Hi Exabytes Friends,
Sebentar lagi sudah tahun 2019 nih, apa saja resolusi kamu di tahun 2019?
Banyak dari Kamu yang mungkin ingin memulai sesuatu yang baru di tahun 2019, memulai bisnis sendiri & mendapatkan penghasilan tambahan misalnya. Biasanya salah satu kendala terbesar dalam memulai bisnis adalah modal. Jika kamu memiliki kendala yang sama, jangan khawatir, sekarang kamu bisa dengan mudah memulai bisnis online tanpa modal yang besar.

Tidak hanya low budget, memulai bisnis online tidak mengharuskan Kamu untuk memiliki pengalaman secara teknis. Kamu tidak perlu tahu cara membuat website dan tidak diperlukan pengetahuan pemrograman sama sekali. Kamu juga dapat tinggal di mana saja, mengatur jadwal sendiri, dan bekerja sesedikit atau sebanyak yang Kamu inginkan, tergantung pada seberapa besar bisnis Kamu ingin tumbuh.

Berikut ide bisnis online di tahun 2019 tanpa modal besar!

Blogging
Jika Kamu memiliki keahlian atau minat untuk subjek tertentu, Kamu dapat mulai menghasilkan uang dengan blog. Dengan layanan seperti Blogger (www.blogger.com). Kamu dapat memulai blog Kamu sepenuhnya gratis. Kamu juga dapat membuat situs Kamu sendiri dan mengamankan hosting Kamu sendiri dengan harga murah.

Kamu mungkin berpikir dalam menulis blog harus memiliki pengalaman membuat tulisan yang handal. Tetapi tidak semua blog hanya dalam tulisan. Kamu dapat memposting foto, video, dan tautan ke situs lain, memposting ulang berita dan artikel lainnya. Apa pun itu asalkan konsisten berkaitan dengan subjek yang Kamu pilih.

Baca Juga  Belajar dari Pebisnis Muda dengan Omset Puluhan Juta Rupiah

Jenis konten apa yang harus Kamu sediakan? Kamu dapat menulis konten mengenai How to do, daftar top-10, komentar tentang tren yang ada, dan artikel tips dan trik. Yang terpenting adalah Kamu perlu menyediakan konten yang bermanfaat.

Drop shipping
Ide dasar dibalik bisnis drop shipping adalah Kamu tidak perlu mempertahankan inventaris produk yang besar atau menangani pengiriman apapun kepada pelanggan. Hal itu menghilangkan biaya pengeluaran keuangan dan kerumitan mengirim pesanan ke seluruh negeri atau dunia. Bahkan, Kamu tidak harus memproduksi atau menyimpan produk apapun sama sekali.
Berikut beberapa hal yang perlu Kamu tau dalam memulai bisnis Drop Shipping seperti,
Daftar produk untuk dijual di website Kamu atau platform seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee. Ketika salah satu pelanggan Kamu melakukan pembelian, Kamu akan membeli produk dari perusahaan pihak ketiga (biasanya produsen atau grosir) dengan harga lebih rendah. Proses ini sederhana, hanya dengan meneruskan pesanan dari pelanggan Kamu secara otomatis. Selanjutnya, produsen Kamu akan mengirimkan produk ke pelanggan.

Cukup mudah kan? Dengan sistem drop shipper, Kamu dapat menawarkan berbagai macam produk, sehingga biaya operasional untuk bisnis Kamu sangat rendah.

Online Video
Apakah kamu salah satu orang yang paling sering menonton video di Youtube??
Youtube adalah salah satu situs paling populer di dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna menonton ratusan juta jam video setiap harinya.
Kamu dapat memanfaatkan jangkauan YouTube untuk menghasilkan uang secara online. Meskipun sekedar membuat video tips & trik perjalanan, tutorial membuat makanan, atau memberikan rekomendasi terhadap suatu produk. Hal tersebut dapat membuat video Kamu menjadi viral jika konsisten untuk dilakukan.

Baca Juga  EEC Indonesia 2018 Mengumumkan Kerjasama dengan APIGO

Hal yang perlu diperhatikan memulai bisnis melalui online video.
Kamu harus membuat akun YouTube dan mulai mengunggah video.
Kemudian, Kamu dapat mengaktifkan monetisasi pada pengaturan YouTube Kamu. Pada dasarnya, ini memberi Google lampu hijau untuk menyertakan iklan pendek di video Kamu. Ketika pengunjung mengklik iklan tersebut, Kamu akan dibayar.
Melalui sponsor berbayar, kamu dapat membangun follower yang cukup besar dan perusahaan akan dengan senang hati membayar Kamu untuk mempromosikan atau menyebutkan produk dan layanan mereka di video Kamu.

Review Produk
Ketika Kamu ingin memiliki bisnis online, Kamu tidak harus menjual produk. Kamu dapat menjual konten mengenai review produk untuk menghasilkan uang dengan cepat.
Format yang paling populer pada bisnis ini meliputi:
Audio: rekaman telekonferensi, kursus online, atau beberapa produk kata lisan lainnya
Video: Tutorial,tips & trik, wawancara
Teks: sebuah ebook, buku instruksi, panduan perjalanan pada setiap kategori yang dibuat Kamu benar-benar dapat menjadi kreatif dan membuat jenis dan format konten apapun, asalkan menarik dan bermanfaat.

Menjadi Penulis Freelance dan Menghasilkan Uang Menulis Artikel Online
Salah satu bisnis online yang paling populer adalah pembuatan konten tertulis. Bahkan, Jika kamu mampu membuat tulisan yang menarik dan mampu mengembangkan konten, Kamu bisa jadikan sebagai bisnis jasa.
Apakah Kamu memiliki keahlian untuk menulis? Jika iya, mulailah sebuah bisnis yang menawarkan jasa penulisan kepada individu dan perusahaan. Kamu dapat menggunakan keahlianmu dalam bidang khusus pada blogging klien, penulisan artikel, penulisan ebook,dll.

Baca Juga  Bagaimana Saya Memilih Objektif Kampanye Facebook yang Tepat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here