Tips Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

118
Tips Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan
8 min read

Hi Exabytes Friends ! Kali ini mimin bakal berbagi tips bagaimana memilih hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Setiap orang membuat website tentunya memiliki tujuan masih-masing. Ada yang menjadikan websitenya sebagai wadah untuk menumpahkan hobinya dalam menulis ataupun sebagai diary digital.

Ada juga yang membuat website dengan tujuan untuk mengumpulkan pundi-pundi dolar dari Ads atau iklan. Namun ada juga yang menjadikannya sebagai media untuk menunjukkan portfolio hingga untuk bisnis online.

Tahukah kamu? Memilih hosting terbaik harus disesuaikan dengan kebutuhan website kamu dalam arti website yang kamu gunakan bertujuan untuk apa.

Karena jenis website menjadi salah satu faktor untuk menentukan jenis hosting seperti apa yang akan digunakan untuk website tersebut.

Memilih paket hosting yang tepat sesuai kebutuhan sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemubaziran ataupun sebaliknya yakni hosting yang digunakan tidak memenuhi kebutuhan website kamu.

Banyak perusahaan hosting yang menawarkan berbagai paket hosting. Meskipun begitu tentu saja kamu harus memilih web hosting terbaik  Indonesia agar performa websitemu tetap terjaga.

” Tidak hanya memilih pasangan, memilih dan membeli nama domain dan hosting juga tidak bisa asal-asalan, harus cocok dan sesuai.”

Sebelum membahas mengenai tips memilih hosting, mari kita ulas terlebih dahulu seputar apa itu hosting dan jenis-jenis nya.

Pengertian Hosting

Hosting atau web hosting adalah tempat untuk menyimpan berbagai data yang ada di website kamu (file seperti gambar, video, dokumen dan lainnya). Berbagai data ini dapat diakses oleh audiens website kamu melalui internet.

Sedangkan perusahaan yang memiliki server dan menyewakannya melalui paket hosting yang ditawarkan disebut dengan provider hosting.

Jenis-jenis Hosting

Hosting terdiri dari beberapa jenis. Itu sebabnya mengapa kamu harus tahu tips memilih hosting terbaik sesuai kebutuhan agar kamu tidak salah membeli hosting.

Jenis hosting sendiri dibagi menjadi sebagai berikut:

Shared Hosting

Seperti namanya, shared yaitu dibagi jadi shared hosting yaitu layanan hosting terdiri dari satu server besar yang dibagi tempatnya untuk beberapa situs atau website.

Jenis hosting ini merupakan salah satu jenis hosting yang cocok untuk dibeli bagi kamu yang memiliki website seperti blog ataupun website yang hanya menampilkan portfolio. Karena data yang disimpan tidak begitu besar.

Karena kapasitas servernya dibagi untuk beberapa situs, tentunya harga hosting jenis ini biasanya cenderung lebih murah.

Cloud Hosting

Jika shared hosting memiliki web server dengan penyimpanan dibagi untuk beberapa situs, jenis hosting yang satu ini justru sebaliknya.

Cloud hosting merupakan jenis hosting dengan kualitas keamanan lebih baik. Mengapa lebih baik? Karena dengan menggunakan cloud hosting ini, terdapat beberapa server di berbagai lokasi sebagai tempat penyimpanan data yang ada di website kamu.

Dalam arti ketika server di Indonesia sedang bermasalah, website kamu tetap bisa diakses karena ada server lain yang menggantikan nya.

Jadi Cloud Hosting ini merupakan web hosting yang menggunakan beberapa server tidak hanya satu yang tersebar di beberapa titik dan terbagi di beberapa negara.

Cloud hosting ini biasanya memiliki tingkat kecepatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis hosting sebelumnya yaitu shared hosting.

Bagi kamu yang memiliki website yang membutuhkan daya lebih besar, jenis hosting yang satu ini bisa jadi rekomendasi web hosting yang cocok untuk website kamu.

Baca Juga  Memperkenalkan Hosting VPS Hosting Ultra Cepat Plesk

Mengenai harganya tentu saja cloud hosting memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan shared hosting.

WordPress Hosting

Jenis hosting berikutnya yaitu wordpress hosting yaitu layanan web hosting yang diperuntukkan website yang menggunakan platform wordpress.

Maraknya penggunaan platform wordpress saat ini, menjadikan jenis hosting yang satu ini cukup banyak diminati.

Bagi kamu yang menggunakan platform wordpress tentunya jenis hosting yang satu ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk website kamu.

Kelebihan daripada jenis hosting ini khususnya untuk kamu pengguna wordpress tentunya wordpress akan berjalan lebih optimal karena memang servernya dirancang dengan beberapa fitur khusus untuk memaksimalkan kerja wordpress.

Untuk harga dari layanan WordPress Hosting ini sendiri memiliki nilai yang lebih tinggi bahkan biasanya hampir setara dengan jenis hosting VPS.

Jika tertarik menggunakan WordPress Hosting, Exabytes memberikan penawaran harga yang begitu menarik disini.

VPS Hosting

Virtual Private Server atau biasa disingkat VPS adalah jenis hosting dimana terdapat beberapa situs yang ada pada server besar, konsep ini mirip dengan shared hosting.

Meskipun konsepnya sama, ada perbedaan yang harus kamu perhatikan yaitu jenis hosting VPS menjadikan setiap situs diperlakukan sebagai sumber daya dan mesin sendiri dengan teknologi virtualisasinya atau setiap situs memiliki akses root ke ruang virtual masing-masing.

Exabytyes juga menawarkan berbagai pilihan VPS Hosting dengan harga yang begitu menggiurkan. Lihat penawarannya disini.

Tips Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

Ada banyak sekali pilihan hosting, namun ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan dalam memilih hosting agar sesuai dengan kebutuhan website kamu.

Berikut ini beberapa tips yang harus kamu perhatikan dalam memilih hosting:

Sesuaikan Dengan Jenis Website

Jika melihat jenis hosting di atas tentu saja sangat jelas dalam memilih hosting sangat penting memperhatikan jenis website yang kamu miliki.

Karena setiap jenis hosting memiliki kriteria dan spesifikasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan website tersebut.

Jika website kamu hanya berupa blog, kamu bisa pilih jenis shared hosting. Bagi kamu yang memiliki website untuk bisnis dan ingin cepat berkembang, pilih jenis hosting terbaik bila perlu pilih hosting paket bisnis.

Jadi sebelum membeli paket hosting, lihat dulu jenis website yang kamu miliki agar layanan hosting yang kamu gunakan memiliki kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan website kamu.

Perhatikan Potensi Traffic

Salah satu yang harus kamu perhatikan dalam memilih hosting yaitu perhatikan potensi traffic website kamu.

Website yang memiliki traffic yang besar dibandingkan dengan website yang memiliki traffic yang normal atau tidak begitu banyak tentunya membutuhkan jenis hosting yang berbeda.

Jika traffic website kamu masih belum begitu besar, lebih baik kamu pilih jenis hosting shared hosting saja.

Lihat Bahasa Pemrograman Yang Digunakan

Tahukah kamu bahasa pemrograman yang digunakan pada website kamu juga cukup berpengaruh dalam hal pemilihan hosting.

Bahasa pemrograman akan mempengaruhi daya yang digunakan sehingga memperhatikan jenis bahasa pemrograman sebelum menentukan membeli paket hosting adalah hal yang cukup penting.

Lokasi Target Audience

Setiap perusahaan menawarkan web hosting dengan lokasi server yang berbeda tentunya. Agar performa website kamu tetap baik, salah satu tips memilih hosting terbaik yaitu perhatikan lokasi target audience.

Pilih web hosting dengan lokasi server sesuai dengan target audience kamu. Hal tersebut bertujuan agar kecepatan website kamu tetap stabil dan tidak mudah down.

Perhatikan Konten Website

Web hosting ibarat rumah sedangkan konten atau data merupakan penghuninya. Jadi sebelum membeli paket hosting, perhatikan jenis konten yang ada pada website kamu.

Baca Juga  Tips Foto Produk Bisnis Online dengan Kamera Ponsel

Jika konten website kamu lebih banyak menggunakan gambar atau video tentu saja data yang akan disimpan akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan website yang hanya berisi tulisan atau cerita.

Dengan begitu website yang memiliki konten yang lebih banyak memuat gambar atau video tentunya membutuhkan web hosting dengan performa yang baik agar website kamu tetap stabil.

Jadi coba lihat jenis kontenmu dulu, baru sesuaikan pilihan hosting terbaik untuk websitemu.

Fitur Website

Hal lain yang harus kamu perhatikan dalam memilih dan menentukan hosting yaitu dengan memperhatikan fitur apa saja yang ada pada website kamu.

Website dengan fitur yang sedikit dengan website yang memiliki fitur yang banyak tentunya membutuhkan kapasitas hosting yang berbeda.

Review Web Hosting

Memperhatikan review daripada hosting merupakan hal yang harus dilakukan agar kamu tidak salah pilih.

Dengan melihat berbagai review mengenai web hosting tentunya akan menjadi info dan masukan yang baik untuk kamu dalam menentukan hosting yang akan dipilih.

Namun dalam melihat review web hosting juga harus teliti dalam arti tidak hanya asal tapi mencari informasi review dari sumber yang terpercaya.

Perhatikan Kualitas Performa Server

Selain jenis hosting, kualitas daripada server dari tiap provider hosting tentunya memiliki kualitas yang berbeda.

Jadi sebelum membeli hosting, kamu wajib cari tahu dan cek bagaimana kualitas performa server dari tiap provider hosting.

Poin-poin penting yang bisa dinilai yaitu dari segi speed nya, kapasitas RAM, server sering mengalami down atau tidak, dan beberapa poin lainnya seperti jenis harddisk dan juga prosesornya.

Dari situ kamu bisa bandingkan kualitas server dari tiap-tiap perusahaan penyedia layanan hosting tersebut.

Mana yang paling banyak disebut memiliki kualitas performa server yang baik, itu bisa dijadikan rekomendasi web hosting yang akan kamu beli.

Perhatikan Layanan Supportnya

Down atau error merupakan hal yang tidak terpisahkan dari sebuah website. Salah satu penyebab website error yaitu salah satunya dari servernya.

Ketika terjadi kendala seperti ini, tentunya hal yang paling dibutuhkan yaitu layanan support dari provider hosting yang kamu gunakan.

Pastikan kamu memilih provider hosting dengan layanan support 24/7 dengan kualitas teknikal support yang handal.

Sehingga ketika terjadi sesuatu kendala pada website, kamu bisa langsung menghubungi dan berkonsultasi.

Untuk memberikan service full kepada pelanggan, Exabytes menyediakan layanan support 24/7 agar ketika terjadi kendala bisa langsung ditindaklanjuti.

Murah Berkualitas

Harga murah memang menjadi tawaran yang menarik dalam membeli barang atau apapun begitupun dengan hosting.

Setiap provider web hosting menawarkan berbagai jenis dan paket hosting dengan tawaran yang menarik dan beragam.

Pilih hosting sesuai dengan budget dan kebutuhan. Jika ada yang murah tapi berkualitas mengapa tidak?

Hosting Terbaik 2019

Coba lihat satu persatu mana yang paling banyak memberikan keuntungan seperti harga murah namun memiliki kualitas yang baik.

Jika ditahun ini kamu baru mencari provider web hosting yang cocok untuk paket hosting yang mau kamu beli untuk website yang baru akan kamu buat, exabytes bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Exabytes menyediakan hosting terbaik 2019 dengan berbagai promo menarik. Beli paket hosting di Exabytes, kamu tidak perlu lagi membeli domain. Karena setiap pembelian paket hosting akan mendapatkan gratis domain.

Bagi yang ingin beralih menggunakan hosting dari Exabytes, kalian juga bisa bermigrasi dengan memilih berbagai jenis hosting sesuai dengan kebutuhan kamu yang tersedia di Exabytes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here