Prediksi Tren Bisnis Tahun 2023 Yang Menarik Minat Konsumen

0
1725

Memasuki tahun baru, ada sejumlah prediksi tren bisnis tahun 2023 yang akan booming dan diminati oleh banyak konsumen.

Menjelang akhir tahun 2022, banyak bisnis viral yang diminati banyak orang. Memulai bisnis afiliasi, menjadi pembuat konten, menjual makanan Korea, minuman kekinian, toko barang bekas, dan banyak lagi.

Selain itu, sepanjang tahun 2022, masih banyak lagi hal yang viral dan trend lainnya yang diprediksi akan menjadi model bisnis baru di tahun 2023. Salah satunya adalah meningkatnya minat terhadap motor dan mobil listrik di tahun 2022 yang akan membuka peluang bisnis baru di tahun-tahun mendatang. Misalnya usaha reparasi mobil listrik, asuransi mobil listrik, dll.

Seiring dengan perkiraan industri motor dan mobil listrik, beberapa tren bisnis lainnya diperkirakan akan mendongkrak persaingan pasar di tahun 2023.

Ingin tahu seperti apa prediksi tren bisnis tahun 2023? Simak sampai selesai ya Exabytes friends!

Prediksi Tren Bisnis Tahun 2023

Mulai dari bengkel motor atau mobil listrik hingga bisnis yang berkelanjutan, berikut prediksi tren bisnis tahun 2023 yang akan diminati konsumen!

tren bisnis tahun 2023

Bengkel Untuk Kendaraan Listrik

Perkembangan motor dan mobil listrik di Indonesia berkembang pesat. Menurut United States Environmental Protection Agency, kendaraan listrik menggunakan baterai sebagai pengganti tangki bensin dan menggunakan motor listrik sebagai pengganti mesin pembakaran BBM.

Semakin banyaknya peminat kendaraan listrik tentunya akan membuka peluang bisnis baru yang sangat potensial yaitu bengkel kendaraan listrik.

Apalagi, pemerintah juga telah melegalkan konversi mobil konvensional menjadi mobil listrik. Artinya, akan ada peningkatan permintaan pabrik mobil listrik. Bahkan, pemerintah juga membuka kemungkinan bagi bengkel umum untuk menawarkan konversi mobil listrik.

Bengkel umum yang berminat dapat mendaftar dengan menyesuaikan ketentuan yang diatur dalam Permenhub. Apakah Exabytes friends ingin mencobanya?

Asuransi Kendaraan Listrik

Menurut data Vehicle Type Approval, 21.987 kendaraan listrik saat ini lalu lalang di tanah air dan akan terus bertambah. Seiring meningkatnya jumlah pengguna kendaraan listrik, permintaan akan produk asuransi kendaraan listrik juga diperkirakan akan meningkat.

Menurut data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), premi asuransi kendaraan bermotor mencapai Rp 13,04 triliun pada kuartal III 2022.

Jumlah ini meningkat sekitar 19,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Diperkirakan jumlah peminat asuransi kendaraan listrik juga akan meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna kendaraan listrik di Indonesia. Peluang ini merupakan tren yang menarik untuk dicoba di tahun 2023.

Transformasi Digital

Pasca pandemi, banyak orang merasa perlu go digital. Bagi bisnis dan UMKM, transformasi digital sangat penting untuk pertumbuhan bisnis.

Perlu diketahui bahwa transformasi digital mencakup banyak bidang. Ini termasuk penggunaan media sosial, pembuatan website, penggunaan e-commerce dan penggunaan teknologi dan internet lainnya dalam kegiatan bisnis. Artinya, permintaan akan layanan pihak ketiga yang dapat membantu mengelola transformasi digital juga akan meningkat.

Misalnya, layanan manajemen media sosial, agensi digital, pengembang web, pusat data, dll. Skill di dunia digital akan menjadi modal bagi kamu yang ingin mencoba pekerjaan ini.

Penasihat Keuangan dan Investasi

Sepanjang tahun 2022, dunia bisnis dan ekonomi diguncang inflasi dan resesi. Tak hanya itu, biaya menaikkan suku bunga juga cukup berat bagi masyarakat dan pelaku usaha.

Untuk mengatasinya, banyak orang yang menggalakkan perilaku gaya hidup sederhana dan efektif untuk menggunakan dana yang tersedia sehemat mungkin.

Namun, perencanaan keuangan yang akurat tidaklah mudah. Oleh karena itu, kehadiran penasihat keuangan dan investasi tampaknya semakin diperlukan. Selain itu, banyak orang yang ragu untuk membeli properti seperti KPR karena kabarnya biaya simpanan akan meningkat.

Jika kamu memiliki latar belakang keuangan dan investasi yang kuat, kamu dapat melalui prosedur tertentu, memberikan layanan sebagai konsultan. Peluang tren bisnis tahun 2023 ini sangat layak untuk dicoba.

Pengalaman Pelanggan Yang Imersif

Metaverse – tagline yang digunakan oleh para futuris untuk menggambarkan “tingkat berikutnya” dari internet, tempat kita berinteraksi dengan brand dan konsumen lain melalui teknologi imersif, termasuk lingkungan 3D dan VR – di situlah hal ini terjadi.

Pikirkan toko online tempat kita dapat menelusuri dan “mencoba” sampel pakaian, perhiasan, dan aksesoris virtual. Kita dapat menggunakan kamar pas virtual untuk membuat avatar kita sendiri – seperti yang dipelopori oleh Hugo Boss di bidang ini – atau kita dapat menggunakan AR, seperti yang dilakukan Walmart, untuk melihat bagaimana pakaian tersebut akan pas dengan tubuh asli kita.

Tren ini akan berdampak pada ritel online dan offline.

tren bisnis tahun 2023

Tantangan Sumber Daya

Selama setahun terakhir, telah terjadi gerakan besar-besaran sumber daya yang menyerah dan diam-diam menyerah untuk mengikuti hasrat mereka. Hal ini memberikan tekanan pada perusahaan untuk mendapatkan karir yang menarik, kombinasi kerja yang fleksibel, lingkungan kerja yang menarik dan budaya perusahaan.

Selain itu, transformasi digital yang dipercepat (tren di atas) mengarah ke otomatisasi tempat kerja yang lebih banyak, yang akan meningkatkan hampir setiap pekerjaan di dunia. Manusia akan semakin berbagi pekerjaannya dengan mesin pintar dan robot cerdas, yang akan berdampak besar pada keterampilan dan bakat yang dibutuhkan bisnis di masa depan.

Ini berarti melatih kembali dan mengembangkan orang-orang dalam bisnis kita dan mempekerjakan orang-orang baru dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk masa depan.

Di satu sisi, bisnis harus mengatasi kesenjangan keterampilan yang besar yang ada di bidang-bidang seperti ilmu data, AI, dan bidang teknologi lainnya, sambil memastikan bahwa tenaga kerja dapat bekerja sama dengan mereka dan mengembangkan keterampilan unik mereka yang saat ini tidak dapat diotomatisasi.

Pada tahun 2023, itu akan mencakup keterampilan seperti kreativitas, pemikiran kritis, komunikasi antarpribadi, kepemimpinan, dan penerapan kualitas “manusiawi” seperti perhatian dan empati.

Bisnis Yang Berkelanjutan

Prediksi tren bisnis tahun 2023 yang terakhir berasal dari bisnis yang berkelanjutan. Saat ini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan alam.

Hal ini terlihat dari berkurangnya penggunaan sedotan plastik dan semakin banyak orang yang terbiasa membawa alat makan sendiri.

Dengan kondisi tersebut, peluang bisnis yang berkelanjutan semakin menjanjikan. Ada banyak contoh bisnis berkelanjutan yang bisa kamu coba, mulai dari bisnis sayur organik, bisnis ekowisata, jual tas belanja, kerajinan daur ulang, dan lainnya.

Selanjutnya, kamu juga bisa menerapkan konsep bisnis berkelanjutan pada bisnis yang sudah ada. Misalnya, mengurangi penggunaan kemasan plastik dan menerapkan prinsip zero waste.

Diatas adalah beberapa prediksi tren bisnis tahun 2023 yang akan booming dan diminati konsumen. Tertarik untuk mencobanya?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments