5+ Perbedaan Proxy dan VPN Yang Perlu Diketahui

0
1900

Pada artikel ini, Exabytes friends akan belajar tentang perbedaan proxy dan VPN serta kelebihan dan kekurangannya.

Banyak orang berpikir bahwa proxy dan VPN adalah hal yang sama. Karena memiliki fungsi yang cukup mirip antara keduanya.

Proxy dan VPN adalah hal yang berbeda. Karenanya, inilah perbedaan proxy dan VPN beserta kelebihan dan kekurangannya.

Apa Itu Proxy?

Proxy adalah perantara yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien yang mencari sumber daya dari server lain.

Dengan kata lain, proxy memungkinkan kamu mengakses internet dengan alamat IP yang berbeda dari yang diterima perangkat.

Bagaimana Cara Kerja Proxy dan Penggunaannya?

Seperti dijelaskan secara singkat di atas, peran server proxy adalah untuk menutupi alamat IP kamu.

Misalnya, kamu ingin mengakses website abc.com melalui server proxy. Saat kamu memasukkan alamat situs web ke situs proxy (seperti proxysite.com), server proxy meneruskan permintaan ke server situs web.

Jadi ketika proxy mengirimkan permintaan, itu akan mengganti alamat IP kamu dengan alamat IP lain. Jadi situs web tidak mengetahui lokasi persis atau aktivitas kamu di internet. Jadi, secara umum proxy bertindak sebagai “kamuflase” untuk aktivitas browsing seperti mengunjungi website tertentu. Untuk membuat situs web berpikir kamu adalah orang lain dengan alamat IP yang berbeda.

Apa Itu VPN?

VPN adalah sesuatu yang memperluas jaringan pribadi melalui jaringan publik. Dengan demikian, VPN memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan bersama atau publik seolah-olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi.

Bagaimana Cara Kerja VPN dan Penggunaannya?

Selanjutnya, bagaimana cara kerja VPN. VPN adalah metode perlindungan koneksi yang akan mengenkripsi semua koneksi masuk dari jaringan komputer kamu selama VPN aktif.

VPN pertama-tama akan menyembunyikan alamat IP kamu dan mengalihkan jalur koneksi sehingga melewati layanan VPN. Jadi disini kamu akan terdeteksi berasal dari lokasi VPN, bukan dari tempat kamu sebenarnya.

Jadi selama kamu menggunakan VPN, semua aktivitas internet kamu, situs web yang kamu kunjungi, dan data yang kamu kirim atau terima tidak akan diketahui oleh pihak ketiga seperti ISP, pemerintah, atau lainnya. Akibatnya, kamu tidak perlu lagi mengaktifkan proxy untuk setiap situs web tertentu yang akan kamu kunjungi.

perbedaan proxy dan vpn

Apa Perbedaan Proxy dan VPN?

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang perbedaan proxy dan vpn yang dapat kamu temukan. Jadi ketika kamu ingin memutuskan untuk tetap anonim di internet yang kamu gunakan, kamu memiliki beberapa cara seperti menggunakan proxy atau VPN. Dan jika kamu ingin benar-benar aman, kamu perlu tahu apa perbedaan keduanya.

1. Anonimitas

Proxy : Pemilik server proxy mengetahui alamat IP asli kamu dan dapat memantau lalu lintas di situs non-HTTPS, jadi kamu tidak sepenuhnya anonim.

VPN : Penyedia layanan VPN dapat sepenuhnya menyembunyikan alamat IP asli kamu, tidak ada yang dapat mencuri informasi pribadi kamu dan memantau lalu lintas internet kamu.

2. Privasi dan Keamanan

Proxy : Tidak semua server proxy menggunakan koneksi SSL, sehingga ada resiko serangan cyber dan kemungkinan masih bisa melacak keberadaan kamu.

VPN : VPN mengenkripsi semua informasi, data, dan menyembunyikan alamat IP asli kamu, sehingga VPN dapat sepenuhnya melindungi privasi dan keamanan kamu.

3. Akses ke Internet

Proxy : Server proxy tidak bisa mem-bypass firewall, sehingga masih banyak pembatasan penggunaan server proxy.

VPN : Layanan VPN memungkinkan kamu mengakses semua situs web yang diblokir di internet. Entah itu diblokir oleh pemerintah, ISP atau tempat kamu terhubung ke internet.

4. Kecepatan Koneksi

Proxy : Tidak seperti menggunakan server proxy, merutekan lalu lintas secara terus-menerus dari komputer kamu ke server perantara dapat menyebabkan kecepatan internet kamu menurun.

VPN : VPN dapat memberikan kecepatan koneksi internet yang cepat, bahkan sangat cepat untuk membantu meningkatkan pengalaman online kamu.

5. Stabilitas

Proxy : Server proxy sering offline karena lalu lintas di server perantara.

VPN : Setelah data di enkripsi, VPN tidak akan langsung terganggu sehingga VPN stabil.

6. Lokasi

Proxy : Server proxy tidak memiliki fungsi geolokasi.

VPN : Layanan VPN menawarkan ratusan alamat server untuk kamu pilih.

7. Perangkat

Proxy : Proxy hanya tersedia dalam kasus tertentu atau hanya berfungsi dengan browser web seperti Chrome, Firefox, Opera, dll.

VPN : Aplikasi VPN dapat bekerja di semua sistem, komputer, dan smartphone, seperti Windows, Android, iOS, Mac, dll.

Bagaimana, Sudah Mengetahui Perbedaan Proxy dan VPN?

Bagaimana kamu sudah mengetahui perbedaan proxy dan VPN? Faktanya, kedua server melindungi privasi, hanya saja VPN mengenkripsi semua data, sedangkan proxy tidak.

Nah dari situ, kamu bisa menggunakan VPN untuk hal-hal yang lebih sensitif dan membutuhkan privasi dan keamanan tingkat tinggi.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments