Google Workspace for Education: Pengertian dan Manfaat

0
2573

Tim Google yang mengembangkan Google Workspace for Education adalah tanggapan logis mereka terhadap peluang yang muncul dari pandemi global Covid-19. Sebagai raksasa pemasaran digital, tidak mengherankan jika Google dapat merespons peluang pasar di dunia digital jauh lebih cepat daripada perusahaan lain.

Dibawa ke dunia pendidikan. Merebaknya Covid-19 menjadi pandemi global ditangkap Google sebagai peluang baru dengan mengembangkan aplikasi menjadi Workspace for Education.

Apa Itu Google Workspace for Education?

Platform workspace pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2006 sebagai Google Suite dan terus dikembangkan hingga saat ini. Sekarang, Google Suite telah berubah nama menjadi Google Workspace yang memiliki fitur seperti Gmail, Google Calendar, Google Drive, Google Doc Editor. Google Meet dan banyak lagi untuk membantu di workspace.

Tidak hanya itu, Google Workspace telah dikembangkan kembali untuk mendukung sistem pendidikan, khususnya Google for Education.

Platform Pendidikan Digital Google, juga dikenal sebagai Google Workspace of Education, adalah produk Google yang menyertakan rangkaian alat produktivitas berbasis cloud yang mendukung pembelajaran dan ditujukan untuk organisasi institusi pendidikan.

Sebuah platform pembelajaran online oleh Google yang bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan belajar antara staf, guru, dan siswa. Dengan adanya platform pendidikan digital yang memiliki keunggulan Learning Management System (LMS) yang aman dan terpercaya karena mendapat dukungan penuh dari Google.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika saat ini jutaan siswa dari berbagai sekolah di seluruh dunia secara aktif menggunakan platform pembelajaran online Google.

google workspace for education

Fitur Yang Ada Dalam Google Workspace for Education

Untuk mendukung aktivitas pembelajaran digitalnya, Google menawarkan berbagai fitur dalam Google Education Suite. Dengan adanya fitur-fitur tersebut diharapkan dapat mempermudah guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Ini adalah daftar fitur Google Workspace of Education.

Google Classroom

Google Classroom adalah alat kolaborasi untuk guru dan siswa yang dapat membantu guru dan sekolah membuat dan mengelola pelajaran online. Hanya dengan beberapa klik, admin dapat membuat kursus, menambah siswa, dan membuat tugas atau pengumuman.

Selain itu, guru dapat melihat siapa yang telah menyelesaikan tugas, siapa yang masih mengejakannya, serta memberikan nilai. Dan tidak menutup kemungkinan juga untuk langsung memberikan umpan baik kepada siswa dari pertanyaan atau komentar yang mereka sampaikan.

Google Docs

Ini adalah aplikasi yang mirip dengan Ms Office, yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit file teks, spreadsheet, presentasi, dan gambar. Seperti halnya Ms Office, Google Docs dilengkapi dengan beberapa tools, yaitu:

  • Google Sheets: spreadsheet untuk menganalisis, memvisualisasikan, dan memetakan data
  • Google Formulir: survei cepat & mudah untuk mengumpulkan informasi
  • Google Slides: alat presentasi yang memudahkan untuk bercerita
  • Google Gambar: pembuatan grafik dan diagram alur dengan bentuk, teks, dan gambar

Google Drive

Ini adalah hard drive online yang menyimpan semua file, siswa memiliki akses yang dapat diakses dari perangkat apa pun. Hal ini tentunya memudahkan guru dalam memberikan tugas kelompok. Pada perangkat yang kompatibel seperti Chromebook, aplikasi ini dapat digunakan secara offline.

Gmail

Email atau layanan email dari Google dengan kapasitas 100 GB per siswa dan guru. Tidak hanya kapasitas penyimpanannya yang sangat besar, namun kemampuan keamanan dan perlindungan datanya juga sangat baik dan dapat diandalkan.

Yang menarik dari Google Workspace for Education adalah format email yang digunakan berbeda dengan format email gratisan Google yang biasa, yaitu [email protected]. Dengan platform Google Workspace of Education, format email yang digunakan adalah nama siswa atau [email protected]. Kesannya sangat profesional dan lebih meyakinkan.

Google Calendar

Di Google Workspace of Education, Google calendar tersedia. Meskipun fitur dasar menampilkan hari, bulan, dan tahun, dengan fitur ini guru dan siswa dapat mengatur jadwal untuk menyelesaikan kegiatan pembelajaran.

Selain itu, melalui Google calendar, sekolah juga dapat mencantumkan agenda atau pengumuman terkait kegiatan belajar mengajar. Dan itu semua terintegrasi untuk semua anggota di workspace sekolah.

Google Meet

Selama masa pandemi, sekolah memutuskan untuk rehat, kegiatan belajar mengajar berlangsung tanpa tatap muka melainkan rapat online melalui video conference. Fitur yang digunakan disini adalah Google Meet.

Google meet yang merupakan fitur ruang kerja edukatif, dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam kegiatan belajar mengajar. Seperti melakukan chat, video call dan video call grup untuk mendistribusikan topik.

Dengan fitur Google Meet, proses bahan ajar dapat dilakukan dari berbagai lokasi yang terpisah antara siswa dan guru.

Google Site

Salah satu fitur Google for Education di workspace dapat digunakan untuk membuat website sekolah. Dalam fitur ini, berbagai jenis konten dapat diurutkan mulai dari konten, desain web, menu dan lain-lain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan situs web.

Manfaat Dari Google Workspace for Education

Selain berisi berbagai macam fitur yang dapat mendukung proses belajar mengajar online, Google Workspace of Education juga memiliki kelebihan. Manfaat Google Workspace for Education yang dapat Anda manfaatkan.

Sederhana, kolaboratif dan dapat dibagikan

Google Workspace for Education mudah digunakan, dapat dibagikan di seluruh perangkat dan lokasi, serta menawarkan praktik terbaik untuk keamanan dan kolaborasi.

Semua alat ini sesuai dengan GDPR dan menyertakan fitur seperti Gmail, lembar obrolan, dan formulir untuk menyederhanakan proses dan menghemat waktu – suatu keharusan bagi guru yang ingin meningkatkan produktivitas. Selain itu, pengeditan real-time proyek tim dan umpan balik siswa berarti pekerjaan dapat bergerak dengan cepat, dengan semua kolaborator memiliki versi akurat dari setiap dokumen.

Membangun keterampilan digital untuk masa depan

Literasi digital tidak hanya “bagus untuk dimiliki” bagi siswa; Ini adalah elemen penting yang harus diadopsi oleh pendidikan untuk memberdayakan siswanya sehingga mereka dapat memanfaatkan kekuatan teknologi baru untuk memfasilitasi pendidikan.

Dengan sebagian besar kehidupan kita sekarang bergantung pada teknologi digital, menghadirkan alat dan aplikasi yang diberdayakan Google Workspace for Education lebih awal ke dalam kelas akan memfasilitasi peningkatan keterlibatan dan kepercayaan diri dalam pembelajaran.

Ini tentang mengembangkan keterampilan digital yang akan sangat berguna dalam pendidikan serta pengaturan sehari-hari ke kehidupan sehari-hari.

Alat-alat ini termasuk Google Docs, yang merupakan alat pengolah kata. Ini dapat digunakan untuk membuat dokumen yang menarik dengan teks, gambar, tabel, dan hyperlink.

Google Spreadsheet memudahkan pembuatan spreadsheet untuk menganalisis dan menampilkan data, sementara Google Slide memudahkan pembuatan presentasi yang menarik.

Untuk konferensi video dan perpesanan, ada Google Meet sementara Gmail yang sudah dikenal dapat digunakan untuk email dan tugas.

Meningkatkan produktivitas guru

Guru atau pendidik mana yang tidak menginginkan beberapa jam tambahan dalam sehari? Dengan tekanan pada pendidik untuk melakukan lebih dari sebelumnya dengan waktu yang lebih sedikit dan jumlah kelas yang terus bertambah, tekanan sebenarnya adalah menemukan efisiensi waktu sedapat mungkin.

Dengan Google Workspace for Education, Anda dapat menghemat waktu yang berharga dengan membuat, mengatur, berbagi, dan mengelompokkan tugas siswa di satu tempat dan mengelola untuk menyederhanakan hari Anda dengan usaha.

Selain itu, kelas memungkinkan Anda berkomunikasi dengan siswa dengan mudah. Hal ini membuat pengajaran dan pembelajaran sedikit lebih efisien dan lebih mudah. Cukup klik untuk membuat ruang kelas virtual, lalu mulai mengerjakan pekerjaan rumah.

Google Classroom Anda dapat digunakan untuk melacak kemajuan siswa, melihat siapa yang mengerjakan proyek yang ditugaskan, siapa yang telah menyelesaikannya, dan siapa yang memiliki pertanyaan.

Melindungi data sekolah

Salah satu kekhawatiran terbesar dalam hal teknologi digital, perlindungan data adalah bagian penting dari teknologi apa pun di tempat kerja.

Google Workspace for Education menawarkan serangkaian fitur dan kontrol keamanan proaktif yang mengesankan yang bekerja sama untuk melindungi pekerjaan, identitas, dan privasi semua orang, memastikan ketenangan pikiran total bagi pengguna dan institusi pendidikan.

Mobile friendly

Semua fitur yang tersedia di Google Workspace for Education dapat diakses oleh perangkat bersama. Anda dapat mengaksesnya melalui laptop, komputer, tablet, bahkan dari smartphone Anda. Karena layanan pendidikan digital ini dikembangkan menuju mobile-friendly.

google workspace for education

Kesimpulan

Penggunaan Google Workspace for Education dapat sangat membantu dalam pelaksanaan forum pembelajaran, pekerjaan rumah, komunikasi guru-siswa melalui Google Classroom untuk menyimpulkan bahwa pembelajaran dapat dilakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Google Workspace for Education dapat menyatukan siswa dan guru dalam forum online, meskipun hal ini dapat diatasi di tempat dan waktu yang berbeda menggunakan aplikasi Google Meet.

Google Documents memudahkan pengelolaan dan penanganan dokumen dan korespondensi di sekolah dan di tempat kerja.

Dokumen, data pribadi, dan data lainnya dapat dikelola dan disimpan menggunakan Google Drive tanpa batasan ukuran file dan kenyamanan diberikan dengan aman.

Google Workspace for Education sangat relevan dan sangat direkomendasikan untuk digunakan di sekolah-sekolah karena dapat bekerja secara maksimal meski di masa pandemi Covid-19.

Google Workspace for Education dapat menjadi media yang dapat menghubungkan guru dan siswa untuk bertemu secara tatap muka, dan tetap berkomunikasi, sehingga penyebaran virus Covid-19 dapat dicegah.

Untuk mempelajari cara menggunakan Google for Education di Indonesia, Anda dapat menghubungi Exabytes Indonesia. Exabytes, sebagai partner Google for Education di Indonesia, siap membantu Anda memberikan infrastruktur dan solusi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments