5 Rekomendasi Website SEO Checker & Audit Reports Tools

0
2450

Sebagai pemilik website, pastinya kita ingin peringkat website kita ada di halaman pertama mesin pencari. Untuk mewujudkan itu bukanlah hal yang mudah, karena website perlu dioptimasi dengan SEO yang baik.

SEO adalah salah satu strategi yang baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic pada situs web, sehingga situs web dapat dengan mudah ditemukan pada mesin pencari.

Membuat strategi SEO untuk mengoptimasi website sangat penting, namun apabila efek SEO yang kamu terapkan kurang efektif, kamu tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak SEO checker dan juga audit reports tools.

Dengan tools ini kita dapat mengukur kualitas website dari sudut pandang SEO. Kini sangat mudah untuk mencari atau menemukannya di internet mulai dari yang gratis sampai yang berbayar, tergantung kebutuhan masing-masing dan pastinya ada perbedaan antara keduanya, yang biasanya terlihat dari fitur apa saja yang dapat diakses.

Adanya SEO checker sangat membantu dalam meningkatkan kualitas website secara tepat dan efektif serta dapat membantu dalam mengetahui berbagai masalah mendasar yang dapat berpengaruh terhadap kinerja sebuah website. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Masalah SEO secara teknis
  • Struktur website
  • SEO On page
  • SEO Off page
  • Isi konten
  • Masalah user experience
  • Serta beberapa hal lainnya

Komponen Apa Saja Yang Perlu Dioptimasi Pada Sebuah Website?

Pada tahap optimasi agar website kita bisa berada di peringkat tinggi pada halaman pertama hasil pencarian ada beberapa aspek yang bisa kita optimasi yaitu SEO On page, Off page, dan technical.

Jelas bahwa bagian-bagian yang dapat dioptimasi merupakan aspek yang berbeda namun, memiliki tujuan yang sama tidak lain untuk mendapatkan peringkat terbaik pada mesin pencari.

Untuk ketiga aspek tersebut, berikut ini adalah penjelasan terkait aspek yang harus dioptimasi yang mencakup:

seo checker

SEO On Page

SEO On page yang bisa disebut sebagai on-site SEO merupakan cara mengoptimalkan website untuk mendapatkan peringkat yang baik serta traffic organik pada mesin pencari.

Selain membuat dan memberikan konten yang relevan dan berkualitas, SEO on page juga mencakup dalam mengoptimalkan judul yang menarik, tag, konten berkualitas, internal link serta URL dan gambar. Hal itu untuk memastikan bahwa website memiliki otoritas dan kepercayaan yang tinggi.

Kita juga harus selalu update tentang SEO on page karena telah berubah dalam beberapa tahun, jadi penting untuk mengikuti dan update tentang cara terbaru.

Jika SEO on page pada website sudah bagus, maka konten yang kita buat akan mudah ditemukan oleh target audiens dan dapat peringkat tinggi pada mesin pencari.

SEO Off Page

SEO off page adalah langkah dalam mengoptimasi SEO yang dilakukan diluar website yang kamu kelola. Langkah ini dilakukan untuk mendukung SEO on page yang berfokus pada perbaikan pada faktor internal website kamu.

Dalam menerapkan SEO off page dengan optimal, kamu harus menggunakan berbagai platform pendukung seperti forum online, media sosial, dan website lain.

Ada beberapa aspek off page yang perlu dioptimasi diantaranya:

Link Building

Link building adalah strategi membangun backlink atau yang bertujuan meningkatkan referral domain sebagai faktor penting yang berpengaruh pada kenaikan peringkat website pada mesin pencarian.

Backlink adalah link yang dengan sengaja dibuat dalam website lain yang mengarah ke website utama kamu. Link building sendiri secara garis besar ada 2 jenis, yaitu:

Internal Link Building

Internal link building sendiri merupakan strategi membangun backlink antara halaman satu dengan halaman lain website kamu (dalam satu website yang sama) dan saling berhubungan atau relevan.

Eksternal Link Building

Sedangkan eksternal link building menggunakan website lain sebagai tempat menaruh link. Atau dengan kata lain kamu mencari backlink dari website luar yang mengarah ke website kamu.

DA (Domain Authority)

Domain Authority adalah skor yang menunjukkan seberapa baik peringkat website. Semakin tinggi skor DA kamu maka semakin bagus authority terhadap website kamu bagi mesin pencari.

PA (Page Authority)

Page Authority merupakan nilai dari sebuah halaman pada website bagi mesin pencari.

Guest Blog

Guest blogging adalah upaya yang dilakukan oleh pemilik situs web tertentu untuk memasang konten berkualitas milik webnya ke dalam website lain misalnya dilakukan dengan menjadi penulis tamu di situs atau blog lain.

Promosi

Mempromosikan konten tertentu dari website kamu ke berbagai platform yang potensial seperti media sosial, YouTube, dan platform marketing lainnya. Kegiatan ini bertujuan menarik perhatian audiens untuk berkunjung ke website kamu.

Technical SEO

Technical SEO merupakan optimasi yang dilakukan pada bagian dalam website. Secara teknis, tahap optimasi ini adalah yang paling sulit diantara komponen website lainnya.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan struktur website agar performanya bisa lebih maksimal dan mudah disukai oleh bot mesin pencari.

Adapun aspek-aspek technical SEO sendiri antara lain:

  • Struktur website
  • Kecepatan website
  • Keamanan situs (SSL)
  • XML Sitemap
  • Layout website
  • Tema website
  • Navigasi

Karena semakin bagus struktur website kamu maka semakin mudah bagi mesin pencari untuk mengenal website tersebut. Hasilnya, mesin pencari dengan mudah mengindeks situs kamu agar lebih mudah ditemukan oleh audiens.

Rekomendasi SEO Checker Tools

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi tools yang bisa kamu gunakan dalam melakukan analisa terhadap performa pada sebuah website.

SEMRush

5 Rekomendasi Website SEO Checker & Audit Reports Tools - 2024

SEMRush merupakan salah satu tools gratis yang sangat dikenal efektif dalam menganalisis suatu website. Apa alasan yang membuat SEMRush begitu populer?

Hal ini karena SEMRush memiliki tools yang lengkap. Contohnya seperti audit website dan keyword tracking sehingga bisa mengidentifikasi keyword (kata kunci) yang tepat untuk digunakan.

Tools SEMRush juga memiliki tampilan antarmuka yang bisa dibilang cukup mudah, tanpa perlu waktu lama user dapat menganalisa masalah pada website dan bagaimana mengoptimasinya.

Screaming Frog

5 Rekomendasi Website SEO Checker & Audit Reports Tools - 2024

Screaming Frog adalah SEO audit tools untuk menganalisis dan mengaudit masalah teknis SEO. Beberapa hasil audit yang dapat diidentifikasi oleh Screaming Frog seperti broken links, konten duplikat, generate XML sitemaps, halaman dengan metadata yang kurang dioptimalkan, dan masih banyak lagi.

Tools ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar dengan fitur yang berbeda. Jelas yang berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan versi gratis.

Google Search Console

Dalam proses optimasi website, Google Search Console merupakan salah satu tools gratis yang disediakan Google. Tools ini bisa dibilang penting dalam menunjang proses optimasi website.

Dikarenakan dapat menyediakan informasi mengenai grafik dan data user secara organik, sehingga dapat membantu dalam mengawasi perkembangan website, terutama dalam hal SEO.

Google Search Console ialah salah satu tools yang bisa diandalkan untuk mengaudit performa website. Dengan tools ini kamu dapat mengetahui masalah yang dilihat oleh Google ketika mereka melakukan perayapan dan pengindeksan pada website kamu sehingga dapat segera melakukan perbaikan.

Neilpatel

5 Rekomendasi Website SEO Checker & Audit Reports Tools - 2024

Website SEO checker ini sangat dikenal dalam hal optimasi SEO sekaligus keyword. Jika dibandingkan dengan yang lain, Neilpatel ini memiliki layout sederhana dan mudah untuk kita pahami.

Tools ini terbagi dalam empat kategori utama, yaitu Health Check (kondisi kesehatan SEO website), Critical Errors (masalah pada website yang harus diatasi), Warnings, dan Recommendations (saran optimasi yang harus dilakukan). Selain itu, kamu juga dapat mengetahui site speed yang sangat mempengaruhi kualitas sebuah website.

Dengan adanya fitur dan interface yang user friendly, kamu yang masih awam tentang SEO tahu betul langkah apa yang mesti dilakukan untuk memperbaiki performa website.

Ahrefs

5 Rekomendasi Website SEO Checker & Audit Reports Tools - 2024

Ahrefs merupakan salah satu SEO tools yang biasa digunakan untuk membuat laporan mengenai website audit, backlink analysis, URL ranking, analisis kompetitif, dan lain-lain.

Ahrefs juga dilengkapi dengan informasi How To Use atau panduan lengkap pada setiap toolnya. Jadi, siapapun bisa menggunakan SEO tools ini, baik pemula ataupun bagi profesional.

Beberapa dari fitur Ahrefs dapat digunakan secara gratis, namun aksesnya sangat terbatas. Untuk mendapatkan akses yang lebih lengkap, terdapat percobaan gratis selama beberapa hari (trial).

SEO Checker dan Audit Mana Yang Kamu Pakai?

SEO checker memang cukup efektif untuk merancang strategi SEO dalam mengoptimasi website kamu. Namun, tentu diperlukan keahlian selain mengandalkan SEO checker supaya optimasi SEO yang kamu lakukan lebih optimal.

Setiap SEO checker atau SEO tools pasti memiliki keunggulannya masing-masing, jadi tak perlu ragu untuk mengkolaborasikan lebih dari satu dalam mengoptimasi website yang kamu kelola atau bisa menggunakan layanan SEO dari Exabytes.

Itulah 5 rekomendasi SEO checker & audit reports tools yang bisa digunakan secara free. Namun yang untuk mengakses fitur SEO yang lebih lengkap, kamu harus menggunakan SEO tools yang berbayar guna memaksimalkan optimasi website kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments