Rekomendasi 15 Sidebar WordPress Untuk Meningkatkan Konversi Website Kamu

145
Rekomendasi Sidebar WordPress Untuk Meningkatkan Konversi
Raih Kemenangan
11 min read

Halo, Exabytes Friends!

Pasti sudah nggak asing dengan sidebar, bukan? Ya, sidebar sering kali digunakan oleh para pemilik website atau blogger untuk memaksimalkan kinerja website mereka. Mungkin banyak dari kamu yang berpikir, mengapa harus menggunakan sidebar pada website? Kira-kira kenapa ya alasannya?

Sering kali kita berpikir bahwa sidebar tidak terlalu dibutuhkan dan hanya sebagai pelengkap saja. Nyatanya, sidebar bisa menjadi elemen yang sangat berpengaruh untuk konversi website kamu, lho! Tentunya harus dimanfaatkan dengan baik dan maksimal, guys.

Sidebar sendiri telah menjadi standar ketika membuat sebuah website dengan WordPress. Bahkan platform WordPress sendiri telah menjadikan sidebar sebagai default website lho.

Lalu, apa sih itu sidebar? Apa saja sidebar WordPress yang efektif untuk meningkatkan konversi website? Yuk simak penjelasannya pada artikel di bawah!

Apa itu Sidebar?

Ilustrasi Sidebar

Sidebar adalah sebuah area atau kolom pada website yang ditempati oleh beberapa widget. Sidebar juga merupakan salah satu fitur theme yang terdapat pada WordPress. Selain widget, sidebar juga bisa diisi dengan informasi lain selain isi utama atau bahkan berisi navigasi menuju halaman tertentu. 

Sesuai dengan namanya, sidebar atau menu di samping memang diletakkan pada bagian kiri maupun kanan website. Namun seiring perkembangan waktu, banyak sidebar yang dibuat pada posisi lain misalnya saja footer, baik itu footer bagian kanan, kiri, tengah, atau bawah sekali pun. Namun karena kepopuleran istilah ‘sidebar’ tersebut, akhirnya tetap disebut sebagai sidebar meskipun letaknya tidak di samping website.

Manfaat Sidebar Pada Website

Rekomendasi 15 Sidebar WordPress Untuk Meningkatkan Konversi Website Kamu - 2021

Penggunaan sidebar memang terkesan sepele. Namun, ternyata sidebar memiliki beberapa manfaat penting untuk website kamu, lho. Berikut manfaat sidebar pada sebuah website:

Meningkatkan Reputasi Website

Manfaat pertama dari sidebar adalah untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata pelanggan, lho. Tunjukkan informasi berharga pada sidebar seperti testimonial pelanggan, statistik berlangganan, dan lainnya yang menunjukkan bahwa website telah berpengalaman dan terpercaya.

Posisi sidebar yang strategis juga akan membuat informasi ini lebih mudah dilihat oleh pengunjung. Apalagi informasi seperti ini akan sangat mempengaruhi pengunjung baru untuk melanjutkan penelusuran pada website.

Meningkatkan Engagement

Seperti yang kita ketahui, sidebar merupakan area yang cukup menonjol pada sebuah website. Kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan memasukkan navigasi ke halaman lain pada sidebar. Alhasil, pengunjung akan semakin berlama-lama di website kamu yang tentunya dapat menghasilkan konversi yang lebih banyak. 

Kamu juga bisa memasukkan akun media sosial pribadi atau perusahaan sehingga memudahkan pengunjung mengikuti atau sekedar melihat akun media sosial kamu. Engagement dan followers kamu akan semakin berkembang, deh!

Semakin Dekat dengan Pengunjung

Salah satu sidebar yang populer digunakan yaitu biografi atau deskripsi singkat pemilik website. Kamu bisa memanfaatkan sidebar ini untuk membuat pengunjung lebih mengenal kamu lho!  Jika bisnis kamu bergantung pada hubungan baik dengan pelanggan, maka sidebar ini wajib banget kamu miliki nih, guys. 

Cantumkan foto diri dan beberapa informasi terkait website seperti minat, niche website, nama, dan lainnya. Dengan membuat sidebar mini profil seperti ini, pengunjung akan merasa lebih dekat dan nyaman secara personal.

Memaksimalkan Kegiatan Promosi

Jika kamu memiliki sebuah promo atau acara menarik namun bingung mengundang perhatian pengunjung. Kamu bisa memanfaatkan sidebar, lho. Cantumkan konten, acara atau bahkan  iklan menarik yang ingin kamu perlihatkan. Pastikan isi sidebar menarik sehingga membuat pengunjung penasaran dan berakhir dengan bertambahnya jumlah klik.

Website Terlihat Rapi

Banyaknya konten pada website akan membuat website terlihat berantakan. Tidak mungkin kamu menaruh semuanya ke dalam satu halaman. Pengunjung malah akan kabur dan malas mengunjungi website kamu, guys!

Kamu bisa memanfaatkan sidebar untuk mengelompokkan hal-hal tertentu. Misalnya dengan mencantumkan search box, navigasi, related posts, dan lainnya. Alhasil, pengunjung dapat dengan mudah mencari apa yang mereka inginkan karena tampilan website yang rapi.

Baca Juga  Mana Yang Lebih Baik Untuk Server, CentOS atau Ubuntu?

Meningkatkan Konversi

Dengan sidebar, kamu juga bisa meningkatkan konversi website atau bahkan menarik leads yang cukup banyak, lho! Tambahkan Call to Action pada sidebar agar pengunjung terarah kepada hasil yang kamu inginkan. Kamu bahkan bisa mencantumkan form pada sidebar untuk memudahkan pengunjung melakukan subscribe.

Rekomendasi Sidebar WordPress Untuk Meningkatkan Konversi

Setelah mengetahui manfaat sidebar, berikut mimin berikan rekomendasi sidebar WordPress yang bisa meningkatkan konversi website kamu, nih. Yuk simak bersama di bawah ini ya!

Mini Profil Pemilik Website

Sidebar WordPress : Menampilkan Mini Profil

Banyak blogger atau pemilik website memanfaatkan sidebar untuk mendekatkan diri dengan pelanggan mereka. Salah satunya sidebar mini profil diri atau perusahaan mereka. Sidebar jenis ini dapat membuat kesan personal dan membuat pengunjung merasa lebih dekat atau engaged dengan websitemu lho.

Kamu bisa mencantumkan foto pribadi, biodata kamu, minat yang kamu miliki, atau seputar niche terkait website. Agar lebih maksimal, kamu bisa mencantumkan backlink ke halaman lain atau bahkan akun media sosial kamu juga. Sidebar WordPress untuk profil ini salah satu sidebar yang paling krusial lho. Jangan sampai di WordPress milikmu kamu nggak cantumkan sidebar ini ya.

Navigasi Breadcrumb

Breadcrumb adalah elemen pada website yang berfungsi untuk menunjukkan letak spesifik sebuah halaman yang sedang diakses oleh pengunjung. Posisi sidebar yang berasa di samping halaman dapat membuat pengunjung mudah mengetahui letak halaman yang sedang mereka kunjungi.

Jika breadcrumb pada umumnya sering hilang saat pengunjung scroll halaman, maka kamu bisa membuat breadcrumb pada sidebar. Buatlah breadcrumb tersebut menjadi sticky sidebar. Dimana sticky sidebar dapat membuat breadcrumb tetap berada pada tempatnya dan tidak akan hilang walaupun kamu sedang scroll halaman.

Testimonial Pelanggan

Sidebar Testimoni Pelanggan

Rekomendasi sidebar WordPress selanjutnya adalah testimonial. Testimonial pelanggan merupakan hal penting dalam sebuah bisnis lho karena meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat minat beli bertambah. Dan tentunya berakhir dengan pengunjung yang melakukan konversi.

Untuk memaksimalkan sidebar testimonial ini, kamu bisa mencantumkan foto atau informasi lain terkait pelanggan tersebut seperti akun media sosial atau email mereka. Hal ini dapat meningkatkan keaslian testimoni tersebut di mata pengunjung.

Daftar Kategori

Ketika membuat blog atau website, alangkah baiknya kamu mengelompokkan postingan-postingan ke dalam beberapa kategori tertentu. Hal ini dapat memudahkan pengunjung menemukan postingan sesuai kategori yang mereka inginkan.

Pastikan setiap postingan hanya terdiri dari 1-3 tag kategori saja. Karena jika terlalu banyak akan mengurangi efektifitas penggunaan kategori itu sendiri.

Filter Produk

Jika website kamu berbentuk e-commerce atau semacamnya, filter produk wajib ada pada sidebar kamu nih! Dari sekian banyak produk yang kamu tawarkan, tentunya pelanggan akan kesulitan mencari produk sesuai selera mereka.

Filter produk dapat membantu mereka menyortir jenis produk dengan spesifik untuk menemukan produk yang yang mereka cari. Misalnya menyortir jenis produk, ukuran, warna, harga, dan lainnya.

Akun Media Sosial

Akun sosial media untuk sidebar WordPress milikmu

Sidebar WordPress yang wajib ada di website kamu adalah akun sosial media. Cantumkan link ke akun media sosial kamu sehingga pengunjung bisa melihat pemberitahuan terkait postingan terbaru melalui akun media sosial tersebut. Kamu juga bisa menampilkan snippet (cuplikan) mengenai postingan dan interaksi dengan pelanggan pada media sosialmu.

Dengan melihat adanya interaksi dan pengikut yang banyak akan membuat pengunjung baru lebih percaya dan tertarik terhadap website kamu, lho! Kamu bisa mencantumkan tombol follow atau like untuk meningkatkan interaksi dengan pengunjung.

Popular Posts

Ketika kamu sudah berhasil membuat pengguna berkunjung ke website, pastinya kamu ingin mereka tetap berlama-lama di website kamu bukan? Kamu bisa membuat sidebar terkait konten-konten paling populer yang memiliki trafik tinggi.

Hal ini akan menarik rasa penasaran pengunjung mengenai alasan postingan tersebut sangat populer dan berakhir dengan mengunjungi postingan tersebut. Tentunya ini berdampak pada meningkatnya jumlah klik dan trafik website nih, guys.

Pastikan sidebar WordPress untuk popular posts website kamu memiliki nomor pada masing-masing postingan. Berikan pula whitespace yang cukup agar membuat pengunjung tertarik dan informasi dapat terserap dengan baik. Hal ini akan membuat tampilannya lebih rapi dan enak dilihat.

Tombol Sharing

Tombol share untuk sidebar WordPress

Kamu ingin menambah trafik website lebih lagi? Buatlah sidebar untuk share post di WordPress milikmu. Sidebar WordPress ini memudahkan pelanggan untuk berbagi postingan website ke teman maupun keluarganya.

Mereka hanya perlu klik tombol sharing dan langsung bisa memilih ingin membagikan ke media mana mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, Whatsapp, LINE, dan lainnya. Pengunjung akan lebih banyak, deh!

Baca Juga  [UPDATE] 12 Tren Web Design Yang Akan Populer di 2021

Latest Posts

Latest Posts dapat kamu buat untuk menunjukkan konten-konten terbaru pada website. Pastikan latest posts yang kamu sajikan juga mencantumkan foto yang menarik atau bahkan jumlah likes dan jumlah share pada masing-masing artikel tersebut. Dengan mencantumkan hal ini, pengunjung akan semakin penasaran dan berakhir dengan bertambahnya jumlah klik pada website kamu nih, guys.

Related Posts

Related Post untuk sidebar WordPress

Jika ingin pengunjung berlama-lama di website, apa yang harus kamu lakukan? Salah satunya membuat sidebar related posts nih, guys! Ketika pengunjung melihat sebuah konten, maka pasti mereka ingin melihat konten sejenis untuk menambah wawasan mereka.

Nah, kamu bisa memasukkan beberapa sidebar related posts di WordPress milikmu untuk diklik oleh pengunjung yang datang. Selain membuat mereka mendapat wawasan yang lebih luas, trafik dan performa SEO website kamu akan meningkat juga lho!

Progress Bar

Jika kamu ingin membuat tampilan website simple namun tetap informatif, maka progress bar merupakan pilihan yang tepat nih, guys! Pengunaan progress bar pada sidebar membuat kamu dapat menampilkan konten secara full screen namun tetap terlihat luas dan rapi.

Sebuah progress bar biasa dibuat dalam bentuk dots di pinggir website. Dimana masing-masing dots ini akan menampilkan halaman yang berbeda. Pastikan dots yang kamu buat tidak terlalu banyak karena akan membuat pengunjung bingung dan malas membuka satu persatu.

Search Box

Search Box untuk sidebar WordPress

Dengan banyaknya konten yang diunggah pada website kamu, tentunya membuat pengunjung sulit menemukan apa yang mereka inginkan. Kamu tidak ingin pengunjung berakhir meninggalkan website hanya karena sulit menemukan konten yang mereka cari, bukan?

Maka dari itu, search box akan sangat berguna untuk menghemat waktu pengunjung untuk menemukan langsung postingan yang mereka inginkan. Sidebar sangat cocok digunakan untuk search box karena letaknya yang strategis dan mudah ditemukan oleh pengunjung yang datang.

Opsi Berlangganan

Opsi berlangganan untuk Sidebar WordPress

Ketika pengunjung berhasil mengunjungi website, maka hal selanjutnya yang pasti kita inginkan adalah agar mereka kembali lagi ke website, bukan? So, mudahkanlah mereka untuk datang kembali!

Kamu bisa memanfaatkan sidebar yang menyediakan opsi untuk berlangganan atau subscribe. Misalnya subscribe melalui email sehingga jika ada update terbaru akan langsung diberitahukan melalui kotak masuk email mereka.

Cantumkan form sederhana dan Call to Action yang eye catching. Tenang saja, kamu bisa memanfaatkan plugin yang ada pada WordPress, lho. Jadi, nggak perlu pake coding lagi, guys!

Kegiatan Promosi

Jika tujuan kamu ingin meningkatkan penghasilan, maka sidebar jenis ini sangat cocok untuk kamu gunakan pada website. Selain letaknya yang mudah dilihat pelanggan, sidebar dapat membantu meningkatkan konversi juga, lho. 

Buatlah sidebar promosi yang menarik sehingga pengunjung tertarik melihat atau bahkan langsung membeli produk tersebut. Pastikan Call to Action yang kamu buat simple dan menarik perhatian. Gunakan warna yang mencolok agar mudah dilihat oleh pengunjung.

Shopping Cart

Sidebar WordPress : Shopping Chart

Mengarahkan pelanggan ke penjualan menggunakan Call to Action saja tidak cukup! Kamu bisa menambahkan shopping cart pada sidebar website, lho. Pelanggan jadi mudah melakukan transaksi di website kamu, deh.

Jika ingin maksimal, kamu bisa membuat shopping cart yang bisa menampilkan jumlah item yang sudah dipilih oleh pembeli. Bahkan kamu bisa membuat shopping cart yang bisa menampilkan total biaya yang harus dibayar pembeli. Dengan kemudahan ini, minat beli pengunjung akan semakin tinggi lho, guys.

Nah, kurang lebih seperti itu rekomendasi sidebar WordPress yang bisa kamu buat pada website WordPress milikmu. Tentunya pemilihan sidebar harus disesuaikan dengan jenis website kamu ya! Gunakan sidebar yang paling bermanfaat dalam mencapai tujuan websitemu.

Setelah memilih sidebar WordPress yang diinginkan, pastikan pula desain sidebar tersebut bagus dan rapi ya. Tentukan posisi paling strategis untuk sidebar yang akan kamu buat. Semoga rekomendasi mimin diatas dapat membantu kamu memahami tentang sidebar ya, Exabytes Friends!

Jika kamu membutuhkan layanan WordPress Hosting untuk performa website kamu, kamu bisa mengunjungi Exabytes Indonesia karena kami menyediakan WordPress hosting yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

See you di artikel selanjutnya~

Credit: Carissa Dea Chrestella Prayudhi

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Raih Kemenangan