Tips Memulai Sebuah Blog Part 1: Kupas Tuntas Seputar Blog

84
14 min read

Hi Exabytes Friends..

Siapa sangka jika blogger kini menjadi salah satu profesi yang kian marak. Bagaimana tidak, banyak blogger yang sukses mampu mencukupi kehidupannya hanya melalui sebuah blog.

Untuk itu kali ini mimin bakal membahas mengenai seputar dunia blogging dan tentunya berbagi tips bagaimana memulai sebuah blog hingga menjadi blogger sukses.

Sekarang jamannya serba digital, website dan sosial media hampir tiap hari tak pernah lepas dalam kehidupan sehari hari kita.

Jika kamu lihat bio para selebgram di sosial media instagram banyak sekali yang menuliskan “personal blog” pada bio mereka.

Lantas apa sih blog itu? Nah mari kupas satu persatu seputar dunia blogging.

Apa Itu Blog?

Tidak lucu jika kita ingin memulai sebuah blog tapi ketika ditanya apa itu blog kamu tidak bisa menjawabnya.

Blog atau web log merupakan sebuah website yang biasanya berisi tulisan-tulisan, foto, video milik pribadi yang kemudian bisa diakses oleh banyak orang melalui internet.

Biasanya mereka yang hobi menulis menjadikan blog sebagai wadah untuk menumpahkan ekspresinya dalam bidang menulis.

Jenis-jenis Blog

Blog memiliki beberapa jenis, agar kamu tidak bingung jenis blog apa yang akan kamu buat, simak 5 jenis blog berikut ini.

Blog Pribadi

Jenis blog yang pertama yaitu blog pribadi, blog pribadi ini merupakan blog yang biasanya berisi tulisan-tulisan yang sifatnya pribadi.

Pemilik blog biasanya berbagi pengalaman pribadi atau seputar kehidupan sehari-hari dan menjadikan blog nya ini layaknya sebuah diary namun berbentuk digital.

Bagi yang memiliki hobi menulis, biasanya blog ini menjadi tempat favorit untuk menumpahkan berbagai inspirasi dan kata-kata yang yang ada dipikirannya.

Topik yang dibahas juga biasanya random,tidak membahas satu topik yang jelas.

Blog Otoritas

Jenis blog yang satu ini sangat berbeda dengan blog pribadi. Jika blog pribadi biasanya mereka tidak begitu serius, mereka hanya menulis sesuka mereka untuk mengisi waktu luang.

Berbeda dengan blog otoritas yang dibuat secara serius untuk menguasai suatu topik pembahasan.

Sesuai dengan tujuan jenis blog ini yaitu menjadi otoritas dalam sebuah topik, sehingga konten yang dibuat pun harus lengkap.

Untuk mendapatkan traffic yang bagus, jenis blog ini tidak hanya mengandalkan mesin pencari tapi mereka juga menggunakan sosial media untuk mendatangkan traffic.

Biasanya mereka menshare link konten ke berbagai sosial media biasanya Facebook, Pinterest, Instagram (Bio atau story).

Dengan begitu traffic yang datang bergantung dari mesin pencari saja.

Blog Niche

Jenis blog berikutnya yaitu blog niche. Blog niche ini biasanya fokus terhadap kata kunci pada konten yang dibuat.

Pemilik blog biasanya melakukan riset terlebih dahulu seperti menggunakan tools Google Keyword Planner untuk menentukan kata kunci apa yang tepat untuk dijadikan konten.

Setelah konten dibuat tidak dibiarkan begitu saja tapi dilakukan optimasi agar konten berada di peringkat pertama di mesin pencari.

Karena fokus daripada jenis blog niche ini mendapatkan traffic yang baik sesuai kata kunci di mesin pencari.

Untuk memperkuat kontennya agar berada di peringkat pertama mesin pencari, biasanya pemilik blog mencari backlink.

Bagi pemilik blog niche tidak hanya harus handal dalam membuat konten tapi juga harus didukung dengan kemampuan SEO (Search Engine Optimization) agar konten tetap bertahan di halaman pertama mesin pencari.

Blog Company/Perusahaan

Website perusahaan kini tidak hanya memuat perihal produk yang dijual ataupun riwayat tentang perusahaan tersebut.

Sekarang website perusahaan menyisipkan satu halaman yakni blog. Blog perusahaan membantu meningkatkan traffic ke website perusahaan.

Blog perusahaan ini bisa berisi tips dan trik seputar hal yang masih berkaitan dengan produk yang dijual perusahaan maupun konten informatif lainnya.

Dengan adanya blog perusahaan ini dapat menjadi sumber datangnya pengunjung ke website perusahaan yang diharapkan mampu meningkatkan awareness terhadap produk yang dijual.

Blog Spam

Jenis blog berikutnya yaitu blog spam. Seperti namanya, blog ini berisi konten-konten yang diambil dari blog orang.

Biasanya pemilik jenis blog ini menggunakan software sehingga blog terisi konten secara otomatis.

Namun tentu saja jenis blog yang satu ini biasanya rentan sekali di banned oleh Google karena biasanya mereka mendapat laporan dari pemilik blog yang dicuri kontennya. Blog spam ini juga kemungkinan muncul di mesin pencari sangat kecil.

Jenis Platform Blog

Dilihat dari jenis nya platform blog dibagi menjadi dua jenis yaitu Blog Publishing Services dan Content Management System (CMS). Apa perbedaan dari kedua platform blog itu? Mari kita bahas satu persatu.

Blog Publishing Service

Bagi kamu blogger pemula biasanya platform blog yang satu ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain gratis, menggunakan jenis platform yang satu ini juga sangat mudah.

Kamu cukup melakukan registrasi dengan menggunakan alamat email untuk menggunakan platform yang satu ini.

Sedangkan untuk cara menggunakannya sendiri sangat mudah kamu cukup siapkan konten yang akan dipublish dan menaruhnya di platform tersebut, platform blog ini akan mempostingnya secara otomatis.

Keuntungan lain menggunakan platform Blog Publishing Service yaitu kamu tidak perlu lagi menyewa sebuah server untuk menyimpan data-data konten kamu.

Namun dibalik kelebihan yang telah disebutkan tentunya ada kekurangan dari platform blog ini yaitu dari segi tampilan karena pilihan tema sangat terbatas.

Bagi kamu yang menggunakan platform ini biasanya alamat blog kamu subdomain dari platform tersebut seperti misalnya “namakamu.tumblr.com”.

Namun jika kamu tipe orang yang nggak mau ribet mengenai hal-hal teknis, jenis platform blog ini sangat cocok untuk kamu karena kemudahan yang ditawarkannya.

Content Management System

Jenis platform blog berikutnya yaitu Content Management System atau biasa disingkat CMS.

Biasanya mereka yang menggunakan platform ini yaitu mereka yang serius menjadi blogger, mereka yang ngeblog secara profesional hingga menjadikannya bisnis bukan hanya sekedar iseng menulis saja.

Cara menggunakannya tidak semudah platform sebelumnya yang hanya cukup registrasi dan menaruh konten saja.

Menggunakan platform yang satu ini kamu harus membeli nama domain terlebih dahulu dan menyewa sebuah web hosting sebagai tempat untuk menyimpan data-data pada blog kamu.

Karena sudah membayar untuk nama domain, tentu saja alamat blog kamu akan jauh lebih kece sesuai yang kamu mau misalnya “namakamu.com”, “namakamu.id” dan lainnya.

Ada uang ada barang, meskipun harus membayar tentu saja fitur yang ada pada CMS jauh lebih lengkap dibandingkan dengan platform blog sebelumnya yaitu Blog Publishing Service.

Beberapa keunggulan lainnya menggunakan CMS yaitu kamu bisa mendesain blog sesuai dengan yang kamu mau, baik dari segi tampilan atau tema.

Blog kamu juga memiliki kemungkinan lebih besar muncul di mesin pencari karena dengan menggunakan CMS lebih mudah terindeks.

Platform Blog Terbaik

Setelah membahas dua jenis platform blog, mari kita cari tahu platform blog populer yang paling banyak digunakan oleh para blogger.

WordPress

platform blog terbaik-wordpress

WordPress merupakan salah satu platform blog yang kini paling banyak digunakan oleh kalangan blogger.

Platform blog yang satu ini menawarkan berbagai keunggulan baik dalam hal kemudahan dalam penggunaannya maupun dari segi fitur yang ditawarkan yang cukup beragam.

WordPress termasuk salah satu jenis CMS. Namun ingat jangan sampai tertukar wordpress.org yang merupakan bagian dari CMS sedangkan untuk WordPress.com bukan termasuk CMS.

Untuk cara menginstallnya sendiri kamu tak perlu khawatir, karena banyaknya pengguna WordPress sehingga sebagian besar provider menawarkan berbagai kemudahan bagaimana cara menginstall WordPress.

Cara menginstallnya tentu sangat mudah hanya dengan beberapa klik saja tidak lebih dari 5 menit WordPress sudah terinstall.

Setelah WordPress terinstall tugas kamu yaitu mencari tema dan plugin yang sudah tersedia sesuai dengan kebutuhan blog kamu.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan tentu saja WordPress menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin memaksimalkan website kamu.

Kelebihan WordPress:

  • Tersedia paket hosting khusus untuk website berbasis wordpress
  • Tersedia berbagai tema dan plugin baik yang gratis maupun berbayar
  • Ketika terjadi error tak perlu khawatir karena tersedia learning curve yang mudah dan sederhana sebagai sebuah solusi
  • WordPress tidak hanya untuk blog tapi dapat digunakan untuk berbagai website
  • Dapat dikustomisasi dengan mudah
  • Dapat diinstal pada web hosting yang didukung PHP dan MySQL
  • Bisa mengimpor data serta memiliki link manager dan masih banyak lagi

Kekurangan WordPress:

  • Tingkat keamanan yang kurang sehingga berpotensi untuk diretas

Joomla

platform blog terbaik-joomla

Platform blog berikutnya yaitu Joomla. Selain WordPress, Joomla juga termasuk salah satu CMS yang menawarkan fitur yang tidak kalah menarik dengan WordPress.

Joomla dan WordPress memiliki banyak kesamaan termasuk salah satunya sama-sama platform blog yang open source sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakannya.

Yang membedakan Joomla dengan WordPress yaitu terletak pada pengaturannya. Joomla tentunya memiliki keunikan dari segi pengaturannya yang tentunya memiliki keuntungan tersendiri bagi penggunanya.

Namun dari segi penggunaanya Joomla agak lebih rumit jika dibandingkan dengan WordPress. Meskipun demikian, Joomla masih bisa dijadikan salah satu alternatif pilihan untuk kamu.

Kelebihan Joomla:

  • Memiliki pengaturan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan WordPress
  • Proses update yang mudah sehingga website lebih mudah untuk dikelola
  • Terdapat tutorial yang lengkap sehingga mudah untuk dipaham

Kekurangan Joomla:

  • Pilihan tema yang ditawarkan sedikit

Drupal

platform blog terbaik-drupal

Platform blog yang bisa menjadi alternatif pilihan lainnya yaitu Drupal. Drupal juga termasuk salah satu CMS.

Baca Juga  7 Alasan Banyak Orang Masih Menggunakan Email

Platform blog yang bisa menjadi alternatif pilihan lainnya yaitu Drupal. Drupal juga termasuk salah satu CMS.

Drupal juga tidak kalah dengan dua platform sebelumnya yakni WordPress dan Joomla karna Drupal menawarkan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat blog kamu terlihat sesuai yang kamu inginkan.

Dibandingkan dengan WordPress dan Joomla, Drupal unggul dari segi keamanannya. Namun bagi kamu yang baru memulai sebuah blog mungkin platform yang satu ini kurang cocok untuk kamu.

Mengapa? Karena Drupal dalam pengelolaannya cukup rumit dan mungkin hanya cocok bagi developer.

Untuk blog pribadi lebih baik pilih dua platform sebelumnya saja yang lebih aman dari segi penggunaan dan pengelolaannya.

Kelebihan Drupal:

  • Tingkat keamanan baik dan powerfull
  • Banyak pilihan tema dan plugin gratis
  • Bagi yang ingin membuat website khusus terdapat fitur distribusi  dengan Drupal custom

Kekurangan Drupal:

  • Tidak cocok digunakan untuk pemula karena learning curve yang sulit

Pyro

platform blog terbaik-pyro

Jika platform sebelumnya masih aman digunakan untuk pemula, lain dengan platform yang satu ini.

Pyro merupakan CMS yang dibuat dengan target para developer. Sistem layout menjadi salah satu fitur yang ditawarkan dari Pyro yang cocok untuk blogging agar tampilan postingan kamu semakin bagus.

Keunggulan lain menggunakan Pyro yaitu tampilan dashboard nya berbeda dengan lainnya, Pyro terlihat lebih modern.

Dengan menggunakan Pyro memberikan kontrol penuh pada tampilan postingan kamu, karena seperti yang telah disebutkan di atas dimana layout nya memiliki tata letak berbasis grid.

Akan tetapi memilih Pyro sebagai platform blogging, kamu harus menyisihkan budget jika ingin blog kamu tampil maksimal karena harga ekstensi dari Pyro lumayan mahal.

Salah satu kelemahan lainnya yaitu sulitnya proses upgrade apabila kamu ingin mengubah blog sederhana kamu ke dalam bentuk website.

Kelebihan Pyro:

  • Tampilan dashboard yang modern
  • Layout berbentuk grid

Kelemahan Pyro:

  • Agak sulit digunakan bagi blogger pemula karena ada beberapa hal yang mengharuskan penggunanya paham PHP
  • Modul yang berbayar dan harganya lumayan mahal

SilverStripe

platform blog terbaik-silverstripe

Platform blog yang satu ini memang tidak seterkenal platform blog yang dibahas sebelumnya.

Namun platform blog yang termasuk CMS ini ternyata menawarkan beberapa kelebihan mulai dari segi editor yang memberikan kemudahan bagi kamu untuk melihat tampilan konten yang kamu tulis.

Berbeda dengan platform sebelumnya, SilverStripe memiliki opsi SEO (Search Engine Optimization) yang tentunya penting bagi sebuah blog agar tampil maksimal di mesin pencari.

Ketika terdapat error pada blog kamu, SilverStripe akan memberitahu kamu melalui salah satu fitur yang ditawarkannya.

Ketika terdapat error pada blog kamu, SilverStripe akan memberitahu kamu melalui salah satu fitur yang ditawarkannya.

Dengan begitu kamu dapat dengan mudah memantau berbagai masalah yang terjadi pada blog kamu dan bisa langsung kamu perbaiki.

Jika yang lain menawarkan template yang beragam, platform yang satu ini menawarkan template yang terbatas sehingga menjadi salah satu kelemahan dari SilverStripe.

Kelebihan SilverStripe:

  • Bersifat Open Source
  • Fitur pengelolaan website yang lengkap
  • Terdapat fitur SEO
  • Dapat memonitor error yang terjadi langsung melalui dashboard

Kelemahan SilverStripe:

  • Template yang terbatas
  • Plugin untuk SilverStripe masih terbatas

Dari sekian banyak platform blog yang ada, wordpress menjadi salah satu pilihan terbaik. Tapi semuanya dikembalikan kepada kamu.

Pilih platform sesuai kebutuhan dan platform mana yang paling membuatmu nyaman.

Tips Memulai Sebuah Blog

Profesi blogger dapat menghasilkan puluhan hingga ratusan juta rupiah, tidak heran jika kini banyak orang yang berminat untuk terjun dan berkecimpung di dunia blogging, namun tidak sedikit juga dari mereka yang masih bingung darimana memulainya.

Jika ada pertanyaan bagaimana cara membuat blog pasti jawabannya mudah dan cepat, cukup install wordpress atau blogspot.

Namun bagaimana sih cara memulai sebuah blog yang baik bahkan bisa menghasilkan uang? Tentu saja jawabannya yaitu mengelolanya dengan baik dan tidak asal-asalan.

Untuk mempermudah kamu dalam memulai sebuah blog alangkah baiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

Tentukan Topik Yang Sesuai

Kesuksesan sesuatu tergantung dari perencanaannya begitupun dalam memulai sebuah blog.

Menentukan topik yang sesuai menjadi salah satu perencanaan yang sangat penting dalam membangun sebuah blog.

Beberapa poin yang harus kamu perhatikan dalam menentukan sebuah topik blog yaitu sebagai berikut.

Pilih Topik Yang Paling Kamu Sukai atau Kuasai

Poin ini sangat penting dalam memilih sebuah topik dalam sebuah blog. Karena dengan memilih konten yang paling kamu sukai atau kamu kuasai kamu tidak akan menemukan jalan buntu dalam membuat sebuah konten.

Selalu ada ide konten apa saja yang akan kamu buat karena kamu menguasai topik nya tersebut.

Sebaliknya jika kamu memilih topik yang tidak kamu sukai atau kuasai, meskipun topik tersebut paling banyak dicari siap-siap kamu akan gagal.

Mengapa? Karena jika kamu tidak menguasai topik tersebut kamu akan kebingungan apa yang akan kamu tulis dan bagikan terkait topik tersebut. Lama kelamaan kamu akan merasa jenuh dan bosan.

Cari Topik Yang Menarik

Poin kedua yang mesti kamu perhatikan yaitu mencari topik yang menarik bagi para pembaca agar banyak pembaca mau dan betah berkunjung ke blog kamu.

Meskipun begitu kamu jangan mengabaikan poin yang pertama. Topik yang menarik namun kamu tidak menguasai topik tersebut itu hanya akan membunuh blog kamu secara perlahan karena alasan kamu tidak mampu lagi membuat konten sesuai topik tersebut.

Tentukan Satu Topik Yang Jelas

Memiliki berbagai topik konten dalam blog bukan berarti blog kamu memiliki konten yang lengkap dan sempurna.

Banyaknya topik yang dibahas dalam satu situs blog kamu justru akan membuat blog kamu tidak memiliki identitas atau ciri khas, jadi jangan jadikan blog kamu seperti gado-gado.

Pilih satu topik saja namun lengkap dan mendalam. Misalnya kamu bisa pilih topik mengenai otomotif jadi semua konten yang ada di blog kamu hanya membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan otomotif.

Dengan begitu orang akan mudah mengingat bahwa ketika mereka membutuhkan informasi terkait otomotif, para pembaca langsung mengunjungi alamat blog kamu.

Tentukan Platform Blog

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada dua jenis platform blog yang bisa kamu pilih salah satunya.

Keduanya tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Setelah melihat beberapa penjelasan mengenai kedua platform ini, kamu bisa pilih platform mana yang paling cocok untuk kamu.

Jika kamu baru memulai blogging dan hanya menjadikannya tempat untuk menulis di waktu senggang, lebih baik kamu pilih platform Blog Publishing Services atau jenis hosted seperti blogspot atau wordpress.com.

Kamu jadi tak perlu pusing-pusing memikirkan biaya untuk membeli domain dan menyewa web hosting.

Tapi jika niat awal kamu memulai sebuah blog untuk dijadikan penghasilan tentu saja lebih baik kamu pilih jenis self hosted seperti wordpress.org misalnya, dengan begitu kamu memiliki hak 100% atas blog kamu.

Kamu tidak hanya mengisinya konten-konten tulisan biasa saja bahkan kamu juga bisa menggunakannya sebagai lapak online untuk berjualan.

Menentukan Nama Domain

Bagi kamu pemula mungkin masih bingung apa itu domain. Jadi domain itu nama alamat blog atau website kamu.

Seperti website ini memiliki nama domain exabytes.co.id. Exabytes itu nama domain sedangkan .co.id itu ekstensi domain.

Terdapat banyak pilihan ekstensi domain seperti .id, .co.id, .com, .xyz, .org, dan masih banyak lagi.

Setiap ekstensi domain tentunya memiliki peruntukan sesuai kebutuhan dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kamu yang berada di Indonesia lebih baik memilih ekstensi Domain.ID. Mengapa? Banyak benefit yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Domain.ID, semuanya telah mimin bahas disini.

Membeli nama domain tidak boleh asal-asalan itu sebabnya menentukan nama domain sangatlah penting.

Pilih nama domain yang unik dan mudah diingat oleh banyak orang. Karena nama domain kamu adalah brand dari bisnis kamu sekalipun itu sebuah blog.

Pilih nama domain yang terdiri dari satu suku kata jauh lebih baik dan pilih kata yang mudah dilafalkan. Hal ini bertujuan agar ketika orang ingin mengunjungi alamat blog kamu jauh lebih mudah.

Pilih Provider Domain dan Hosting

Domain tentu kamu sudah paham karena telah dijelaskan di atas. Lalu apa itu hosting? Hosting itu tempat menyimpan semua data-data yang ada di blog atau website kita baik berupa gambar, video, dokumen.

Agar kamu tidak salah pilih paket hosting, kamu bisa intip tips memilih hosting terbaik sesuai kebutuhan yang telah mimin bahas sebelumnya.

Banyak provider domain maupun hosting yang tentunya menawarkan berbagai pilihan. Setiap provider domain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pilih provider domain dan hosting yang sudah terpercaya akan kualitas dan pelayanannya. Yang menyediakan berbagai paket lengkap sesuai kebutuhan.

Memiliki tim support atau layanan  customer service 24/7 sehingga apabila terjadi error atau masalah dalam blog atau website, kamu bisa dengan mudah berkonsultasi dan dengan cepat memperbaikinya.

Jangan lupa pilih provider yang memang memiliki performa yang baik. Kamu bisa coba exabytes sebagai provider yang tepat untuk kamu.

Catatan:

Dalam memilih provider domain dan hosting pastikan dulu konten yang kamu buat targetnya Indonesia atau Inggris.

Jika Inggris lebih baik pilih hosting yang ada di Indonesia begitupun sebaliknya karena hal ini mempengaruhi performa blog atau website kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here