Dengan menjamurnya bisnis UMKM yang bertumbuh di Indonesia belakangan ini, semua pemilik usaha kecil nampaknya harus mulai mencari keunggulan dan strategi masing-masing agar tidak gulung tikar. Jika Kamu ingin bisnis mu sukses apapun bisnis mu, Kamu harus memiliki rencana online marketing yang bagus dan terencana sejak di hari pertama bisnis mu beroperasi. Kamu bisa memanfaatkan kekuatan media sosial, mengoptimasi penggunaan mesin pencari untuk mengarahkan traffic website , dan memanfaatkan kemajuan pemasaran media.

Dibawah ini adalah 5 Tool Online Marketing yang harus kamu punya saat memulai bisnis mu

MailChimp

Kamu bisa mencoba tool email marketing MailChimp untuk mengirimkan newsletter mingguan/harian untuk menginfomasikan promo, event, atau sekedar menyapa pelangganmu.

Platform email marketing MailChimp tercataat telah digunakan oleh 80% dari perusahaan B2B dan B2C dengan lebih dari 12 juta pelanggan, yang membuatnya menjadi salah satu tool email marketing terpopuler di dunia. Selain telah eksis sejak tahun 2001 dimana email marketing belum terlalu dikenal pada masa itu, MailChimp juga unggul karena memiliki opsi self-service support yang memungkinkan user untuk menemukan jawaban atas semua pertanyaan. Selain itu, MailChimp juga memiliki paket gratis untuk bisnis yang memiliki kurang dari 2000 subscriber.

HubSpot

Jika kita berbicara mengenai software marketing, sales dan CRM, HubSpot merupakan salah satu tool andalan. HubSpot dikenal sebagai software marketing all in one, dimana dengan software ini kamu bisa memberi saran melalui blogging, SEO, Media sosial, website, Landing Page, Call to action, Automasi Marketing. E-mail dan analisis pemasaran. Hubspot mengubah visitor menjadi prospek, dan mengubah prospek menjadi penjualan. HubSpot juga memungkinkan user  untuk melakukan metodologi terstruktur untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga  Selamat Tahun Baru Imlek 2018

Trello

Sebagai orang awam, kamu mungkin mengira Trello merupakan platform social media menyerupai Facebook, instagram, dll, namun  kamu salah. Trello merupakan tool kolaborasi yang biasanya digunakan oleh tim konten perusahaan untuk mengelola konten bersama-sama. Di Trello, Kamu dan tim kontenmu dapat men posting artikel/banner media sosial, atau konten apapun sebelum mempublikasikannya. Dengan Trello, Kamu dapat memberi kesempatan untuk tim mu untuk meninjau pos, dan membuat perubahan/ melakukan revisi sebelum di publikasikan.

Hootsuite

Social media memainkan peranan penting di balik kesuksessan perusahaan, tidak perduli perusahaaan besar atau kecil, maupun usia dan industri perusahaan tersebut.

Hootsuite merupakan alat untuk menjadwalkan post media sosial. Ada beberapa fitur yang Hootsuite tawarkan yang akan membantu meningkatkan engagement bisnis Kamu, misalnya Kamu dapat mengidentifikasi influenser dan target pelanggan yang cocok untuk bisnismu, sertamembalas comment dan mention melalui dashboard.

Hootsuite akan mempermudah kamu untuk menschedule dan me manage profil media sosial di lebih dari 30 platform sekaligus.

Google Analytics

Google Analytics merupakan tool gratis yang disediakan oleh Google, yang dapat memberikan laporan statistik mengenai jumlah pengunjung website/blog dari search engine, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan secara harian, mingguan maupun bulanan.  Kamu juga dapat mengetahui iklan dan kata kunci yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan traffic website secara organic.

Baca Juga  Kenapa Kamu Membutuhkan VPS ( Virtual Private Server)?

Dengan data statistik tersebut, Kamu dapat menyusun strategi marketing dan penjualan sesuai dengan preferensi visitor website.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here