10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

397
5 min read
10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi untuk mengoptimasi website di mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang baik atau berada di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan. SEO begitu esensial karena dengan memanfaatkan fitur ini, kita bisa memasarkan website untuk target audiens yang ingin dicapai. 

10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja sih trend SEO yang bisa membantu kita untuk memasarkan website. Berikut ini adalah 10 trend SEO yang akan populer di tahun 2020 ini, yuk disimak  

Algoritma BERT dan Optimasi yang Berfokus Kepada Pengguna

Tahun 2019 lalu Google mengeluarkan algoritma baru yaitu Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT) yang langsung mendapatkan banyak perhatian dari para SEO Specialist. Teknologi baru ini dianggap akan memudahkan pengguna untuk bisa melakukan pencarian yang lebih akurat yang tidak hanya terdiri dari satu kata tetapi satu kalimat yang memiliki konteks yang sama. Kehadiran BERT memberikan lebih banyak pilihan kepada pengguna. Oleh karena itu sebaiknya kita harus fokus membuat konten yang berkualitas dan tidak bergantung dengan kata kunci sehingga kita dapat mengetahui apa yang audiens inginkan.

Konten yang Berkualitas

10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

Buatlah konten yang berkualitas dan relevan yang memiliki nilai penting. Jangan hanya berpatokan dengan kata kunci pencarian yang menarik. Pahamilah siapa yang menjadi audiens dan bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka. Optimalkan konten anda dengan baik karena seiring berjalannya waktu mesin pencari akan beradaptasi sehingga konten anda yang akan dicari oleh audiens. 

Baca Juga  Tips Memilih Hosting Terbaik Sesuai Kebutuhan

E-A-T dan YMYL

Mungkin dua istilah ini masih belum familiar tetapi arti dari istilah ini adalah Expertise, Authoritativeness and Trustworthiness dan Your Money, Your Life. Istilah E-A-T ini digunakan oleh Google yang memastikan penggunanya dari website dengan konten yang berkualitas rendah dengan merekomendasikan website yang menampilkan keahlian (expertise), memiliki otoritas (authoritativeness) dan dapat dipercaya (Trusworthiness). Dan istilah YMYL merujuk pada konten dimana tulisan yang tidak akurat, tidak jujur atau menipu. Jadi, memaksimalkan strategi SEO dengan dua istilah ini demi konten website  yang berkualitas.

UX dan Technical SEO

10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

Selanjutnya adalah UX (user experience) menjadi trend SEO yang difokuskan di tahun ini. Pengalaman pengunjung saat mengunjungi situs sangatlah penting dan menjadi fokus untuk optimasi UX. Kecepatan, keamanan dan visualisasi situs menjadi faktor penting dalam UX. Selain UX, technical SEO juga salah satu hal penting untuk mengoptimalkan situs web. Kedua hal ini diperlukan demi kecepatan website dan halaman.

Mobile SEO

10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

Handphone menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas dari manusia salah satunya adalah melakukan pencarian. Jika website tidak mobile-friendly, maka website tentunya akan tertinggal oleh kompetitor lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengoptimalkan website agar bisa ditampilkan dan digunakan di handphone.

Struktur Data

Algoritma mesin pencarian masih belum sepenuhnya memberikan hasil yang akurat kepada pengguna. Oleh karena itu, struktur data perlu dilakukan. Penyusunan struktur data dapat membantu mesin pencarian untuk lebih memahami apa yang tidak ada di halaman tetapi juga bagaimana setiap element berhubungan dengan elemen lainnya di halaman sekaligus bagaimana halaman itu berhubungan dengan satu sama lain dalam situs website. Dengan adanya data yang terstruktur akan memudahkan mesin pencari dalam memetakan situs anda.

Baca Juga  773 Juta Email dan 21 Juta Password Telah Diretas Segera Update Password!

Pengoptimalan Entity Graph dan Knowledge Panels

10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

Saat ini Google menemukan cara untuk memasukkan data entitas dengan memasukkan semua data yang pengguna butuhkan untuk mencari informasi yang lebih khusus dan detail misalnya nomor telfon atau alamat bisnis. Semua data yang terhubung dengan entitas akan Google muat pada Knowledge Panel di laman pencarian Google. Untuk itu kita perlu meningkatkan SEO Lokal agar website atau bisnis-jasa anda dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna di Google.

Link Building dan Brand Building

Tak ketinggalan, pembuatan tautan atau link dan penempatan media begitu penting dalam sebuah situs. Hal ini dapat mendorong traffic dan mendorong brand yang ditawarkan. Membangun merek (brand building) dapat digiatkan oleh perusahaan agar bisa menarik perhatian audiens dan meyakinkan audiens agar brand tersebut dapat dipercaya.

Fokus Terhadap Visibilitas, Bukan Hanya Blue Link

Pencarian tanpa klik (zero-click searches) adalah istilah dimana pengguna menjalankan Google dan mendapatkan hasil informasi yang didapatkan tanpa mengklik salah satu link atau blue link. Pencarian ini memudahkan pengguna dalam efisiensi waktu. 

10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

Dengan memanfaatkan fitur ini, pencarian ini dapat menjadi kunci untuk memasarkan situs. Hal ini menjadi taktik dasar untuk memasarkan dan meningkatkan klik aktual pada halaman seperti optimasi cuplikan, penargetan gambar, penampilan skema baru seperti FAQ dan How To dalam situs.

Programming

10 Trend SEO Yang Akan Populer di Tahun 2020

Terakhir, anda harus bisa menggunakan bahasa pemrograman seperti Phyton dan R untuk efisiensi waktu yang berlebihan. Dengan menguasai programming, SEO yang dibuat dapat menjadi lebih baik dan lebih terarah. Dengan otomatisasi SEO ini dapat meningkatkatkan branding, membangun komunikasi dan kepercayaan dengan audiens dan menyediakan konten yang sesuai dengan keinginan target audiens.

Credit to Audina Chairunnisa

https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here