Rekap WordCamp Asia 2023, Ada Apa Saja Ya?

0
1519

Mencari rekap WordCamp Asia 2023? Kami di sini untuk membantu Exabytes friends!

Tahun ini, WordCamp meluncurkan acara unggulan pertamanya di Asia karena minat terhadap komunitas WordPress terus tumbuh secara global. Dan dengan WordPress yang berusia 20 tahun ini, ini adalah waktu yang tepat untuk merayakan dengan tempat baru – terutama setelah ditunda karena pandemi pada tahun 2020.

WordCamp Asia 2023 dijadwalkan pada 17-19 Februari di Bangkok, Thailand dan Exabytes dengan bangga mensponsori acara tersebut dan mengirimkan tim langsung untuk hadir. Meskipun sangat menyenangkan melihat semua orang di sana, acara tersebut akan disiarkan langsung bagi mereka yang tidak dapat hadir.

Terus periksa artikel ini untuk rekap tentang apa yang terjadi di acara tersebut ya!

Pertama WordCamp Asia!

wordcamp asia 2023

Singkatnya, acara ini sebelumnya sering diadakan di wilayah seperti Amerika Serikat, Eropa, dan Amerika Tengah. Namun acara tahun ini berfokus pada kota Bangkok, Thailand, sebagai kesempatan unik bagi kreator dan inovator untuk menemukan ide baru terkait proyek open source WordPress.

Mengapa Diadakan di Bangkok, Thailand?

Bangkok, Thailand terletak di tengah Asia, menjadikannya pilihan ideal untuk aksesibilitas. Ini memiliki kehidupan kota yang ramai yang dipenuhi dengan pasar makanan, pantai, dan bangunan bersejarah yang membantu menarik wisatawan dari seluruh dunia. Banyak pengusaha dan pemula juga menemukan ini sebagai budaya perusahaan yang diinginkan, membantu memicu rasa ingin tahu ketika membangun teknologi yang lebih baik untuk masa depan.

Acara ini diadakan di True Icon Hall di ICONSIAM, sebuah ruang pengembangan multiguna yang terletak di dekat Sungai Chao Phraya. Di sini, para tamu akan mengalami kombinasi belanja, bersantap, dan hiburan yang merayakan budaya lokal. Dan tentunya, WordCamp Asia punya maskotnya sendiri, Chao Phraya Boat Wapuu!

maskot wordcamp asia 2023 - Chao Phraya Boat Wapuu

Apa Itu WordCamp?

Acara WordCamp memungkinkan kreator dan inovator untuk berpartisipasi dan berbagi ide tentang cara meningkatkan platform WordPress.

Hal keren tentang WordCamp adalah kamu tidak perlu menjadi ahli di bidang kamu untuk hadir. Sebagian besar startup menggunakan acara ini sebagai titik awal untuk bertanya kepada pakar industri dan mendapatkan umpan balik dari latihan pembelajaran langsung.

Pada akhirnya, getaran keseluruhannya adalah tentang membangun hubungan dan mendukung komunitas WordPress dalam segala hal.

Ada Apa di WordCamp Asia 2023?

Acara 3 hari ini memiliki 55 sesi dan penyelenggara melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam memastikan ada sesuatu untuk semua orang, tidak peduli bagaimana kamu menggunakan WordPress dan tingkat pengalaman kamu.

Berikut adalah beberapa sesi yang telah dicatat:

Le-an Lai Lacaba: How To Create A Content Machine

Lacaba menjelaskan bagaimana konten membantu membangun kepercayaan dan otoritas. Ini menjelaskan bagaimana konten tumpang tindih di seluruh platform dan menyarankan cara memulai dengan satu platform dan kemudian membangun di platform lainnya. Hal-hal penting yang harus dipikirkan antara lain: Apa keahlian kamu, apa yang menantang audiens kamu, apa yang kamu sukai.

Catatan terbaik: Konsisten, terus menguji, terus belajar sesuatu yang baru, dan minta umpan balik.

Shilpa Shah: Starting Your WordPress Blog – The First 6 Months

Shah membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai blog selama enam bulan pertama, dan menelusuri daftar hal-hal penting yang harus disertakan (termasuk halaman Tentang Saya dan halaman Hubungi Kami). Ini juga menjelaskan cara membuat rencana konten dan cara menindaklanjuti strategi dan sasaran yang kamu tetapkan untuk diri sendiri.

Catatan terbaik: Perlakuan pembaruan algoritme Google sebagai kesempatan untuk belajar dan meningkatkan – ini akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna.

Topher DeRosia: Success Stories of HeroPress

DeRosia mendalami pentingnya proyek HeroPress, berbagi cerita inspiratif dari kontributor WordPress. Diskusi berfokus pada bagaimana proyek berdampak positif pada kehidupan kontributor dengan menghubungkan orang-orang dari berbagai latar belakang, budaya, dan pola pikir.

Catatan terbaik: HeroPress menunjukkan seberapa besar kepedulian komunitas kami terhadap satu sama lain. Ini adalah kumpulan esai yang sangat pribadi tentang komunitas kami yang membantu menempatkan individu pada jalur rasa memiliki dan bekerja.

Francesca Marano: The Ultimate Newsroom QA: how to manager your editorial workflow like a boss

Francesca memandu kami melalui langkah-langkah/proses pembuatan blognya pada tahun 2013. Dia menceritakan kisah manajemen feed editorialnya sendiri dan bagaimana membuat prosesnya transparan bagi mereka yang tertarik untuk memulai sebuah blog.

Catatan terbaik: Tiga nilai penting untuk sebuah blog harus mencakup: buat artikel dapat dibaca, pastikan artikel dapat diindeks, dan posisikan sehingga dapat dibagikan.

Thijs de Valk: You’re optimizing the wrong things

Sebagai CEO Yoast, de Valk menjelaskan mengapa pengusaha sering mengoptimalkan hal yang salah di situs web mereka karena gangguan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produk dan tidak terlalu fokus pada pengujian A/B dan iklan berbayar. Dia juga menunjukkan bahwa SEO adalah bentuk pemasaran yang lebih stabil dan harus digunakan untuk lebih memahami perilaku pelanggan tentang produk kamu.

Catatan terbaik: Periklanan bukanlah hal yang selalu hijau untuk dipertahankan dalam bisnis. Segera setelah bisnis berhenti beriklan, lalu lintas juga berhenti.

Alberto Medina: Why WordPress Should Care About the Creator Economy

Untuk memanfaatkan ekonomi kreator, WordPress perlu memudahkan kreator untuk masuk dan memulai. Kami perlu berinovasi dalam format konten yang dapat disusun, alat penulisan, dan menjembatani kesenjangan antara konsumsi konten dan pengalaman menulis.

Catatan terbaik: Pikirkan platform yang dapat menjangkau audiens kamu dengan mudah dan pastikan platform tersebut terintegrasi dengan ekosistem/saluran kamu untuk cakupan maksimum.

Benjamin Evans: How you can contribute Localized content to the Learn WordPress site

Evans membahas pelokalan konten dan pentingnya dalam memperluas jangkauan dan memperluas komunitas. Dia juga menyoroti upaya untuk menarik lebih banyak duta lokal, sehingga mereka dapat membantu menerjemahkan konten pembelajaran ke dalam bahasa lokal.

Catatan terbaik: Pelokalan konten benar-benar dapat membantu memperkuat dampak dan jangkauan WordPress dengan membuatnya dapat diakses oleh orang-orang di seluruh dunia.

Carole Olinger: Stepping Back To Move Forward

Carole berbicara dengan indah tentang pentingnya perawatan diri dan terbuka tentang kesehatan mental, terutama saat berada di WordCamp!

Catatan terbaik: Fokus pada prioritas kamu dan jadikan menjaga diri sendiri sebagai prioritas. Penting untuk mengutamakan kesehatan kamu karena kesehatan mental sangat penting. Tidak perlu takut atau malu untuk meminta bantuan.

Karim Marucchi: Successfully Marrying Open Source and Large MarTech Stacks

Marucchi menyoroti bagaimana sistem sumber tertutup dapat dipasang ke WordPress menggunakan tumpukan MarTech sumber terbuka. Ini menyoroti manfaat utama dan menjelaskan bagaimana perusahaan tidak perlu mengikat vendor, memungkinkan mereka pindah kapanpun mereka mau. Ini juga melihat bagaimana agensi di seluruh perusahaan bertanya bagaimana cara mengambil sumber daya SaaS terpisah dan menempatkannya di data lake untuk digunakan di luar sistem itu.

Catatan terbaik: Memiliki data sendiri itu penting. WordPress memposisikan dirinya sebagai pusat dari semua data lake. Kami dapat menjadi jawaban untuk merek besar dan menciptakan pengalaman omni channel.

Ajit Bohra: The Power Of Empathy

Ajit berbicara tentang empati dan menawarkan anekdot pribadi tentang kekuatan berada di sekitar orang dan menemukan kebaikan dalam diri orang. Beberapa poin utamanya adalah bahwa “Keegoisan adalah jalan menuju kecemasan” dan “bekerja dengan manusia dan bukan sumber daya”.

Catatan terbaik: Kita harus belajar menjadi manusia dan menghindari pendekatan emosional robotik. “Jadilah baik, berbuat baik dan semuanya akan mengikuti”.

Michelle Frechette: Look for the Good

Kami telah membahas banyak hal sejak tahun 2020 sebagai komunitas global. Michelle memuji kisah WordPress-nya dan pentingnya komunitas dalam hidupnya. Menyentuh kebaikan orang membuat hidup setiap orang lebih baik dan lebih menyenangkan. Bagaimana kita membuat kemajuan? Harapan di komunitas akan menyatukan orang dan menciptakan “kebaikan” di komunitas.

Catatan terbaik: Terus bangun CMS yang menyatukan orang. Masih banyak ruang untuk mengatasi masalah aksesibilitas saat ini dan kelemahan multibahasa.

Jonathan Wold: Business Models in the WordPress Ecosystem

Wold menjelaskan berbagai jenis model bisnis di WordPress, beserta karakteristiknya. Ini juga membahas pro dan kontra dan bagaimana model bisnis ekosistem untuk WooCommerce (Freemium, Premium, dan Ecosystem) bekerja.

Dia juga merekomendasikan untuk mengevaluasi produk kamu secara objektif untuk melihat apakah kamu siap untuk tumbuh dan mendukung pertumbuhan itu. Jika demikian, pertimbangkan untuk bermitra dengan bisnis lain dalam ekosistem dengan audiens dan minat khusus yang serupa.

Catatan terbaik: Sangat penting untuk terhubung dengan pendiri yang berpikiran sama untuk terhubung, berkolaborasi, dan meningkatkan peluang sukses semua orang. Kamu dapat melakukannya dengan menghadiri lebih banyak WordCamps, tampil di ruang komunitas, bertemu promotor, dan membangun hubungan pribadi.

Hari Shanker: Ten Minutes on Five for the Future: A commitment to WordPress and the Open Web

Shanker menekankan pentingnya menemukan peluang untuk memberi kembali kepada komunitas WordPress. Dia menjelaskan bagaimana agen, besar dan kecil, memiliki kesempatan untuk mengadvokasi klien mereka, hanya dengan memberikan kontribusi.

Catatan terbaik: Sesuaikan keterampilan kamu dengan kebutuhan proyek yang paling kamu siap untuk berkontribusi. Bangun perlahan, bagikan pengetahuan secara internal, dan biasakan untuk berkontribusi.

Birgit Pauli-Haack: Case Study: A #nocode Contributor Journey on the WordPress Gutenberg Github Repo

Pauli-Haack telah mendukung pesan bahwa kontribusi WordPress adalah untuk semua orang, baik orang menghabiskan waktu untuk membuat kode atau tidak. Ini menguraikan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjadi kontributor Gutenberg, lalu menjelaskan bagaimana setiap orang dapat membantu menyarankan fitur dan perubahan baru pada platform. Informasi berharga ini dapat menyoroti masalah pelanggan atau membuka kunci produk secara langsung dengan Editor Blokir.

Catatan terbaik: Kamu tidak perlu menjadi pengembang untuk berkontribusi pada WordPress dan memberikan dampak. Memberikan umpan balik mendetail kepada pakar WordPress sangat penting untuk peningkatan, sehingga mereka dapat menargetkan area yang tidak berfungsi.

Panel: Building WordPress Communities in Your Country

Pembahasan ini berfokus pada bagaimana menciptakan komunitas yang ramah di berbagai tempat. Bagian penting dari proses ini adalah memikirkan cara unik untuk menjangkau komunitas kamu. Misalnya, beberapa WordCamps menawarkan situs web mereka dalam berbagai bahasa atau menyediakan sesi non-bahasa Inggris yang penting bagi komunitas mereka. Dimulai dengan grup pertemuan kecil dan menumbuhkan komunitas itu di WordCamp itu penting.

Catatan terbaik: Belajar dari orang lain dan memahami bagaimana mereka berhasil memberi kamu fleksibilitas untuk menyesuaikan ide kamu dengan bidang minat kamu.

Matt Mullenweg: AMA – Ask Matt Anything

Seperti kebiasaan banyak WordCamp lainnya, pendiri WordPress, Matt Mullenweg, berpartisipasi dalam sesi tanya jawab langsung.

Gunakan WordPress Hosting dari Exabytes

WordPress hosting adalah layanan web hosting untuk situs web yang menggunakan platform WordPress sebagai CMS atau Content Management System. Situs web itu sendiri saat ini menggunakan platform ikon W karena banyaknya utilitas yang dibawanya. Lebih dari sekedar blog, WordPress bisa digunakan untuk portofolio, website bisnis, e-commerce atau toko online.

Bagi kamu yang juga menggunakan WordPress sebagai CMS untuk situs web atau blog kamu, kamu memerlukan WordPress Hosting. Dan Exabytes juga menawarkan WordPress hosting terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments