Ekstensi Domain Exabytes
Berbagai Ekstensi Domain

Membeli domain bukan tugas yang mudah. Tidak mudah karena kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal mulai dari panjang kata, mudah di ingat, SEO sampai legalitas perusahaan penyedia layanan pendaftaran domain website.

Mau Beli Domain? Pertimbangkan 7 Hal ini:

1. Ketersediaan

Pastikan domain masih tersedia, selain itu pastikan juga nama domain itu bukan nama dari brand dari perusahaan lain. Maksudnya, meskipun kamu bisa membeli domain, bukan berarti nama domain yang kamu beli sama dengan nama sebuah brand atau perusahaan. Hati-hati ya, kamu bisa dituntut karena mendaftarkan domain yang namanya sudah dimiliki oleh pihak lain secara sah. Coba dulu cek nama serupa di Google.

2. Domain = Brand

Domain adalah Brand atau Merek. Jangan bingungkan pengunjung website atau pelanggan kamu karena domain kamu berbeda dengan nama brand kamu. Sebisa mungkin nama domain hanya terdiri dari huruf tidak mengandung karakter-karakter seperti “-“, “_”, atau bahkan angka. Ini akan mempermudah pengunjung mengingat domain dan mengurangi kesalahan ketik (typo) dan lebih lama dibandingkan dengan hanya huruf terutama ketika memasukkan nama dari handphone karena harus menekan tombol angka untuk memasukkan karakter atau angka.

3. Ekstensi Domain

Ekstensi domain maksudnya adalah akhiran dari sebuah nama domain, misalnya domain www.tokobuku.com memiliki ekstensi .com. Ekstensi domain ada banyak antara lain .com, .net, .id, co.id, .asia dan sebagainya. Gunakan ekstensi domain yang popular atau sudah digunakan secara umum oleh kebanyakan orang. Selain itu, gunakan ekstensi yang sesuai dengan kegunaannya, misalnya untuk toko online kamu bisa menggunakan .com, .id atau .co.id untuk toko yang sudah memiliki ijin usaha.

Baca Juga  2000 Domain .COM Gratis Sudah Diberikan Melalui Program Grow

Untuk beberapa kebutuhan seperti toko online atau perusahaan, usahakan beli domain .com terlebih dahulu sebelum domain lain untuk menghindari pemalsuan identitas.

4. Lebih pendek lebih baik

Aturan umum yang tidak tertulis pada pemilihan domain adalah KISS (Keep It Simple Stupid) artinya pilihlah nama domain yang singkat, mudah di ingat dan mewakili konten website kamu.

5. Provider Domain Terpercaya

Ada banyak penyedia pendaftaran domain. Sayangnya, tidak semua perusahaan penyedia layanan itu terdaftar secara resmi di ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Biasanya ini terjadi ketika kamu membeli domain yang sudah sepaket dengan hosting. Membeli domain dari perusahaan yang tidak resmi akan menyulitkan kamu ketika ingin memindahkan domain ke penyedia yang lain.

6. Whois ID Protection

Ketika kamu mendaftarkan domain, informasi yang kamu masukkan seperti nomor telpon, alamat, email dan nama akan terlihat secara bebas di internet. Informasi ini dapat digunakan untuk mengirimkan email spam, telpon, mengirimkan surat, dan hacking. Dengan adanya Domain Privacy Protection, informasi pribadi kamu tidak bisa di lihat oleh orang lain.

7. Domain Lama

Jika kamu memutuskan untuk membeli domain yang telah terdaftar, periksa dulu sejarah domain tersebut. Apakah domain tersebut sebelumnya digunakan untuk website dengan tujuan yang tidak melanggar hukum, sesuai dengan tujuan website kamu, dan memiliki trafik yang baik.

Baca Juga  10 Bisnis Online Omzet Milyaran Berawal dari Instagram

Memiliki domain yang tepat bisa sangat mempengaruhi pada pertumbuhan pengunjung website kamu. Pertimbangkan sebelum membeli domain website diatas supaya tidak menyesal nantinya. Dapatkan harga promo domain .COM untuk website kamu sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here