Pahami Pentingnya Peran Cyber Security Untuk Perusahaan di Era Transformasi Digital

0
2280

Peran cyber security untuk perusahaan – Internet memungkinkan bisnis atau perusahaan apa pun, besar atau kecil, untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan lebih efisien melalui penggunaan perangkat TI.

Perusahaan atau pengusaha yang menerapkan sistem teknologi informasi (TI) lebih mungkin menerima ancaman dunia maya (cyber attack).

Cyber security adalah hal yang harus diketahui untuk melindungi data penting bisnis karena menyimpan data dan informasi penting pelanggan.

Kenyataan yang terjadi saat ini, penipuan digital adalah jenis kejahatan yang lebih umum dibandingkan dengan penipuan fisik. Cyber attack adalah ancaman bagi bisnis besar dan kecil.

Menurut laporan dari Internet Crime Report FBI, perkiraan kerusakan akibat kejahatan digital pada tahun 2021 hampir mencapai Rp 40 miliar.

Cyber attack atau serangan digital terjadi di bisnis kecil karena biasanya bisnis kecil tidak memiliki infrastruktur keamanan tinggi yang sama dengan perusahaan besar.

Namun, sangat mungkin bagi perusahaan besar untuk menjadi sasaran cyber attack. Semakin banyak data yang dimiliki perusahaan, semakin banyak penjahat siber yang diuntungkan.

Sekarang kamu memiliki gambaran tentang betapa berbahayanya jika kamu tidak melengkapi sistem komputer dengan cyber security yang tepat.

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana cara menghindari cyber attack.

Baca juga: Mengoptimalkan Keamanan Email Dengan Cyber Security Yang Tepat

Apa Itu Cyber Security?

peran cyber security untuk perusahaan

Cyber security adalah teknologi, proses, dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program, dan data dari serangan, sabotase, atau akses tidak sah lainnya.

Cyber security juga dikenal sebagai upaya untuk melindungi informasi dari cyber attack. Cyber attack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi.

Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing konsep tersebut:

  • Confidentiality – Seperti namanya, confidentiality adalah upaya menjaga kerahasiaan informasi dan data untuk mencegah pencurian dan kebocoran data.
  • Integrity – Integritas memastikan bahwa semua data dan informasi yang diberikan konsisten, akurat dan dapat diandalkan.
  • Availability – Seperti namanya, availability adalah dimana data dan informasi yang ada dapat diakses dengan mudah dan tanpa hambatan.

Semua perusahaan dan pengusaha yang beralih dari data digital didorong untuk menjaga cyber security dan menggunakannya untuk menyimpan, mengakses, dan mengambil informasi penting.

Perlindungan informasi dan data sangat penting bagi sebagian besar bisnis dan lembaga pemerintah di seluruh dunia, karena data adalah aset bisnis yang berharga dan dapat menjadi masalah di masa mendatang bila data jatuh ke tangan yang salah.

Apa Saja Elemen Yang Ada Pada Cyber Security?

  • Dokumen security policy – merupakan dokumen standar yang digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan semua prosedur yang berkaitan dengan keamanan informasi.
  • Information infrastructure – adalah media yang berperan dalam kontinum operasi informasi, termasuk perangkat keras dan perangkat lunak. Contohnya termasuk router, switch, server, sistem operasi, database, dan situs web.
  • Perimeter defense – adalah media yang bertindak sebagai elemen pertahanan dalam infrastruktur informasi seperti IDS, IPS dan firewall.
  • Network monitoring system – adalah media untuk memantau kelayakan, penggunaan, dan kinerja infrastruktur informasi.
  • System information and event management – adalah dukungan yang memantau berbagai peristiwa di jaringan, termasuk yang terkait dengan insiden keamanan.
  • Network security assessment – adalah elemen cyber security yang bertindak sebagai mekanisme kontrol dan memberikan ukuran keamanan informasi.
  • Human resource dan security awareness – mengenai sumber daya manusia dan kesadaran keamanan informasi mereka.

Jenis-Jenis Dari Cyber Attack

Kerugian dari cyber attack sebenarnya bisa lebih besar karena menargetkan beberapa titik sekaligus. Sebuah perusahan tidak boleh diabaikan jika ini terjadi.

Berikut jenis-jenis cyber attack yang sering muncul dan perlu diwaspadai:

Serangan malware atau virus

Malware atau virus sering menggunakan program jahat yang sengaja disusupi. Serangan ini dapat dideteksi dan disebarkan melalui email, situs web mencurigakan, atau perangkat keras yang terhubung ke perangkat sistem perusahaan.

Virus memasuki program yang mampu menghancurkan data yang ada sesuai dengan tujuan pembuatannya. Tujuannya juga berbeda, ada yang sekadar menyembunyikan data dan ada pula yang merusak atau menghapusnya.

Denial of Service

Serangan Denial of Service memanipulasi sistem, jaringan, dan aplikasi, membuat kinerjanya sangat besar dan menghabiskan energi.

Jika sistem perusahaan terpengaruh oleh serangan ini, peretas dapat meminta uang tebusan jika mereka ingin mengembalikannya ke keadaan semula.

Scareware

Nama lain untuk scareware adalah “peringatan keamanan palsu” dan dianggap sebagai jenis penipuan. Scam sering digunakan oleh penjahat siber untuk mengelabui pengguna karena bentuk peringatan pop-up sistemnya.

Setelah berhasil memasuki jebakan, pengguna atau target diminta untuk melakukan beberapa tindakan yang pada akhirnya mengarah pada penipuan.

Botnets dan zombies

Sebuah botnet cyber crime atau robot yang menyerang komputer yang terhubung ke jaringan terpusat. Para korban disebut zombie karena lokasi mereka berada di bawah kendali hacker atau peretas.

Botnet akan terus meningkatkan enkripsinya sehingga semakin sulit untuk dideteksi.

cyber security untuk perusahaan

Apa Manfaat Dari Peran Cyber Security Untuk Perusahaan?

Penggunaan cyber security menguntungkan individu dan bisnis. Diantaranya adalah:

  1. Data sensitif dilindungi – semua data perusahaan dapat dilindungi dan lebih terlindungi dari ancaman pencurian identitas.
  2. Tetap produktif – dengan cyber security, sistem dan jaringan bisnis kamu terlindungi dari malware dan ancaman lainnya, sehingga bisnis dapat tetap produktif dan aman.
  3. Waktu pemulihan lebih cepat – bahkan jika kamu mengalami pelanggaran data atau gangguan lainnya, bisnis dapat pulih dengan cepat dan menghindari banyak kerugian.
  4. Bangun kepercayaan pelanggan – dengan sistem keamanan yang kuat, pelanggan tidak perlu khawatir data sensitif mereka dieksploitasi oleh peretas dan lebih tenang saat memilih produk/layanan perusahaan kamu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu pentingnya menjaga aset sistem informasi dalam bisnis. Ingin membuat sistem cyber security kamu sendiri? Exabytes hadir untuk membantu kamu membangun sistem cyber security dari Acronis yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments