Kamu Seniman? Upload Karyamu di Website Sendiri Dengan Domain.ID

69
Kamu Seniman_ Upload Karyamu di Website Sendiri Dengan Domain.ID
4 min read

Berbicara mengenai seniman, Indonesia memiliki banyak sekali seniman-seniman dengan hasil karya nya yang luar biasa.

Akan tetapi, seniman asal Indonesia masih kurang pamor di kancah dunia jika dibandingkan dengan seniman mancanegara.

Bukan karena karyanya yang kurang bagus, namun tidak sedikit dari mereka yang belum bisa memasarkan dirinya sendiri khususnya memamerkan karya nya kepada dunia luar.

Kebanyakan seniman dalam negeri lebih suka mengikuti acara pameran secara langsung ketimbang membuat satu wadah yang khusus berisi semua karya-karya nya.

Bagi desainer mungkin ada behance dan dribbble yang bisa menjadi salah satu wadah untuk pamer karya.

Namun bagi seniman seperti muralis misalnya belum ada platform yang khusus dibuat bagi para muralis untuk memperlihatkan portfolio nya kepada masyarakat luas.

Lalu, bagaimana solusinya?

Coba tengok seniman-seniman mancanegara, mereka tidak hanya berkarya tapi juga disiplin dalam hal menyimpan karya nya caranya yaitu dengan membuat website pribadi.

Website, Galeri Pribadi Online

Membangun portfolio menjadi salah satu hal yang penting. Sehebat apapun teknik melukis kamu, seindah apapun hasil karyamu percuma jika tidak banyak orang yang tahu.

Dengan membangun portfolio, semua karya-karyamu dapat disimpan secara rapi, peluang untuk mendongkrak popularitas pun jauh lebih besar.

Jika portfolio mu banyak dan terpelihara secara baik, orang pun akan dengan mudah menemukanmu.

Website menjadi salah satu opsi yang bisa kamu pilih sebagai tempat untuk unjuk gigi memamerkan hasil karya terbaikmu.

Dengan memiliki website pribadi, di mata masyarakat luas kamu terlihat lebih profesional. Tidak hanya itu, website menjadi galeri pribadi online kamu dimana banyak orang yang akan berkunjung dan melihat lihat karya senimu.

Menjual Hasil Karya di Website Pribadi

Fungsi daripada membuat website sendiri tidak hanya sebatas tempat untuk portfolio tapi kamu juga bisa menjadikan website ini sebagai tempat untuk jualan.

Satu website tapi memiliki fungsi yang berlipat. Orang tidak hanya bisa melihat portfolio kamu tapi juga dapat membeli karya seni kamu.

Sayangnya masih sedikit yang sadar akan pentingnya membuat website sendiri untuk membangun portofolio  dan membranding diri sendiri.

Cara Membuat Website untuk Portfolio

Setelah membaca ini, semoga hati kalian tergerak untuk membuat website pribadi. Karena bagaimanapun hal ini tentunya baik untuk karir dirimu sendiri.

Bagi kamu yang masih awam dan bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja karena mimin bakal berbagi bagaimana cara membuat website.

Beli Domain dan Hosting

Sama hal nya dengan membuat website pada umumnya langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu membeli domain dan hosting.

Sebelum membeli domain, tentukan terlebih dahulu nama brand kamu atau kamu juga bisa memilih domain dengan nama kamu sendiri.

Banyak pilihan ekstensi domain seperti .id, .co.id, .com, dan masih banyak lagi. Untuk memberikan karakter yang kuat bahwa kamu adalah seniman asal Indonesia, mimin sarankan kamu pilih Domain.ID.

Selain domain, kamu juga harus sewa server yaitu dengan membeli hosting dimana hosting ini yang akan menampung data-data di website kamu.

Ada saran lagi nih saat kamu membeli domain dan hosting, agar kamu tidak ribet lebih baik kamu membeli domain dan hosting di satu provider.

Kamu bisa beli Domain dan Hosting di Exabytes karena membeli satu paket domain dan hosting sekaligus akan ada penawaran yang menarik.

Design Website dan Membuatnya

Jika kamu ingin terlihat lebih serius dan profesional, kamu bisa membuat website dengan desain sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu.

Untuk mendesain website kamu tak perlu khawatir, walaupun kamu tidak ahli dalam membuat atau mendesain website kini banyak jasa yang menawarkan produk website secara custome.

Jika belum ada budget untuk itu, kamu bisa menggunakan template gratisan yang banyak tersedia.

Pilih Platform Untuk Website Kamu

Banyak sekali jenis platform yang bisa kamu pilih untuk digunakan pada website kamu. Salah satu yang paling terkenal dan banyak digunakan saat ini yaitu WordPress.

Salah satu jenis CMS (Content Management System) ini bersifat open source dan juga memiliki berbagai plugin dan template sehingga memudahkan kamu dalam membuat website pribadi.

Pilihan yang satu ini cocok buat kamu yang pemula dan memiliki budget yang begitu besar. Jika kamu ingin website kamu lebih profesional dan memiliki tampilan dan desain yang berbeda mungkin opsi sebelumnya bisa kamu pilih.

Akan tetapi tentu saja opsi yang sebelumnya ini akan jauh lebih mahal dan menguras budget.

Masih banyak sekali jenis platform untuk sebuah website. Mimin telah merangkumnya dan kamu bisa melihatnya disini.

Baca Juga  Apa saja yang harus kamu persiapkan untuk datang ke Exabytes E-Commerce Conference

Unggah Karyamu

Jika domain dan hosting sudah beli, desain website juga sudah jadi sisanya tugasmu adalah mengupload semua hasil karyamu ke dalam website pribadi kamu.

Sebelum diupload pastikan kamu menyiapkan berbagai foto karya yang bagus dalam arti kualitas foto hasil karyamu bagus.

Karena hasil karya yang indah tidak akan tersampaikan jika kamu asal memotretnya. Jadi pastikan kualitas fotomu bagus ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here