Perbedaan Dari Digital Marketing dan Internet Marketing

0
3175

Banyak orang bertanya-tanya apa perbedaan dari digital marketing dan internet marketing.

Dilihat dari asal katanya, keduanya merupakan bentuk pemasaran atau marketing. Namun, pada kenyataannya, kedua istilah ini sedikit berbeda.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan semua perbedaan digital marketing dan internet marketing. Nah, simak penjelasannya di bawah ini!

Digital Marketing

perbedaan-dari-digital-marketing-dan-internet-marketing

Bagi kamu yang sangat tertarik dengan dunia marketing pasti pernah mendengar istilah digital marketing.

Selama beberapa tahun terakhir, digital marketing mulai digunakan oleh pemasar hampir di mana-mana.

Digital marketing adalah upaya pemasaran dengan menggunakan media elektronik atau internet. Juga mencakup konsep Marketing 4.0, dimana pemasaran berfokus pada konsumen di era digital.

Dalam dunia digital marketing, semua teknik pemasaran akan dilakukan dengan menggunakan perangkat digital. Digital marketing memiliki bentuk pemasarannya sendiri.

Khususnya seperti content marketing, search engine optimization (SEO), email marketing, electronic billboard, pay per click (PPC) untuk iklan yang sering muncul di TV.

Pada dasarnya, digital marketing tidak hanya pemasaran yang dilakukan di internet tetapi juga di platform lain, termasuk televisi dan radio.

Contoh Digital Marketing

Untuk lebih memahami perbedaan antara digital marketing dan internet marketing, mari kita lihat beberapa contoh termasuk digital marketing:

Facebook Ads dan Google Ads

Saat kamu ingin berjualan secara online lebih maksimal dan ingin menjangkau target pasar yang lebih luas, Facebook Ads dan Google Ads bisa membantu kamu.

Dengan menggunakan fitur promosi ini, strategi digital marketing kamu dapat lebih mudah diterapkan dan kamu akan mendapatkan banyak prospek baru.

Facebook Ads dan Google Ads juga termasuk digital marketing karena menggunakan teknologi untuk melakukan digital marketing.

Influencer

Dulu pemasaran dilakukan dengan membuat iklan dan menayangkannya di televisi, kemudian di era digital digantikan oleh influencer.

Influencer biasanya adalah orang-orang yang ahli di suatu bidang atau orang-orang yang berprestasi di suatu bidang, kemudian mereka akan menyebarkan pesan pemasaran mereka di jejaring sosial mereka.

Influencer seperti ini adalah contoh digital marketing, bukan internet marketing.

Internet Marketing

Ketika internet masuk ke Indonesia, istilah internet marketing mulai diterapkan di dunia pemasaran, jauh sebelum digital marketing ada.

Internet marketing adalah bentuk pemasaran di mana pengguna yang ditargetkan berasal dari pengguna Internet. Istilah ini juga biasa disebut dengan online marketing.

Seperti namanya, internet marketing hanya bisa dilakukan ketika terkoneksi dengan internet karena internet marketing merupakan strategi pemasaran produk melalui internet.

Beberapa orang melakukan internet marketing dengan tujuan untuk mempromosikan, meningkatkan penjualan untuk menarik konsumen agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Contoh internet marketing yang lebih mudah diingat dan sering kita jumpai dalam penggunaan internet sehari-hari, seperti forum jual beli, marketplace, search engine (Google, Bink, Yahoo), email marketing dan jejaring sosial.

Contoh Internet Marketing

Internet marketing dibagi menjadi beberapa kategori. Berikut penjelasannya.

Facebook Marketing

Facebook marketing adalah aktivitas apa pun yang dilakukan menggunakan akun Facebook. Tujuannya adalah untuk menjual produk dan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan kelompok sasaran.

Facebook marketing adalah salah satu platform potensial saat ini. Memang Facebook memiliki banyak pengguna dan terus bertambah setiap harinya.

Apalagi Facebook dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan para penjual untuk memasarkan dan menjual produknya. Di mana, fitur Facebook Ads juga menjadi tren pemasaran.

YouTube Marketing

YouTube marketing adalah jenis pemasaran online melalui platform YouTube. Aktivitas pemasaran di YouTube antara lain membuat dan mengunggah video terkait produk dan layanan yang ingin kamu tawarkan.

Tujuannya adalah untuk meyakinkan pelanggan agar membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Website Marketing

Pemasaran situs web adalah jenis kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas ke satu atau lebih situs web tertentu. Upaya pemasaran ini dapat dianggap berhasil jika situs web yang kamu gunakan untuk mengiklankan produk atau layanan kamu menerima banyak lalu lintas.

Dengan lalu lintas yang besar, ada banyak peluang untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Tujuan pemasaran web adalah untuk muncul di atas mesin pencari seperti Google.

Kamu dapat melakukan ini melalui optimisasi mesin pencari (SEO), membuat konten berkualitas untuk pasar kamu, dan banyak lagi.

SEO Marketing

SEO marketing atau optimasi mesin pencari adalah kegiatan internet marketing yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web di mesin pencari seperti Google.

Kegiatan ini dilakukan dengan memilih nama domain, konten website dan mencari kata kunci yang sesuai di mesin pencari.

Content Marketing

Jenis internet marketing yang terakhir adalah pemasaran konten. Pemasaran konten adalah strategi yang mencakup kegiatan pembuatan konten dan distribusi konten. Konten di sini seringkali dapat menggambarkan bisnis kamu dengan jelas dan lengkap.

Penggunaan strategis pemasaran konten adalah menggunakan tiga karakteristik konten: pentingnya, relevansi, dan konsistensi. Jika konten kamu dapat memenuhi ketiga karakteristik ini, itu dapat menghasilkan banyak lalu lintas.

Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Berikut ini, kamu perlu mengetahui beberapa poin untuk memahami perbedaan dari digital marketing dan internet marketing.

Fokus

Internet marketing berfokus pada pemasaran yang ditujukan kepada siapa saja yang terhubung ke Internet. Pasar digital ini lebih memperhatikan SEO, SEM, dan juga konten yang dapat menarik perhatian audiens dan fokus pada internet marketing. Jadi tentunya cakupan internet marketing akan semakin sempit.

Sedangkan digital marketing tidak hanya tentang menangkap perhatian audiens tetapi juga strategi dan media yang berperan sebagai alat pemasaran. Digital marketing sering menggunakan media sosial atau iklan TV, bekerja dengan influencer atau selebriti untuk metode dukungan.

Internet marketing juga dikenal sebagai digital marketing, tetapi ruang lingkup digital marketing lebih luas.

Proses

Di pasar digital marketing, prosesnya jauh lebih rumit. Digital marketing membutuhkan media sosial sebagai lkamusan dalam melakukan digital marketing dan seorang influencer akan mempromosikan artikel dengan meng-endorse-nya.

Kegiatan digital marketing ini bisa terkesan rumit karena promosi ditujukan untuk menjangkau pelanggan untuk membeli atau menggunakan layanan yang mereka promosikan.

Media

Digital marketing menggunakan lebih banyak platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan TikTok. Media sosial memiliki pengaruh besar pada digital marketing.

Misalnya, kamu juga dapat bekerja dengan influencer yang aktif di media sosial karena mereka sering memiliki audiens yang tertarik dengan produk atau layanan yang mereka ulas atau promosikan.

Sementara internet marketing lebih fokus pada SEO, SEM dan target pemasaran adalah siapa saja yang terhubung ke internet. Seperti platform belanja online e-commerce, Shopee, Tokopedia, Blibli dan Bukalapak.

digital-marketing-dan-internet-marketing

Manfaat Dari Menggunakan Digital Marketing dan Internet Marketing

Jika kamu sudah mengetahui perbedaan kedua metode tersebut, maka sebagai pebisnis kamu juga perlu mengetahui apa saja manfaat dari penerapan kedua metode tersebut.

Nah berikut ini akan memberi tahu kamu apa saja keuntungannya jika kamu mengadopsi digital marketing dan internet marketing.

Lebih mudah membangun hubungan dengan konsumen

Jarak terkadang menjadi kendala dalam menjalankan bisnis. Namun, keberadaan media digital dan internet tentunya semakin memudahkan untuk menghubungkan bisnis kamu dengan konsumen yang luas.

Pemesanan juga dapat dilakukan melalui telepon atau chat WhatsApp. Selain itu, pemesanan juga dapat dilakukan melalui media sosial, e-commerce atau website toko online kamu.

Untuk meningkatkan penjualan

Optimalisasi dengan kedua teknik suspensi tersebut tentunya dapat meningkatkan penjualan. Memang pelanggan bisa mendapatkan informasi produk tanpa dibatasi jarak dan waktu.

Pelanggan tidak perlu khawatir untuk mengunjungi toko offline kamu, mereka hanya perlu mengunjungi situs web kamu dan dapat aktif dan berjalan selama 24 jam. Hal ini tentu saja dapat membuat berbelanja menjadi lebih nyaman.

Pemasaran yang lebih hemat biaya

Untuk usaha kecil, beriklan di internet dan media digital memang menjadi pilihan terbaik karena tidak membutuhkan biaya yang mahal. Memang, membuat akun di jejaring sosial juga sepenuhnya graits. Kamu hanya perlu beriklan di akun kamu dan kemudian menempatkan produk yang kamu jual di banyak situs e-commerce.

Kesimpulan Perbedaan Dari Digital Marketing dan Internet Marketing

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara digital marketing dan internet marketing. Internet marketing sebenarnya adalah bagian dari digital marketing itu sendiri.

Mengetahui perbedaan dari digital marketing dan internet marketing akan memungkinkan pemasar untuk lebih memahami pelaku bisnis dalam menjalankan strategi bisnisnya.

Konsep pemasaran 4.0 akan bertujuan untuk menarik konsumen ke era digital dan memaksimalkan penjualan.

Selain itu, penggunaan platform digital juga dapat menjadi strategi digital yang efektif untuk pemasaran online. Dengan mengetahui perbedaan dari digital marketing dan internet marketing, kami berharap dapat memanfaatkan platform digital dengan lebih efektif di masa depan.

3.2 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments