Melanjutkan artikel sebelumnya di bagian 1, berikut ini daftar beberapa Ide Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Internet untuk para pemula:

  1. Referensi Lowongan Kerja

Tidak banyak yang tahu kalau salah satu bisnis yang cukup menggiurkan dan syarat dengan modal yang kecilĀ adalah jasa perekrutan pegawai (Human Resource Consultant). Berbekal koneksi dengan perusahaan pencari tenaga kerja dan para profesional atau karyawan, ini bisa jadi salah satu sumber pendapatan yang bisa kamu lirik.

Dengan sedikit pengetahuan menggunakan Search engine (mesin pencari), seperti Google dan Yahoo, kamu bisa meraih pundi-pundi rupiah yang cukup menggiurkan. Caranya dengan mereferensikan teman kamu ke perusahaan pencari kerja. Banyak perusahaan pencari kerja menawarkan sejumlah uang kepada referal (orang yang memberikan referensi) lowongan perkerjaan besarnya dari 500,000 – 3 juta rupiah setiap orang yang kamu refefensikan dan berhasil menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

bonus-reference

Mau tahu caranya? Tunggu pembahasan lebih detailnya di artikel selanjutnya ya šŸ˜‰

  1. Makelar

Salah satu cara paling mudah mendapatkan uang tambahan dari internet lainnya adalah dengan menjadi makelar atau reseller sebuah produk. Reseller atau menjual kembali suatu barang lebih mudah dilakukan karena kamu tidak perlu fokus di produksi atau pembuatan barang. Keahlian marketing atau pemasaran barang menjadi modal utama dalam merintis usaha ini selain keahlian editing atau manipulasi photo.

Banyak barang yang ada disekitar kamu yang bisa kamu jual di internet. Saya sendiri pernah melakukan cara seperti ini. Ketika itu saya memulai usaha online pertama saya dengan menjual souvenir kerajinan dari Yogyakarta dengan target pembeli dari Malaysia. Hasilnya cukup menggiurkan, yang membuat saya bisa jalan-jalan ke luar negeri lebih dari 1 minggu :).

Beberapa website yang bisa kamu pakai untuk memasarkan barang jualan kamu antara lain Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, Facebook, Amazon, Alibaba dan masih banyak lagi.

Making money selling wedding souvenirs

Langkah-langkah untuk merintis usaha reseller produk akan saya jabarkan di artikel lainnya.

  1. Penulis Lepas

Buat kamu yang hobi menulis, jangan sia-siakan tulisanmu cuma ditulis di Facebook aja. Coba kamu mulai masukin tulisan kamu ke beberapa media untuk di publish banyak orang-orang terkenal yang memulai karirnya sebagai penulis blog, misalnya Raditya Dika yang sudah menerbitkan beberapa buku, film dan bintang iklan.

Seperti kebanyakan keahlian, menjadi penulis membutuhkan sedikit bakat, imaginasi (untuk penulis fiksi) dan keinginan yang kuat karena kamu akan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan tulisan setiap hari ketika kamu menawarkan tulisanmu di media cetak ataupun elektronik. Tetapi, bayaran yang kamu dapatkan untuk satu artikel yang diterbitkan cukup menggiurkan mulai dari 300 ribu sampai 1.5 juta rupiah. Artikel yang bisa kamu tulis tidak melulu mengenai ilmiah, bisa juga cerita fiktif, puisi, review (ulasan) produk hingga yang paling tinggi bayarannya, skenario film atau sinetron yang bisa mencapai ratusan juta rupiah!

Beberapa alamat email media yang bisa kamu hubungi untuk menerbitkan tulisan kamu sepertiĀ opini@kompas.co.id, ktminggu@tempo.co.id, editorial@thejakartapost.com, redaksi@staff.detik.com dan masih banyak perusahaan media lainnya.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dari Blog (Bagian 2)

typing machine

  1. Sewa Kamar

Ada kamar di rumah yang tidak terpakai? Sewakan saja di AirBnB atau beberapa website sejenis seperti seperti ZenRooms, RedDoorz, dan Airy Rooms. Di website-website ini, kamar kosong kamu akan diperlakukan seperti halnya homestay dimana kamu menjadi penyambut tamunya dan melayani tamu yang menginap seperti halnya di hotel. Para tamu yang puas atau tidak puas atas pelayanan selama mereka menginap di tempat kamu, bisa menuangkan uneg-unegnya di website tersebut.

Usaha penyewaan kamar ini sedang marak di banyak negara. Sebagian pelancong lebih memilih untuk tinggal di homestay dari pada hotel karena berbagai alasan, diantaranya harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan hotel, suasana yang lebih akrab serta pelayanan yang disodorkan lebih personal dan istimewa. Selain itu, guesthouse biasanya hanya menampung tamu dalam jumlah terbatas sehingga pelancong yang lebih suka ketenangan akan memilih tinggal di guesthouse.

for rent room

  1. Konsultan Marketing Online

Sudah pernah dengar apa itu Online Marketer, Internet Marketer, Digital Marketer? Secara garis besar, mereka adalah orang yang bekerja untuk memasarkan atau mengiklankan suatu barang atau jasa di internet. Pemasangan iklan di internet dibagi 2 macam, yaitu iklan tanpa bayar (gratis) atau iklan berbayar (Paid Ads). Media iklan online gratis seperti Kaskus, Blog. Sedangkan iklan berbayar seperti Facebook Ads, Google Adwords, Detik.com dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi seorang Online Marketer, kamu perlu tahu SEO, copywriting, pengalaman di iklan berbayar (seperti Google ads dan Facebook ads), graphic design dan analisa data. Terdengar sulit memang, namun di era digital seperti saat ini dimana hampir segala sesuatunya dapat temukan di internet, sehingga para pemilih usaha berlomba-lomba mengembangkan bisnisnya secara online (di internet). Sebagai misi utama dari Exabytes ā€œGrow Your Business Onlineā€, kami juga memiliki departemen yang khusus menangani pemasangan iklan di Google Adwords.

online marketing strategy

Dari 10 Idea Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Internet yang saya tulis diatas, ada satu hal mutlak yang kamu harus miliki ketika memutuskan untuk memulai usaha online, yaitu website atau blog. Dengan memiliki website atau blog, 10 ide-ide diatas dapat kamu pasarkan di website mu, mulai dari blogging, menunjukkan porfolio pekerjaan freelancing, menampilkan berbagai photo, hingga belajar cara memasarkan produk, semua bisa kamu coba di websitemu sendiri. Oleh karena itu, segera hubungi Customer Service kami untuk membantu anda menempatkan website atau blog kamu di hosting kami. Ā 

 

Baca Juga  Melihat Peluang Bisnis Untung BESAR di Bulan Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here