membaca captcha, bot spam tidak dapat mengakses halaman web.

Beberapa contoh captcha yang biasa terlihat di website yang kita kunjungi adalah kita harus mengklik bagian “Saya Bukan Robot” atau kita diminta memasukkan urutan angka atau huruf terlebih dahulu.

Apa Fungsi Captcha Untuk Website? 

Setelah membahas apa itu captcha dan penjelasannya, selanjutnya kita akan membahas fungsi captcha untuk website.

Adanya metode autentikasi ini sangat menguntungkan pemilik website karena dapat meningkatkan keamanan website. Bahkan bisa dibilang fungsinya sangat penting agar sistem website tidak mudah diserang oleh bot.

captcha adalah

Berikut adalah fungsi captcha untuk website:

Mencegah Dictionary Attack

Mengutip dari Wikipedia, dictionary attack adalah serangan yang bertujuan untuk membobol sistem yang aman dengan cara memecahkan kode dari sebuah mekanisme enkripsi atau autentikasi, menggunakan kata atau frase yang terdapat dalam kamus (dictionary) dalam ribuan bahkan jutaan kali percobaan.

Dictionary attack di website atau blog dapat menyebabkan kasus pencurian akun. Dengan captcha, kamu dapat mencegah jenis serangan ini.

Penggunaannya akan lebih melindungi website atau blog, membuat website atau blog lebih aman, dan mencegah pencurian dengan penyalahgunaan yang tidak bertanggung jawab.

Lindungi Alamat Email Dari Scraper

Scraper adalah salah satu ancaman keamanan email yang paling merusak, dalam bentuk bot yang dapat “mencuri” dan mengekspor alamat email dari sebuah situs web dan kemungkinan mengarah pada pengambilalihan.

Captcha di sini akan berfungsi untuk melindungi dan menyembunyikan alamat email kamu dari scraper sehingga spammer tidak dapat secara tidak sengaja menyebarkan spam dan mencari alamat email kamu.

Mencegah Komentar Spam

Pernahkah kamu diminta memasukan captcha dari kombinasi angka, huruf, atau gambar sebelum ingin menulis komentar di blog atau website? Nah, hal ini dilakukan untuk mencegah komentar spam di website atau blog.

Bagi kamu yang memiliki website atau blog pasti sering menjumpai email spam berupa iklan produk atau email yang tidak berhubungan dengan topik artikel. Tentunya hal ini akan sangat merusak reputasi situs atau blog kamu bahkan bisa membuat pengunjung merasa tidak nyaman.

Umumnya, komentar spam ini dikirim untuk mendongkrak peringkat blog secara tiba-tiba. Namun, algoritma Google melihat komentar spam sebagai masalah, yang justru akan membuat situs atau blog kamu terhapus dari hasil pencarian Google.

Hindari Mendaftar Untuk Akun Palsu

Saat ini banyak platform yang menawarkan layanan pendaftaran gratis kepada pengguna website. Misalnya, Google dan Youtube menerapkan captcha untuk mencegah penyalahgunaan data dengan skrip otomatis (bot/robot).

Jadi fungsinya disini adalah untuk menghindari pembuatan akun palsu yang bisa berujung pada pencurian data dari website tersebut. Formulir pendaftaran akun palsu ini tidak boleh dianggap remeh karena dapat mengisi database sehingga mempengaruhi efektifitas email.

Jika kamu memiliki situs web yang mengirimkan email otomatis, seperti untuk newsletter atau email marketing, akun palsu ini tidak akan menerima email tersebut di kotak masuk. Akibatnya, reputasi email kamu mungkin terganggu.

Penyedia layanan email seperti Gmail, Yahoo, dan Outlook akan salah menilai reputasi email kamu karena banyak email marketing yang tidak terkirim.

Jika iya, maka penyedia email akan mengarahkan email marketing yang kamu kirimkan ke folder spam, sehingga strategi digital marketing ini menjadi tidak efektif karena tidak tepat sasaran.

Amankan Transaksi Online

Sangat penting untuk menerapkan captcha di website toko online. Memasang akan mempengaruhi reputasi toko online kamu, terutama untuk memastikan bahwa pelanggan produk di website kamu adalah orang sungguhan dan bukan robot.

Jika terjadi pembelian palsu, produk di etalase toko web kamu akan tampak seperti dijual, tetapi pembeli bukanlah pihak yang sebenarnya.

Konsekuensinya bisa sangat serius. Pengalaman pelanggan toko online kamu akan memburuk, memengaruhi penjualan. Khawatir tidak akan ada pesanan berulang dari pelanggan di sini, atau merek hebat yang kamu bangun dengan cara ini akan berantakan.

Mencegah Search Engine Bot

Fungsi captcha adalah untuk melindungi halaman web dari search engine bot yang terkadang tiba-tiba muncul untuk membaca halaman web. Dengan menggunakan captcha, kami dapat memastikan keamanan halaman web untuk search engine bot.

Apa Saja Jenis Captcha?

Berikut adalah jenis captcha yang biasa digunakan untuk meningkatkan keamanan website.

Text Captcha

text captcha

Text captcha adalah jenis captcha yang populer untuk digunakan di berbagai situs web. Jenis text captcha ini adalah jenis teks pertama yang digunakan untuk mendeteksi antara manusia nyata dan robot.

Text captcha terdiri dari susunan kombinasi angka, huruf, atau simbol. Pengunjung situs akan diminta untuk memasukkan kode karakter tersebut, urutan ditampilkan secara acak.

Picture Recognition Captcha

picture recognition captcha

Picture recognition captcha adalah captcha yang menggunakan gambar untuk proses otentikasinya. Jenis gambar captcha ini adalah versi lanjutan dari jenis text captcha dan dimaksudkan untuk menggantikan text captcha.

Dengan captcha ini, pengunjung situs web harus memilih bagian gambar atau foto yang telah ditentukan sebelumnya, seringkali dengan petunjuk untuk mengklik foto yang sesuai.

Audio Captcha

audio captcha

Audio captcha adalah captcha yang akan digunakan sebagai alternatif bagi pengunjung yang memiliki gangguan penglihatan atau penyandang tuna netra. Seperti namanya, captcha audio adalah jenis captcha yang menggunakan suara untuk membaca kode yang perlu ditulis untuk autentikasi.

Math Captcha

math captcha

Math captcha adalah jenis captcha yang meminta pengunjung situs web untuk menyelesaikan soal matematika sederhana seperti berhitung. Captcha biasanya berisi penjumlahan atau pengurangan dua angka. Yang harus kita lakukan adalah memasukkan hasil perhitungan kita dan kita dapat terus mengirim atau terhubung ke sebuah website.

jQuery Slider Captcha

jquery slider captcha

jQuery slider captcha adalah jenis captcha dengan metode validasi berbasis slider dimana pengunjung situs harus menggeser item di layar dengan mouse mereka untuk menyelesaikannya. Biasanya kita hanya perlu menggesek sebuah kotak dari kiri ke kanan untuk memeriksa keamanan.

ReCaptcha Google

recaptcha google

ReCaptcha Google adalah jenis captcha yang sulit diuraikan oleh robot tetapi sangat mudah digunakan oleh manusia. Ini karena ReCaptcha Google memiliki dataset dan dokumen dua bagian, yaitu Google ReCaptcha v2 yaitu captcha yang menampilkan kotak centang “I’m not a robot” di halaman web. Selain itu, Google ReCaptcha v3 menyediakan pemeriksaan keamanan otomatis.

Sudah Memahami Penjelasan Captcha?

Pada artikel ini, kamu mempelajari apa itu captcha, apa arti captcha, fungsi dan jenisnya. Setelah membaca panduan kami, kami harap kamu sebagai pengunjung atau pemilik situs web tidak lagi bingung dan kesal saat menghadapi captcha.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan atau saran terkait topik artikel ini, jangan ragu untuk mempostingnya di kolom komentar di bawah. Terima kasih sudah membaca!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments