15 Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Yang Kecil

0
1038

Coba usaha sampingan karyawan agar mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa dimulai dengan modal kecil.

Bekerja sambil berbisnis? Rasanya hal tersebut sudah tidak asing lagi terutama di zaman sekarang ini. Seiring dengan semakin terbukanya peluang untuk bisa menjalankan usaha sampingan karyawan, semakin banyak orang yang sadar betapa pentingnya memiliki penghasilan tambahan.

Yuk simak beberapa ide atau pilihan usaha sampingan karyawan yang bisa dimulai bahkan dengan modal kecil. Ada yang hanya perlu berbekal kuota internet dan laptop saja loh Exabytes friends!

Pilihan dan Ide Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Sebenarnya, ada banyak usaha sampingan karyawan yang bisa kamu coba. Akan tetapi, semua tergantung pada niat, tekad, keinginan, serta kemampuan. Berikut adalah beberapa pilihan usaha sampingan karyawan yang bisa dilakukan meski dengan modal yang terbatas:

Menjual Makanan Untuk Sarapan

usaha sampingan karyawa dengan menawarkan menu sarapan
Sumber: flickr

Merasa perlu mendapatkan uang tambahan karena penghasilan sebagai karyawan belum cukup menutupi kebutuhan harian? Jika demikian, itu artinya kamu harus memiliki usaha sampingan karyawan. Misalnya dengan menjual makanan untuk sarapan.

Ide usaha ini terdengar menjanjikan terlebih jika kebanyakan rekan kerja merupakan anak kos yang tinggal jauh dari orangtua atau keluarga. Itu artinya, ada peluang besar mereka akan membeli makanan untuk sarapan dari kamu.

Sebenarnya, tidak harus mempersiapkan semuanya sendiri. Cari tahu apa saja menu sarapan favorit rekan-rekan di tempat kerja dan kemudian cari penjual berkualitas. Kemudian, kamu bisa membeli makanan dari penjualan yang kamu percaya. Tentunya, bisa disesuaikan dengan pesanan para rekan kerja.

Adapun jumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan tergantung dari harga yang kamu tawarkan. Namun, sebaiknya tetap kompetitif dan tidak terlalu mahal agar usaha ini bisa berjalan terus menerus.

Membuka Jasa Cuci Motor

membuka cuci motor sebagai usaha sampingan karyawa
Sumber: flickr

Membuka jasa cuci motor juga merupakan ide usaha sampingan karyawan yang patut dipertimbangkan. Terlebih, kamu bisa memulainya tanpa perlu modal yang besar.

Apabila tidak memungkinkan langsung turun tangan karena kesibukan saat bekerja, kamu bisa menggunakan jasa orang lain. Karyawan punya karyawan? Tidak masalah. Di tempat usaha sendiri, kamu itu bosnya, jadi bisa mencari karyawan yang siap bekerja dalam mencuci motor pelanggan yang datang.

Membuat Warkop Sederhana

Warkop tampaknya bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Itu artinya, kamu bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan karyawan. Tidak harus besar, cukup buat warkop sederhana yang buka setelah jam kerja di kantor selesai. 

Dengan begitu, kamu bisa menjalankan usaha tersebut tanpa harus membayar orang lain untuk membantumu. Ini tentunya lebih hemat biaya sehingga usaha bisa dimulai meski dengan modal kecil.

Menjadi Influencer

Influencer atau content creator tentu begitu familiar. Bagi yang punya banyak jumlah pengikut di media sosial tertentu, ini bisa menjadi kesempatan agar bisa memulai usaha sampingan karyawan.

Bahkan saat ini, seperti yang bisa kamu lihat, ada banyak karyawan yang menjadi influencer dan menjadikannya sebagai usaha sampingan karyawan. Bahkan tidak sedikit pula yang pada akhirnya memutuskan untuk berfokus sebagai pembuat konten atau influencer sehingga memilih resign dari pekerjaan sebelumnya.

Terdengar menjanjikan, bukan?

Membuat Podcast

Apabila memiliki ide-ide cemerlang dan kamu percaya diri untuk bisa membagikan ide-ide tersebut melalui suara merdu, mengapa tidak membuat podcast? Ya, ini bisa menjadi cara memulai usaha sampingan sebagai karyawan.

Ternyata, podcast merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Ada banyak pilihan model monetasi, seperti sponsor, iklan, dan lainnya. Dengan semakin banyaknya pendengar setia dari setiap konten podcast yang kamu bagikan, semakin besar pula peluang untuk bisa menghasilkan cuan.

Menjadi Penerjemah

Menjadi penerjemah juga merupakan ide usaha sampingan karyawan yang bagus. Mengapa? Bukan hanya mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga pengalaman untuk memperdalam kemampuan.

Jasa penerjemah tentu bisa disesuaikan dengan kemampuan, misalnya bahasa tertentu yang kamu kuasai. Bisa Bahasa Inggris, Jerman, Arab, dan lainnya. Untuk membuka peluang satu ini, coba manfaatkan portal pencari kerja yang menawarkan pekerjaan sebagai penerjemah paruh waktu atau pekerja lepas.

Memulai Jasa Pengetikan

Sudah terbiasa membantu orang-orang terdekat dalam mengerjakan pengetikan? Jika saat ini sedang memikirkan usaha sampingan karyawan, tentu kamu bisa segera memulai jasa pengetikan. Mulai untuk menawarkan jasa tersebut di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Jadi, pada saat ada orang yang perlu bantuan, kamu bisa melakukan pekerjaan tersebut. Namun, sampaikan pada peminat jasa pengetikan kapan biasanya kamu bisa melakukan pekerjaan, apakah sebelum berangkat kerja atau setelah pulang kerja.

Makelar Properti

Suka dunia properti namun tidak bisa fokus berkarir di sana karena sudah bekerja dan menjadi karyawan di tempat lain? Tenang saja, kamu tetap bisa menikmati hari-hari terlibat sebagai makelar properti yang merupakan salah satu usaha sampingan karyawan.

Itu artinya, selain mendapatkan pengalaman di dunia properti, kamu juga berpeluang mendapatkan uang saat bisa menjual properti melalui komisi yang didapatkan.

Bergabung Sebagai Agen Asuransi

Menjadi agen asuransi juga bisa menjadi usaha sampingan karyawan yang patut dipertimbangkan. Dengan komisi yang menjanjikan serta berbagai keuntungan lain, tidak ada salahnya untuk segera bergabung sebagai agen asuransi.

Jam kerja agen asuransi pada umumnya sangat fleksibel sehingga bisa kamu sesuaikan dengan waktu luang. Misalnya setelah pulang kerja atau di hari libur. Dengan begitu, kamu bisa membuka peluang yang lebih besar agar bisa mendapatkan uang selain dari gaji utama dari bekerja sebagai karyawan.

Menawarkan Aneka Bumbu Instan Siap Pakai

Usaha sampingan karyawan memang banyak dicari terlebih bagi mereka yang merasa gaji atau penghasilan bulanan masih belum bisa menutupi kebutuhan finansial.

Salah satu ide atau pilihan usaha yang pas bagi karyawan adalah menawarkan aneka bumbu instan siap pakai. Kamu bisa menawarkan produk tersebut mulai dari lingkungan tempat kerja maupun lingkungan tempat tinggal. Kemudian, bisa juga memperluas target pasar dengan menawarkan produk jualan di media sosial.

Bumbu instan siap pakai sangat praktis sehingga banyak orang yang memerlukannya. Oleh sebab itu, menawarkan aneka bumbu instan siap pakai bisa menjadi pilihan usaha sampingan bagi karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Menyediakan Jasa Fotografi dan Videografi

usaha sampingan karyawan menjadi fotografer sebagai usaha sampingan karyawa
Sumber: flickr

Punya bakat dalam fotografi dan videografi? Ini tentunya bisa menjadi ide usaha sampingan karyawan. Ya, menyediakan jasa satu ini bisa dilakukan di luar jam kerja sehingga kamu tetap bisa produktif tanpa harus mengganggu jam kerja.

Misalnya, dengan menawarkan jasa fotografi dan videografi pada mereka yang akan menyelenggarakan acara tertentu, seperti pernikahan atau lainnya. Namun, pastikan terlebih dahulu waktu yang klien minta. Dengan begitu, kamu tetap bisa bekerja sebagai karyawan dan penyedia jasa fotografi secara profesional.

Melakukan Trading Saham

Investasi dengan cara melakukan trading saham juga bisa menjadi pilihan usaha sampingan karyawan. Selain saham, karyawan yang sedang mencari usaha sampingan juga bisa melakukan trading instrumen investasi lain seperti bitcoin atau lainnya.

Namun, apabila ingin memulai usaha sampingan satu ini, tentu kamu harus memperhitungkan risiko dan potensi keuntungan dengan baik. Selain itu, pastikan juga sudah membekali diri dengan informasi, pengetahuan, serta pengalaman dalam berinvestasi agar tidak salah langkah sehingga tetap bisa mendapatkan cuan.

Penulis Lepas

Perlu usaha sampingan karyawan lainnya? Bagi yang punya bakat atau hobi menulis, tentu saja bisa menjadi penulis lepas. Menjadi freelancer sebagai penulis akan bisa memberikan pendapatan tambahan. Dengan begitu, kamu bisa melakukan usaha sampingan bahkan tanpa modal besar.

Saat ini, ada banyak cara menjadi penulis lepas, misalnya dengan membuat akun di platform yang menyediakan berbagai pekerjaan atau projek untuk para penulis lepas.

Menjadi Asisten Virtual

Dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, tidak ada salahnya mencoba peruntungan sebagai asisten virtual. Usaha sampingan karyawan satu ini juga bisa kamu lakukan dengan jam kerja yang fleksibel. Adapun penghasilan yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan penawaran dari klien.

Bila memungkinkan, kamu juga bisa menembus pasar yang lebih luas dengan bayaran selain rupiah. Jadi, sudah pasti usaha sampingan satu ini sangat disukai para karyawan yang ingin mendapatkan pendapatan yang lebih.

Membuat Toko Online

Selain beberapa ide usaha sampingan karyawan di atas, kamu juga bisa membuat toko online. Berjualan online tidak mengharuskan memiliki toko fisik sehingga kamu bisa melayani pelanggan kapan saja.

Dengan begitu, pekerjaan sebagai karyawan juga tetap bisa berjalan seperti biasa. Perlu website untuk toko online? Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional seperti dari Exabytes. Jadi, website bisa dibuat sesuai kebutuhan dan keinginan kamu sebagai pemilik toko tersebut.

Adanya website bertujuan untuk mempermudah calon pelanggan atau pembeli mendapatkan produk atau barang yang mereka perlukan.

Kesimpulan

Meski dengan modal yang kecil, karyawan tetap bisa memulai usaha. Terlebih dengan banyaknya pilihan dan ide usaha sampingan karyawan yang bisa berjalan di luar jam kerja.

Memiliki penghasilan tambahan tentu merupakan dambaan setiap orang, terutama bagi para karyawan dengan penghasilan minim atau pas-pasan. Dengan begitu, ada peluang dan harapan untuk bisa menambah pundi-pundi rupiah di masa mendatang.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments