8 Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan Mudah, Siap Coba?

0
171

Memang benar bahwa internet menjadi sarana untuk menghasilkan uang. Saat ini, kamu bisa mencoba cara menghasilkan uang dari blog yang bisa dilakukan tanpa batasan waktu.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Dewasa ini, ada banyak cara menghasilkan uang, salah satunya adalah melalui blog. Cara satu ini cocok untuk semua orang dengan berbagai latar belakang dan kesibukan.

Jadi, apabila kamu ingin mendapatkan uang tambahan atau masih mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan, sebaiknya coba beberapa cara menghasilkan uang dari blog berikut ini:

Siapkan Blog

Agar bisa mendapatkan uang dari blog, maka kamu harus menyiapkan blog, yang merupakan langkah awal. Sebagian besar pemula bingung harus memulainya dari mana. Nah, untuk langkah pertama dari cara menghasilkan uang dari blog ini, kamu bisa menentukan nama domain kemudian membelinya.

Selanjutnya, pilih jenis layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan dana. Lanjutkan dengan memilih platform pembuatan blog atau Content Management System (CMS), misalnya WordPress, Blogspot, atau lainnya.

Agar proses ini berjalan dengan cepat dan mudah, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website atau blog.

Perlu domain dan hosting untuk membuat blog? Mengapa tidak menghubungi Exabytes? Saat ini, Exabytes menawarkan program EXAVAGANZA dengan hadiah 1 unit Wuling Air EV – Lite yang berlaku untuk setiap pembelian domain dan hosting. Program pengundian hadiah dimulai dari 3 Juni 2024 hingga 31 Desember 2024.

8 Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan Mudah, Siap Coba? - 2024

Lakukan Optimasi

Baik website maupun blog perlu dioptimasi agar bisa muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari. Oleh sebab itu, selain mempersiapkan dan membagikan konten berkualitas yang menarik dan informatif, pemilik blog juga harus melakukan optimasi, yaitu dengan menjalankan teknik SEO yang benar.

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara yang dilakukan agar situs web atau blog berada di posisi teratas hasil pencarian Google dan mesin pencari lain. Dengan begitu, pengguna internet bisa dengan mudah menemukan situs web atau blog yang diharapkan memenuhi kebutuhan mereka.

Optimasi blog melalui SEO mengharuskan pemilik blog memahami apa itu SEO dan cara penerapannya. Meski demikian, kamu tetap bisa menjalankan SEO meski tidak berpengalaman. Caranya adalah dengan menggunakan jasa SEO seperti yang disediakan oleh Exabytes.

Jalankan Google AdSense

Bagi yang bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, pernahkah mendengar istilah Google AdSense? Google AdSense adalah program ppc atau pay per click dari Google yang menampilkan iklan di suatu situs web atau blog.

Adapun cara mendapatkan uang dari Google AdSense adalah melalui setiap klik pada iklan. Saat pengunjung situs atau blog yang mengklik iklan yang mereka lihat, kamu akan mendapatkan uang. Sistem pembayarannya berdasarkan jumlah klik iklan tersebut.

Nah, cara ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin mencoba cara mudah menghasilkan uang dari blog miliknya. Tertarik untuk mencobanya? Lakukan pendaftaran dan tunggu hingga pihak Google menyetujui pendaftaran Google Adsense.

Artikel satu ini akan membantu kamu mengenal apa itu Google AdSense dan bagaimana cara memulainya.

Menjadi Bagian dari Program Afiliasi

Program afiliasi atau yang banyak dikenal dengan istilah affiliate marketing juga turut melengkap cara menghasilkan uang dari blog. Bahkan, sudah banyak orang yang berpartisipasi dengan program tersebut. Afiliasi adalah metode promosi dan pemasaran produk atau layanan yang menyediakan tautan khusus.

Tautan tersebut biasanya dipasang di blog yang kemudian akan membawa pengunjung blog ke situs web atau halaman khusus. Tautan afiliasi bisa berbentuk banner iklan atau gambar produk yang dipromosikan.

Apabila blog kamu berfokus pada digital marketing, tutorial hosting, domain, atau sejenisnya, kamu bisa bergabung dengan program afiliasi hosting Exabytes dengan cara yang cukup mudah.

Menulis Konten Bersponsor

Hobi menulis dan tertarik mencoba cara menghasilkan uang dari blog? Ini kesempatan emas yang sayang untuk dilewatkan. Apabila kamu sudah terbiasa menulis atau senang berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain, kamu bisa menghasilkan uang dengan menulis konten bersponsor.

Tulisan tersebut ditulis dalam bentuk artikel yang kemudian dibagikan melalui blog. Cara menghasilkan uang satu ini cukup menarik dan bisa bertahan jangka panjang. Adapun komisi yang akan didapatkan sangat bervariasi, tergantung dari kesepakatan penulis dengan klien.

Menawarkan Produk secara Digital

Masih seputar cara menghasilkan uang dari blog, kali ini kamu bisa mencoba menawarkan produk digital. Dibandingkan dengan cara-cara lainnya, cara satu ini mungkin memerlukan usaha yang lebih.

Beberapa pilihan produk digital yang bisa dijadikan ladang cuan adalah foto, ebook, musik, software, karya seni, kursus online, dan lainnya. Untuk bisa menjual produk digital, kamu harus terlebih dahulu menentukan produk apa yang akan dijual.

Selanjutnya, pastikan untuk memilih plugin yang cocok agar bisa mulai menjual produk digital kepada target pembeli.

Menawarkan Jasa

Agar blog bisa digunakan sebagai media menghasilkan cuan, mengapa tidak mencoba cara menghasilkan uang dari blog satu ini? Saat ini, bukan hanya produk yang ditawarkan secara digital, tetapi juga jasa.

Memiliki blog memberikan kesempatan bagi kamu untuk menawarkan jasa yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman. Adapun jasa yang bisa kamu tawarkan tentu tidak terbatas. 

Beberapa contoh jasa yang banyak ditawarkan melalui blog atau situs web adalah desain grafis, penulisan konten artikel, edit foto dan video, pembuatan situs web dan blog, dan masih banyak lagi.

Untuk menarik audiens agar membaca blog hingga selesai, gunakan bahasa yang santai. Kemudian, di bagian akhir artikel, kamu bisa menambahkan pernyataan persuasif tentang jasa yang kamu tawarkan.

Membuat Podcast

Tidak pandai dalam merangkai kata dan menjadikannya sebagai tulisan yang menarik? Tenang saja, kamu tetap berpeluang untuk mendapatkan penghasilan dari cara menghasilkan uang dari blog. Yaitu dengan membagikan podcast.

Podcast adalah cara yang cocok bagi individu yang suka berbicara dan bercerita banyak hal. Namun, cerita atau pembicaraan tersebut bisa diubah menjadi pundi-pundi rupiah tentunya.

Bagi sebagian orang, podcast lebih menarik dibandingkan dengan tulisan. Mereka bisa mendapatkan informasi hanya dengan mendengarkan, tanpa harus membaca tulisan. Tidak jarang orang-orang lebih suka meluangkan waktu untuk mendengar daripada membaca, terlebih dengan minat baca yang masih rendah di negara ini.

Contoh Blog yang Dapat Menghasilkan Uang

Contoh Blog yang Dapat Menghasilkan Uang

Meski sudah mengantongi berbagai cara menghasilkan uang dari blog, namun apakah kamu masih belum memiliki gambaran konten blog seperti apa yang kamu bagikan?

Beberapa contoh blog berikut mungkin bisa menginspirasi dalam memilih jenis blog yang akan kamu maksimalkan dalam menghasilkan uang:

Blog Fashion

Salah satu contoh blog yang dijadikan sebagai sumber penghasilan adalah blog fashion. Dengan cara menghasilkan uang dari blog, kamu bisa mulai membuat blog fashion dengan membagikan konten seputar fashion, termasuk mode, busana, kecantikan, dan lainnya. 

Blog ini bisa menjadi media promosi produk fashion, konten bersponsor, hingga endorse produk-produk fashion.

Blog Kesehatan

Apakah sudah yakin untuk mencoba cara menghasilkan uang dari blog? Selain fashion, kesehatan juga menjadi niche yang menjanjikan dalam mendapatkan penghasilan. Di blog kesehatan, blogger bisa menjual produk kesehatan dan kebugaran, termasuk suplemen. Mereka juga bisa menulis ebook tentang kesehatan.

Blog Teknologi

Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog teknologi? Apabila pada akhirnya kamu memilih niche teknologi, beberapa cara menghasilkan uang yang patut untuk dicoba adalah menulis ulasan gadget dan alat elektronik, menjual produk elektronik, atau menulis artikel tentang aplikasi dan software.

Blog Travel

Blog travel menghasilkan uang melalui iklan tiket pesawat, hotel, dan paket perjalanan. Atau bisa juga dengan cara mempromosikan produk travel seperti tas dan perlengkapan travel.

Blog Humor

Sudah tahu kan kalau bisnis tidak selalu tentang membuka toko, gerai, atau outlet di lokasi strategis? Sebagai pebisnis, kamu bisa melihat peluang lain untuk menambah penghasilan, yaitu melalui cara menghasilkan uang dari blog.

Salah satu contoh blognya adalah blog humor. Kamu bisa menghasilkan uang dari iklan dan konten bersponsor. Namun, sebagai pebisnis, kamu mungkin lebih tertarik untuk menghasilkan uang dengan cara menjual produk lucu atau menjadikan blog sebagai media promosi acara atau pertunjukan.

Blog Gaming

Siapa bilang kalau blog hanya diperuntukkan bagi mereka yang hobi menulis saja? Sebagai pecinta games, kamu bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk menghasilkan uang melalui blog. Misalnya dengan mempromosikan produk gaming berupa konsol dan aksesoris games atau membagikan ulasan dan rekomendasi game.

Siap Hasilkan Uang dari Blog?

Dengan banyaknya cara menghasilkan uang dari blog, tidak ada lagi alasan betapa sulitnya mendapatkan uang di era digital sekarang. Menjadi blog bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan utama maupun cara mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan aktivitas utama.

Yang terpenting adalah kamu tahu bagaimana caranya menghasilkan uang hanya bermodalkan blog dan hobi menulis.

Sudah siap untuk menghasilkan uang melalui blog? Buat blog sekarang juga dengan membeli domain dan hosting murah dari Exabytes.

web hosting terbaik blog banner