11 Kriteria Website Friendly Yang Perlu Kamu Ketahui

0
1589

Agar website yang kamu bangun dapat teroptimasi dengan baik, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah website tersebut harus ramah pengguna. Pernah mendengar istilah website user-friendly sebelumnya? Apa saja kriteria website friendly?

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, mari kita simak bersama penjelasan di artikel satu ini.

Website User-Friendly Itu Apa?

website friendly
Sumber: pixabay

Website user-friendly adalah situs web yang ramah pengguna sehingga pengunjung situs web tersebut bisa dengan nyaman dan mudah dalam mengakses informasi yang mereka perlukan.

Tujuannya untuk mempermudah pengguna atau pengunjung situs web mencari informasi yang diperlukan. Selain itu, situs web yang ramah pengguna juga akan menampilkan hasil pencarian halaman yang pengguna harapkan. Sehingga pengunjung bisa mengakses situs web tersebut dari berbagai perangkat termasuk komputer, tablet, dan smartphone.

Bagi yang perlu inspirasi agar bisa membuat desain web yang ramah pengguna, artikel contoh desain website untuk inspirasi ini tampaknya cocok dijadikan sumber bacaan.

Kriteria Website Friendly

Sudah punya bayangan akan website yang ramah pengguna? Jika masih bingung, sebaiknya ketahui juga apa saja kriteria website friendly. Dengan begitu kamu bisa memastikan bahwa situs web bisnismu memang ramah pengguna. Sehingga bisa diakses dan disukai oleh banyak pengguna.

Berikut adalah beberapa kriteria website friendly yang perlu kamu tahu sebelum membuat atau membangun sebuah situs web:

Mudah Diakses

Kemudahan dalam mengakses sebuah web menjadi pertimbangan pengguna internet dalam memutuskan apakah akan melanjutkan pencarian dan penjelajahan atau tidak. Potensi mendapatkan pengunjung atau risiko kehilangan pengunjung akan sangat bergantung pada akses yang mereka dapatkan.

Dengan kata lain, apabila kamu ingin memastikan pengunjung tetap melanjutkan pencarian di web kamu, web tersebut haruslah mudah diakses. Ini bahkan merupakan salah satu kriteria website friendly. Sudah tahu hal ini sebelumnya?

Untuk memastikannya, mengapa tidak segera mengecek uptime web? Uptime itu sendiri bisa kita simpulkan sebagai waktu atau layanan web yang tersedia bagi pengguna dalam jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, pemilik atau pengelola web cenderung memilih jasa hosting dengan jaminan uptime yang tinggi.

Mengapa? Uptime yang tinggi dapat membuat web menjadi ramah pengguna. Pernah mendengar istilah uptime server tetapi belum tahu apa artinya? Artikel ini dapat membantu kamu dalam mengenal uptime server!

Domain Mudah Diingat

Domain dan website memiliki ikatan yang erat. Nyatanya, pemilihan nama domain juga akan berpengaruh terhadap situs web apakah web tersebut user-friendly atau tidak.

Saat hendak membangun web, perhatikan beberapa hal tentang pemilihan nama domain. Apakah nama domain tersebut sesuai dengan brand, tergolong pendek, mudah diingat, dan unik atau sebaliknya. Domain murah bisa dengan mudah kamu dapatkan dari Exabytes sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia.

Apabila masih bingung dalam menentukan nama domain, sebaiknya baca artikel tips memilih nama domain yang tepat untuk website.

Loading Website Harus Cepat

loading website yang cepat sebagai salah satu kriteria website friendly
Sumber: pixabay

Selain mudah diakses, web juga harus bisa pengguna akses dengan cepat agar mereka merasa nyaman dan tidak merasa membuang-buang waktu hanya untuk menunggu waktu loading website. Jadi, kecepatan website yang tinggi juga menambah daftar kriteria website friendly yang harus kamu buat.

Agar bisa mencapai kecepatan loading situs web yang tinggi, mengapa tidak mencoba beberapa cara berikut?

  • Aktifkan cache situs web
  • Kompres gambar di web
  • Gunakan hanya plugin yang diperlukan saja
  • Pilih tema yang ringan
  • Batasi jumlah konten per halaman

Ingin mencoba cara mempercepat website dengan mudah? Simak ulasannya di artikel satu ini ya!

Desain yang Responsif

Berbicara tentang website friendly, tentunya kamu juga harus memperhatikan apakah web milikmu mobile friendly atau tidak. Istilah satu ini memang begitu melekat di telinga dalam hal apapun termasuk aplikasi. 

Website yang dibuat mobile friendly dapat pengguna akses di berbagai perangkat berbeda, baik komputer, laptop, tablet, maupun smartphone. Coba cek apakah web kamu memang sudah kompatibel dengan perangkat-perangkat tersebut atau belum.

Punya keterbatasan dalam membangun website friendly? Dapatkan jasa pembuatan website dari Exabytes. Jadi, kamu bisa mendapatkan web yang ramah pengguna dan bahkan ramah SEO.

Struktur Website yang Jelas

Kriteria website friendly selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah seperti apa struktur situs web tersebut. Saat membuat web, pastikan memiliki struktur yang jelas. Ini juga menjadi hal penting bagi para pengunjung.

Struktur tersebut nantinya akan membantu pengunjung menjelajahi web dengan mudah terlebih bagi web yang dibuat dengan konten yang banyak. Oleh sebab itu, kamu harus menyusun konten pada kategori maupun sub kategori yang sesuai. Kemudian, jangan lupa  untuk mengaturnya dalam kelompok, misalnya berupa menu.

Menu Navigasi yang Efektif

menu navigasi menjadi salah satu kriteria website friendly
Sumber: pixabay

Selain memastikan web memiliki struktur yang jelas, menu navigasi harus dibuat seefektif mungkin. Kedua hal tersebut saling berkaitan sehingga kamu harus memastikan bahwa keduanya dibuat dengan baik. 

Agar pengunjung web dapat menemukan yang mereka cari, perlu dibuat menu navigasi yang efektif. Kriteria website friendly ini juga tidak boleh kamu abaikan.

Seperti apa menu navigasi yang efektif pada sebuah situs web? Pertama, memiliki struktur yang rapi. Kedua, menggunakan keyword untuk menamai menu navigasi. Ketiga, navigasi tidak dibuat menggunakan gambar. Kemudian, jangan lupa bahwa setiap link sudah benar. Artinya, tidak ada broken link di halaman web.

Ingin memastikan bahwa tidak ada broken link sama sekali? Coba cara cek broken link pada website ini.

Konsistensi Tampilan di Setiap Browser 

Dengan begitu banyaknya kriteria website friendly yang perlu diperhatikan, pastikan konsistensi tampilan di browser juga mendapat perhatian khusus. Satu hal yang perlu kamu tahu adalah mesin pencari atau search engine memiliki kode spesifik saat dibuat.

Itulah kenapa tampilan di setiap browser terlihat berbeda. Perbedaan tersebut harus bisa kamu minimalisir. Terlepas dari browser apapun yang orang gunakan untuk mengakses website kamu, tampilan dan user experience harus terlihat sama. Jadi, pengguna akan bisa menjelajahi web dengan pengalaman yang sama.

Masih sering keliru membedakan user experience dan user interface? Yuk intip perbedaan UI design dan UX design di sini!

Memiliki CTA

kriteria website friendly memiliki CTA
Sumber: flickr

Selain beberapa kriteria website friendly di atas, situs web juga harus memiliki CTA yang dibuat dengan jelas dan menarik. CTA atau call-to-action merupakan salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam membangun situs web.

CTA dikenal sebagai cara jitu mengarahkan tindakan para audiens. Untuk lebih jelasnya bisa kamu pelajari dari artikel ini.

Call-to-action biasanya berupa tombol yang berisi text singkat yang menarik dan menunjukan tujuan yang ingin pemilik situs web capai. Misalnya, mengarahkan pengunjung untuk membeli produk atau membawa mereka ke halaman tertentu.

Tema Warna yang Diperhatikan

Pada dasarnya, setiap desainer bisa menentukan warna sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Meski demikian, sebaiknya warna bisa lebih menekankan brand atau nama bisnis website tersebut. Sehingga bisa menjadi identitas yang mudah dikenali dan diingat para pengguna internet.

Perhatikan juga kenyamanan pengunjung website. Hal satu ini tentunya tidak kalah penting untuk kamu perhatikan agar pengunjung tetap betah berlama-lama menelusuri setiap halaman di web kamu.

Error Handling yang Baik

Kriteria website friendly yang lain adalah error handling yang baik. Mari kita katakan bahwa sebuah web dibuat dengan struktur yang jelas dan memiliki tampilan menarik. Akan tetapi, jika error yang terjadi tidak ditangani dengan baik, apakah web tersebut dapat berjalan secara normal?

Ini juga menjadi alasan lain kenapa sebaiknya mempercayakan pembuatan web kepada penyedia layanan pembuatan website seperti Exabytes.

Konten Mudah Dibaca

Hal penting lain dalam pembuatan situs web adalah konten. Bukankah sudah begitu sering kita mendengar istilah “content is king“? Saat membuat web, konten harus rapi dan mudah dibaca. Cara penyusunan informasi sebuah konten akan memengaruhi kualitas konten tersebut. 

Meski sebagai pemula, kamu bisa membuat konten yang mudah dibaca, terlebih setelah mengetahui cara membuat konten berkualitas dan menarik di artikel ini.

Sudah Siap Membuat Website?

Setelah mengetahui apa itu website user-friendly dan beberapa kriteria website friendly, apakah kamu sudah benar-benar siap untuk membuat website? Apabila masih memiliki kekhawatiran dan keraguan, sebaiknya gunakan jasa pembuatan website.

Exabytes juga menawarkan jasa desain logo yang tentunya akan semakin melengkapi pilihan yang kamu punya. Tertarik mencobanya?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments